You are on page 1of 16

Menurut Bogdan (dalam Mackenzie & Knipe, 2006)

Menyatakan bahwa paradigma adalah kumpulan longgar sejumlah asumsi, konsep, atau proposisi
logis terkait, yang mengarahkan cara berpikir dan penelitian.

Menurut Biklen

Paradigma adalah kumpulan longgar sejumlah asumsi, konsep, atau proposisi logis terkait, yang
mengarahkan cara berpikir dan penelitian.

Menurut Baker (dalam Moleong, 2004: 49)

Paradigma sebagai seperangkat aturan yang (1) menetapkan atau mendefinisikan batas-batas; dan
(2) menjelaskan bagaimana sesuatu harus dilakukan dalam batas-batas itu untuk berhasil.

Cohenn (dalam Mackenzie & Knipe, 2006)

Membatasi paradigma sebagai studi filosofis pelaksanaan tujuan atau motif.

Menurut Manion

Paradigma sebagai studi filosofis pelaksanaan tujuan atau motif.

Menurut Emzir (2008: 9)

Asumsi psikologis tentang pembentukan tuntutan pengetahuan (klaim pengetahuan), prosedur
umum penyelidikan (strategi penyidikan) dan prosedur jaringan dan analisis data dan pelaporan
(metode penelitian).

Musik huda sendiri berasal dari gabungan tiga jenis musik tradisional minang. yakni Dikil Rabaro. Musik Tradisional Goong Renteng Musik tradisional goong renteng berasal dari daerah Wangibatukut. Musik ini menggunakan nada-nada islami yang berasal dari budaya arab. yakni “Gong” dan “Luang”. Pemeungpeuk. Sehingga sejak saat itu. Musik Tradisional Huda Musik tradisional huda berasal dari daerah minangkabau.Berbagai Macam Jenis Musik Tradisional dari Indonesia 1. Biasanya musik ini digunakan sebagai pengiring acara maulidan atau Maulid Nabi Muhammad SAW. Musik Tradisional Krumpyung Musik tradisional krumpyung berasal dari daerah Agrowilis. Dikil Mundan merupakan musik akulturasi bernuansa islami yang menggunakan iringan mandai. Musik goong renteng merupakan musik yang menggunakan alat musik kecrek. Bandung. 5. Musik gong luang sendiri berasal dari gabungan dua kata. Sehingga musik gong luang adalah musik yang menggunakan gong luang/gong berukuran besar sebagai instrumen musiknya. Musik huda berkembang sejak masa keislaman masuk ke tanah minang. gambang kromong jamak digunakan sebagai musik pengiring tari dan juga lenong. . Namun seiring dengan akulturasi budaya. bonang. Dikil Mundan dan Salaulaik Dulang. Musik krumpyung berasal dari bunyi rangkaian instrumen bambu yang digerakkan. Kokap. Sehingga musik ini hanya dimainkan pada saat upacara ngaben dan upacara-upacara keagamaan saja. Sehingga musik ini menggunakan beberapa notasi musik khas musik islami. Musik gambang kromong merupakan musik serapan dari musik etnis Cina. 4. Musik krumpyung merupakan musik yang menggunakan instrumen dari bambu. Musik gong luang merupakan musik yang mempunyai nilai yang sakral bagi penduduk Bali. Sedangkan Salaulaik Dulang merupakan musik minang yang tahan atau utuh. Yogyakarta. Musik Tradisional Gong Luang Musik tradisional gong luang berasal dari daerah Bali. Musik Tradisional Gambang Kromong Musik tradisional ini berkembang di daerah Batavia (sekarang Jakarta) sejak masa awal kemerdekaan. dan luang berarti ruang atau rong. Jadi alat musik yang digunakan hampir sama dengan angklung. 3. Kulon Progo. maka musik etnis tersebut diserap dan digabungkan dengan musik betawi. Dikil Rabaro merupakan seni vokal yang memakai iringan rabaro. Musik gambang kromong berjenis musik instrumental akusitik. Gong maksudnya adalah alat musik gong. kendang dan saron. 2.

gendang satu dan dua serta gong. Musik ini berbentuk seperti koor tetembangan yang menggunakan pengiring rebana dan ditambah dengan kendang. Musik Tradisional Senandung Jolo Musik tradisional senandung jolo berasal dari daerah Muara Sabak. 12. 9. Musik Tradisional Panting . kentel. Musik Tradisional Karang Dodou Musik tradisional karang dodou berasal dari daerah Barito Utara. tunuta. kalikitong. 11. nailavos. Sampai saat ini. fuakuika. karapra dan tifa. Musik dari senandung jolo dihasilkan dari instrumen kulintang kayu. tambur. Musik Tradisional Tabuh Salimpat Musik tradisional tabuh salimpat berasal dari daerah Lampung. dimana anak-anak muda laki-laki dan perempuan mengungkapkan isi hati dengan pantun bergantian di iringi musik. kemanak dan bogem. Kalimantan Tengah. Alat musik krombi dibuat dari bambu dan dimainkan secara kolaborasi dengan musik tradisinal piko. Tetapi yang paling terlihat menonjol adalah alat musik kerenceng dan gambus lunik. 10. Musik krombi dimainkan saat upacara agama. Jabuk Timur. memberi nama bayi. Musik ini dimainkan saat acara turun sawah untuk menanam padi. Acara tersebut diberi nama manunggal padi. tateng korang tagonggong. Musik Tradisional Krombi Musik tradisional krombi berasal dari daerah Papua. Musik ini mengkhususkan diri pada lagu sholawatan. Musik tabuh salimpat mempunyai ciri yakni instrumen yang digunakan berupa alat musik tabuh dan petik. Umumnya pada acara noka pati. Jambi. upacara adat dan sebagai hiburan. 7. atau mengobati orang sakit keras (Ambang Morua). memandikan bayi. 8. musik tradisioal tabuh salimpat masih dimainkan dan terus berkembang di tanah Lampung. Musik gaghahanggase menggunakan musik bambu. Musik Tradisional Laras Madya dan Santi Swara Musik tradisional laras madya dan santi swara berasal dari daerah pinggiran dari Jawa Tengah. biola. Musik karang dodou merupakan musik ritual yang dimainkan di acara-acara tertentu saja. Musik ini merupakan musik yang beraliran diatonis dan pentatonis. Musik Gaghahanggase Musik tradisional gaghanggase berasal dari Sangihe Talaud. seheng. Musik laras madya dan santi swara mempunyai kemiripan yang sama dari segi musiknya.6. behonggang dan karoncongan. Tanah Siang. Musik krombi berasal dari kata nai krombi yang artinya memetik atau memainkan. Musik-musik dari perpaduan instrumen tersebut di padukan dengan vokal pria dan wanita yang menyanyikan lagu tradisional atau lagu-lagu nasional.

agung. Fungsi Musik Sebagai Penghayatan Estetis Musik itu sebuah karya seni. Pada awalnya musik ini dimainkan hanya pada malam hari saja. Musik ini biasanya dimainkan di acara-acara penyambutan tamu kehormatan atau sebagai hiburan rakyat. Salah satunya adalah untuk mencintai budaya sendiri sehingga dapat melestarikan dan mempertahankan kejayaan budaya nenek moyang. Musik ini berjenis instrumental. marakas dan talinting. Syair-syair dalam musik tradisional ini mengandung pesan-pesan mulia untuk generasi muda. Nah melalui musik ini kita bisa merasakan keindahan dari melodi yang dihasilkan musik tersebut 3. dia tidak peduli bagaimana reaksi penontonya nanti tapi yang terpenting sang musisi sudah berkarya mengungkapkan emosinya 2. sebuah karya seni harus memiliki nilai estetis atau keindahan di dalamnya. Bumi Uncok Kapuas. Fungsi Musik Sebagai Komunikasi Ini berarti sebuah musik yang berlaku di suatu daerah memiliki arti tersendiri ataupun hanya bisa dimengerti oleh warga daerah tersebut. Musik Tradisional Allusik Syair Telimaa Musik tradisional allusik syair telimaa berasal dari daerah Tanah Mandalam. namun sekarang juga dimainkan pada siang hari. Alat-alat musik yang digunakan dalam musik panting adalah panting. Nusa Tenggara. Fungsi Musik Sebagai Hiburan Orang-orang suka mendengar musik. Fungsi Musik Secara Umum dan Penjelasan Lengkapnya 1. Fungsi Musik Sebagai Ungkapan Emosional Jadi musik sendiri sebagai sarana ungkapan emosi. babaun. 13. saat sedih lebih baik mendengar alunan musik yang menyenangkan bukan? Ya minimal agar kita merasa terhibur ataupun supaya tidak terasa bosan 4. Musik ini dihasilkan dari sebuah alat musik bernama Sasando. Alat musik ini termasuk kedalam alat musik petik yang terbuat dari bahan bambu untuk mengikatkan benang halus yang akan di petik dan daun lontar sebagai resonansinya.Musik tradisional panting berasal dari daerah Kalimantan Selatan. Musik ini dahulunya dimainkan pada saat ada pesta resmi dan pertemuan antar sesepuh di Tanah Mandalam. Bumi Uncok Kapuas. bisa dimainkan tunggal atau berkelompok. Contoh saja seorang musisi yang mengadakan konser tunggal. 14 Musik Tradisional Sasando Gong Musik tradisional sasando gong berasal dari pulau Rote. Musik tradisional sasando gong dimainkan saat upacara penyambutan tamu dan hiburan rakyat. ini bisa dilihat dari teks atau pun melodinya .

dalam kesinambungan budaya juga diajarkan sebuah sistem budaya untuk generasi selanjutnya melalui musik ini 10. ini juga dimanfaatkan untuk senam irama 7.5. Fungsi Musik Sebagai Reaksi Jasmani Musik juga bisa merangsang otot kita untuk bergerak lho. Fungsi Pengintegrasian Masyarakat Suatu musik saat dimainkan secara bersama secara tidak sadar sudah menimbulkan rasa kebersamaan diantara pemain musik maupun penikmat musik itu . Fungsi Musik Sebagai Perlambangan Musik bisa melambangkan suatu hal. misal ada musik yang temponya lamban dan rata-rata musik yang temponya lamban memiliki syair yang sedih sehingga musik itu melambangkan kesedihan 6. Fungsi Musik Dalam Kesinambungan Budaya Hampir sama seperti fungsi normal sosial. Fungsi Musik Dalam Pengesahan Lembaga Sosial Musik juga kerap digunakan dalam pengesahan sakral pada lembaga sosial namun bukan sebagai pengiring 9. Fungsi Musik Dalam Normal Sosial Musik juga bisa sebagai ajaran untuk meneruskan norma-norma yang sudah ada karena syairnya memiliki kandungan aturan-aturan sosial 8.

Arifin Saddoen Samsul Suparman Cilele (Fadhil) Wisnu SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM LUKMAN AL-HAKIM PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH TAHUN AKADEMIK 2012/2013 .LAPORAN HASIL OBSERVASI (Kehadiran.I Anggota Kelompok : Ali Khamsah Kudadiri M. M. Kedisiplinan. dan Tata Tertib) di SD Islam Al-Azhar 11 Surabaya Diajukan untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah “Manajemen Kesiswaan” Dosen Pembimbing : Ust.Pd. Ketidakdisiplinan. Pembinaan. Faishal Haq. Ketidakhadiran.

Oleh karena itu. 2. 18 Mei 2012 di Kantor Kepala Sekolah SD Al-Azhar 11 Surabaya. Terima kasih atas ilmu dan pengalaman berharga yang kami dapatkan. pembinaannya dn hukuman ataupun tata tertib sebuah lembaga pendidikan di SD Al-Azhar 11 Surabaya. kedisiplinan. banyak organisasi atau lembaga pendidikan yang bergerak ditempat (stagnan) dan tidak ada perkembangannya sama sekali (lamban). Kepada KEPALA SEKOLAH AL-AZHAR 11 SURABAYA Ibu SITI KHOTIMAH yang telah bersedia diwawancarai dan meluangkan waktunya untuk kami. Sehingga kami mampu untuk melakukan observasi sekaligus wawancaranya. Sehingga membuat organisasi atau lembga pendidikan atau yang lainnya tersebut hancur dengan sendirinya atau tidak mengalami perubahan apapun. 4. M. Faishal Haq. Serta sholawat dan salam semoga selalu tercurahkan atas manusia pilihan Nabi Muhammad SAW. Yang sebelumnya banyak hambatan yang kami lalui hampir 3 kali kami bolak-balik ke SD Al-Azhar 11 Surabaya. Tugas observasi dan wawancara kali ini kami alokasikan dan tertuju kepada bagaimana kehadiran. tapi Alhamdulillah berjalan lancar dan sukses Ucapan terima kasih kami yang sedalam-dalamnya kepada : 1. Dengan mewawancarai langsung KEPALA SEKOlAH SD AL-AZHAR 11 SURABAYA dengan Ibu SITI KHOTIMAH pada hari Jum’at. Kepada dosen pembimbing kami Ust. Seabgaimana kita ketahui bahwa sekarang. Kepada Allah SWT yang telah memberikan kesehatan kepada kamim semangat dan percaya akan tugas ini. Pd. Teman-teman STAI Lukman Al-Hakim semester IV yang telah menemani dan memberikan semangat. ketidakdisiplinan. Kepada kedua orang tua yang selalu memberikan do`anya tak putus-putus agar tidak lelah mecari ilmu sejauh apapun.I yang selalu memberikan arahan dan ilmunya kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan laporan hasil observasi ini. dukungan dalam menyelesaikan laporan observasi ini.KATA PENGANTAR Segala puja dan puji bagi Allah yang telah memberikan kepada kami keridhoan-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan observasi dan wawancara yang kami lakukan di SD AlAzhar 11 Surabaya. ketidkhadiran. berbagai macam cara untuk mengetahui dan memahai bagaimana sistem kerja yang diterapkan oleh lembaga tersebut salah satunya dengan melakukan observasi (terjun ke lapangan) dan wawancara langsung. . sepedih apapun 3. 5.

19 Mei 2012 .Kritik dan saran yang membangun dari pembaca serta rekan-rekan senantiasa kami nantikan demi perkembangan makalah laporan hasil obsevasi ini agar lebih baik dan sempurna. Dan demi ilmu pengetahuan tentang manajemen pendidikan agar kita bias menjadi pelaku pendidikan yang bagus dan berkompeten Surabaya.

.. Pengadilan/Hukuman .................................................................. Tata Tertib dan Kode Etik ............ C................................................................................................................................................................................ Daftar Isi .................. Pembinaan Kedisiplinan.................................... Pembahasan ....................................................................................................................... Kedisiplinan dan Faktor Ketidakdisiplinan ................................................... Peraturan ............................................ Latar Belakang Masalah ........................................................................................ Bab III ................................................................Ketidakhadiran Siswa .................... Tujuan Observasi ..................................................................................... A. F.................... Bab II .............. A ..... Kesimpulan dan Saran ........ B........................... Sasaran Observasi .........DAFTAR ISI Kata Pengantar .................... B................................................................................................................... Pendahuluan ........................................................................ Bab I ............................................................... ................................................................................................................................................................................................................................ E.......................... B...................................................................................................................................................................................... D.........................................

........ C........... kehadiran.......... Dan wadah untuk mengatur sekelompok orang agar dapat mencapai segala tujuan yang direncanakan sebelunnya......... Sasaran Observasi Sasaran observasi pada kali ini adalah langsung kepada KEPALA SEKOLAH SD ALAZHAR 11 SURABAYA. Adanya ketegasan yang berlaku Dan oleh karena itu... Dan bagaimana sekolah ini mengatasi ketidakdisiplinan......... BAB II PEMBAHASAN A.... Latar Belakang Masalah Sebuah organisasi atau lembaga pendidikan merupakan tempat yang tersusun dengan teratur dan bersistem rapi................. BAB I PENDAHULUAN A..... kami dari kelompok II mengadakan sebuah observasi dan wawancara di salah sekolah yang ada di Surabaya. hukuman yang diterapkan.. pembinaan dan tata tertib yang berlaku apa. pembinaan.... Namun bila organisasi atau lembaga pendidikan tersebut kacau tidak ter-manaj dengan baik maka terjadilah sebuah ketidakjelasan dan kehancuran yang akan melanda lembga pendidikan (sekolah) tersebut. Semua itu bisa diselesaikan dengan bagaimana peraturan yang diterapkan oleh sekolah atau lembaga pendidikan tersebut............ KETIDAKHADIRAN SISWA .Penutup . kehadiran.. ketidakhadiran maupun pengadilan maupun hukuman yang digunakan seperti apa di SD AlAzhar 11 Surabaya............ yaitu SD AL-AZHAR 11 SURABAYA............... tata tertibnya dan sebagainya.... Agar kami dapat mengetahui bagaimana sekolah tersebut mengatur kedisiplinan.... Dalama observasi dan wawancara tersebut kami juga diberikan tata tertib sekolah tersebut oleh kepala sekolahnya langsung yaitu Ibu Siti Khotimah B.. Tujuan Observasi Observasi ini bertujuan untuk mengetahui dan memberikan pengetahuan kepada para pembaca kita semua agar lebih mengetahui bagaimana sebuah lembaga pendidikan (Al-Azhar) ini menerapkan dan sistem manajemennya dalam mengatur kedisiplinan......

Dan itu pasti untuk kebaikan bersama Adapun faktor-faktor yang menyebabkan penyimpangan kedisiplinan itu ialah a. KEDISIPLINAN SISWA & FAKTOR PENYEBAB KETIDAKDISIPLINAN Mengenai kedisiplinan sendiri menurut Ibu Siti Khotimah (KEPSEK SD Al-Azhar 11 Surabaya) ialah a. agenda keluar kota dan yang paling dominan penyebab ketidakhadiran siswa tersebut ialah sakit. kuranganya motivasi guru . kesadaran siswa b. B. selalu mengikuti pelajaran c. hadir tepat waktu b. Kami pun masih ingat pekerjaan rumah (PR) yang ditanya ustad mengenai penyebab ketidakhadiran siswa yang bersumber dari masyarakat yang bila terjadinya ledakan jumlah penduduk itu merupakan salah satunya. Kami pun menanyakan solusi yang dilakukan sekolah dalam menangani masalah tersebut yaitu dengan cara memberikan penanganan ringan dan pertolongan tiga pertama (P3K) bila berada di sekolah yang dilakukan oleh guru berkompeten. Menurut sumber yang kami wawancarai bahwa sumber penyebab ketidakhadiran siswa di sekolah adalah sebagai berikut . Dikarenakan sekolah tersebut masih mengikuti ketentuanketentuan yang telah ditetapkan oleh umumnya sekolah yang ada dan melihat dari kepesantrenan Al-Azhar itu sendiri yang memiliki kurikulum berbeda. keperluan keluarga c. Dari keterangan Ibu Siti Khotimah pun beliau hanya menjawab dengan singkat yang jawabannya berkaitan dengan Kemacetan. Kalau sakitnya di rumah atau rumah sakit sudah beberapa hari maka pihak sekolah menjenguk ke rumah. a. mengerjakan tugas di sekolah atau di rumah d. sakit b. melaksanakan kegiatan yang menunjang pembelajaran seperti ekstrakulikuler Tujuan disiplin yang diterapkan di SD Al-Azhar 11 Surabaya adalah agar semua peraturan berjalan sesuai dengan rencana yang telah disepakati atau direncanakan sebelumnya. hasilnya adalah tidak jauh berbeda dengan teori yang ada walaupun ada perbedaan sedikit.Dari hasil observasi kami di SD Al-Azhar 11 Surabaya tersebut kami lantas mencocokkan dengan teori yang kami punya. Karena kemacetan disebabkan banyaknya orang yang berkendaraan sehingga dapat menghambat siswa untuk pergi ke sekolah dan tidak masuk.

Adapun kode etik siswa itu berhubungan dengan kurikulum yang bagaimana kebiasaan berakhlak karimah para murid. menurut Ibu Siti Khotimah peraturan yang paling baik digunakan di sekolahnya ialah peraturan demokratik F. Yang dimaksud dengan peraturan permisif adalah peraturan yang berkaitan dengan sikap atau perilaku dan merupakan peraturan yang tidak tertulis. TATA TERTIB & KODE ETIK Tata tertib ialah peraturan yang harus diikuti oleh semua warga sekolah. Kode etik ialah berkaitan dengan sikap. dll. Dari tiga jenis peraturan ini. bersalaman. Tujuan dari kode etik itu sendiri untuk bagaimana membentuk karakter anak yang islami. PERATURAN Peraturan itu ada peraturan permisif. Contohnya . Dan kata Ibu Kepala Sekolah. Ibu Siti Khotimah mengatakan bahwa jarang sekali murid-murid disini (sekolah) melakukan halhal yang melanggar sekolah apalagi diluar batas. sharing. Yang paling murid-murid tersebut langgar ialah berkaitan dengan teman-temannya seperti usil sama temannya. . PENGADILAN/HUKUMAN Hasil yang kami dapati bahwa di SD Al-Azhar 11 Surabaya ini tidak ada namanya pengadilan yang ada itu kesepakatan. E. peraturan otoritarian dan peraturan demokratis. PEMBINAAN KEDISIPLINAN Pembinaan kedisiplinan yang diterapkan oleh pihak sekolah adalah dengan kegiatan Kepramukaan. Sedangkan peraturan demokratis itu sendiri ialah peraturan yang dibuat oleh murid dan guru dengan adanya kesepakatan bersama. Dan cara mereka menerapkannya dengan saling berbagi. bersikap tenang sama teman. Peraturan otoritarian adalah peraturan yang ditetapkan oleh sekolah dan harus benar-benar dilakukan.adapun solusi sekolah dalam menangani masalah ini dengan mengingatkan guru atau orang dewasa untuk memberikan pemahaman kepada murid. C. mengganggu sehingga temannya jengkel. Antara kode etik dengan tata tertib itu BETI (beda tipis) yang sebagaimana kita tahu dari pengertian diatas. D. berdialog dan diajak bica murid yang sedang bermasalah tersebut.

pemanggilan orang tua/wali murid d. tidak berseragam sesuai peraturan e. tidak membawa buku paket pelajaran f. a. iman dan taqwa b. skorsing f. . surat pernyataan yang ditanda tangani oleh murid dan orang tua c. tanggung jawab 4. jika perlu dikeluarkan dari sekolah 3.Adapun sanksi yang diterapkan oleh SD Al-Azhar 11 Surabaya yang tercantum dalam Tata Tertibnya pasal 13 mengenai Sanksi . tidak diperkenankan masuk sekolah e. 1. sanksi dan peringatan akan diberikan sesuai dengan level kelas dan kemampuan murid. a. antara lain . pelanggaran tiga kali keempat . sanksi akan diberikan bagi murid yang melanggar tata tertib sekolah. a. pelanggaran tiga kali pertama . misalnya . terlambat masuk sekolah b. kemandirian d. tidak mengikuti ekstrakulikuler ataupun tidak membawa peralatan untuk ekstrakulikuler 2. terlambat masuk shalat dzuhur berjama’ah c. peringatan tertulis b. pelanggaran tiga kali kedua . bentuk sanksi yang diberikan tetap menggunakan pendekatan pembelajaran yang terkait. peringatan yang diberikan adalah sebagai berikut . pelanggaran tiga kali kelima . pelanggaran tiga kali ketiga . pengetahuan c. tidak membawa peci atau mukena d.

agenda keluar kota a. tata tertib hingga hukuman yang diterapkan oleh SD Al-Azhar 11 Surabaya sama dengan teori yang ada pada kami. Itu semua tidak akan berjalan lancar bila tidak ada rasa memiliki antar unsur-unsur yang ikut berperan serta ikatan dengan pihak-pihak yang berhubungan dengan pendidikan itu sendiri. Kepada pihak sekolah : . keperluan keluarga f. kehadiran.BAB III KESIMPULAN DAN SARAN Dari pembahasan diatas kami dapat menyimpulkan bahwa. kuranganya motivasi guru Saran Sebagaimana kita ketahui dan pahami bahwa sebagai sebuah lembaga pendidikan yang di dalamnya terdapat peraturan masing-masing. Maka perlu yang namanya kritik dan saran yang membangun. ketidakhadiran. Makna dari Kedisiplinan ialah . mengerjakan tugas di sekolah atau di rumah d. melaksanakan kegiatan yang menunjang pembelajaran seperti ekstrakulikuler Faktor-faktor yang menyebabkan penyimpangan kedisiplinan itu ialah a. sakit e. ketidakdisiplinan. semua hal yang berkaiatan dengan kedisiplinan. d. Walaupun ada itu pun hanya sedikit melihat SD Al-Azhar 11 Surabaya ini berbasis islami (boarding school) dan swasta sehingga peraturan yang dibuat berdasarkan kesepakatan orang dalam kepesantrenan Al-Azhar itu sendiri Sumber penyebab ketidakhadiran siswa di sekolah adalah sebagai berikut . hadir tepat waktu b. pembinaan. kesadaran siswa b. selalu mengikuti pelajaran c.

3) Harus adanya ketegasan agar terciptanya saling menghormati 4) Guru harus selalu semangat walaupun sedang mengalami permasalahan 5) Jangan bosan untuk memberika pemahaman/pengertin dan memotivasi siswa/siswinya setiap saat .1) Harap menjalankan hukuman kepada siswa yang melanggar sesuai dengan peraturan tata tertib sekolah agar adanya kesesuaian 2) Jangan takut untuk memberikan hukuman/pengadilan yang sesuai dengan peraturan sekolah tersebut.

Amin. Kami ucapkan rasa terima kasih yang sebesar–besarnya kepada semua pihak yang telah membantu. khususnya lembga pendidikan islam. Kami berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi pembaca terutama bagi kami semua. serta menambah wawasan berfikir kami dan kita semua sehingga akan semakin tanggap menghadapi masalah dan benar-benar serius dalam mengelola lembaga pendidikan agar dunia dunia pendidikan kita semakin maju.PENUTUP Demikianlah yang dapat kami laporkan tentang manajemen kesiswaan (kehadiran- ketidakhadiran. pembinaan dan tata tertib) yang diterapkan oleh SD Al-Azhar 11 Surabaya Semoga dengan observasi ini akan semakin menambah pengetahuan kami tentang manajemen kesiswaan. 19 Mei 2012 Tim Penulis . kedisiplinan-ketidakdisiplinan. Semoga kebaikan kalian semua mendapat pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT. Dan hanya kepada-Nyalah kami selalu meminta petunjuk dan keridhoan. mulai dari observasi langsung di lapangan hingga terselesaikannya laporan ini. Surabaya.