APLIKASI INTEGRAL DALAM BIDANG

TEKNIK PERTANIAN DI BIDANG
HIDROPONIK
Sebelum kita memasuki lebih dalam kita harus mengetahui sejarah dari
integral.
Sejarah dari integral,yaitu :
Hitung integral merupakan metode matematika dengan latar belakang sejarah yang
cukup unik. Banyak ilmuwan, baik matematika maupun non-matematika, yang
berminat terhadap perkembangan matematika hitung integral. Sejarah
perkembangan kalkulus bisa ditilik pada beberapa periode zaman, yaituzaman kuno,
zaman pertengahan, dan zaman modern. Pada periode zaman kuno. Beberapa pemikiran
tentang kalkulus integral telah muncul, tetapi tidak dikembangkan dengan baik dan
sistematis. Perhitungan volume dan luas yangmerupakan fungsi utama dari kalkulus
integral bisa ditelusuri kembali padaPapirus Moskwa Mesir (c. 1800 SM). Pada
papirus tersebut, orang Mesir telah mampu menghitung volume piramida
terpancung. Archimedes mengembangkanpemikiran ini lebih jauh dan menciptakan
heuristik yang menyerupai kalkulus integral. Pada zaman modern, penemuan
independen terjadi pada awal abad ke-17 di Jepang oleh matematikawan seperti
Seki Kowa. Di Eropa, beberapa matematikawan seperti John Wallis dan Isaac Barrow
memberikan terobosandalam kalkulus. James Gregory membuktikan sebuah kasus
khusus dari teoremadasar kalkulus pada tahun 1668. Gottfried Wilhelm Leibniz pada
awalnyadituduh menjiplak dari hasil kerja Sir Isaac Newton yang tidak
dipublikasikan,namun sekarang dianggap sebagai kontributor kalkulus yang hasil
kerjanyadilakukan secara terpisah. Leibniz dan Newton mendorong pemikiranpemikiranini bersama sebagai sebuah kesatuan dan kedua orang ilmuwan
tersebutdianggap sebagai penemu kalkulus secara terpisah dalam waktu yang
hampirbersamaan.

Setelah kita memasuki sejarah integral, selanjutnya kita memasuki apa
itu integral.
Menurut saya integral itu adalah : Metode matematika maupun non-matematika yang
berhubungan dengan perhitungan. Dimana integral tidak lepas dari kehidupan sehari-hari kita
dalam hal menghitung. Dan juga integral ini sangat berguna bagi kita agar kita tidak kaku dalam
setiap aplikasi perhitungan yang ada di sekitar kita. Jadi betapa penting integral itu bagi
kehidupan kita ini. Dan juga kalkulus ini sangat membantu kita jika kita mengerti program
aplikasi dari integral, agar dimana kita kelak nanti tidak diam dalam hal seperti ini, menghitung
serta yang berbaut dengan integral.

Selanjutnya kita membahas tentang apa itu hidroponik
Hidroponik menurut saya yaitu : sebelum kita memasuki apa itu hidroponik kita membahas
terlebih dahulu hubungan kalkulus dengan biologi. Hubungan kalkulus dengan biologi tidak

Selanjutnya kita baru mulai membahas apa itu hidroponik : Hidroponik adalah : Dikenal sebagai soilless culture atau budidaya tanaman tanpa tanah. hidroponik memiliki pengertian secara bebas teknik bercocok tanam. Setelah itu. Jadi hidroponik berarti budidaya tanaman yang memanfaatkan air dan tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam atau soilless. Jadi. kemudian Tina menghitung volume pot tersebut. Contoh kasus : Pada suatu hari. lalu kita membahas apa itu integral dalam teknik pertanian. kemudian dia megambil sebuah pot berbentuk tong yang cukup besar sebagai medianya. karena tidak semua hasil pertanian bernilai ekonomis. Data yang didapat Tinadari mengukur tong tersebut ialah jari-jari atas dan bawah tong adalah 30 cm dan jari-jari tengah 40 cm. . berikut ini saya akan mencoba mengulas hubungan Integral dengan dunia pertanian. Jenis tanaman yang mempunyai nilai ekonomi tinggi untuk dibudidayakan di hidroponik yaitu:  Paprika  Tomat  Timun Jepang  Melon  Terong Jepang  Selada Dalam kajian bahasa. Pemilihan jenis tanaman yang akan dibudidayakan untuk skala usaha komersial harus diperhatikan. Tina kemudian penasaran untuk menghitung volume pot tersebut agar ia bisa memperkirakan kira-kira berapa banyak tanah yang akan dia butuhkan. Teknik hidroponik banyak dilakukan dalam skala kecil sebagai hobi di kalangan masyarakat Indonesia. Tina kemudian mengukur pot berbentuk tong tersebut. hidroponik berasal dari kata hydro yang berarti air dan ponos yang berarti kerja. Selanjutnya setelah kita membahas apa itu hidroponik. Kemudian ia teringat akan akan pelajaran kalkulus yang ia dapatkan pada saat kuliah .begitu beda. banyak persamaan yang dimiliki dari ke dua pelajaran ini seperti perhitungan juga tidak lepas dari keduanya. serta tinggi tong adalah 1 m. Tina mengisi media hidroponik di lahan dia berniat menanam stroberi pada sisi tong tersebut. Hidroponik Dalam Teknik Pertanian : Dalam Bidang teknik pertanian hidroponik tentu memiliki bahan bahan atau media yang akan di gunakan .

y = – 2x / 250 + 40 kemudian mencari volume tong yang dihasilkan ketika kita memutar parabola antara x = -50 dan x = 50 sekitar sumbu x-.40) dan melalui (50.2 L. sehingga kita tau apa itu perhitungan dalam kehidupan sehari hari kita. Adapun bagian dari kalkulus yaitu integral. Dan menggunakan rumus: (x – h) 2 = 4 a (y – k) Sekarang (h. Pada perhitungan ini lamasi menggunakan dasar rumus Integral Tentu untuk mencari volume tong blueberry tersebut. Dan juga mampu mendorong kita dalam dunia pekerjaan jika kita memahami apa itu arti dari kalkulus. baik itu perhitungan dan juga perkiraaan dalam kehidupan kita.berapa banyak tanah yang dibutuhkan dalam menanam tanaman.Jawaban : Hal pertama yang dilakukan Tina ialah meletakkan pot pada sisinya. dan juga tidak lepas dalam biologi. Demikianlah salah satu Contoh Fungsi Integral dalam Bidang pertanian Hidroponik. memperdalam apa itu integral. 30). KESIMPULAN YANG DAPAT SAYA TANGKAP YAITU : Betapa pentingnya integral dalam hidup kita. agar kita tidak kaku dalam segala hal.30). Maka di dapat perhitungan Integral sebagai berikut : Jadi .dimana kita dapat menetukan Volume Yang ada dalam tong. Hal ini berguna untuk membuat suatu perhitungan aljabar. didapat volume pot yang didapatkan Lamasi dengan menggunakan perhitungan integral yaitu 425. . Rumus Integral tentu adalah : kemudian Supri menemukan persamaan parabola dengan titik di (0. 40) sehingga akan didapatkan : (x – h) 2 = 4 a (y – k) (x – 0) 2 = 4 a (y – 40) 2x = 4 a (y – 40) dan parabola melewati (50. k) adalah (0. sehingga (50) 2 = 4 a (30 – 40) 2500 = 4 a (-10) dan 4 a = -250 Jadi persamaan sisi barel 2x = -250 (y – 40) yaitu. Demikian lah yang dapat saya simpulkan jika ada kekurangan mohon maaf. Terimah Kasih. itulah kesamaan dari kalkulus dengan biologi menyangkut dengan kehidupan sehari-hari kita manusia. integral ini tidak lah lupa dalam kehidupan kita dimana integral sangat berguna dalam pembelajaran kita agar aplikasi kalkulus dapat kita mainkan dalam kehidupan sehari-hari kita jika kita mengetahui. Tanah.