You are on page 1of 9

LAPORAN PRAKTIKUM

ANATOMI FISIOLOGI MANUSIA
“Sistem Reproduksi”

Oleh:
Nama

: Linda Triana Dewi

NIM

: 120210103043

Kelas

:B

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
JURUSAN PENDIDIKAN MIPA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JEMBER
2015

Dasar Teori Ovutest scope merupakan alat uji masa subur dengan menggunakan air liur yang membantu wanita untuk mempermudah menghitung masa subur dari ovulasi yang terjadi (Waluyo.I. 2015: 26). Judul: Sistem Reproduksi II. Tujuan: mahasiswa mampu memahami cara menghitung masa subur menggunakan ovutest dan perhitungan sistem kalender III. .

3.IV. Hari pertama siklus menstruais dihitung sebagai hari ke-1 dan masa suburnya adalah hari ke-13 sampai hari ke-15 dalam satu siklus menstruasi Mencatat hasil perhitungan masa subur sistem kalender pada tabel hasil pengamatan 4.2 Alat dan Bahan Alat : 1. Alat tulis Bahan : Air liur wanita 4.2 Perhitungan Menggunakan Ovutest Scope Melepaskan penutup I Melepaskan lensa optic dari bagian badan alat dengan menariknya secara hati-hati kemudian bersihkan lensa objek . Metodologi Praktikum 4.1 Perhitungan Sistem Kalender Memilih 3 probandus wanita pada tiap kelompok praktikum yang memiliki siklus menstruasi normal yaitu 28-30 hari Menghitung masa subur probandus. Ovutest Scope 2.1 Waktu dan Tempat Waktu : Kamis.3. 7 Mei 2015 Pukul 16:10 Tempat : Laboratorium Zoologi FKIP Biologi Universitas Jember 4. Kalender 3.3 Cara Kerja 4.

mengoleskan secara merata pada permukaan lensa objek (menghindari terbentuknya gelembung) Menunggu sekitar 7-10 menit hingga air liur kering kemudian memasang lensa ke posisi semula Menekan tombol disamping mikroskop hingga terlihat cahaya kemudian dekatkan mata Memutar lensa sampai mendapatkan gambar yang jelas Mengamati hasil gambaran kristal cairan air liur dan membandingkan dengan gambar diagram Mengukur suhu tubuh praktikan Membandingkan hasil pengamatan dengan ovutest dengan sistem kalender yang sudah dihitung .Mengambil air liur secukupnya dengan jari tangan atau langsung dengan ujung lidah.

19 April 2015 3-4 Mei 2015 Peralihan 4 Lailatul 14 April 2015 26-28 April 2015 Peralihan 5 Winda A. Nama 1 Wilujeng 18 April 2015 1-3 Mei 2015 Subur 2 Arnindya 13 April 2015 25-27 April 2015 Belum Subur 3 Winda F.V. 11 April 2015 23-25 April 2015 Belum Subur 6 Gita 17 Feb 2015 31-3 Maret 2015 Belum Subur 7 Riski C. 3 April 2015 16-18 April 2015 Belum Subur 8 Nuriyah 26 April 2015 8-10 Mei 2015 Peralihan VI. Pembahasan Haid . Hasil Pengamatan Tabel Hasil Pengamatan Hari ke-1 Hasil Perhitungan Masa Subur Ovutest Sistem Kalender Hasil Ovutest Keterangan Kel.

cervix. garam dan fosfolipid yang berperan untuk kelangsungan hidup sperma. infundibulum.Sistem reproduksi adalah suatu rangkaian dan interaksi organ dan zat dalam organisme yang dipergunakan untuk berkembang biak. Berfungsi menampung sel ovum yang telah ditangkap oleh fimbriae. dan kelenjar cowper. Sistem Reproduksi Pria Sistem reproduksi pria terdiri dari organ reproduksi dan kelenjar. sedangkan organ reproduksi dalam terdiri dari testis. Sistem Reproduksi Wanita Organ reproduksi wanita terdiri dari organ dalam dan luar. Tuba fallopi meruapakan saluran memanjang setelah infundibulum yang bertugas sebagai tempat fertilisasi dan jalan bagi sel ovum menuju uterus dengan bantuan silia pada dindingnya. oviduct. Kelenjar Cowper (kelenjar bulbouretra) merupakan kelenjar yang salurannya langsung menuju uretra. Fungsi testis secara umum merupakan alat untuk memproduksi sperma dan hormon kelamin jantan yang disebut testoteron. dan uretra. Fimbriae berfungsi untuk menangkap sel ovum yang telah matang yang dikeluarkan oleh ovarium. Saluran ejakulasi berfungsi untuk mengeluarkan sperma agar masuk ke dalam uretra. vulva dan vagina. Sedangkan organ reproduski dalam terdiri atas ovarium. Organ reproduksi luar terdiri atas scrotum dan penis. kelenjar prostate. Vas deferens berfungsi sebagai saluran tempat jalannya sperma dari epididimis menuju kantung semen atau kantung mani (vesikula seminalis). saluran ejakulasi. Dinding vesikula seminalis menghasilkan zat makanan yang merupakan sumber makanan bagi sperma. Kelenjar prostat menghasilkan getah yang mengandung kolesterol. Epididimis berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara sperma sampai sperma menjadi matang dan bergerak menuju vas deferens. Infundibulum merupakan bagian ujung oviduct yang berbentuk corong/ membesar dan berdekatan dengan fimbriae. vas deferens. Ovarium merupakan tempat untuk menghasilkan sel telur atau ovum. Kelenjar reproduksi pria terdiri atas vesika seminalis. fimbrae. Kelenjar Cowper menghasilkan getah yang bersifat alkali (basa). epididymis. Organ reproduksi bagian luar wanita terdiri atas klitoris. . Organ reproduksi pria terdiri atas organ reproduksi dalam dan organ reproduksi luar. uterus. saluran vagina.

aman dan hasilnya akurat kurang lebih 98% untuk membantu wanita untuk mengatahui masa suburnya. Berdasarkan hasil percobaan dengan menggunakan ovutest scope pada 8 probandus wanita. Banyak cara untuk menentukan dan menghitung masa subur wanita. Adapun cara lain untuk menentukan masa subur yaitu dengan menggunakan perhitungan sistem kalender yang merupakan cara alamiah dengan mencatat setiap siklus menstruasi yang dialami setiap bulannya dengan catatan memiliki siklus menstruasi yang normal dan teratur setiap bulannya. Riski Cahya. Tekan tombol disamping mikroskop hingga terlihat cahaya kemudian amati gambar yang nampak. Uterus berfungsi sebagai tempat pertumbuhan embrio. Sekarang ada alat untuk menentukan masa subur yang disebut dengan ovutest. Praktikum kali ini adalah sistem reproduksi yang bertujuan untuk mengetahui masa subur wanita dengan perhitungan sistem kalender dan menggunakan ovutest scope. Gita Cahyawati. sedangkan yang mengalami masa tidak atau belum subur adalah Arnindya. Masa subur adalah sebuah masa dimana perempuan berada di tingkat kesuburan tertinggi dan siap untuk dibuahi dengan kemungkinan hamil yang lebih besar dari hari lainnya. Winda Alfianti. untuk memperjelas gambar putar lensa sampai mendapatkan gambar yang jelas. Membandingkan dengan diagram gambar yang ada pada tabel untuk mengetahui subur atau tidaknya. diperoleh hasil sebagai berikut: yang mengalami masa subur adalah Wilujeng. Masa subur adalah masa dimana sel telur dilepaskan dari ovarium. yaitu kanan dan kiri. Yang termasuk dalam masa peralihan adalah Nuriyah. Ovutest hanya menggunakan air liur yang dioleskan pada lensa objek. cara yang paling efektif dengan menggunakan pendekatan berbagai factor yang dilihat pada perubahan suhu basal tubuh yang dipadukan dengan perubahan yang terjadi pada lender di leher rahim. Sebenarnya Wilujeng telah masuk dalam masa peralihan. cepat. Winda Faidhatul. namun masih ada 90% menandakan . dan Lailatul Jannah. Berfungsi sebagai tempat fertilisasi dan jalan bagi sel ovum menuju uterus denga bantuana silia pada dindingnya.Oviduct merupakan saluran telur berjumlah sepasang. Setelah air liur kering maka lensa dikembalikan pada posisi semula. Ovutest merupakan alat uji tes masa subur yang sangat praktis. kemudian dikeringkan.

Terasa nyeri di bagian perut bawah. Untuk masa yang tidak subur jelas sekali bahwa pada probandus Menentukan masa subur Selain menggunakan metode kalender di atas. jika lendir tersebut tidak terputus (kental) maka kemungkinan sekitar 80% anda berada pada masa subur. VII. dan 3.2 Saran . diantaranya: 1. Penutup 7. Perubahan kekentalan lendir dari area kewanitaan.ciri-ciri subur sehingga disepakati Wilujeng dalam masa subur. basahi dan rekatkan ujung jari telunjuk dan jempol anda dengan cairan lendir rahim kemudian renggangkan sekitar 2 hingga 3 cm. anda dapat mengenali masa subur dari tanda yang ditunjukkan oleh tubuh anda sendiri. 2. Untuk melakukan tes. Peningkatan suhu tubuh dari suhu tubuh biasa.1 Kesimpulan 7. perubahan ini dipicu oleh peningkatan hormon estrogen.

DAFTAR PUSTAKA .