SURAT KEPUTUSAN

No. 10/01/VIII/SK_Dir_Keb/2012

TENTANG
KEBIJAKAN PELAYANAN ADMINISTRASI PERKANTORAN
DIREKTUR RS BAPTIS BATU
MENIMBANG

: a.

Bahwa dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan Rumah
maka diperlukan
Sakit Baptis Batu,
penyelenggaraan
pelayanan Administrasi perkantoran yang bermutu tinggi;
b. Bahwa agar pelaksanaan Administrasi Perkantoran di Rumah
Sakit Baptis Batu dapat terlaksana dengan baik, perlu adanya
kebijakan Direktur Rumah Sakit Baptis Batu sebagai landasan
bagi penyelenggaraan pelayanan Administrasi Perkantoran di
Rumah Sakit Baptis Batu;
c. Bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud
dalam a dan b, perlu ditetapkan dengan Keputusan Direktur
Rumah Sakit Baptis Batu.

MENGINGAT

: a.

Undang-Undang RI Nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah
Sakit
b. Undang-Undang RI Nomor 36 tahun 2004 tentang Kesehatan
c. Keputusan Ketua Badan Pengurus Yayasan Baptis Indonesia
Nomor 014/SK/YBI/VIII/2009 tentang Penunjukan Direktur
Rumah Sakit Baptis Batu
d. Keputusan Ketua Badan Pengurus Yayasan Baptis Indonesia
Nomor 047/YBI/VII/2011 tentang Struktur Organisasi Rumah
Sakit Baptis Batu

MEMPERHATIKAN : Perlunya usaha untuk meningkatkan kualitas
Admnistrasi Perkantoran di RS Baptis Batu.

pelayanan

. KETIGA : Pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pelayanan Administrasi Perkantoran Rumah Sakit Baptis Batu dilaksanakan oleh Wakil Direktur Umum Keuangan RS Baptis Batu . KEEMPAT : Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkannya. dan apabila di kemudian hari ternyata terdapat kekeliruan dalam penetapan ini akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya Ditetapkan di : Batu Pada tanggal : 01 Agustus 2012 Direktur RS.MARS . Baptis Batu Arhwinda Pusparahaju A.dr.SpKFR.MEMUTUSKAN MENETAPKAN PERTAMA : : KEPUTUSAN DIREKTUR RUMAH SAKIT BAPTIS BATU TENTANG KEBIJAKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN RUMAH SAKIT BAPTIS BATU KEDUA : Kebijakan pelayanan Administrasi Perkantoran Rumah Sakit Baptis Batu sebagaimana tercantum dalam Lampiran Keputusan ini.

setiap unit wajib menyelenggarakan rapat. Sebagai salah satu upaya untuk menjaga dan meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit. Melakukan identifikasi dan pelacakan terhadap seluruh kebijakan dan prosedur yang sedang beredar. Setiap bulan wajib membuat laporan dan dilaporkan dalam Rapat Kerja bulanan. 7. 10. Notulen rapat wajib ditembuskan kepada pejabat diatasnya. 9. 8. 15. Kebijakan. Pengaturan dan penjadwalan rapat akan dikoordinir oleh Bagian Administrasi Perkantoran Pemakaian dan pengaturan ruangan pertemuan menjadi tanggung jawab Bagian Administrasi. Pelayanan Administrasi Perkantoran dilaksanakan setiap hari Senin-Jumat pukul 07. 16. 10/01/VIII/SK_Dir_Keb/2012 Tertanggal 01 Agustus 2012 KEBIJAKAN PELAYANAN ADMINISTRASI PERKANTORAN RUMAH SAKIT BAPTIS BATU 1. 4. 20. 2. Baptis Batu diatur dan diketahui oleh Bagian Administrasi Administrasi mengatur dan mengidentifikasi tamu yang berkunjung di lingkungan RS. Semua bentuk dokumen yang tidak relevan dan tidak dipergunakan lagi akan ditarik dan dikembalikan ke bagian administrasi Revisi / Penghapusan / tidak diberlakukannya kembali Dokumen. Administrasi Perkantoran mengatur segala penomoran untuk surat-surat yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit. Pengelolaan kebijakan dan prosedur yang berasal dari luar Rumah Sakit akan diatur di bagian administrasi. . Panduan dan Edaran akan diatur sedemikian rupa Pemusnahan Dokumen Administrasi adalah 5 (lima) tahun sejak terakhir digunakan dengan menggunakan prosedur yang berlaku Penggunaan stempel RS. Pendokumentasian atas catatan hasil rapat (notulen) wajib dilaksanakan. 14. Administrasi Perkantoran meliputi administrasi umum RS dan administrasi Komite Medik. 12. Dokumen kebijakan dan prosedur di unit yang telah rusak atau tidak dapat terbaca dapat dilakukan pembaharuan di bagian administrasi. Segala bentuk dokumen milik Rumah Sakit yang dikeluarkan dari Administrasi akan disimpan oleh Unit Administrasi. Sebelum diterbitkan.30 WIB Setiap minggu harus mengadakan pertemuan di Bagian Administrasi. bukan administrasi pasien. 3. Pedoman. pengarsipan surat dan pencarian kembali surat yang masuk ke bagian Administrasi. 17. Administrasi mengatur pendistribusian surat. demikian juga tindaklanjut atas keputusan rapat wajib didokumentasikan secara tertulis.00 s/d 15. 11. 18. 13. Pelayanan di Administrasi harus selalu berorientasi kepada mutu dan berkualitas. Memastikan kebijakan dan prosedur tidak disalahgunakan. Baptis Batu. 6. 19. 5. Surat Keputusan. semua dokumen kebijakan dan prosedur telah dinilai ulang dan disetujui oleh pihak yang berwenang (autorized person).Lampiran Surat Keputusan Direktur RS Baptis Batu Nomor.

23. Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit (SPM-RS) untuk bagian administrasi yang ditetapkan adalah : a. Tindak lanjut penyelesaian hasil pertemuan tingkat direksi. 22.21. Untuk melaksanakan koordinasi dan evaluasi wajib dilaksanakan rapat rutin bulanan minimal satu bulan sekali. Kelengkapan laporan akuntabilitas kinerja. Ditetapkan di Pada tanggal : Batu : 12 Maret 2014 . setiap petugas wajib mengikuti pelatihan yang diselenggarakan. Untuk mempertahankan dan meningkatkan kompetensi. b.

MARS . Baptis Batu Dr.Direktur RS.SpKFR..Arhwinda Pusparahaju A.