PEMBUATAN TEH KULIT SALAK

LAPORAN RESMI PRAKTIKUM
TEKNOLOGI PANGAN DAN PERKEBUNAN

Disusun Oleh:

BRAIN ALDO SINAGA
14/17031/STIPP

SARJANA TEKNOLOGI INDUSTRI PERKEBUNAN DAN
PANGAN
JURUSAN TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN
FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN
INSTITUT PERTANIAN STIPER
YOGYAKARTA
2016
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kewirausahaan adalah kemampuan kreatif dan dijadikan dasar, kiat, dan
sumber

dayauntuk

mencari peluang

menuju sukses. Secara

seederhana

arti wirausahawan adalah orangyang berjiwa berani mengambil resiko untuk

Tujuan Praktikum 1. tanpa diliputi rasa takut atau cemasdalam kondisi tidak pasti. B. Salak Salak adalah sejenis palma dengan buah yang biasa dimakan. yaituide/gagasan tersebut dikembangkan. seringkali orang menjadi berhasil. praktikumini sangat diharuskan untuk dilaksanakan agar kita bisa belajar bagaimana menjadi seorang enterprenuer. Manfaat Praktikum Mahasiswa bisa mengembangakan dan memasarkan minuman olahan dari buah-buahan BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Dapat menghitung HPP Teh Kulit Salak C. Untuk praktikum kali ini adalah melakukan praktikum wirausaha. maka akam mendorong seseorang untuk berusahamencari jalan keluar untuk merealisasikan jiwa dan ide enterprenuer dalam mata kuliahkewirausahaan diadakan praktikum. Dapat mengetahui proses pembuatan Teh Kulit Salak 2.membuka usaha dalam berbagai kesempatanartinya bermental mandiri dan berani memulai usaha.Praktikum kewirausahaan adalah proses belajar secara aplikatif atas ilmu (materi) yangtelah didapat. Buah ini disebut snake fruit karena kulitnya . Berbicara masalah kewirausahaan. Ada faktor lain yang tidak kalah pentingnya dibanding faktor modal. sementara nama ilmiahnya adalah Salacca zalacca. Dalam bahasa Inggris disebut salak atau snake fruit.

Tongkol bunga jantan 50-100 cm panjangnya.5-10 cm. Batang menjalar di bawah atau di atas tanah. Karangan bunga jantan Kebanyakan berumah dua (dioesis). terdiri atas 1-3 bulir yang panjangnya mencapai 10 cm. mula-mula tertutup oleh seludang. Daun majemuk menyirip. Biji 1-3 butir.. Tongkol bunga betina 20-30 cm. ke timur sampai Maluku. yakni S. karangan bunga terletak dalam tongkol majemuk yang muncul di ketiak daun. Queensland dan juga Fiji. Salak dibudidayakan di Thailand. sumatrana Becc. zalacca dari Jawa dan var. dengan banyak bunga kemerahan terletak di ketiak sisik-sisik yang tersusun rapat. Kandungan dan Manfaat Kulit Salak (Salacca zalacca) . yang belakangan mengering dan mengurai menjadi serupa serabut. tipis dan banyak. panjang 2. Malaysia dan Indonesia. coklat hingga kehitaman. kuning krem sampai keputihan. keras. runcing di pangkalnya dan membulat di ujungnya. Salak ditemukan tumbuh liar di alam di Jawa bagian barat daya dan Sumatra bagian selatan. warna duri kelabu sampai kehitaman. atau sepat. bertangkai. pelepah dan anak daun berduri panjang. S.mirip dengan sisik ular. berukuran sampai 8 x 85 cm. terbungkus oleh sisik-sisik berwarna kuning coklat sampai coklat merah mengkilap yang tersusun seperti genting. terdiri atas 4-12 bulir silindris yang masing-masing panjangnya antara 7-15 cm. Dinding buah tengah (sarkotesta) tebal berdaging. sering bercabang. Salak juga telah diintroduksi ke Filipina. Tipe buah batu berbentuk segitiga agak bulat atau bulat telur terbalik. Papua Nugini. Anak daun berbentuk lanset dengan ujung meruncing. B. membentuk rimpang. Sebagian ahli menganggap salak yang tumbuh di Sumatra bagian utara berasal dari jenis yang berbeda. 2-3 cm panjangnya. berasa manis. dengan banyak duri kecil yang mudah putus di ujung masing-masing sisik. sisi bawah keputihan oleh lapisan lilin. zalacca sendiri dibedakan lagi atas dua varietas botani. amboinensis (Becc. masam. Akan tetapi asal-usul salak yang pasti belum diketahui.) Mogea dari Bali dan Ambon. yakni var. diameter 10-15 cm. tangkai daun. bertangkai panjang. panjang 3-7 m.

Institut Pertanian STIPER Yogyakarta. Tempat dan Waktu Praktikum Praktikum dilaksanakan di Pilot Plant Teknologi Hasil Pertanian.Kulit salak mengandung unsur aktif. senyawa yang mendorong regenerasi sel epitel. . Pterostilbene. Arginin. Pada hari Jumat 26 Agustus 2016. Cinnamic acid derivatives. zat ini sangat dibutuhkan oleh penderita diabetes tipe II. Zat zat diatas berperan penting dalam proses perbaikan pancreas pada penderita diabetes tipe I. Zat Bee Health Products & Bee Health Propolis ini sangat bermanfaat untuk normalisasi sel-sel tubuh agar responsive pada insulin. Diantara unsur aktif yang terkandung di dalam kulit salak yang berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit diabetes adalah: Ferulic Acid dan Proline. BAB III METODE PRAKTIKUM A. senyawa yang mendorong terbetuknya kolagen dan elastin (dua unsure penting untuk memulihkan jaringan). senyawa yang menstimulir pembelahan sel dan memperkuat biosintesa protein. Keseluruhan unsur aktif tersebut bekerja secara bersamaan pada tubuh pasien untuk menyembuhkan penyakit yang diderita pasien. senyawa ini merupakan zat anti diabetes dan berperan langsung dalam menurunkan kadar gula darah.

c. baskom. Prosedur Skematis Kulit buah salak Direndam kulit salak dalam air panas . kemudian merendam dalam teko berisi air panas. Mencuci bersih buah jeruk nipis kemudia memotong tipis-tipis dan membuka kulit ari buah jeruk sehingga didapat bulit-bulir jeruk. teko. Mencuci bersih kulit salak.B. Bahan yang digunakan antara lain kulit salak. air. Menambahkan madu untuk memberi rasa manis pada teh kulit salak dan menambahkan es batu. Prosedur Teoritis a. d. madu. jeruk. Prosedur Praktikum I. es batu. jeruk nipis. e. Mengemas teh kulit salak dalam cup dan siap untuk dipasarkan. cuk besar. II. Alat dan Bahan Alat-alat yang digunakan dalam praktikum pembuatan teh kulit salak adalah pisau. es batu. C. Memasukan potongan jeruk nipis dan bulir-bulir jeruk kedalam teh kulit salak. b.

I.. Diagram Alir Praktikum Pembuatan Teh Kulit Salak BAB IV HASIL PENGAMATAN DAN PEMBAHASAN A. Dicuci bersih buah jeruk nipis dan diris tipis kemudian diambil bulir-bulirnya Dimasukan potongan jeruk nipis serta bulirnya kedalam teh kulit salak Ditambakan madu utnuk menambah cita rasa dan siap dikemas dan dipasarkan Gambar 3. Hasil Pengamatan Hasil pengamatan praktikum pembuatan teh kulit salak sebagai berikut.1. Tabel Organoleptik Koktai Buah .

322 HPP π = TC Q = Rp 30.71 5.322 11 cup = Rp 2. Tabel Perhitungan TVC No 1 2 3 4 5 6 Harga Nama Jumlah Bahan Jeruk Madu Es batu Cup besar Gas Jeruk nipis Satuan ½ Kg ½ Botol 2 bungkus 25 Buah 2 Buah Jumlah satuan (Rp) 6.00 (Rp) 1 Kompor gas 2 3 4 5 TC 365 Panci Baskom Teko Sendok 730 730 180 365 Jumlah = TVC + TC 0 8000 12.000 220 1000 b. Tabel Perhitungan TFC No Nama Alat Umur Harga Harga/Hari (hari) (Rp) 100. Aroma Jeruk kecoklatam nipis Perhitungan Laba/Rugi dan HPP Tekstur Rasa Cair Manis a.000 5.TC = 11 x Rp 5.500 - 137 10.000 2412.997 = Rp 28.322 = Rp 19.500 Rp 1.500 2000 2000 Rp 28.Warna Kuning II.997 = Rp 30.000 4. .322 = Rp 55. PQ .678 B.765 = TR-TC = Q .96 33.000 . Pembahasan Harga total (Rp) 12.825 2.000 – Rp 30.325 + Rp 1.Rp 30.5 1.000 5.325.

usaha juga memerlukan kreasi dan inovasi dari Sang Entrepreneur untuk menghadapi berbagai macam rintangan dalam usaha. BAB V PENUTUP A. senyawa yang mendorong terbetuknya kolagen dan elastin (dua unsure penting untuk memulihkan jaringan).000/Pcs sehingga mendapatkan untung sebesar Rp 19. Produk teh salak ini selain untuk menyegarkan tubuh adalagi manfaatnya yaitu untuk mengobati penyakit diabetes. Selain itu.Dari praktikum yang telah dilakukan maka didapatkan hasil pengamatan yaitu untuk uji organoleptik teh kulit salak memiliki aroma jeruk nipis dengan rasa manis dan memiliki warna kuning kecoklatan. Zat zat diatas berperan penting dalam proses perbaikan pancreas pada penderita diabetes tipe I.765/Pcs dan harga jual Rp 5. Cinnamic acid derivatives. Untuk HPP yang didapatkan sebesar Rp 2. Kesimpulan Berwirausaha adalah suatu kegiatan yang memerlukan sikap dan mental yang kuat serta keberanian untuk menawarkan produk yang kita miliki pada orang lain ataupun mengambil resiko. Hal ini disebabkan karena pada saat penjualan produk sedang panas terik sehingga produk minuman koktail buah dengan es batu ini sangat cocok untuk menyegarkan badan sehingga konsumen tertarik untuk membelinya. Hal ini menunjukkan bahwa softskill sangat diperlukan dalam berwirausaha. .678. hal ini dikarenakan pada kulit salak mengandung Ferulic Acid dan Proline. senyawa yang mendorong regenerasi sel epitel.

Saran Saran yang dapat kami berikan dari kegiatan ini adalah timing yang tepat untuk menawarkan suatu produk makanan ringan sangat diperlukan.edu/7556312/Kewirausahaan_Laporan_Praktek_Kewir ausahaan Diakses pada tanggal 16 September 2016 Anonim.678. Diakses pada tanggal 16 September 2016 Anonim. Diakses pada tanggal 16 September 2016 . DAFTAR PUSTAKA Anonim.html. 2016.id/2012/10/karya-tulis-teh-kulit-salak-sebagai. Diambil dari http://datasmaku.blogspot.academia. 2016. co. Teh Kulit Salak . Kami berharap agar kegiatan praktikum ini tetap diadakan dalam perkuliahan kewirausahaan karena sangat bermanfaat untuk melatih skill mahasiswa dan memberikan bekal pengalaman sebelum terjun langsung ke dunia bisnis.id/2014/06/ laporan-praktikum -teh-teknologi _30.765/Pcs dan harga jual Rp 5.co. Diambil dari https ://www. Diambil dari http ://sputumutia.html.Untuk HPP yang didapatkan sebesar Rp 2. blogspot. Laporan Praktek Kewirusahaan .000/Pcs sehingga mendapatkan untung sebesar Rp 19. Laporan Praktek Kewirusahaan . Produk teh salak ini selain untuk menyegarkan tubuh adalagi manfaatnya yaitu untuk mengobati penyakit diabetes. 2016. B.

Diambil dari https ://teguuuh. (Brain Aldo Sinaga) .wordpress.Anonim. 2016. 19 September 2016 Mengetahui.com/ metode-penelitian/teh-kulit-salak-sebagaiobat-diabetes-alami/ Diakses pada tanggal 16 September 2016 Yogyakarta. MSi) Praktikan. Dosen Pembimbing (Dina Mardhatilah. STp. Teh Kulit Salak Sebagai Obat Teh Kulit Salak .