Bahwa pada UU No 6 tahun 2015 tentang desa pasal 50 ayat (2) disebutkan;

“Ketentuan lebih lanjut mengenai perangkat Desa sebagaimana dimaksud dalam
Pasal 48, Pasal 49, dan Pasal 50 ayat (1) diatur dalam Peraturan Daerah
Kabupaten/Kota berdasarkan Peraturan Pemerintah”
Tupoksi ini kami sarikan dari hasil pelatihan / workshop dan dari beberapa
perda dari daerah lain yang sudah di tetapkandan sesuai dengan UU Desa No 6
tahun 2014. Tupoksi ini hanya sebagai penambah wawasan pengetahuan,
mudah mudahan tidak berbeda terlalu jauh dengan tupoksi yang akan
dikeluarkan pemda majalengka.
Kepala Desa mempunyai wewenang :
a. memimpin penyelenggaraan Pemerintahan Desa;
b. mengangkat dan memberhentikan Perangkat Desa;
c. melaksanakan pembinaan Perangkat Desa;
d. mengalihkan tugas/jabatan Perangkat Desa yang berkedudukan setara;
e. memegang kekuasaan pengelolaan keuangan dan aset desa;
f. menetapkan Peraturan Desa;
g. menetapkan APB Desa;
h. membina kehidupan masyarakat desa;
i. membina
ketentraman dan
ketertiban masyarakat desa;
j. membina
dan
meningkatkan
perekonomian
desa
serta
mengintegrasikannya
agar
tercapai perekonomian skala produktif
untuk sebesar- besarnya kemakmuran masyarakat desa;
k. mengembangkan sumber pendapatan desa;
l. mengusulkan
dan
menerima
pelimpahan sebagian kekayaan negara
guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa;
m. mengembangkan kehidupan sosial budaya masyarakat desa;
n. memanfaatkan teknologi tepat guna;
o. mengoordinasikan pembangunan desa secara partisipatif;
p. mewakili desa di dalam dan di luar pengadilan atau menunjuk kuasa
hukum
untuk mewakilinya
sesuai
ketentuan
peraturan
perundang-undangan; dan
q. melaksanakan wewenang lain sesuai dengan ketentuan peraturan
perundang-undangan.
Kepala Desa mempunyai kewajiban :
a. memegang teguh dan mengamalkan Pancasila, melaksanakan UndangUndang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945 serta
mempertahankan dan memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik
Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika;
b. meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa;
c. memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat desa;
d. menaati dan menegakkan peraturan perundang- undangan;
e. melaksanakan kehidupan demokrasi dan berkeadilan gender;
f. melaksanakan prinsip tata pemerintahan desa yang akuntabel,
transparan, profesional, efektif dan efisien, bersih serta bebas dari
kolusi, korupsi dan nepotisme;
g. menjalin kerja sama dan koordinasi dengan seluruh pemangku
kepentingan di desa;
h. menyelenggarakan administrasi Pemerintahan Desa yang baik;
i. mengelola keuangan dan aset desa;
j. melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan desa;

serta mendapat jaminan kesehatan. memberikan mandat pelaksanaan tugas dan kewajiban lainnya kepada Perangkat Desa. d. wewenang. tunjangan. menyampaikan laporan keterangan e. mengembangkan perekonomian masyarakat desa. menerima penghasilan tetap setiap bulan. kewajiban dan hak .k. dan p. tunjangan. menyampaikan laporan penyelenggaraan Pemerintahan Desa setiap akhir tahun anggaran kepada Bupati. b. Kepala Desa wajib : a. dan e. serta mendapat jaminan kesehatan. menyampaikan laporan penyelenggaraan Pemerintahan Desa setiap akhir tahun anggaran kepada Bupati. wewenang. Dalam melaksanakan tugas. menetapkan struktur organisasi dan tata kerja Pemerintah Desa. m. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud diatas. Dalam melaksanakan tugas. Kepala Desa mempunyai hak : a. l. o. n. menyampaikan laporan keterangan penyelenggaraan Pemerintahan Desa secara tertulis kepada BPD setiap akhir tahun anggaran. dan penerimaan lainnya yang sah. mengembangkan potensi sumber daya alam dan melestarikan lingkungan hidup. mendapatkan perlindungan hukum atas kebijakan yang dilaksanakan. dan e. membina dan melestarikan nilai sosial budaya masyarakat desa. menyampaikan laporan penyelenggaraan Pemerintahan Desa pada akhir masa jabatan kepada Bupati. d. menetapkan struktur organisasi dan tata kerja Pemerintah Desa. b. memberikan dan/atau menyebarkan informasi penyelenggaraan Pemerintahan Desa secara tertulis kepada masyarakat desa setiap akhir tahun anggaran. memberikan mandat pelaksanaan tugas dan kewajiban lainnya kepada Perangkat Desa. Kepala Desa mempunyai hak : a. d. kewajiban dan dimaksud diatas. b. mendapatkan perlindungan hukum atas kebijakan yang dilaksanakan. menerima penghasilan tetap setiap bulan. c. dan penerimaan lainnya yang sah. mengajukan rancangan dan menetapkan Peraturan Desa. dan . Kepala Desa wajib : hak sebagaimana a. dan d. menyampaikan laporan penyelenggaraan c. c. c. memberdayakan masyarakat dan lembaga kemasyarakatan di desa. memberikan informasi kepada masyarakat desa. penyelenggaraan Pemerintahan Desa secara tertulis kepada BPD setiap akhir tahun anggaran. Pemerintahan Desa pada akhir masa jabatan kepada Bupati. b. menyelesaikan perselisihan masyarakat di desa. mengajukan rancangan dan menetapkan Peraturan Desa.

c. pedoman dan petunjuk teknis serta bahan lainnya yang berhubungan dengan bidang tugasnya. melaksanakan kegiatan umum dan aparatur desa. Sekretariat Desa Sekretariat Desa dipimpin oleh Sekretaris Desa dibantu Urusan dalam bidang administrasi pemerintahan. 2. 3. melaksanakan kegiatan perencanaan. dan legalisasi. j. menghimpun dan mengolah serta menyajikan data dan informasi yang berhubungan dengan bidang tugasnya. menyelenggarakan dan melaksanakan ketatausahaan Kepala Desa. merencanakan. perlengkapan dan rumah tangga Pemerintah Desa. data dan kepustakaan.f. menyelenggarakan ketatausahaan yang meliputi: 1. Urusan Umum Aparatur Desa dan Aset. melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan aset desa. kearsipan. memberikan bimbingan dan teknis administrasi kepada seluruh satuan organisasi Pemerintah Desa. mencari. d. b. dan k. dan 2. mengoordinasikan pelaksanaan kegiatan Pemerintah Desa. pelayanan umum. mempunyai tugas : a. Kepala Desa Sekretaris Desa mempunyai tugas : a. mengumpulkan. persuratan. menyelenggarakan administrasi umum desa. melaksanakan administrasi dan menyiapkan sarana perjalanan dinas. melaksanakan dan mengendalikan program kerja Urusan Umum Aparatur Desa dan Aset. Sekretaris berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Desa. g. b. 5. melaksanakan tugas administrasi yang meliputi: 1. mengoordinasikan pelayanan kepada masyarakat. f. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Desa berkaitan dengan bidang tugasnya. c. mempelajari peraturan perundang-undangan kebijakan teknis. oleh Dalam menjalankan tugas dan kewajiban. mempelajari peraturan perundang-undangan kebijakan teknis. mengendalikan. pedoman dan petunjuk teknisserta bahan lainnya yang berhubungan dengan bidang tugasnya. h. e. dokumentasi. . 4. menyusun rencana. memantau. melaksanakan kegiatan keuangan desa. melaporkan dan mengevaluasi manajemen keuangan desa dan pelaksanaan program kegiatan. i. memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Desa mengenai kebijakan dan tindakan yang akan diambil. memberikan dan/atau menyebarkan informasi penyelenggaraan Pemerintahan Desa secara tertulis kepada masyarakat desa setiap akhir tahun anggaran.

melaksanakan urusan rumah tangga desa yang meliputi sarana prasarana desa. 2. h. menyusun bahan penyusunan APB Desa. melaksanakan pengelolaan tata usaha personalia aparat desa. . dan 7. penggalian dan pengembangan sumber-sumber pendapatan. menerima tamu dan lain-lain. pemeliharaan dan pengurusan tanah desa. dan lain-lain yang berhubungan dengan peningkatan kapasitas. dan 4. menyiapkan bahan penyusunan kebijakan dan petunjuk teknis pelaksanaan inventarisasi kekayaan desa. kebijakan teknis. Urusan Perencanaan dan Keuangan mempunyai tugas : a. 3. mengatur penggunaan. pelaksanaan dan evaluasi program peningkatan. membuat laporan pelaksanaan seluruh kegiatan sesuai bidang tugasnya. menyiapkan bahan penyusunan kebijakan dan pedoman sesuai bidang tugasnya. 6. keindahan kantor/lingkungan desa.d. melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan perubahan kekayaan desa. kebersihan. melaksanakan dan mengendalikan program kerja Urusan Perencanaan dan Keuangan. j. k. d. fasilitasi terhadap pelaksanaan dan/atau permasalahan sesuai bidang tugasnya. pendidikan pelatihan. mengusulkan kursus. kantor desa. Perubahan APB Desa. mempelajari peraturan perundang-undangan. b. e. memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Desa mengenai kebijakan dan tindakan yang akan diambil di bidang tugasnya. melaksanakan pengelolaan administrasi personalia Kepala Desa dan Perangkat Desa yang meliputi : 1. menyusun rencana. i. dan barang inventaris desa. melaksanakan perencanaan. dan Perhitungan APB Desa. melaksanakan penatausahaan keuangan desa. bimbingan teknis. menyiapkan bahan perencanaan. evaluasi pelaksanaan kebijakan dan pedoman sesuai bidang tugasnya. pengadaan. dan 8. 2. dan melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala Desa. melaksanakan pelayanan kepada masyarakat. pemantauan. 6. f. 5. inventarisasi data. c. melaksanakan fungsi kehumasan Pemerintah Desa. melaksanakan pengelolaan presensi. f. membuat laporan realisasi keuangan desa. 7. e. ketertiban dan keamanan kantor serta menyiapkan tempat/peralatan rapat. 4. pedoman dan petunjuk pelaksanaan serta bahan lainnya yang berkaitan dengan bidang tugasnya. menyiapkan. menyiapkan konsep Rancangan Peraturan Desa tentang Pengelolaan Kekayaan Desa. 3. menyusun laporan pengelolaan aset desa. bangunan desa. mengumpulkan bahan dan data yang berhubungan dengan aset desa. melaksanakan pengelolaan aset desa yang meliputi : 1. g. menyiapkan usulan pengangkatan dan pemberhentian. pemeliharaan dan usul penghapusan sarana dan prasarana.

mempelajari peraturan perundang-undangan. pedoman dan petunjuk pelaksanaan serta bahan lainnya yang berkaitan dengan bidang tugasnya. Laporan Keterangan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa dan pemberianinformasi penyelenggaraan Pemerintahan Desa kepada masyarakat. merencanakan. menyiapkan bahan pengendalian program kerja desa. j. memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Desa mengenai kebijakan dan tindakan yang akan diambil di bidang tugasnya. melaksanakan pelayanan kepada masyarakat. dan k. d. pedoman dan petunjuk pelaksanaan serta bahan lainnya yang berkaitan dengan bidang tugasnya. i. Seksi Pembangunan dan Pemberdayaan mempunyai tugas : a. mempunyai tugas : a. b. mengendalikan dan mengevaluasi pelaksanaan keamanan. h. l. melaksanakan. melaksanakan pelayanan kepada masyarakat. m. menyiapkan konsep Rancangan Peraturan Desa tentang Pungutan Desa serta Peraturan Desa lainnya sesuai bidang tugasnya. menyusun laporan pelaksanaan seluruh kegiatan sesuai bidang tugasnya. Seksi Pemerintahan. mengendalikan dan mengevaluasi . dan c. k. menyiapkan konsep Rancangan Peraturan Desa sesuai bidang tugasnya.g. menyusun laporan pelaksanaan seluruh kegiatan sesuai bidang tugasnya. Pelaksana teknis dipimpin oleh seorang Kepala Seksi merupakan unsur pembantu Kepala Desa sebagai pelaksana tugas operasional yang terdiri dari : a. j. memantau kegiatan sosial politik di desa. i. Seksi Pemerintahan b. g. melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala Desa. f. menyusun Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Seksi Kemasyarakatan. e. melaksanakan. h. dan n. ketentraman dan ketertiban masyarakat desa. merencanakan. melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala Desa. b. Pelaksana Teknis Kepala Seksi dalam menjalankan tugas dan kewajibannya bertanggung jawab kepada Kepala Desa. c. Seksi Pembangunan dan Pemberdayaan. kebijakan teknis. memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Desa mengenai kebijakan dan tindakanyang akan diambil di bidang tugasnya. menginventarisasi dokumen perencanaan. melaksanakan pendataan potensi pendapatan desa. merencanakan. melaksanakan dan mengevaluasi pelaksanaa administrasi pertanahan tingkat desa. mempelajari peraturan perundang-undangan. merencanakan. kebijakan teknis. melaksanakan dan mengevaluasi pelaksanaan administrasi kependudukan tingkat desa.

h. j. merencanakan. menyelenggarakan pengembangan peran serta dan keswadayaan masyarakat. merencanakan. f. melaksanakan pelayanan kepada masyarakat. i. . merencanakan. f. cerai dan rujuk. menyusun laporan pelaksanaan seluruh kegiatan sesuai bidang tugasnya. Pelaksana Kewilayahan/Dusun Kepala Dusun berkedudukan sebagai pelaksana kewilayahan yang merupakan unsur pembantu Kepala Desa sebagai satuan tugas kewilayahan. l. melaksanakan. g.c. mengendalikan dan mengevaluasi kegiatan penyandang masalah kesejahteraan sosial dan bidang sosial lainnya. talak. mengendalikan dan mengevaluasi kegiatan di bidang pemberdayaan perempuan. melaksanakan dan mengevaluasi pelaksanaan peningkatan sarana dan prasarana pembangunan desa. melaksanakan. memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Desa mengenai kebijakan dan tindakan yang akan diambil di bidang tugasnya. d. dan o. g. melaksanakan pencatatan dan administrasi nikah. menyiapkan konsep Rancangan Peraturan Desa sesuai bidang tugasnya. menginventarisir dan memantau pelaksanaan pembangunan dan administrasi pembangunan tingkat desa. memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Desa mengenai kebijakan dan tindakan yang akan diambil di bidang tugasnya. merencanakan. mengendalikan dan mengevaluasi kegiatan peningkatan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat. pedoman dan petunjuk pelaksanaan serta bahan lainnya yang berkaitan dengan bidang tugasnya. melaksanakan. merencanakan. e. k. c. adat istiadat dan kebiasaan masyarakat. menyusun laporan pelaksanaan seluruh kegiatan sesuai bidang tugasnya. n. melaksanakan pendampingan Kepala Keluarga miskin. Seksi Kemasyarakatan mempunyai tugas : a. dan melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala Desa. melaksanakan. e. melaksanakan. d. Rencana Kerja Pemerintah Desa serta Peraturan Desa lainnya sesuai bidang tugasnya. merencanakan. merencanakan. melaksanakan pelayanan kepada masyarakat. b. pelaksanaan program pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat. m. kebijakan teknis. mengendalikan dan mengevaluasi kegiatan pendidikan dan kebudayaan. pemuda dan olah raga. melaksanakan dan melaporkan kegiatan kemasyarakatan. i. melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala Desa. menyiapkan konsep Rancangan Peraturan Desa tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa. perlindungan anak. mempelajari peraturan perundang-undangan. mengendalikan dan mengevaluasi kegiatan keagamaan. h.

Kepala Desa mengadakan rapat Setiap Perangkat Desa wajib membuat dan menyampaikan laporan pelaksanaan tugas sesuai bidang ketugasan secara tepat waktu kepada atasannya. b. kebijakan teknis. wewenang. . dan kewajibannya. wewenang. sinkronisasi dan konsultasi dalam lingkup Pemerintah Desa. melaksanakan pelayanan kepada masyarakat. BPD. menyampaikan informasi tentang ketentuan peraturan perundangundangan yang berlaku di desa dan di wilayah peKepala Dusunan. membantu pelaksanaan tugas Kepala Desa di wilayah peKepala Dusunan. c. g. dalam melaksanakan tugas. melaporkan pelaksanaan tugas di wilayah kerjanya kepada Kepala Desa. Untuk kelancaran tugas. melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala Desa. mempelajari peraturan perundang-undangan. menerapkan prinsip koordinasi. melaksanakan kegiatan dan administrasi pemerintahan. Kepala Desa bertanggung jawab memimpin dan memberikan bimbingan. e. HUBUNGAN TATA KERJA Kepala Desa kewajibannya. dan mempunyai hubungan koordinasi dan konsultasi dengan Kepala Desa dalam melaksanakan tugas. antar Pemerintah Desa dan dengan Pemerintah Daerah sesuai kondisi sosial budaya masyarakat desa setempat.Dalam melaksanakan tugasnya Kepala Desun berkedudukan di bawah Kepala Desa dan bertanggung jawab kepada Kepala Desa. memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Desa mengenai kebijakan dan tindakan yang akan diambil di bidang tugasnya. Dalam melaksanakan tugas. d. f. pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan serta membina ketentraman dan ketertiban di wilayah peKepala Dusunan. petunjuk dan perintah serta melakukan pengawasan dan mengendalikan pelaksanaan tugas semua Perangkat Desa. pedoman dan petunjuk pelaksanaan serta bahan lainnya yang berkaitan dengan bidang tugasnya. dan kewajibannya. Kepala Dusun bertugas : a. wewenang. dan h. koordinasi secara berkala.