You are on page 1of 9

Perhitungan Untuk Motor 3 Fasa

Kita tidak akan pernah bisa memahami starter jenis star-delta kalau tidak bisa menjelaskan
mengapa arus starting star-delta bisa lebih kecil daripada saat DOL.
Arus starting motor listrik biasanya adalah sekitar empat hingga tujuh kali lebih besar dari arus nominalnya. Kenapa? Karena
motor listrik membutuhkan torsi awal yang besar agar dapat melawan inersianya dan inersia bebannya dari keadaan diam.
Torsi adalah proporsional dengan kuadrat fluks. Fluks adalah perbandingan tegangan dan frekuensi. Tegangan memiliki
hubungan sebanding dengan arus. Pada akhirnya, torsi besar berarti akan membutuhkan konsumsi arus yang besar juga.
Nah, berikut adalah pembuktian singkat mengapa arus starting star-delta lebih kecil daripada saat DOL.

Kelihatan dari penurunan persamaan-persamaan di atas bahwa arus star adalah tiga kali lebih kecil dari arus deltanya (rangkaian
DOL). Ini juga menandakan bahwa torsi awal saat star akan lebih kecil 1/3 daripada DOL (saat rangkaian delta).
Rumus Penghitung Arus beban listrik 3 Fhase adalahI = P/ ( V x √3 x cos Φ )
Contoh:
Daya beban motor induksi 3 Fhase adalah 15 Kw, V 3P = 380V, cos Φ = 0.85, I= …?
I= 15000 / (380 x 1,73 x 0,85 )
I= 15000/ 559
I= 26,8 A

Induktif. atau juga smartphone. yakni yang berukuran kecil-kecil seperti rangkaian elektronik pada televisi. dan lain sebagainya. perindustrian. Perbedaan penggunaan listrik AC dan DC tersebut karena untuk mendistribusikan listrik dari pembangkit ke daerah yang jauh jaraknya dibutuhkan nilai tegangan listrik yang tinggi untuk mengurangi kerugian distribusi. Kita mengenal rangkaian listrik AC merupakan jaringan distribusi yang luas yang menghubungkan antara pembangkit tenaga listrik dengan beban-beban listrik seperti rumah-rumah. . dan pembangkitan listrik tegangan tinggi lebih mudah dilakukan pada listrik bolak-balik. DVD player. dan Kapasitif Pada Jaringan Listrik AC ELECTRICAL BY ONNY Halaman 1 dari 212Next » Sistem rangkaian listrik AC memiliki karakteristik yang berbeda dengan rangkaian DC. Hal ini tentu sangat berbeda dengan jaringan listrik DC yang kita kenal. perkotaan.Pengertian Beban Resistif. Sedangkan untuk membangkitkan voltase sangat tinggi pada listrik DC dibutuhkan biaya yang jauh lebih mahal daripada listrik AC. rumah sakit.

Ketiga beban tersebut yaitu beban resistif. beban induktif.Sistem Jaringan Listrik AC (Sumber) Jaringan pada listrik AC memiliki tiga jenis beban listrik yang harus ditopang oleh pembangkit listrik. dan beban .

sehingga mengakibatkan terkonversinya energi listrik menjadi panas.kapasitif. Dengan kata lain. Inilah mengapa beban resistif murni akan selalu ditopang oleh 100% daya nyata Beban Induktif . Dengan sifat demikian. Gelombang Sinusoidal Beban Resistif Listrik AC Nampak pada grafik di atas. Beban resistif ini memiliki sifat yang “pasif”. Beban Resistif Beban resistif dihasilkan oleh alat-alat listrik yang bersifat murni tahanan (resistor) seperti pada elemen pemanas dan lampu pijar. Resistor bersifat menghalangi aliran elektron yang melewatinya (dengan jalan menurunkan tegangan listrik yang mengalir). resistor tidak akan merubah sifat-sifat listrik AC yang mengalirinya. dimana ia tidak mampu memproduksi energi listrik. dan justru menjadi konsumen energi listrik. beban resistif tidak akan menggeser posisi gelombang arus maupun tegangan listrik AC. karena gelombang tegangan dan arus listrik berada pada fase yang sama maka nilai dari daya listrik akan selalu positif. Ketiganya memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lainnya. Gelombang arus dan tegangan listrik yang melewati resistor akan selalu bersamaan membentuk bukit dan lembah.

Pembangkitan medan magnet pada kumparan inilah yang menjadi beban induktif pada rangkaian arus listrik AC. sehingga pada rotor tercipta medan magnet lawan yang akan mengikuti medan magnet berputar pada sisi stator (simak pembahasan lengkapnya pada artikel Macam-Macam Motor Listrik AC). Sedangkan daya listrik yang dibutuhkan motor induksi tersebut untuk memutar beban yang terkopling pada porosnya. tentu membutuhkan energi listrik khusus. trafo. Kumparan dibutuhkan oleh alat-alat listrik tersebut untuk menciptakan medan magnet sebagai komponen kerjanya. Motor induksi bekerja dengan mengandalkan medan magnet yang dibangkitkan pada sisi stator untuk menginduksi rotor. Beban untuk membangkitkan medan magnet putar pada stator motor induksi tersebut. mari kita ambil contoh sebuah motor induksi AC untuk membahas beban induktif ini. Jumlah resultan daya reaktif dan daya nyata disebut sebagai daya semu. . Animasi Motor Listrik Induksi (Sumber) Untuk memudahkan diskusi kita. disebut dengan daya nyata. Beban induktif pada motor induksi inilah yang ditanggung oleh daya reaktif sumber listrik AC. dan relay.Beban induktif diciptakan oleh lilitan kawat (kumparan) yang terdapat di berbagai alat-alat listrik seperti motor.

maka gelombang arus listrik akan tertinggal sejauh 90° oleh gelombang tegangan. bahwa jika sebuah sumber listrik AC diberi beban induktif murni.Rangkaian Listrik AC Dengan Beban Induktif (Sumber) Kumparan memiliki sifat untuk menghalangi terjadinya perubahan nilai arus listrik. Perubahan arus listrik yang naik turun inilah yang dihalangi oleh komponen kumparan di dalam sebuah rangkaian listrik AC. Terhalangnya perubahan arus listrik ini mengakibatkan arus listrik menjadi tertinggal beberapa derajat oleh tegangan listrik pada grafik sinusoidal arus dan tegangan listrik AC. Atas dasar inilah beban induktif dikenal dengan istilah . Gelombang Listrik AC dengan Beban Induktif Murni (Sumber) Nampak pada gelombang sinusoidal listrik AC di atas. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa listrik AC memiliki nilai arus yang naik turun membentuk gelombang sinusoidal.

. Hal ini menunjukkan bahwa beban induktif murni tidak meng-“konsumsi” daya nyata sedikitpun. Beban Kapasitif Beban kapasitif merupakan kebalikan dari beban induktif. Rangkaian Listrik AC dengan Beban Kapasitif (Sumber) Gambar di atas merupakan ilustrasi rangkaian listrik AC dengan beban kapasitor murni.beban lagging (arus tertinggal tegangan). maka beban kapasitif bersifat menghalangi terjadinya perubahan nilai tegangan listrik. Fenomena inilah yang mengakibatkan gelombang arus AC akan mendahului (leading) tegangannya sejauh 90°. Jika beban induktif menghalangi terjadinya perubahan nilai arus listrik AC. maka nilai daya listrik menjadi bergelombang sinusoidal. Mendapatkan supply tegangan AC naik dan turun. beban induktif murni hanya memakai daya reaktif saja. Pada seperempat gelombang pertama daya diserap oleh beban induktif. maka kapasitor akan menyimpan dan melepaskan tegangan listrik sesuai dengan perubahan tegangan masuknya. Nampak pula bahwa dikarenakan pergeseran gelombang arus listrik di atas. Sifat ini menunjukkan bahwa kapasitor bersifat seakan-akan menyimpan tegangan listrik sesaat. namun pada seperempat gelombang kedua daya dikembalikan lagi ke sumber listrik AC.

Sedangkan yang dimaksud panel distribusi daya adalah tempat menyalurkan dan mendistribusikan energi listrik dari panel daya kebeban panel (konsumen) baik untuk istalasi tenaga maupun untuk instalasi penerangan. Di industri pada umumnya perlengkapan PHB dibagi atas panel untuk penerangan dan untuk tenaga.pengamanan instalasi dan pemakaian. Panel distribusi listrik berguna untuk mengalirkan energi listrik dari pusat atau gardu induk step down. Daya listrik bernilai positif (daya diserap kapasitor) pada setengah pertama gelombang sinusoidal daya.Gelombang Listrik AC dengan Beban Kapasitif Murni (Sumber) Gambar di atas adalah gelombang sinusoidal tegangan dan arus listrik AC pada beban kapasitor murni. Panel tenaga dan panel penerangan dipisahkan untuk mengantisipasi terjadi gangguan dari salah satu panel tenaga maupun . Pada panel tenaga biasa dipasang pengaman tegangan nol. Panel daya dan distribusi listrik digunakan untuk memudahkan pembagian energi listik secara merata. Sumber : modul pemeliharaan panel listrik Dalam pembuatan panel kita harus memperhatikan hal-halnpenting. Panel daya adalah tempat yntuk menyalurkan dan mendistribusikan energi listrik dari gardu induk step down kepanel-panel distribusinya. Nampak jika kita plot daya listrik yang dibutuhkan untuk menanggung beban kapasitor juga berbentuk sinusoidal.dipasang pada tempat yang mudah dipakai. yaitu panel daya dan panel distribusi listrik. seperti panel harus mudah dilayani. PANEL Panel listrik dibedakan menjadi dua.didepan panel ruanganya harus bebas.panel tidak boleh ditempatkan pada tempat yang lembab. Panel berfungsi untuk membagi daya instalasi dan daya tenaga. serta negatif (daya dikeluarkan kapasitor) pada setengah gelombang kedua.dan pemeriksaan dan perawatan panel listrik.

amper meter. kawat penghubung. tombol tekan .panel penerangan supaya tidak mempengaruhi keduanya. dan lampu indikator. Panel dilengkapi dengan alat ukur volt meter.Panel harus dihubung tanahkan atau diberi grounding untuk memperkecil tegangan sentuh listrik apabila terjadi kebocoran isolasi. Besar penampang harus sesuai dengan PUIL berguna untuk mengetahui besar tegangan antar fasa.ly/KNICZ . Kemampuan alat kontrol harus sesuai dengan penggunaan dan harus memiliki tanda atau kode warna yang sesuai. seperti tombol merah untuk memutuskan tegangan dan tombol hijau untuk menghubungkan tegangan sehingga mempermudah pelayanan Make Money Online : http://ow. seperti sakelar.dll. lampu indikator. sakelar magnet. Panel juga memiliki bermacam-macam alat kontrol. arus.