You are on page 1of 13

LAPORAN PAKTIK

BENGKEL PIT STOP MOBIL AUTO SERVICE

Laporan Praktik Kerja Lapangan
Untuk memenuhi sebagian persyaratan
mencapai derajat Ahli Madya

Oleh :
Ahmad Abdul Karim
(1410504008)

PROGRAM STUDI DIPLOMA III TEKNIK MESIN
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS TIDAR
2016

1

S.. H.T.Eng) Ketua Program Studi D III Teknik Mesin 2 ...D.LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN DI BENGKEL PIT STOP MOBIL AUTO SERVICE Yang dipersiapkan dan disusun oleh Ahmad Abdul Karim 1410504008 Telah disetujui oleh Dewan Pembimbing Pada tanggal.. (A Noor Setyo..T. Susunan Dewan Pembimbing Dosen Pembimbing Pembimbing Industri (Nurhadi S..T. M.M.) (Muhammad Syaifudin Kodri) Laporan Praktik Kerja Lapangan ini telah diterima sebagai salah satu persyaratan untuk memperoleh gelar Ahli Madya Tanggal.

4. 2.MOTTO 1. Kerjakanlah yang kamu sukai selagi itu positif 3 . Berusaha dan berdoa maka tidak ada yang tidak mungkin 6. maka segala sesuatu akan di mudahkan-Nya Usaha tidak akan mengkhianati hasilnya Hargailah orang lain . 3. Nikmatilah kebersamaan bersama teman-temanmu sekarang . jika kamu ingin dihargai Bersyukurlah dengan apa yang kamu miliki sekarang karena banyak mereka diluar sana yang masih kekurangan 5. Ingatlah kepada Allah .kelak kamu akan merindukannya saat sudah saling sibuk 7.

Penulis menyadari bahwa dalam menyelesaikan laporan praktik kerja lapangan ini banyak menerima bimbingan. M. Oleh karena itu perkenankanlah penulis pada menyampaikan terima kasih yang tulus kepada: 1. 4.T. bantuan. Bapak A Noor Setyo. Bapak Udin Selaku Pemilik Bengkel PIT STOP MOBIL Auto Service 5. Selaku Dekan Fakultas Teknik Universitas Tidar 2. Selaku Kepala Jurusan Program Studi Diploma III Teknik Mesin Universitas Tidar.T.KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Tuhan YME yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya.D.T.T. Kun Suharno.. H. sehingga penulis bisa menyelesaikan laporan kerja praktik ini. 7. Kedua orang tua saya. M. Bapak Nurhadi. yang senantiasa memberi dukungan baik moral maupun spiritual. Semua pihak yang secara tidak langsung telah membantu menyelesaikan laporan ini. motivasi baik moril maupun materiil dari berbagai pihak.Eng. Magelang. S. sehingga segala bentuk hambatan dalam penulisan laporan ini dapat teratasi. Akhir kata penulis berharap semoga laporan praktik kerja lapangan ini dapat bermanfaat bagi pembaca. S. Mekanik Bengkel PIT STOP MOBIL Auto Service 6. 2016 Penulis Ahmad Abdul Karim 4 . Bapak Ir.M. 3. Selaku Dosen Pembimbing.

..................................2 Maksud dan Tujuan....... 1 1. 4 2.........................................................................................................4 2...2 1.............................ii MOTTO......................2 Tujuan Praktik Kerja Lapangan..............................................1 Manfaat Praktik Kerja Lapangan...........................................4 Sistem Penulisan...... iii KATA PENGANTAR.....................................................................................................................1........................................................................................2 1...............................2............................3 Pembatasan Masalah...........................................2 Visi dan Misi.............3 1..........................Contents LAPORAN PAKTIK.................4 Lokasi dan Layout Bengkel...................................................2.......... 1 1....................6 5 .................5 2....................................... 3 BAB II............................................... i LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN..................................... Sejarah Perusahaan........................... iv BAB I.........................................................3 Struktur Bengkel..................................................................2 1.........................................................1 Latar Belakang................................................................................................................................... 4 2..............

6 .

oleh karena itu dibutuhkan kerja sama antara lembaga pendidikan dengan instansi atau perusahaan lain yang bersangkutan agar tercapai sumber daya manusia yang berkualitas sesuai yang dibutuhkan dalam perkembangan teknologi yang pesat diera globalisasi. Praktik kerja lapangan merupakan beban semester yang harus ditempuh oleh mahasiswa. Dalam menempuh dan menyelesaikan studi mahasiswa harus mampu dan mempunyai pangetahuan yang baik secara teori maupun praktik di lapangan. Sebagai lembaga yang menghasilkan tenaga dibidang otomotif.BAB I PENDAHULUAN 1. maka perguruan tinggi harus mengantisipasi kebutuhan tenaga kerja ahli berkualitas mengingat pertumbuhan teknologi di negara kita yang berkembang sedemikian pesat. 1 .1 Latar Belakang Praktik kerja lapangan yang dilaksanakan mahasiswa pada suatu instansi atau perusahaan dititik beratkan pada kemampuan mahasiswa dalam menerapkan dan mengembangkan ilmiah yang didapat di bangku kuliah sesuai dengan program dan jurusan yang diambil. Disini akan terlihat dan terasa manfaat lulusan perguruan tinggi yang mempunyai pengalaman dan ketrampilan kerja yang berkompeten dan dapat langsung terjun dilapangan maupun dimasyarakat.

2. Bagi Akademik 1. Dapat memperoleh gambaran fakta tentang panduan pendidikan atau kurikulum yang sesuai kenyataan di lapangan. Dunia kerja atau institusi kerja tersebut akan memperoleh tenaga kerja yang sesuai dengan bidangnya.Membantu dalam menentukan langkah konkrit dibidang penyediaan jasa perawatan kendaraan operasional. Bagi Instansi Institusi dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja lepas yang berwawasan akademik dari praktik kerja lapangan tersebut. Kemudian laporan praktik kerja lapangan dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber informasi mengenai situasi umum institusi tempat praktik tersebut. Bagi Pihak Lain Hasil pengamatan di lapangan ini digunakan sebagai referensi untuk suatu penelitian dan tambahan pengetahuan. 3. 2 . Untuk mengetahui sampai sejauh mana kemampuan mahasiswa dalam memahami mata kuliah serta kemampuan mengumpulkan data serta menganalisis data tersebut. Dapat menimbulkan hubungan baik dengan instansi atau perusahaan.2. c.1. b.1 Manfaat Praktik Kerja Lapangan a.2 Maksud dan Tujuan 1.

manfaat praktik kerja lapangan. sehingga dalam penyusunan laporan ini penulis hanya membatasi pada hal-hal yang ada kaitannya dengan system rem. Melakukan pengamatan dan pengecekan secara langsung pada kendaraan. Memperdalam pengetahuan tentang kerusakan. Mempelajari dan memahami sistem manajemen kerja di bengkel. c. b. 1. 1. dan perawatan mobil.4 Sistem Penulisan Untuk memudahkan pembahasan dan pnganalisaan. perbaikan. 3 .1. pembatasan masalah. yaitu tentang system rem . d.2 Tujuan Praktik Kerja Lapangan Dalam rangka pelaksanaan tugas praktik mempunyai tujuan yaitu : a. Praktik kerja lapangan merupakan sarana untuk meningkatkan dan memperluas pemahaman mahasiswa terhadap pengetahuan otomotif di lapangan. sistematika penulisan. tujuan praktik. maka dibuat urut-urutan penulisan secara sistematik dan singkat. adapun sistematika penulisan sebagai berikut : BAB I PENDAHULUAN Pada bab ini penulis menguraikan tentang latar belakang kerja praktik.3 Pembatasan Masalah Sehubungan dengan kerja praktik yang diambil.2.

1. Walaupun terbilang belum lama dan letak bengkel ada di dalam perkampungan tetapi bengkel yang didirikan oleh mantan mekanik Nasmoco ini sudah memiliki banyak pelanggan . Nama bengkel tersebut terinspirasi dari pit stop pada balapan. Saat ini bengkel tersebut sudah memiliki 5 orang mekanik . Sejarah Perusahaan Bengkel PIT STOP MOBIL Auto Service didirikan oleh Muhamamad Syaifudin Kodri pada tanggal 1 Juli 2010 yang beralamat di Jagan Pasuruhan Mertoyudan Magelang .BAB II GAMBARAN PIT STOP MOBIL Auto Service Pada bab ini penulis menguraikan tentang sejarah berdirinya balai latihan kerja. DAFTAR PUSTAKA BAB II GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN 2. Bengkel ini satu lokasi dengan rumah bapak Udin panggilan pemilik bengkel PIT STOP MOBIL . visi dan misi balai latihan kerja. BAB V PENUTUP Pada bab ini berisi kesimpulan dan saran. BAB III PERMASALAHAN DAN PEMBAHASAN Pada bab ini penulis menguraikan tentang spesifikasi pada kegiatan praktik kerja lapangan. fasilitas. maksudnya yaitu mengerjakan sevice dengan cepat . Berkat pengalaman yang dimiliki bapak Udin selama 4 . struktur organisasi.

Memonitor kegiatan bengkel.2 Visi dan Misi VISI Menjadi pelaku bisnis dibidang otomotif yang profesional.3 Struktur Bengkel Struktur Organisasi pada bengkel PIT STOP MOBIL terdiri dari kepala bengkel dan teknisi. Terus berusaha meningkatkan kesejahteraan karyawan. b. Bertanggung jawab atas target bengkel. arsip bengkel. Bekerja berdasarkan team work. pelestarian dilingkungan bengkel. Menjalin kerja sama dengan instasi. d. tujuh step service asvisor. Kepala Bengkel a. teknisi general repair. c. aset bengkel. serta ikut berperan dalam kepedulian lingkungan dan sosial. prestasi bengkel. 2. Teknisi a. Adapun tugas dari masing-masing personel dalam struktur organisasi Bengkel PIT STOP MOBIL adalah sebagai berikut: 1. 2. berkualitas dan sebagai pemimpin pasar di era global. MISI Meningkatkan profesionalisme karyawan dengan berbasiskan teknologi modern untuk memberikan totalitas kepuasan pelanggan dan menghasilkan keuntungan yang optimal bagi pemegang saham. 5 . Melakukan perbaikan sesuai dengan work order dan SOP. harian dan bulanan bengkel. b. personil bengkel dan kepada atasan. Meningkatkan SDM bengkel.13 tahun sebagai mekanik di Nasmoco sudah banyak pelanggan yang percaya dengan garapan yang ada di bengkel ini 2. reporting.

1 Lokasi bengkel PIT STOP MOBIL 6 . d.c. 2. e. Menjaga kendaraan yang diperbaiki agar selalu bersih dan aman. Melaporkan kepada kepala bengkel bila menemukan masalah di lapangan.4 Lokasi dan Layout Bengkel Lokasi bengkel PIT STOP MOBIL terletak di Jagan Pasuruhan Mertoyudan Magelang Gambar 2. Menjaga dan merapikan sarana peralatan.

2 Layout bengkel PIT STOP MOBIL 7 .Gambar 2.