You are on page 1of 6

KARTU SOAL BENTUK URAIAN

Nama Sekolah
Mata Pelajaran
Kelas / Semester

: SMA K Untung Suropati
: Agama Katolik
: XII/ 1

Standar Kompetensi

1. Memahami makna Firman Allah,
ajaran Yesus dan ajaran Gereja
dalam mengembangkan
kehidupan bersama sesuai
dengan kehendak Allah, sehingga
mampu mewujudkannya dalam
kehidupan sehari-hari

Penyusun
Jumlah soal
Tahun Ajaran

Buku Sumber : Buku Paket Menjadi Murid Yesus Kelas XII

: Yoseph Frainademetz Regi, S.Pd
:5
: 2016 - 2017
Nomor Soal : 1

Rumusan Butir Soal

1. Jelaskan pengalaman awal manusia yang kemudian disimpulkan dalam ungkapan “Homo
Homini Socius”.!

Kompetensi Dasar

1.1 Memahami dan menyadari
kemajemukan bangsa Indonesia,
sehingga mampu hidup dan terlibat
dalam membangun masyarakat yang
adil dan sejahtera.
Materi :

Kemajemukan Bangsa Indonesia

Indikator Soal:

 Menjelaskan ungkapan “Homo Homini Socius”.

Kunci Jawaban:

Pengalaman awal ini mau mengungkapkan bahwa kenyataan manusia
sebagai makhluk sosial adalah kodratnya. Segala tindakannya berkaitan dengan
orang lain. Segala tutur katanya berhubungan dengan orang lain. Segala pengalaman
hidupnya berada dalam konteks hubungannya dengan sesama. Manusia senantiasa
mencari orang lain. Muncul kerinduan untuk menjalani hidup secara bersama-sama.
Dari kenyataan itu, dapat dikatakan bahwa karena kodratnya sebagai makhluk sosial
manusia senantiasa akan membentuk sebuak kelompok. Kerinduan untuk hidup

Eskatologis : Kerajaaan Allah adalah pemenuhan secara defenitif harapan Israel. sehingga mampu hidup dan terlibat dalam membangun masyarakat yang adil dan sejahtera. Kristologis : Kerajaan Allah tampak secara definitif dalam . Soteriologis : Kerajaan Allah itu keselamatan universal. ajaran Yesus dan ajaran Gereja dalam mengembangkan kehidupan bersama sesuai dengan kehendak Allah. Kerajaan Allah harus bertumbuh “dalam suasana permusuhan” b. Materi :  Umat Katolik Mewujudkan Perdamaian dan Persatuan Bangsa Indikator Soal:  Menjelaskan aspek-aspek Kerajaan Allah yang diwartakan Yesus Kunci Jawaban: a.bersama itu diwujudkan dengan cara membentuk sebuah kelompok. Maka jelaslah bahwa manusia tidak bisa hidup sendiri di dunia ini. Memahami makna Firman Allah. Standar Kompetensi 1. Jelaskan aspek-aspek Kerajaan Allah yang diwartakan Yesus! Kompetensi Dasar 1. yang akan terlaksana bilamana manusia menjalin relasi pribadi dengan Allah.1 Memahami dan menyadari kemajemukan bangsa Indonesia. Revelatoris : Kerajaan Allah mengungkapkan tentang siapa Allah itu. sehingga mampu mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari Buku Sumber : Buku Paket Menjadi Murid Yesus Kelas XII Nomor Soal : 2 Rumusan Butir Soal 2. d. c.

Tulislah empat fungsi Gereja dan jelaskanlah fungsi Koinonia! Kompetensi Dasar 1. Materi :  Umat Katolik Mewujudkan Perdamaian dan Persatuan Bangsa Indikator Soal:  Menuliskan empat fungsi Gereja  Menjelaskan fungsi Koinonia Kunci Jawaban: a.1 Memahami dan menyadari kemajemukan bangsa Indonesia. dan dalam relasi dengan-Nya.sabda dan tindakan Yesus. gila hormat dan kekayaan. Empat fungsi Gereja: Fungsi Diakonia. Memahami makna Firman Allah. perdamaian. Fungsi Kerygma. sehingga mampu hidup dan terlibat dalam membangun masyarakat yang adil dan sejahtera. Dihapkan dengan dunia yang terpecah-belah oleh egoisme. Fungsi Liturgia. b. sehingga mampu mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari Buku Sumber : Buku Paket Menjadi Murid Yesus Kelas XII Nomor Soal : 3 Rumusan Butir Soal 3. kebencian. Standar Kompetensi 1. orang yang terisolir tanpa adanya komunikasi satu sama lain. Gereja harus memberi kesaksian akan adanya . dan komunikasi di antara umat manusia disembarang tempat dan waktu. ajaran Yesus dan ajaran Gereja dalam mengembangkan kehidupan bersama sesuai dengan kehendak Allah. persatua. Fungsi Koinonia. marginalisasi orang lemah dan miskin. Fungsi Koinonia: Gereja merupakan jawaban kerinduan manusia akan persaudaraan.

b. sehingga mampu hidup dan terlibat dalam membangun masyarakat yang adil dan sejahtera.2 Menghargai dan bersedia berdialog serta bekerjasama dengan umat beragama lain atau berkepercayaan lain Materi :  Berdialog dengan Agama-agama dan Aliran Kepercayaan Indikator Soal:  Menjelaskan dua hal yang menjadi dasar orang Kristiani Kunci Jawaban: a. Dalam keterbatasannya. budaya. Dasar kedua: Kristus mengutus Gereja untuk hidup di dunia. manusia dipanggil untuk mengungkapkan cinta kasih Allah yang tak terbatas.suatu kemungkinan kehidupan yang didasari persaudaraan dan persatuan. Gereja diutus untuk mewartakan Kristus. Oleh karena itu Gereja sungguh memperhatikan kehidupan sosial. Jelaskan dua hal yang menjadi dasar orang Kristiani menempatkan diri terhadap umat beragama lain! Kompetensi Dasar 1. Cinta kasih Allah diberikan kepada setiap orang agar setiat orang senantiasa berjalan menuju kepada Allah. Buku Sumber : Buku Paket Menjadi Murid Yesus Kelas XII Nomor Soal : 4 Rumusan Butir Soal 4. Paulus menegaskan bahwa cinta kasih Allah itu bukan monopoli sekelompok orang. Standar Kompetensi 1.1 Memahami dan menyadari kemajemukan bangsa Indonesia. dan tradisi kebangsaan dan memahami kebaikan bagi . seperti yang dicita-citakan oleh Kerejaan Allah. Dasar Pertama: Hanya Allah-lah sumber cinta kasih dalam kehidupan. Sang Pokok keselamatan kepada masyarakat luas. Gereja di utus oleh Kristus untuk memperlihatkan dan menyalurkan cinta kasih Allah kepada semua orang dan segala bangsa.

Menuntut orang mau mendengarkan. mau mempertimbangkan dan mau menghormati pandangan pihak lain. 3.2. Buku Sumber : Buku Paket Menjadi Murid Yesus Kelas XII Nomor Soal : 5 Rumusan Butir Soal 5.sesamanya. Standar Kompetensi 1. Menghargai dan bersedia berdialog serta bekerjasama dengan umat beragama lain atau berkepercayaan lain Materi : Berdialog dengan Agama-agama dan Aliran Kepercayaan Indikator Soal:  Menuliskan tiga makna dialog antar umat beragama Kunci Jawaban: 1. sehingga mampu hidup dan terlibat dalam membangun masyarakat yang adil dan sejahtera. . Tulislah tiga makna dialog yang dapat dilakukan oleh penganut agama yang berbeda! Kompetensi Dasar 1. Memahami dan menyadari kemajemukan bangsa Indonesia.1. Dapat mendorong orang untuk lebih memahami agamanya secara tepat dan jernih 2. Bukan bermaksud untuk mempertobatkan pihak lain ke dalam kepercayaan kita sendiri.

Pd. Sidoarjo. S.Mengetahui.Pd. S. Kepala SMAK Untung Suropati G. 9 September 2016 Guru Matematika Yoseph Frainademets Regi. Bambang Priyono. .