Lampiran 2

LKS

LEMBAR KERJA SISWA

IDENTIFIKASI
Mata Pelajaran
Materi
Sub Materi
Kelas / Semester
Tahun Ajaran

:
:
:
:
:

Matematika
Trigonometri
Persamaan Trigonometri Sederhana
X / Genap
2014 / 2015

KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
3.1
2

Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan konsep persamaan
trigonometri dan menganalisis untuk
membuktikan sifat-sifat persamaan
trigonometri
sederhana
dan
menerapkannya dalam pemecahan
masalah

Indikator Pencapaian Kompetensi
3.12. Menentukan
penyelesaian
1
persamaan trigonometri fungsi
sinus
Menentukan
penyelesaian
3.12. persamaan trigonometri fungsi
2
cosinus

TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Persamaan
Trigonometri diharapkan siswa dapat :
1. Menentukan penyelesaian persamaan trigonometri fungsi sinus
2. Menentukan penyelesaian persamaan trigonometri fungsi cosines
Nama Kelompok :
Anggota
:
1.
2.
3.

4.
5.

Petunjuk:
1. Tuliskan nama kelompok dan nama anggota kelompok pada
lembar yang telah disediakan.
2. Tanyakan hal-hal yang kurang jelas kepada guru.
3. Lakukan langkah-langkah kerja sesuai perintah yang terdapat
pada LKS.
4. Diskusikan pertanyaan-pertanyaan yang terdapat dalam LKS
dengan teman kelompokmu

Ubahlah persamaan 2 sin x− √3=0 ke dalam bentuk b. Bacalah referensi untuk menentukan nilai 2 sin x− √3=0 sin x=sin … .360 ° untuk k = 0  x = …. ° x 2=(180 °−..° + k . .360 ° x 2=. … ° e.Sajikan bentuk di atas menjadi bentuk yang ekuivalen sin x=sin … ° d.. °)+k . Bentuk di atas dapat disajikan menjadi sin B= a sin B=c c a … … sin ¿ x=¿ c.. Tentukan nilai x yang memenuhi persamaan trigonometri dari 2 sin x− √ 3=0 untuk 0 ° ≤ x ≤ 480 ° adalah a. 0 dan seterusnya . Dari persamaan di atas diperoleh persamaan dengan bentuk sin x=sin α . ° x 1=. . 0 k = 1  x = …. dimana α =.360 ° Untuk k = 0  x = 600 k =1  x = 4200 k =2  x = ….1.. ° +k . 0 dan seterusnya k ϵ bilangan bulat x yang memenuhi persamaan sin x=sin … .

0 dan seterusnya . ..360° x 1=.. Tentukan nilai x yang memenuhi persamaan trigonometri dari cos x= 1 √2 2 a.° x❑ =± .f.. . 0  x = …. dan seterusnya k ϵ bilangan bulat  x = …. . Bacalah referensi untuk menentukan nilai 1 cos x= √ 2 2 x yang memenuhi persamaan cos x=cos … . . … ° c.360 ° untuk k = … k=… . ° +k . ..360 ° Untuk k =…. Dari persamaan di atas diperoleh persamaan dengan bentuk cos x=cos α .  x = … 0 k = …  x = …. dimana α=.Sajikan bentuk di atas menjadi bentuk yang ekuivalen cos x=cos … ° b. 0 k = …  x = …. °+ k . Berdasarkan selesaian di atas. . Simpulkan cara penyelesaian persamaan trigonometri untuk fungsi sinus! 2. . °+k . maka himpunan penyelesaian dari 2 sin x− √3=0 untuk 0 ° ≤ x ≤ 480 ° adalah HP = { ………………………………………………… } g. 0 x 2=−.

yang telah ditentukan! cosinus dan tangen akar-akarnya dapat ditentukan dengan cara: Dengan memfaktorkan 2. Dengan menggunakan rumus ABC . Tentukan akar-akar nya menggunakan salah satu cara Persamaan kuadrat dalam sinus. Simpulkan cara penyelesaian persamaan trigonometri untuk fungsi cosinus! Persamaan trigonometri dalam bentuk persamaan kuadrat 3. Nyatakan persamaan trigonometri dalam bentuk persamaan kuadrat umum! b.d. a. maka himpunan penyelesaian dari 1 cos x= √ 2 adalah 2 HP = { ……………………………………………………………. Tentukan nilai x yang memenuhi persamaan 2 sin 2 x=3 sin x−1 .. } f. dengan 0 ° ≤ x ≤ 360 ° . Berdasarkan selesaian di atas. Dengan melengkapi kuadrat sempurna 3.. Jika nilai x dibatasi pada interval 0 ° ≤ x ≤ 360 ° . 1 penyelesaian dari cos x= √ 2 adalah 2 maka himpunan HP = { ……………………………………. } e.

c. maka himpunan penyelesaian dari 2 sin 2 x=3 sin x−1 . untuk 0 ° ≤ x ≤ 36 0 ° adalah HP = { ………………………………………………… } . Dari persamaan diperoleh sin x=… d. Selesaikan untuk menentukan nilai dan x Juga dapat ditentukan dengan pemisalan sin x=… . sin x= p yang memenuhi persamaan di atas e. Berdasarkan selesaian di atas.