You are on page 1of 31

BIOLOGI DAN PERKEMBANGANNYA

Biologi itu
apa ???

RUANG LINGKUP BIOLOGI
Biologi merupakan bagian dari saint atau ilmu
pengetahuan alam
Definisi Biologi
Bios : hidup
Logos : ilmu
Biologi : ilmu yang mempelajari tentang mahluk
hidup dan permasalahannya.

MAHLUK HIDUP

MAHLUK HIDUP? ?? ?? ?? .

CIRI-CIRI KEHIDUPAN  Mempunyai organisasi yang rumit  Mengambil dan menggunakan energi (metabolisme)  Tumbuh dan Berkembang  Reproduksi dan Hereditas reproduksi : memperbanyak diri hereditas : pemuliaan (penurunan sifat genetik induk)  Respon terhadap perubahan yang ada di lingkungan  Evolusi .

Organisasi kehidupan .

ANABOLISME adalah proses penyusunan senyawa kompleks dari senyawa yang sederhana. Contoh respirasi seluler .Metabolisme Adalah semua reaksi kimia yang terjadi di dalam mahluk hidup. Terdiri dari : a. Contoh : Fotosintesis b. KATABOLISME adalah pemecahan senyawa kompleks dari senyawa sederhana.

umbi. tunas. Seksual b.REPRODUKSI ATAU MEMPERBANYAK DIRI ATAU BERKEMBANG BIAK Reproduksi bisa secara : a. Aseksual :membelah diri. spora. . geragih dan akar tinggal dll.

Hewan dan manusia peka terhadap rangsangan melalui alat indera. Tumbuhan juga melakukan gerak misal putri malu kalau disentuh .Peka terhadap rangsang Semua mahluk hidup peka terhadap Rangsang.

Evolusi  Evolusi adalah perubahan sifat-sifat yang terwariskan pada suatu populasi organisme dari satu generasi ke generasi berikutnya .

. Penurunan sifat Nutrisi Kesehatan lingk. kimiawi yg terjadi Pros.BIOLOGY BIOLOGY SCOPE OBJECT MASALAH Semua organisme hidup MONERA PROTISTA FUNGI PLANTAE ANIMALIA VIRUS Gejala yg ditunjukkan Tingkatan organisasi • molekular • sel • jaringan • Organ • individu • Populatio • Ekosistem • Bioma Struktur luar Struktur dalam Hubungan antar organisme Pros.

Biologi Kelautan 23. Bioteknologi 24. Mikrobiologi 11. Ornitologi 19. Helmintologi 25. Mikologi 17. Botani 13. Mamologi 20. Entomologi 18. Zoologi 12. Histologi 4. Taksonomi 8. Ginekologi . Embriologi 21. Genetika 2. Anatomi 6. Evolusi 10. Fisiologi 7. Sitologi 3. Morfologi 5. Virologi 15. Algologi 22. Malakologi 14. Klimatologi 27. Bakteriologi 16. Ekologi 9. Farmakologi 26.CABANG BIOLOGI 1.

Bagaimana Mempelajari biologi ? Manfaat Biologi apa???? .

merasakan Mencari informasi pada para ahli dan perpustakaan Catat pada dokumen yang spesifik . penciuman. pendengaran.Tahapan untuk mempelajari sesuatu:  Memperhatikan lingkungan di sekitar kita  Dimulai dengan pertanyaan apa? Mengapa?     Bagaimana? Mengumpulkan semua informasi yang berhubungan dengan fakta Mempergunakan semua alat indera yang kita miliki : penglihatan. sentuhan.

PROSES ILMIAH A. Pengujian hipotesis (eksperimen/ non eksperimen) 5. Perumusan masalah 3. Fakta/ masalah 2. Kesimpulan . Analisis data dan pembahasan 6. METODE ILMIAH 1. Hipotesis 4.

.

bukan jawaban ya atau tidak. 3. Hipotesis dugaan sementara tentang penyelesaian masalah yang diajukan dalam proyek ilmiah. Fakta/masalah : semua fenomena yang dapat diamati oleh alat indera 2. Perumusan masalah Perumusan masalah dapat berupa pertanyaan ilmiah yang dinyatakan dalam pertanyaan terbuka yaitu pertanyaan dengan jawaban berupa suatu pernyataan.1. .

Non eksperimen : jika tidak ada kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. Eksperimen : jika ada kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. sensus . Misal : survai. b.4. Pengujian hipotesis/percobaan a.

Variabel Terikat Faktor yang berubah tergantung perubahan variabel bebas (jumlah spermatozoa) c.Yang perlu diperhatikan dalam merencanakan penelitian atau percobaan : - Menentukan Alat dan Bahan - Menentukan Variabel Contoh : Pengaruh pemberian ekstrak biji pepaya terhadap jumlah spermatozoa mencit a. Kontrol Sengaja tidak diberi perlakuan untuk pembanding . Variabel Bebas Faktor yang diubah oleh sang peneliti (dosis ekstrak biji pepaya) b.

KESIMPULAN DAPAT MENDUKUNG HIPOTESIS ATAU TIDAK MENDUKUNG HIPOTESIS .5. Kesimpulan merupakan ringkasan hasil penelitian dan pernyataan tentang hubungan antara hasil eksperimen dengan hipotesis.

Bila hasil eksperimen tidak sesuai dengan hipotesis: Jangan ubah hipotesis Jangan abaikan hasil penelitian Beri alasan yang masuk akal mengapa tidak sesuai Beri cara-cara yang mungkin dilakukan selanjutnya Menyusun ulang penelitian .

SIKAP ILMIAH     obyektif/ faktual jujur terbuka Disiplin .B.

6 di indonesia shg perlu dicari obat yang aman dan efektif tanaman mahkota dewa secara empiris dipakai oleh masyarakat untuk mengobati kanker .Contoh :  Judul :Aktivitas antikanker ekstrak buah mahkota dewa pada mencit yang diinduksi oleh 7.12 dimetilbenza antrasena  Masalah : kanker merupakan penyebab kematian no.

 Rumusan masalah : Apakah ekstrak buah mahkota dewa bersifat antikanker pada mencit yang diinduksi oleh 7.12 dimetilbenza antrasena  Hipotesis : ekstrak buah mahkota dewa bersifat antikanker pada mencit yang diinduksi oleh 7.12 dimetilbenza antrasena .

limpa dan ginjal . Pengujian hipotesis : secara eksperimen Variabel bebas : dosis ekstrak buah mahkota dewa rincian sbb: kelompok I (kontrol) diberi air suling II DMBA (tanpa bahan uji) III DMBA+ 50 mg serbuk bhn uji IV DMBA + 100 mg serbuk bhn uji V DMBA + 200 mg serbuk bhn uji Variabel terikat : persentase mencit yang terkena tumor pada organ hati. paru. usus.

 Hasil penelitian : lihat jurnal  Kesimpulan : Ekstrak buah mahkota dewa berpotensi sebagai antikanker dan dosis yang paling efektif 200 mg serbuk ekstrak buah .

MANFAAT BIOLOGI 1. BIDANG PERTANIAN 2. dll . KEDOKTERAN. PETERNAKAN 3.

.

.

.

Bidang kesehatan .industri .Bidang Peternakan .TUGAS Buat resume tentang manfaat biologi dalam .Bidang Pertanian .