Industri-Industri di Batam

Terdapat ratusan industri besar di Batam, industri ini biasanya menjalankan
usahanya di kawasan-kawasan industri yang banyak berdiri di Batam. Masingmasing kawasan industri ini didirikan sesuai dengan industri yang dihasilkan
oleh perusahaan-perusahaan dengan produk sejenis di bidan industrinya. Dari
segi produk yang dihasilkan perusahaan-perusahaan itu terbagi menjadi
beberapa kelompok, diantaranya adalah :

Industri Elektronik
Perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang industri elektronik diantaranya
didirikan di kawasan industri sebagai berikut :
1. Batamindo Industrial Park (untuk melihat perusahaan yang ada di kawasan
ini silahkan
kunjungi perusahaan yang ada di kawasan ini diantaranya :
a. PT. Philip & NXP (Produknya Tuner TV etc)
b. PT. Thomson ( Sparepart TV, tuner )
c. PT. Foster (Audio, speaker etc)
d. PT. Schneider (Automation Part)
e. PT. Sumitomo (Wiring system for automotive)
f. PT. Unisem (Semiconductor parts)
g. PT. Sanmina-SCI (PCB Assembly)
h. PT Epson ( printer spare parts)
i. PT Ciba Vision (Lens contact)
j. PT. Infineon (Semiconductor parts)
k. PT. Sony (Flexible cable)
l. PT. Panasonic SECB (Computer peripheral)

Satnusa Brothers (Plastic Injection) e. Sanyo Precision (Micro Motor) o. DLL 3. DLL 4. EPCOS (Electronic components) b. Panbil Industrial Estate (untuk melihat perusahaan yang ada di kawasan ini silahkan kunjungi http://www.com) perusahaan yang ada di kawasan ini diantaranya : a. PT. Fuda (Metal Stamping) e.com) perusahaan yang ada di kawasan ini diantaranya : a. PT. PT.panbil. PT. Mabuchi (Micro motor) d. Beyonic (PCB Assembly) d. Briliant f. PT. TEAC (Computer peripheral) p. PT. Amerika. PT. BIP merupakan kawasan industri perakitan elektronik terbesar di Batam. Amtek Sanwa (Metal Stamping & Plastic Injection) c. JMS (Medical products) n. PT. PT. Commo Industrial Park perusahaan yang ada di kawasan ini diantaranya : a.yang hampir 100% adalah perusahaan asing dari Jepang. Tomoe (Metal Stamping) c. Sanyo Energy (Battery) q. Perusahaan-perusahaan besar yang bergerak dalam industri galangan kapal diantaranya adalah : . Kara Industrial Park. Industri Shipyard (Galangan Kapal) Untuk Industri Shipyard berada di daerah Pantai yang terletak di Tanjung Uncang. Eropa. Sincom Panasonic (Electronic Parts) b. PT. DLL Untuk Industri Electronic masih banyak kawasan industri yang ada di Batam seperti : Executive Industrial Park. PT.bjsgroup. PT. Singapore dll. Panasonic (Electronic Parts) b. Tropical (Teraoka Scale weighing) c. DLL Jumlah perusahaan yang berada di Batamindo Industrial Park (BIP) yaitu 77 perusahaan. PT. Citra Buana Industrial Park dll.m. Inzign g. 2. PT. PT. PT. Bintang Industrial Park (untuk melihat perusahaan yang ada di kawasan ini silahkan kunjungi http://www.

Mc Dermott b. Batamec c. PT. PT. Aker Kvaerner e. SMOE g. Pan United b. DLL . PT. PT. Citra Tubindo c. ASL b. DLL Industri Rigging untuk pengeboran Minyak bumi Untuk Industri ini yang terbesar diantaranya adalah : a. DLL Industri Pipa /Supporting part untuk Minyak Bumi dan Gas Indusri Piping untuk Oil and Gas cukup banyak di Batam untuk yang besar diantaranya adalah : a. PT. PT. PT. PT. Nanindah d. Tenaris Hydrill d. PT. PT. PT. Nippon Steel c. Sembawang d. PT.a. Profab f.

Tetapi di lapangan. membuat pembangunan dan sarana transportasi laut cukup lengkap. Batam yang merupakan daerah kepulauan. sosio-kultural dan agama yang berbeda. Batam terkenal dengan masyarakatnya yang heterogen. ojek. Batam sendiri merupakan salah satu cerminan dari karakter kemajemukan tersebut.lapangan terbang maupun pelabuhan. Penggunaan transportasi darat yang seperti taksi yang berbeda dengan daerah lain yakni tidak menggunakan argo serta penggunaan angkutan per jalur tertentu. Minang. Belum lagi di tambah keragaman agama. Makna berbeda-beda tetapi tetap satu (Bhinneka Tunggal Ika) benar-benar terlihat di kota Batam. Selain transportasi darat.TRANSPORTASI DI BATAM Transportasi merupakan sarana penunjang mobilitas. Selain itu. Jalur udara juga menjadi andalan bagi masyarakat Batam untuk bepergian. adat serta sistem kekerabatan. Dengan keberagaman . transportasi laut merupakan salah satu sarana yang penting. Flores. Tionghoa serta Melayu itu sendiri. Bugis. Di dalamnya kaya akan kebudayaan daerah serta kelompok etnis. Anda bisa menjumpai berbagai suku di Indonesia dengan berbagai adat dan kebiasaan yang berbeda-beda semuanya ada di Batam. Hampir seluruh maskapai penerbangan membuka rute Batam dengan kota-kota besar yang ada di Indonesia. Sebagai kota yang baru dibangun di tahun 1970-an. Keragaman Budaya di Batam Indonesia adalah salah satu negara paling majemuk di dunia. Anda justru akan banyak menjumpai masyarakat dari suku Jawa. Budaya masyarakat di Batam sangatsangat beragam. pancung. dimana masyarakat Batam dapat menggunakan fasilitas kendaraan umum seperti taksi. dominasi ini tidak begitu terlihat. Indonesia memiliki lebih dari 200 dialek bahasa. Penggunaan jalur laut yang menghubungkan Batam dengan pulau-pulau disekitar maupun dengan negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Secara geografis wilayah. sehingga mobilitas penduduk dapat teratasi dengan baik serta sarana pendukung yang memadai seperti jalan. memang Batam berada di kepulauan Riau yang mewarisi adat Melayu. Batak. Jika ditotal secara keseluruhan. bis.

tetapi mereka semua lah yang bekerja sama membangun Batam hingga menjadi besar seperti sekarang ini. Namun Anda jangan heran karena dalam sehari-hari penduduk di sini menggunakan bahasa daerah masing-masing. Bugis serta Tionghoa. Batak. selain itu posisi Batam yang cukup strategis dengan negara tetangga membuat pelayanan Batam berstandar international. maka telinga Anda akan familiar dengan bahasa Minang. Masyarakat hidup. Bagaimana dengan bahasa di Batam? Bahasa utama yang digunakan di sini memang bahasa Indonesia. Ini lah budaya yang menarik dari Batam. Sarana kesehatan masyarakat yang ada di Batam saat ini cukup lengkap. Hal yang patut di contoh oleh kota lainnya di Indonesia bahwa benar keberagaman memang menjadikan kita kaya dan maju. Jumlah penduduk Batam yang semakin pesat tentu saja membutuhkan sarana kesehatan yang memadai. KESEHATAN Pelayanan Kesehatan masyarakat merupakan salah satu faktor penting. Ini terjadi karena Batam adalah tempat berbagai suku bangsa di Indonesia bertemu. gigi maupun spesialis. bekerja dan berinteraksi satu sama lain dengan latar belakang budaya yang berbeda. Jawa.yang tinggi ini menjadikan warga Batam sangat terbuka dan menghormati perbedaan suku dan golongan. Jika Anda jalanjalan dan berbelanja di mall. Jumlah Sarana Kesehatan di Batam No 1 2 3 4 5 Jenis Rumah Sakit Puskesmas Klinik Rumah Bersalin Praktek Dokter Jumlah 6 3 7 53 – . kemudian sarana Apotik yang cukup lengkap serta dokter-dokter yang membuka praktek baik dokter umum. Selain itu pihak korporasi pun melakukan kerjasama dengan Rumah Sakit baik swasta maupun daerah dalam memberikan kemudahan kepada karyawananya serta kerjasama dengan pihak asuransi. kota yang luas daratannya sebesar Singapura. Meskipun terdiri dari beragam suku dan budaya. seperti Rumah Sakit baik swasta maupun Daerah dengan sarana dan prasarana yang telah memadai serta Puskesmas yang ada di tiap kecamatan. sehingga pertumbuhan pelayanan kesehatan di Batam cukup pesat.

PERUMAHAN Batam. Adanya dukungan yang besar dari pemerintah Kota Batam untuk bidang pendidikan membuat Batam layak disebut sebagai Kota Pendidikan. SMA Negeri 3. lomba langgam melayu. diantaranya adalah SMA Negeri 1. salah satunya adalah Lomba Kompetisi Siswa (LKS) yang baru saja diadakan bulan Mei ini. Kota Perumahan Terbaik Raih Adi Upaya Pratama 2008 . Hal ini terbukti dengan banyaknya prestasi para pelajar di bidang pendidikan. Saat ini sudah banyak sekolah di Kota Batam yang bertaraf internasional. kini Batam dapat dikatakan sebagai wilayah pendidikan yang unggul di Indonesia. Di Batam juga ada beberapa madrasah dan pondok pesantren yang juga banyak diminati. Sebagai contoh yaitu pendaftaran sekolah siswa baru di tahun 2009 ini akan dilakukan melalui jaringan internet atau sistem online. Berbagai ajang kompetisi di kalangan pelajar kerap diadakan. dan kira-kira 9 Perguruan tinggi. 25 Sekolah Menengah Atas (SMA). Diantaranya adalah varia pendidikan. SMP Negeri 3. Apalagi saat ini segala sesuatu di bidang pendidikan akan dikaitkan dengan teknologi. Dengan didukung oleh pengembangan infrastruktur bidang Informasi dan Teknologi .6 7 Balai Pengobatan Apotek – 72 PENDIDIKAN Batam Kota Pendidikan Bidang pendidikan juga merupakan daya tarik Kota Batam. Berbagai beasiswa dan bantuan dana operasional pendidikan dari pemerintah Kota Batam sangat membantu pelajar Kota Batam untuk mengenyam pendidikan dengan baik. Dinas Pendidikan Kota Batam seolah tidak pernah absen dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kota Batam. Saat ini Batam memiliki sekitar 178 Taman Kanak-kanak (TK). dan banyak lagi. 16 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). lomba pelajar berprestasi. dan SMK Negeri 1. SMP Negeri 6.

Jumat (31/10) malam. pengembangan perumahan bagi pekerja tetap secara konsisten akan dilanjutkan baik rumah sederhana maupun rusun sewa. Kabupaten Bandung untuk kategori kota sedang dan Batam untuk kota metropolis. Dan Batam dianggap yang terbaik dalam hal pengembangan perumahan rakyat. ”Dan di Batam. kini Batam kembali mengukir prestasi. Batam meraih juara I kota terbaik bagi pengembangan perumahan dan permukiman. seusai menerima penghargaan. Penghargaan itu diserahkan Menteri Negara Perumahan Rakyat Yusuf Asy’ari kepada Wali Kota Drs Ahmad Dahlan. MM di Gedung Chandraloka Ampi Teater. Batam dianggap sebagai kota yang berhasil dan konsisten membangun dan mengembangkan perumahan untuk pekerja. khususnya rumah hunian untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Indonesia. Nusa Dua. Penghargaan itu diserahkan bersempena dengan hari Habitat Sedunia 2008.Setelah dua kali meraih Adipura. Kabag Humas Pemko Yusfa Hendri yang ikut rombongan Wali Kota ke Bali menyebutkan selain Batam. ada dua kota lain yang meraih penghargaan Adi Upaya Pratama sebagai kota terbaik bagi pengembangan perumahan dan pemukiman untuk MBR.” tukasnya. pekerja. karena ia sebelumnya tidak menduga sama sekali kalau tim dari Menpera rupanya telah turun secara diamdiam ke Batam memberikan penilaian. Bali. Penghargaan ini mengejutkan bagi Dahlan. Lomba Adi Upaya Pratama tersebut digelar sebagai bentuk rangsangan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah agar lebih serius dan konsisten memperhatikan ketersediaan rumah layak huni bagi masyarakat kecil.” katanya dari Bali. BP Kawasan FTZ Batam ataupun dari Kementerian Perumahan Rakyat. .’’ ujar Dahlan yang dihubungi per telepon tadi malam. ’’Kita bersyukur sekali atas penghargaan ini. Sebagai kota metropolis. dalam lomba Adi Upaya Pratama 2008. Selanjutnya kata Dahlan. ’’Yakni Pekalongan untuk kategori kota kecil. penggusuran perumahan bermasalah (ruli) yang kita lakukan selama ini selalu dibarengi dengan usaha-usaha nyata untuk mengakomodir kepentingan masyarakat berpenghasilan rendah. Anggarannya bisa dari APBD. dan warga hinterland.

” kata Yusfa. Selain itu. REI. yaitu Bandung dan Tangerang. SK Walikota. seperti political will kepala daerah. Batam juga meraih juara dua untuk kategori pengelolaan rumah susun terbaik dari sepuluh nominator yang diunggulkan. Kepala Bappeko Wan Darussalam. kata Yusfa. Misalnya ketersediaan perda. Pelabuhan ini . Perguruan Tinggi. Yang mereka amati banyak. Sebelumnya. pihak dosen di perguruan tinggi. terdiri dari unsur pemerintahan di tingkat pusat. terdiri dari unsur Kementerian Negara Perumahan Rakyat. Perumnas dan LSM lainnya. Kepala Dinas Tata Kota Gintoyono. dan data indikator pendukung lainnya. REI. *** PELABUHAN Pelabuhan Batam Centre Pelabuhan internasional Batam Centre Kapal ferry yang akan mengangkut penumpang ke Singapore dan Malaysia Pelabuhan Batam Centre adalah pelabuhan ferry internasional yang berada di pantai utara pulau Batam. APERSI. Ikut dalam rombongan. Dewan jurinya saja berjumlah sebelas orang. Batam juga meraih nilai tertinggi pengelolaan kawasan perumahan permukiman dibanding dua nominator lain. Departemen Dalam Negeri. MP3I dan Perumnas. provinsi Kepulauan Riau. Ketua DPD REI Batam Mulia Pamadi dan Ketua DPD REI Kepri Ahmad Mipon.Juri yang menilai calon penerima penghargaan Adi Upaya Puritama itu. Batam dianggap pro dengan kepentingan MBR. Departemen Pekerjaan Umum. ”Seleksi penetapan calon penerima penghargaan ini cukup ketat.

Pembangunan sarana olahraga sesuai dengan standart nasional dan keselamatan. membuat beberapa event sering diadakan di Batam. Singapore dan pelabuhan Stulang Laut serta Pasir Gudang di Johor Baru. Kondisi ini menyebabkan para investor harus menyediakan . juga turur andil dalam penyelengaraan tahun ‘Kunjungan Wisata Batam 2010’ dimana kelengkapan sarana dan prasarana yang ada terus di tingkatkan sehingga kegunaannya dapat dicapai dengan maksimal. dengan daya terpasang pembangkit dalam skala kecil. Pada saat ini ada dua macam kapal ferry yang beoperasi: Batam Fast dan Penguin dengan jadwal keberangkatan hampir tiap jam mulai dari jam 6:00 pagi sampai jam 21:00 malam. Pada tahun 1971 Listrik mulai ada di Pulau Batam di bawah pengelolaan Pertamina sebagai instansi pertama yang ditugaskan untuk mengembangkan Daerah Industri Pulau Batam. dengan kapasitas terpasang sebesar 17. Peran serta masyarakat dan Pemerintah dalam mensukseskan olahraga dimasyarakat tentunya menjadi pencapaian tersendiri. Pada periode 1976 .5 MW. Tidak sebandingnya permintaan serta pertumbungan kebutuhan tenaga listrik kemampuan pembangkit yang ada pada periode ini. Malaysia. membuat Otorita Batam selaku pengelola ketenagalistrikan tidak dapat memenuhi permintaan listrik tersebut.1992 mulai dibangun beberapa PLTD dengan kapasitas terpasang sebesar 45. hampir pembagunan perumahan yang ada di Kota Batam selalu disertai dengan sarana lahraga seperti kolam renang atau pun lapangan badminton sehingga kebutuhan masyarakat akan sarana olahraga terpenuhi. ARENA OLAHRAGA Sarana olahraga sebagai salah satu faktor penunjang di masyarakat. Selain itu.5 MW yaitu di daerah Sekupang dan Batu Ampar. Tahun 1976 Pemerintah Pusat membentuk Otorita Pengembangan Daerah Industri Pulau Batam (Otorita Batam) sebagai badan khusus yang bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan Pulau Batam dan sejak saat itu sistem ketenagalistrikan di pulau Batam dikelola oleh UPT (unit Pelaksana Teknis) Kelistrikan Otorita Batam.menghubungkan kota Batam dengan pelabuhan HarbourFront. sekalin untuk menunjang bakat olahraga yang ada di Batam juga menciptakan masyarakat yang sehat.

dibentuk PT PLN (Persero) Wilayah Khusus Batam sebagai unit PT PLN (Persero) yang diberi kewenangan dan tanggung jawab melakukan pengelolaan ketenagalistrikan di pulau Batam dengan keputusan Menteri Pertambangan dan Energi No. PLTD Sekupang Lama ( 4 x 560 KVA). Pada awal beroperasinya.pembangkit listrik sendiri sehingga daya terpasang Captive Power cukup besar ( ± 200 MW ). pada tanggal 1 Januari 1993 Pemerintah mengalihkan pengelolaan ketenagalistrikan Pulau Batam dari Otorita Batam kepada PT PLN (Persero). PT PLN (Persero) menerima penyerahan asset kelistrikan tajap I dari Otorita Batam senilai Rp. pada tanggal 5 Desember 1992. PLTD Sekupang I ( 4 x 3. 2.000 pelanggan Selanjutnya dilakukan penyerahan asset kelistrikan tahap II senilai Rp.5 MW ). 79. 4. 6.8 Milyar. Selanjutnya. Total asset yang diserahkan oleh Otorita Batam kepada PT PLN (Persero) adalah sebesar Rp.6 Milyar yang terdiri atas: 1.500 KVA). Agar pengelolaan ketenagalistriak dapat dilakukan secara profesional. Jaringan Distribusi.PE/1992 tanggal 5 Desember 1992. 3. dengan harapan dapat melayani semua permintaan listrik untuk mendukung pengembangan industri di Pulau Batam.5 MW). 5. PLTD Batu Ampar Lama ( 6 x 1. 20.2 Milyar yang terdiri atas: 1. Jaringan Distribuisi. Tanah dan Bangunan. 1706.K/02/M. 2. Tanah dan Bangunan serta. 3. PLTD Sekupang II ( 5 x 4. . 4. 59. Pelanggan listrik ± 8.310 KVA). PLTD Batu Ampar Baru (4 x 7.

Batu Ampar.Dalam kurun waktu 7 (tujuh) tahun sejak PT PLN (Persero) Wilayah Khusus Batam beroperasi di Pulau Batam. Kinerja PT PLN Batam didukung oleh sejumlah pembangkit antara lain PLTD yang berlokasi di Sekupang. Sebagai sebuah perusahaan swasta. serta PLTG Panaran I yang mulai beroperasi Oktober 2004 dengan kapasitas 2 X 27. dan sekitarnya akan terus berupaya menjaga keandalan dan kelangsungan pasokan listrik untuk memenuhi kebutuhan para . PT PLN (Persero) Wilayah Khusus Batam membuat sejarah baru melalui penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Otorita Batam dan Pemerintah Daerah Kota Batam. Penyediaan dan Pemanfaatan Tenaga Listrik di Wilayah Batam dan Sekitarnya Melalui Keikutsertaan Otorita Batam dan Pemerintah Daerah Kota Batam dimana Unit Pelaksana Induk PT PLN (Persero) Wilayah Khusus Batam sebagai unit PT PLN (Persero) akan ditingkatkan statusnya menjadi Anak Perusahaan. didirikan PT Pelayanan Listrik Nasional Batam (atau disingkat PT PLN Batam) sebagai sebuah perusahaan yang mandiri dan berstatus sebagai anak perusahaan PT PLN (Persero). PT PLN Batam berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan tenaga listrik.7 Milyar dengan 48. saat ini PLN Batam juga sedang mempersiapkan pembangunan PLTU Tanjung Kasam yang direncanakan mulai beroperasi tahun 2008.5 MW. Strategi yang lain. 7 tahun 2000 yang dibuat dihadapan Notaris Haryanto. adalah untuk menyediakan kebutuhan tenaga listrik yang berkualitas sebagai bagian dari kewajiban penyediaan infrastruktur bagi industri dan masyarakat di Pulau Batam dan Kawasan Barelang. juga akan segera beroperasi disamping pengadaan PLTGD skala kecil di beberapa kawasan Industri. Maksud dan tujuan penandatanganan Nota Kesepahaman ini. Melalui Nota Kesepahaman tersebut dicapai kesepakatan kerjasama Pengelolaan. Dilatarbelakangi alasan tersebut di atas. Saat ini PT PLN Batam memiliki kapasitas daya mampu netto harian sekitar 160 MW dengan cadangan daya sebesar 25 MW. Rempang dan Galang. asset tersebut telah mencapai Rp. Pada tanggal 19 Juni 2000. maka pada tanggal 3 Oktober 2000 dengan Akta No. PT PLN Batam sebagai Pemegang Ijin Usaha Ketenagalistrikan Untuk Umum (PIUKU) di pulau Batam. 306. SH. Baloi.580 pelanggan. menggantikan PT PLN (Persero) Wilayah Khusus Batam dengan wilayah kerja yang meliputi Batam. dan Tanjung Sengkuang. Dalam waktu dekat PLTG Panaran II dengan kapasitas yang sama dengan PLTG Panaran I.

Selain itu bahan bakar dan limbah ditanggung oleh rusia sebagai negara yang berinvestasi di negri ini. dan Yogyakarta. Sebenarnya dahulu juga ada wacana singapur akan berinvestasi di batam berupa PLTN untuk memenuhi kebutuhan listrik negaranya namun itu ditanggapi dingin karena ilmu nuklir singapur sangat jauh di bawah kita yang telah memiliki 3 reaktor nuklir riset yang berada di serpong tangerang. bandung. Bayangkan saja 1 PLTN jenis PWR (Pressure Water Reaktor) ini mampu menghasilkan daya maksimal 3500 MW. kita anggap saja yang akan di bangun . yang membuat heboh adalah yang dibangun ialah pembangkit listrik tenaga Nuklir atau yang biasa kita kenal adalah PLTN yang berlokasi di pulau Batam yang berdekatan dengan singapura dan Malaysia.pelangggan. Akhir-akhir ini sedang heboh dengan berita rusia akan berinvestasi pembangkit listrik untuk indonesia. Keinginan berinvestasi rusia ini haruslah ditanggapi serius oleh pemangku kepentingan di negri ini. Dengan motto “Electricity For A Better Life” PT PLN Batam memiliki visi “meningkatkan kehidupan masyarakat ke arah yang lebih baik”. Ini merupakan batu loncatan kita menjadi negara maju dan sejajar dengan negara-negara pemilik PLTN.

2500 MW kita expor ke singapura. Tujuannya jika ada hal yang tidak diinginkan negara tetangga juga merasakan. Investasi PLTN pun tergolong sangat mahal karena pembangunannya saja membutuhkan 8 tahun dan dana sebesar 30T/1000MW. Teknik pembangunan di perbatasan ini yang dilakukan oleh prancis saat german memutuskan menghentikan pengoprasian PLTN di negaranya secara bertahap dan harus mengimpor listrik dari prancis. begitu juga di Batam. Belum lagi pendapatan sampingan dari neutron yang ada di dalam teras reactor. 1500 MW kita expor ke Malaysia. Kalo kita bisa. coba . Kita akan menghasilkan devisa yang sangat tinggi dan terus menerus selama 365 hari dan 24 jam perhari uang yang kita dapat. Total ada 7500 MW. Yup neutron ini dapat menghasilkan radionuklida yang bertujuan untuk industry dan medis. prancis pun membangun PLTN di perbatasan German. (Nauzubillah Minzalik). Tp secara keseluruhan akan jauh lebih murah karena bahan bakar PLTN biasanya di ganti 12-18 bulan.berdaya 1500 MW dan ada 5 komplek PLTN. kenapa dari dulu kita tidak membangun PLTN? Ini dikarenakan banyak oknum-oknum yang tidak ingin Indonesia maju. sisanya 3500 MW masuk sistem kelistrikan Sumatra.

bahkan saya yakin yang berdemo itu umurnya di bawah 1965 yang berarti reactor kita lahir terlebih dahulu. Oke kita lakukan perhitungan supaya gampang.beritahu saya negara mana yg memiliki PLTN tetapi negaranya termasuk negara miskin? Jawabannya tidak ada. padahal kalo yang menolak itu ditanya bagaimana cara kerja PLTN. Dari tahun 1965 belum terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Jika kita nekat membangun dengan menutup kuping atas demo yang terjadi.500 Liter minyak. ini setara dengan 2. Kemudian ada yang bertanya lagi bagaimana dengan gempa? Anda ingat gempa . saya rasa mereka akan menerima juga karena listrik yang dihasilkan sangatlah murah. Adalagi yang mengatakan kita belum bisa karena SDM nya tidak berkualitas? Anda yakin dengan peranyaan tersebut? Kita memiliki reactor nuklir pertama tahun 1965.5 TON batubara. Bayangkan 1 gram U235 mampu menghasilkan 200 miliar kalori. 17. saya yakin banyak yang tidak paham. Jadi berapa tambang yang akan dirugikan jika kita Indonesia memiliki PLTN??? yups inilah yang menjadi alasan terkuat kenapa mereka sangat menolak PLTN. yaitu reactor triga mark II di bandung.

Coba kalian googling mall hotel sahid. Yup sesuai namanya ini mall dibangun persis 100 meter dari reactor. dilihat dayanya. Dari pemaparan ini apakah masih diragukan lagi SDM Nuklir kita? Saya rasa tidak. padahal 1 lempeng hanya beberapa gram saja. Bisa dibayangkan warga sekitar tidak merasa ketakutan bahkan mall saja berani dibangun. dinaikkan batang kendali. reactor daya berbentuk tabung) batang kendali dinaikan.72%) dan tahu tidak untuk memasukan bahan bakar bukan dimasukan secara keseluruh tetapi dimasukkan 1 lempeng (reactor riset bahan bakar berupa lempeng. Ada yang bertanya lagi ini kan reactor riset? Anda tahu tidak reactor riset memiliki kandunggan U-235 nya sekitar 14% padahal reactor daya memiliki kandungan U-235nya sebesar 4%. kita harus berani nekat melawan LSM-LSM berkedok kepentingan . Ini karena design dari reactor tersebut sudah tahan gempa padahal itu adalah buatan tahun 1970an.yogya tahun 2006? Dan anda tahu reactor kartini di Yogyakarta yang berdiri pada tahun 1974? Saat gempa terjadi reactor tersebut tidak kenapa-kenapa padahal rumah yang saya tempati berjarak 150 meter dari reactor rata dengan tanah. Hal yang lucu bukan. Sekarang sudah 2014 yang memiliki ilmu jauh lebih baik dari dahulu. dilihat datanya. diambil datanya. diturunkan lagi batang kendalinya. dimasukkan lempeng ke 2. dst hingga ratusan Kg bahan bakar. (kandungan U-235 di U alami adalah 0.

sangat dihargai jika PLTN berdiri di negri tercinta ini. Jika kita ambil reactorreaktor lainnya akan terbangun karena hasil transfer ilmu kita terhadap rusia.bersama padahal kepentingan oknum saja. Jangan berpikir bahan bakar kita belum bisa membuat. tp berpikir bagaimana membuat PLTN 1 buah dulu. Kita ambil atau kita mulai tertinggal lagi seperti proyek roket Kartika kita yang terbengkalai. Indonesia akan menjadi bangsa yang sangat besar. Rusia sudah berminat seperti halnya kembali di zaman 60an. PLTN bukan hanya untuk Nasional tetapi juga daerah karena daerah mendapatkan 5% hasil penjualan listriknya untuk pembangunan daerah. Tinggal kita tunggu bagaimana presiden sekarang akan bertindak. Hal yang tersulit dalam perjalanan adalah langkah pertama salam Nuklir untuk perdamaian .