You are on page 1of 17

Budisma.

net
Artikel Pengetahuan Umum

Biologi

Fisika

Fisiologi

Geografi

Kesehatan

Kimia

Komputer

Teknologi

Macam-macam Jaringan Otot pada
Manusia
9 January 2015 Tedi Mulyadi 0 Comment Otot jantung, Otot polos, Otot rangka
Jaringan otot memiliki empat sifat utama: eksitabilitas (kemampuan untuk menanggapi
rangsangan), kontraksibilitas (kemampuan berkontraksi), ekstensibilitas (kemampuan untuk
ditarik tanpa robek) dan Elastisitas (kemampuan untuk kembali ke bentuk normal).
Berdasarkan karakteristik struktural dan fungsional tertentu, jaringan otot diklasifikasikan
menjadi tiga jenis. Yaitu otot polos, otot lurik, dan otot jantung.

Otot Polos
Otot yang ditemukan dalam organ pencernaan dan pembuluh darah, bekerja dengan
pengaturan dari sistem syaraf tak sadar atau saraf otonom. Otot polos dibentuk oleh sel-sel
otot yang terbentuk dari gelendong dengan kedua ujung meruncing, serta mempunyai satu
inti tunggal. Jaringan otot polos mempunyai serabut-serabut (fibril) yang homogen sehingga
bila diamati di bawah mikroskop tampak polos atau tidak bergaris-garis. Otot polos
berkontraksi secara refleks dan di bawah pengaruh saraf otonom. Bila otot polos dirangsang,
reaksinya lambat. Otot polos terdapat pada saluran pencernaan, dinding pembuluh darah,
saluran pernafasan.

pembuluh darah dan lain-lainnya. otot ini memerlukan stimulus saraf eksternal untuk melakukan kontraksi. saluran peredaran darah. Oleh seba itu.  Durasi kontraksi otot polos antara 3 sampai 180 detik.  Otot polos melakukan kontraksi dengan reflex sebab ia berada di bawah saraf yang otonom. otot ini tidak memerlukan stimulus saraf eksternal untuk melakukan kontraksi. otot pada saluran kemih.  Inti selnya hanya satu.  Reaksi otot polos ini lambat jika dibandingkan dengan otot lurik dan tidak mudah lelah meski ia bekerja secara terus menerus. otot polos kadang disebut juga sebagai otot tak sadar. Ada dua jenis otot polos berdasarkan cara serabut saraf otot distimulasi untuk berkontraksi. Otot Lurik .  Biasanya dijumpai pada bagian usus. yaitu:  Otot Polos Unit Tunggal (viseral).  Otot Polos Unit Ganda.  Polos sebab tidak memiliki garis-garis yang melintang sama seperti yang dijumpai pada otot lurik. contoh otot ini terdapat pada lapisan dinding organ berongga (visera).  Otot polos ini bereaksi di luar kesadaran atau control manusia sebab ia diluar perintah otak. Contoh otot ini terdapat pada otot mata yang memfokuskan lensa dan menyesuaikan ukuran pupil.Otot polos Ciri-ciri Otot Polos  Berbentuk gelondong dengan dua ujung yang meruncing dan tepat pada bagian tengah cenderung menggelembung.

namun. Disebut otot rangka karena otot ini melekat pada tulang rangka. Namun jenis otot yang sangat khusus. sehingga ketika sedang berkontraksi menyebabkan tulang bergerak.Disebut dengan otot lurik dikarenakan pada serabut-serabut panjang otot terdapat garis terang (isotrop) dan garis gelap (anisotropi) yang tersusun secara bergantian. Otot ini juga disebut otot rangka. mioglobin dan suplai darah yang baik memungkinkan metabolisme aerobik terus menerus. Otot lurik Ciri-ciri otot lurik :  Bentuknya silindris memanjang  Memiliki banyak inti di tepi (multinuklei)  Cepat menanggapi adanya rangsangan  Bekerja menurut kesadaran (volunteer)  Memiliki daerah yang gelap dan terang yang tersusun rapi  Sel otot lurik lebih panjang dibandingkan dengan sel otot polos dan otot jantung Otot Jantung Jenis otot ditemukan yang hanya pada dinding jantung. bahkan tanpa kontraksi imput saraf dapat terjadi karena sel yang disebut sel alat pacu jantung. Hal ini di bawah kendali sistem saraf otonom. Otot lurik mempunyai pigmen mioglobin dan mendominasi tubuh vertebrata. Otot jantung sangat tahan terhadap kelelahan karena adanya sejumlah besar mitokondria. Ini memiliki kesamaan dengan otot rangka dalam hal itu lurik dan dengan otot-otot polos dalam kontraksi yang tidak berada di bawah kendali kesadaran. Cara kerjanya dipengaruhi oleh susunan saraf pusat dan juga sering disebut otot sadar. .

 Otot Lurik Sebagian besar otot tubuh ini melekat pada kerangka. dapat bergerak sendiri secara otomatis  Mendapat rangsangan dari susunan otonom. Jika yang satu berkontraksi maka yang lain mengalami relaksasi. tetapi mempunyai ketegangan sedikit yang disebut tonus. Contoh: – Pronasi dan Supinasi pada telapak tangan.Otot jantung Ciri-ciri Otot Jantung  Bentuknya menyerupai otot serat lintang  Di dalam sel protoplsmanya terdapat serabut-serabut melintang yang bercabangcabang  Fungsinya seperti otot polos. yaitu kerja 2 otot secara berlawanan. .  Dapat bergerak secara aktif sehingga dapat menggerakkan bagian-bagian kerangka dalam suatu letak yang tertentu. yaitu:  Antagonis. Sifat Kerja Otot Menurut sifat kerjanya.  Jadi Otot kerangka merupakan sebuah alat yang menguasai gerak aktif dan memelihara sikap tubuh.  Otot semacam ini hanya terdapat pada jantung yang mempunyai fungsi tersendiri. otot dibagi menjadi 2.  Dalam keadaan istriahat. keadaannya tidak kendur sama sekali. begitupun sebaliknya. – Fleksi dan Ekstensi pada sendi siku dan lutut.

.  Perbedaan antara Archaea . Required fields are marked * Name * Email * Website Comment Artikel Populer  Faktor Penyebab Runtuhnya.. begitupun dalam hal relaksasi. yaitu 2 otot yang kerjanya bersamaan. Contoh: Otot Pronator Teres dan Kuadratus pada telapak tangan. ....... – Depresi dan Elevasi ketika kepala menunduk dan menengadah.  Struktur Jaringan pada Ak..  Struktur tubuh Bakteriofa..  Perbedaan Reaksi terang d..  Sinergis.  Pengertian dan Contoh Jar. Share This Post To: Facebook Twitter  ← Fungsi Sel pada Makhluk Hidup  Macam-macam Jaringan Ikat → Leave a Reply Your email address will not be published. Jika yang satu berkontraksi maka yang lain pun ikut berkontraksi.– Abduksi dan Adduksi pada sendi lengan atas dan sendi paha..

 Contoh Komponen Biotik da..  Pengertian dan proses Rep.  Organ-organ pernapasan ma..... Cari Artikel Recent Posts  Perbedaan Membran Sel dan Dinding Sel  20 Macam Asam Amino dan Fungsinya  Perbedaan Spermatogenesis dan Oogenesis  Ciri-ciri karnivora  Perbedaan Senyawa dan Campuran Topik Alga Angiospermae Arthropoda Bryophyta Coelenterata Darah Difusi DNA Enzim Fotosintesis Gelombang Gen Ginjal Glikolisis Hati Hewan Hormon Jamur Jantung Karbohidrat Kehamilan Protein Mata Neuron Organel Osmosis Otak Otot rangka Ovarium Paru Porifera Protozoa Sel Seleksi Alam Sistem Peredaran Darah Sistem Saraf Testosteron Trombosit Tulang Tumbuhan Usus kromosom Lemak Lipid besar Virus ..  Perbedaan Antara Autotrof...

. berupa alat gerak aktif yang menggerakkan tulang sehingga menyebabkan suatu organisme atau indvidu dapat bergerak.. Beranda  Facebook  Twitter  Google+  RSS Feeds Search. Tahukah anda pengertian otot itu sendiri ?. Setiap dari pembahasan tersebut kita akan membahas ciri-ciri dari ketiga jenis otot tersebut. dan Macam-Macam Otot Manusia Pengertian. otot lurik dan otot jantung.. pembasan kali ini adalah pengertian.. Sebelum membahas macam-macam atau jenis-jenis otot manusia. Fungsi. Otot bekerja dengan cara berkontraksi dan beleraksasi.. dan Macam-Macam Otot Manusia| Seperti tema diatas. Pengertian otot adalah jaringan yang ada didalam tubuh manusia. Fungsi. fungsi. ciri-ciri atau karekteristik dan Macam-macam otot manusia ini terbagi 3 yakni otot polos. dan Macam-Macam Otot Manusia Pengertian. Artikelsiana Artikel Belajar dan Bermanfaat  Home  Tentang Kami  Daftar Isi  Kontak Kami  Privacy Policy  Disclaimer Home» Artikel Biologi» Pengertian. fungsi. Ciri-ciri dari setiap otot manusia berfungsi dalam membedakan dari 3 jenis otot tersebut.

saluran peredaran darah. Karakterisitik Otot manusia  Kontrabilitas artinya kemampuan otot dalam berkontraksi (memendek)  Ekstensibilitas artinya kemampuan otot dalam berelaksasi (memanjang)  Elastisitas artinya kemampuan otot untuk kembali ke bentuk semula setelah berkontraksi dan berelaksasi 3. Ciri-ciri Otot Polos  Waktu kontraksi antara 3 sampai 180 detik  Bentuk dari otot polos seperti perahu  Terletak pada organ dalam  Memiliki satu inti sel yang berada ditengah  Pergerakannya dari otot polos lambat. otot di saluran kemih. a..1. dan otot jantung seperti yang ada dibawah ini. dan memegang  Menggerakkan jantung  Mengalirkan darah yang terdiri atas zat-zat baik itu nutrisi. Otot Polos Otot Polos adalah otot yang bekerja tampa kesadaran kita yang dipengaruhi oleh sistem saraf tak adar atau saraf otonom. otot polos dibentuk oleh sel-sel yang berbentuk gelendong dimana kedua ujungnya runcing dan mempunyai 1 inti sel. Fungsi Otot pada Manusia  Menjalankan dan melaksanakan kerja contohnya berjalan. Macam-Macam Otot Pada Manusia Otot manusia terbagi atas 3 yakni otot polos.otot lurik. oksigen dan lain-lain 2. dan mudah lelah  Dipengaruhi oleh saraf otonom  Otot polos biasanya berada pada bagian usus. mengangkat.  Tidak diperintah oleh otak atau tidak dipengaruhi oleh otak .

Otot jantung berfungsi dalam memompa darah ke seluruh tubuh.b.. Jenis-Jenis Gerak Otot Jenis-jenis atau macam-macam gerak otot terbagi atas 2 antara lain sebagai berikut. Otot jantung merupakan perpaduan antara otot lurik dan otot polos karna adanya persamaan yang ada pada otot jantung misalnya. Ciri-Ciri Otot Lurik  Bentuk selindris dengan garis gelap terang  Melekat pada rangka  Bekerja secara sadar dengan perintah otak  Cepat dan mudah lelah  Bentuk yang panjang dan memiliki banyak inti sel (multi sel)  Mempunya pigmen mioglobin  Inti sel yang berada di tepi c. Dimanakan otot lurik karna adanya sisi gelap terang yang berselang seling. a. Otot lurik juga dinamakan otot rangka. Otot Jantung Otot jantung atau myocardium adalah otot yang bekerja secara terus menerus tampa istirahat atau berhenti. Berlawanan (antagonis) .. Mengapa ?. Otot Lurik Otot lurik adalah otot yang menempel pada rangka tubuh manusia yang digunakan dalam pergerakan dimana otot lurik adalah otot yang bekerja dibawah kesadaran (volunter). Otot Jantung bekerja dibawah kesadaran manusia saraf yang memengaruhi otot jantung adalah saraf simpatik dan parasimpatik Ciri-Ciri Otot Jantung  Otot jantung yang berbentuk silindris  Memiliki percabangan disebut sinsitium  Otot Jantung terletak pada jantung  Memiliki satu Inti sel yang berada ditengah  Bekerja tampa kesadaran manusia  Bekerja terus menerus dan tak membutuhkan istirahat 4. memiliki sisi gelap terang dan inti sel yang berada ditengah. karna menempel pada rangka.

Misalnya saja bisep dan trisep pada otot di lengan atas. Alat gerak antagonis antara lain sebagai berikut. ruas jari dan lutut Baca Pengertian.  Ekstensor-Fleksor : meluruskan-membengkokan  Abduktor-Adduktor : menjauhkan-mendekatkan  Depresor-Elevator : kebawa-keatas  Supinator-Prenator : menengadah-menelungkup b.. Pengertian. Macam-Macam Gerak Otot  Ekstensi adalah gerak meluruskan contohnya meluruskan lutut. siku dan ruas jari  Depresi adalah gerak menekan kebawah atau menurunkan  Pronasi adalah gerak memutar lengan sehingga telapak menelungkup  Abduksi adalah gerak menjauhkan contohnya gerak tungkai menjauhkan dari sumbu tubuh  Supinasi adalah gerak yang memutar lengan sehingga tangan menegadah  Adduksi adalah gerak yang mendekatkan sumbu tubuh contohnya gerak yang mendekatkan tungkai dengan sumbu tubuh  Fleksi adalah gerak yang membengkokkan contohnya membengkokkan siku. Fungsi. Bersamaan (sinergis)  Otot Pronator teres dan Pronator kuadratus di lengan bawah 5. Fungsi. dan dan Ciri-Ciri Ciri-Ciri Otot Otot Juga: Jantung Lurik .

fungsi. dan macam-macam otot manusia. Salam Berbagi Teman-Teman. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian otot manusia. Sel otot memiliki struktur yang khusus.com/2014/12/pengertian-fungsi-macam-macam-otot.artikelsiana.Pengertian. Jenis. dan otot jantung. fungsi otot manusia. Fungsi jaringan otot adalah untuk menggerakan organ-organ tubuh baik secara sadar maupun tidak sadar. Jaringan Otot Polos . Jaringan otot dapat dibedakan menjadi 3 macam yaitu otot polos. dan Ciri-Ciri Otot Polos Demikianlah informasi mengenai Pengertian.materibiologi. sitoplasma sel otot disebut sarkoplasma. Otot merupakan jaringan yang paling banyak terdapat pada sebagian besar hewan dan kontraksi otot merupakan kerja seluler yang paling banyak memerlukan energi. Direktori > Pendidikan > SMA Kelas XI IPA > Biologi > Jaringan Hewan > Jaringan Otot 1.html http://www. http://www. Membran sel otot disebut sarkolema. Serabut otot mampu berkontraksi ketika mendapatkan rangsang dari impuls saraf. otot lurik. dan serat otot disebut miofibril yang disusun oleh beberapa sarkomer.com/macam-macam-jaringan-otot-dan-fungsinyamasing-masing/ Jaringan Otot (Materi Lengkap SMA XI) Jari ngan otot adalah jaringan yang tersusun atas sel-sel panjang yang disebut serabut otot. dan Macam-Macam Otot Manusia. Sekian dan terima kasih.

saluran pernapasan. Ciri-ciri otot lurik adalah berbentuk silindris/berserabut panjang. Otot polos terdapat pada seluruh organ tubuh yang tidak dapat kita gerakkan sesuai dengan kehendak kita (kecuali jantung). Otot polos bekerja secara refleks di bawah pengaruh saraf otonom. memiliki sebuah inti sel di tengahnya. Ciri-ciri otot jantung adalah berbentuk silindris. dan serabut miofibril berwarna gelap terang X. Jaringan Otot Lurik Otot lurik adalah otot yang berkontraksi secara sadar (volunter) atau sesuai dengan kehendak kita. dan tidak berwarna (transparan). Sesuai namanya. terdapat serabut miofibril. bercabang.1 SMANSA .Otot polos adalah otot yang berkontraksi secara tidak sadar (involunter) atau tidak dengan kehendak kita. memiliki satu/dua inti sel di tengah. 3. dan serabut miofibril berwarna gelap terang. Setiap sel otot polos berbentuk gelendong memanjang dengan ujung merincing. memiliki inti sel yang banyak. Karena bekerja terus menerus.IPA  Ilmu Sosial  Sastra - . 2. maka otot ini tidak pernah merasa lelah. Otot ini bekerja secara tidak sadar (involunter). Fungsi otot lurik adalah untuk menggerakkan tulang dan melindungi kerangka dari benturan keras. limfe. saluran pencernaan. Otot ini mudah lelah sehingga tidak mampu bekerja lama. Otot lurik juga disebut otot rangka karena sebagian besar otot ini melekat pada kerangka. Otot ini istimewa karena otot ini menggerakkan organ terpenting yaitu jantung yang harus bekerja terus menerus tanpa henti. kandung kemih.  Home  Wajib  Matematika . dll. Contohnya pada pembuluh darah. otot ini hanya untuk menggerakkan jantung dan hanya terdapat pada jantung. berserabut pendek. Jaringan Otot Jantung Otot jantung adalah otot yang istimewa karena dapat bekontraksi secara ritmis dan terusmenerus. Sel-sel otot jantung tersusun seperti anyaman bercabang dengan sedikit jaringan penyambung di sekelilingnya.Edukasi Tak Boleh Dibatasi Merupakan Web Edukasi Indonesia yang memberikan pengetahuan dan pembelajaran bagi setiap insan yang tengah mengkaji ilmu. letak inti sel di tepi.

Otot polos lambat terhadap ransangan dan bekerja secara tak sadar (involunter). Otot Polos Otot polos terdiri atas sel-sel otot polos berbentuk seperti gelendong dengan ujung yang lancip di kedua ujungnya. Otot lurik cepat terhadap ransangan dan bekerja secara sadar (volunter). dan fungsinya otot dibedakan menjadi otot polos. otot lurik dan otot jantung. ads Jaringan Otot Pada Manusia dan Hewan Berdasarkan sifat. Otot polos tidak cepat lelah dalam bekerja. Otot dibedakan mejadi otot halus. Intinya terletak di tengah dan hanya satu. Otot Polos Otot Lurik Otot lurik terdiri atas sel-sel otot lurik yang berlurik-lurik. Otot lurik memiliki banyak inti yang terletak di tepi sel otot lurik. Otot lurik cepat lelah dalam bekerja karena menggunakan energi ATP. dan otot jantung. otot lurik. Fungsi jaringan otot adalah untuk melakukan berbagai gerakan pada tubuh. Otot Lurik . Berikut penjelasan mengenai jaringan otot pad manusia dan hewan. ciri-ciri. Otot polos terdapat pada organ-organ dalam.Home » BIOLOGI » Jaringan Otot Pada Manusia dan Hewan Jaringan Otot Pada Manusia dan Hewan Diposkan oleh Muh Ilmi Ikhsan Sabur Jaringan otot tersusun atas miofibril yang mengakibatkan otot mampu berkontraksi. karena melekat pada rangka otot lurik juga sering disebut sebagai otot rangka.

Otot Jantung Otot jantung terdiri atas sel-sel otot jantung yang mirip dengan otot lurik namun bercabangcabang. terntunya unit terkecil yang menyusun tubuh kita atau yang biasa disebut sel juga memiliki struktur.. beserta fungsinyaSetiap hal di dunia ini memiliki struktur..  Struktur dan Organel-organel Sel. Otot jantung cepat terhadap ransangan dan bekerja secara tak sadar (involunter). protein. Inti otot jantung berada di tengah dan terdiri atas satu atau dua inti.. Nah. bagaimana cara menguji kandu . Sepatutnya kita b ..  Cara Menguji Kandungan zat Makananan Di dalam makanan terdapat zatzat yang dibutuhkan oleh tubuh diantaranya adalah amilum dan glukosa (karbohidrat). Share on Facebook Share on Twitter Share on Google+ Enter your Tags : BIOLOGI Related : Jaringan Otot Pada Manusia dan Hewan  Menjelaskan Pengertian dan Proses Fotosintesis Tumbuhan Fotosintesis yang dilakukan oleh tumbuhan merupakan penghasil oksigen utama di bumi.. dan lemak. perbedaan dan persamaan antara otot polos. . Terima kasih dan semoga bermanfaat. dan otot jantung. otot lurik. Apa sebenarnya pengertian .. jadi jangan heran jika tumbuhan dikatakan sebagai paru-paru bumi. Otot Jantung Demikian pencerahan mengenai jaringan otot pada manusia. Otot jantung tidak cepat lelah dan hanya terdapat pada organ jantung.

Pengertian dan Tujuannya  Struktur dan Organel-organel Sel. Struktural artinya sel merupakan penyusun yang mendasar bagi tubuh ma . beserta fungsinya . duduk. dan aktivitas-aktivitas lainnya? Ya tentu saja karena adanya sistem gerak pada manusia yang terdiri atas . Popular Posts  Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia  Contoh Paragraf Narasi Singkat dan Mudah Dipahami  Apresiasi Seni. Pembahasan Tentang Rangka Manusia Apa yang menyebabkan tulang bisa berdiri. bisa berlari..  Pengertian Sel dan Komponen Kimiawi Penyusun SelPengertian Sel merupakan unit struktural dan fungsional terkecil yang menyusun tubuh mahkluk hidup... Search...

Puisi. dan Gurindam  Contoh Paragraf Induktif Singkat Labels  Bahasa Indonesia  Bahasa Inggris  BIOLOGI  Ekonomi  FISIKA . Syair. Desentralisasi. Contoh Paragraf Deskripsi Singkat  Contoh Paragraf Deduktif Singkat  Pengertian Sentralisasi. dan Dekonsentrasi  Macam-macam Norma dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari  Perbedaan dan Persamaan Pantun.

 Geografi  KIMIA  Kurikulum  Matematika  News  Pengertian Umum  Penjas  PPKN  Sejarah  Seni Budaya  SOSIOLOGI  TIK DMCA PROTECTED academics blog blog directory Terms of Service / Hubungi Kami / Privacy / Disclaimer Speed Up Template .