MAKALAH

STROKE PADA USIA MUDA

Disusun oleh :
KELOMPOK 10
1. Bagus Wibowo (14312241024)
2. Annis Septidiani
(14312244001)
3. Risea Luthfi Hakim
(14312244014)
PENDIDIKAN IPA A 2014

JURUSAN PENDIDIKAN IPA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2016
BAB I

Pada kenyataannya. Centers for Disease Control and Prevention menyatakan bahwa angka kejadian stroke pada usia dewasa muda terus meningkat. selain muncul gejala umum stroke yang khas.1 Antara tahun 19952008.PENDAHULUAN A. .S. RUMUSAN MASALAH Apa saja faktor yang menyebabkan stroke pada usia muda ? C.2 Pada anak-anak. LATAR BELAKANG Pada umumnya masyarakat beranggapan bahwa stroke adalah penyakit yang hanya terjadi pada usia pertengahan dan usia lanjut. dan memberikan dampak psikososial yang berat. berpotensi menyebabkan hilangnya kemampuan di usia produktif. biasanya disertai kelainan lain berupa sindrom seperti gangguan perkembangan atau kejang. jumlah pasien stroke usia 15-44 tahun yang dirawat meningkat hampir 3 kali lipat. B. Stroke pada usia muda relatif jarang dibanding kelompok usia lanjut. tetapi memiliki penyebab dan metode diagnostik yang khusus. Laporan U. TUJUAN Makalah ini bertujuan untuk mengetahui macam-macam faktor yang menyebabkan stroke pada usia muda. hampir 10% stroke terjadi pada usia relatif muda (kurang dari 45 tahun).

000/tahun. dan sindrom HELLP (hemolysis. (2) Kehamilan.BAB II PEMBAHASAN Hampir 10% stroke terjadi pada usia relatif muda (kurang dari 45 tahun). Migren. meningkatkan risiko stroke pada wanita usia di bawah 45 tahun. (7) Mitochondrial Encephalopathy with Lactic Acidosis and Strokelike episodes (MELAS). (5) Focal Cerebral Arteriopathy of childhood (FCA). (13) Fabry’s disease. polyarteritis nodosa (PAN). (12) Cerebral Autosomal Dominant Arteropathy with Subcortical Infarcts and Leucoencephalopathy (CADASIL). hal ini belum menjelaskan mengapa . sehingga membutuhkan pendekatan yang berbeda. dan (14) Trombofi lia. (2) Sickle-cell disease.000 penduduk/tahun dan lebih jarang pada kelompok anak-anak. (9) Penyalahgunaan obat. Wegener’s granulomatosis. elevated liver enzymes. and low platelets).1 Mekanisme yang mendasarinya masih belum jelas. (11) Systemic Lupus Erythematosus (SLE). Beberapa faktor risiko penting yang menyebabkan terjadinya stroke pada usia muda adalah: 1. Khusus pada wanita usia muda. Migren Antara 5% hingga 25% stroke usia muda berhubungan dengan migren. Namun. beberapa faktor risiko lainnya antara lain: (1) Penggunaan kontrasepsi oral terutama pada wanita perokok. (8) Diseksi arteri. (3) Penyakit jantung. (10) Vaskulitis serebral seperti arteritis temporal. Faktor risiko perlu diidentifi kasi untuk penatalaksanaan dan pencegahan terjadinya stroke berulang. arteritis Takayasu. Penelitian berbasis populasi dengan metodologi yang baik penting untuk lebih mengetahui besaran masalah stroke pada usia muda. (4) Abnormalitas pembuluh darah serebral. dan hipertensi. antara lain: (1) Migren. diduga berhubungan dengan keadaan iskemik saat migren terutama pada fase aura. Stroke pada usia muda memiliki karakteristik tersendiri. (6) Ensefalopati pascavarisela. terutama yang disertai aura. terutama jika terdapat preeklampsi. migren dengan aura. Faktor risiko terjadinya stroke pada usia muda berbeda-beda. eklampsi. yaitu 1-8 kasus/100. Angka kejadian stroke pada usia di bawah 45 tahun diperkira kan 7-15 kasus/100.

pada beberapa kasus dapat terjadi perdarahan serebral karena jaringan kolateral menjadi rapuh yang terjadi sebagai respons terhadap terjadinya oklusi pembuluh darah intrakranial yang lebih besar.1. . Hal ini menyebabkan Hb dalam sel darah merah berpolimerasi saat terekspos oksigen bertekanan rendah. Polimerasi ini menyebabkan menjadi lebih kaku dan kurang fl eksibel.risiko pada wanita lebih tinggi. dapat asimptomatik. 2. Dapat pula terjadi proliferasi jaringan fi brosa pada lapisan tunika intima pembuluh darah intra dan ekstrakranial yang menyebabkan stenosisatau oklusi. Tidak ada penanganan khusus pada pasien dengan sickle-cell disease. yaitu Hemoglobin S (Hb S). Sickle-cell Disease Sickle-cell disease merupakan faktor risiko penting pada anakanak. dan meningkat jika disertai dengan riwayat merokok atau menggunakan pil kontrasepsi.4 Pada penyakit ini ditemukan bentuk abnormal hemoglobin. sehingga terjadi substitusi asam amino pada rantai Globin Beta. karena mutasi genetik. Exchange transfusion dapat dipertimbangkan untuk menurunkan risiko komplikasi vaskuler. sehingga terjadi infark serebral. karena terganggunya sel darah merah di sistem kapiler.

Pemeriksaan penunjang penting untuk kelainan irama ataupun anatomi serta fungsi jantung sebagai penyebab stroke. infark miokard akut. Abnormalitas Pembuluh Darah Serebral seperti .3. patent foramen ovale. 4. dan aneurisma septum atrium. elektrokardiografi dan ekokardiografi (bila perlu trans-esofageal). subacute bacterial endocarditis. Penyakit Jantung Kelainan jantung yang sering menyebabkan stroke adalah penyakit jantung rematik (terkait kelainan katup mitral). Abnormalitas struktur jantung yang menyebabkan hubungan antar ruang jantung dapat menyebabkan emboli paradoksal. Stroke juga dapat terjadi saat upaya operasi perbaikan kelainan tersebut.

5. dan ensefalopati pascavarisela. Ensefalopati Pasca-varisela Berbeda dengan FCA. ensefalopati ini diketahui terkait faktor fenotip dengan adanya stenosis pada proksimal arteri serebri media yang diduga berhubungan dengan infeksi varisela yang baru dialami. • MR spectroscopy dan cairan serebrospinal menunjukkan peningkatan konsentrasi laktat serebral. Diseksi Arteri Sekitar 10% kasus stroke dibawah usia 45 tahun disebabkan diseksi arteri karotis dan vertebral. ataksia. dan obat anti-kejang. yaitu: • Pemeriksaan DNA. Kasus ini ditandai episode mirip stroke (stroke-like) berulang dengan defisit neurologis fokal. Darah yang terperangkap di dalam arteri membentuk lumen ‘palsu’. alat bantu dengar. Diagnosa MELAS ditegakkan melalui pemeriksaan tambahan. Penyebabnya belum diketahui pasti. Mitochondrial Encephalopathy with Lactic Acidosis and Stroke-like Episodes (MELAS) MELAS adalah kelainan DNA mitokondria yang jarang. diduga multifaktorial dan berhubungan dengan infeksi saluran pernapasan atas. dan gejala lokal neurologis perifer. Focal Cerebral Arteriopathy of Childhood (FCA) Adalah suatu kelainan yang ditandai dengan lesi stenotik idiopatik arteri serebral pada anak-anak. 7. antara lain fi sioterapi.Penyebab yang sering antara lain penyakit moya-moya. diseksi arteri. Diseksi arteri disebabkan robekan lapisan tunika intima. mempersempit rongga lumen dengan gambaran angiografi yang khas. 6. Penatalaksanaan hanya bersifat suportif sesuai gejala. • Biopsi otot menunjukkan ‘ragged red fi bres’ yang karakteristik. Selanjutnya akumulasi berulangnya serangan stroke menyebabkan disabilitas dan gangguan kognitif progresif. cerebral arteriopathy of childhood. kejang. dan tuli sensorineural. Proses ini menyebabkan gejala nyeri kraniofasial atau servikal. vaskulitis. sehingga darah masuk ke dalam dinding arteri. • MRI ditemukan infark oksipital. migren. Sebagian besar diseksi arteri terjadi pada . 8. Gejala klinis lain yang dapat menyertai adalah kelemahan otot proksimal.

Riwayat neuroimaging penting penyalahgunaan obat untuk perlu diidentifikasi. sehingga menyebabkan dapat memicu vasospasme serebral atau vaskulitis serebral. meningkatkan risiko endokarditis infeksiosa. Penggunaan secara intravena.bagian ekstrakranial arteri karotis dan vertebralis. Vaskulitis Serebral Infl amasi pembuluh serebral dapat terjadi sebagai bagian dari kelainan fokal atau sistemik yang juga dapat menyebabkan stroke. dan hipoperfusi serebral karena drug-induced hypotension. emboli paradoksikal. 9. Kasus stroke perdarahan relatif lebih sering. Pada kelompok ini perlu dicari kemungkinan hubungan stroke dengan penggunaan pil kontrasepsi oral dan tes antibodi antifosfolipid. sehingga membutuhkan pendekatan yang berbeda. Penyalahgunaan Obat Penyalahgunaan obat. terutama narkoba. mengetahui sehingga faktor pemeriksaan penyebab. Keadaan ini dapat menyebabkan stroke iskemik ataupun perdarahan. harus dipertimbangkan sebagai penyebab stroke pada kelompok usia muda. Abnormalitas jaringan ikat dan kolagen seperti pada sindrom Ehlers-Danlos meningkatkan risiko diseksi arteri. ekokardiografi transesofageal penting untuk mencari patent foramen ovale ata aneurisma septum atrium. terutama dengan cara yang non-steril. 10. BAB III PENUTUP Stroke pada usia muda memiliki karakteristik tersendiri. Jika diduga terdapat kelainan jantung. Obat golongan simpatomimetik peningkatan seperti tekanan kokaindan darah amfetamin mendadak. .5 Insidens stroke pada usia di bawah 30 tahun lebih sering terjadi pada wanita yang berhubungan dengan risiko stroke perdarahan atau iskemik pada masa kehamilan dan persalinan.

Kristensen B. 2011 [cited 2015 Feb 2]. Sturm J. Philadelphia. Stroke in young adults. Fagerlund M. In: Barnet HJM. Available from: http://physicaltherapy. Malm J. Bogousslavsky J. Stroke: Pathophysiology. Epidemiology and etiology of young stroke. diagnosis. et al. Mohr JP. Stein BM. 21: 382-6. Yasu FM. 28: 1702-9. Available from: http://www. Stroke 1997. Stroke 1990. Stegmayr B. Bradley W. Causes of stroke in young adults [Internet]. Epidemiology and etiology of ischemic stroke in young adults aged 18 to 44 years in Northern Sweden. Carlberg B. Stroke in young adults. Stroke research and treatment [Internet]. Blecic S.html. .com/sharedResources/Downloads/2012/072312/PT_YoungAdult Stroke.advanceweb.pdf Griffi th D. editors. Churchill Livingstone. and management.org/ neurology_neurosurgery/centers_clinics/cerebrovascular/conditions/stroke. Sharma K. 1998. Backman B.DAFTAR PUSTAKA Bevan H. 2016.hopkinsmedicine.

Miller VT. . Stroke 1983.Hart RG. Cerebral infarction in young adults: A practical approach. 14: 110-1.