You are on page 1of 4

IDENTIFIKASI KEBUTUHAN DAN HARAPAN

MASYARAKAT
Nomor
:
/PKM-CBL/SPO/ /2016
Terbit ke
:
No.Revisi
:
Tgl.Diberlaku :
Halaman
:

SOP
Puskesmas Cibaliung

ttd

M. AMSOR, SKM

1. Pengertian

a. Identifikasiadalah

2. Tujuan

Untuk mengetahui kebutuhan dan harapan masyarakat yan ingin dicapaai

3. Kebijakan

SK Kepala Puskesmas No ...../2016 tentang Upaya Kesehatan Masyarakat

4.

Referensi

5.

Alat dan Bahan

6.

Langkah- langkah

/ prosedur

kegiatan
mencari,
menemukan
,mengumpulkan,meneliti dan mendaftarkan mencatat data dan informasi
dari lapangan yang dibutuhkan .
b. Kebutuhan adalah seseatu yang harus dipenuhi untuk kelangsungan hidup
apabila tidak dipenuhi berakibat fatal
c. Masyarakat adalah sebuah komunitas yang saling tergantung satu sama
lain
d. Identifikasi
kebutuhan harapan masyarakat adalah kegiatan
mencari,menemukan,mengumpulkan,meneliti mendaftarkan mencatat
data dan informasi dari masyarakat yang dibutuhkan yang harus dipenuhi
untuk kelangsungan hidup

Definisi
identifikasi
kebutuhan
dan
harapan
masyarakat( http//googleweblighwww.slideshare.net//guesta30B50)
Alat :
a. Sound System
b. Telepon
c. Komputer
Bahan :
a. ATK
A. Persiapan
 Menentukan data yang akan dikumpulkan
 Menentukan sasaran
 Menentukan etode pelaksanaan
 Menentukan
hari,tanggal,waktu
pelaksanaan
identifikasi
kebutuhan harapan masyarakat.
B. Pelaksanaa
Identifikasi kebutuhan dan harapan masyarakat dilakukan dengan
memilih metode:
 Kotak saran
 Quesioner
 Survey
 Wawancara

[1.2.5.EP0]

Tidak 12. Tidak 4. Penyuluhan tentang mitos-mitos ibu hamil? a.2. Apakah masyarakat memerlukan pelayanan vitamin A untuk ibu Nifas? a. AMSOR. Ya b. Ya b. Apakah masyarakat membutuhkan pelayanan penanggunggulangan gizi buruk? a. Tidak 7. Ya b. Apakah masyarakat membuuhkan pentingnya imunisasi? [1. Ya b. Ya b. Apakah masyarakat memerlukan pelayanan gizi untuk pemakaian garam yodium dimasyarakat? a. Tidak 15. Apakah masyarakat membutuhkan resiko tinggi bagi ibu hamil? a. Tidak 3. Tidak 5. Tidak 11. Tidak 8. Apakah masyarakat memerlukan pelayanan Gizi di desa? a. Apakah masyarakat memerlukan penyuluhan gizi ibu hamil? a. Tidak 13. Tidak 14. Apakah masyarakat membutuhkan kelas ibu hamil? a. Ya b. Apakah masyarakat membutuhkan penyuluhan ASI Eklusif? a. Ya b. Ya b.5. Ya b.Revisi : Tgl. Ya b. Apakah masyarakat memerlukan pelayanan poyandu? a.EP0] . SKM Diskusi INSTRUMEN ANALISIS KEBUTUHAN MASYARAKAT 1.Diberlaku : Halaman : SOP Puskesmas Cibaliung ttd  M. Apakah masyarakat memerlukan pelayanan pelayanan pemberian tablet tambah darah untuk ibu hamil? 6. Tidak 9.IDENTIFIKASI KEBUTUHAN DAN HARAPAN MASYARAKAT Nomor : /PKM-CBL/SPO/ /2016 Terbit ke : No. Tidak 10. Apakah masyarakat membutuhkan penyuluhan KB Nifas a. Tidak 2. Ya b. Apakah Masyarakat memerlukan pelayanan vitamin A untuk Balita? a. Ya b. Apakah masyarakat membutuhkan penyuluhan makanan pendamping ASI untuk usia 6-24 bulan? a. Ya b.

Penyuluhan diare? a. Tidak Apakah masyarakat membutuhkan pelayanan penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi? a. Ya b. Tidak 20. Tidak 19. Apakah masyarakat memerlukan penyuluhan dan penanganan pengelolaan sampah? a. Ya b. Ya b. Apakah masyarakat membutuhkan penyuluhan dan penanganan sarana air bersih? a. Ya b.5. Tidak . Apakah masyarakat membutuhkan penyuluhan promosi? ssa. 26. Tidak 16. Tidak Apakah masyarakat membutuhkan pendampingan desa siaga? a. 28. SKM a. Ya [1. Ya b. 27. Apakah masyarakat membutuhkan penyuluhan dan kunjungna rumah pemukiman? a. Tidak 21. Ya b. Tidak 22. Tidak 17. Ya b. a. Ya b.EP0] b. Tidak Apakah masyarakat membutuhkan pelatihan kader kesehatan? a.Revisi : Tgl. Ya b. Kunjungan rumah untuk penyakit tb paru? a.malariakecacingan) a. Tidak Apakah sekolah membutuhkan promosi kesehatan sekolah? a. Ya b. Ya b. Tidak 30.2. Apakah masyarakat membutuhkan kunjungan tempat pengolahan makanan(TPM)? a. 29. Ya b. Apakah masyarakat membutuhkan penyuluhan dan penanganan jamban keluarga? 24. Ya b. Tidak 18. Ya b.Diberlaku : Halaman : SOP Puskesmas Cibaliung ttd M.IDENTIFIKASI KEBUTUHAN DAN HARAPAN MASYARAKAT Nomor : /PKM-CBL/SPO/ /2016 Terbit ke : No. Tidak 23. AMSOR. Tidak Apakah masyarakat membutuhkan penyuluhan dan penagnanan saluran pembuangan air limbah? a. Ya b. Apakah masyarakat membutuhkan penyuluhan dan kunjungna rumah untuk penyakit tidak menular (DBD. 25. Tidak Apakah masyarakat membutuhkan pelayanan kesehatan gigi dan mulut balita? a.

5.2.EP0] ttd M. AMSOR. SKM .Revisi : Tgl.IDENTIFIKASI KEBUTUHAN DAN HARAPAN MASYARAKAT Nomor : /PKM-CBL/SPO/ /2016 Terbit ke : No.Diberlaku : Halaman : SOP Puskesmas Cibaliung [1.