You are on page 1of 16

bermanfa

berbahay

Internal

at
kekuatan

a
Kelemah

ekstern

Kesempat

an
Ancaman

al

an/
peluang
strengths

weaknes
ses

opportu
nity
threat
4.1 ANALISIS KAWASAN STRATEGIS EKONOMI
4.1.1 Kawasan Sepanjang Koridor Arteri Primer
g. Analisis SWOT
Strength:

Weaknesses:

Jalur arteri primer merupakan

Minimnya jalan

jalur regional yang strategis

alternatif.

karena menghubungkan kotakota besar seperti Jakarta,
Opportunity:

Semarang dan Surabaya
 Pengoptimalan jalur arteri

Potensi pengembangan
kawasan industri yang
strategis, karena
berlokasi di jalur pantura.
Selain itu ditunjang pula
oleh lokasinya yang
dekat dengan Kota
Semarang sebagai
ibukota Provinsi Jawa
Tengah yang memiliki
Pelabuhan Tanjung Emas.

primer
Pengembangan kawasan
industri yang strategis

Memaksimalkan jalan
alternatif

1. Mempertahankan dan  Meningkatkan potensi lokal Mengintegrasikan konsep Memiliki interkoneksi Meningkatkan kapasitas adaptif masarakat dalam mengatasi rob Mempublikasikan secara dengan jalur eduecoturism dan regional. hal ini mengembangkan wisata intensif kepada akan alam dan budaya masyarakat luar mempengaruhi mengenai wisata yang potensi wisata ada pantai yang ada Threat:  Pengelolaan sampah yang belum optimal  Kurangnya kesadaran masyarakat dalam Melibatkan masyarakat dalam Meningkatkan kesadaran pengelolaan potensi objek masyarakat dalam wisata yang ada membudidayakan mangrove dengan sosialisi yang intensif .Threat: Perbaiakan jalan yang sering Mengoptimalkan dan Kemacetan di sepanjang tergenang rob memaksimalkan jalan jalur pantura Sayung alternatif umunya akibat permasalahan rob di kawasan pesisir. 4. Ananlisis SWOT Strength:   Pantai Surodadi memiliki Weaknesses:  Wisata perahu untuk potensi untuk menjadi objek menyusuri hutan tujuan wisata pantai Kota mangrove belum Semarang Terdapat potensi lokal yang  tereksplore Rawan terjadi rob mampu menarik baik secara nuansa maupun aktifitas Opportunity:  rekreatif produktif.2 Kawasan Wisata Pantai Surodadi Kecamatan Sayung g.

karper dan lele yang sekarang berada disisi Timur Laut Sungai Tuntang Lama tidak mampu menampung seluruh kegiatan kapal opportunity  Peningkatan pengelolaan PPI  dengan memperhatikan tingkat higienik Threat:  Melakukan penjadwalan  kegiatan kapal Membatasi jumlah kapal Tingkat higienik yang masih sangat yang ada di dermaga rendah pelabuhan perikanan 4. kecamatan sayung lokasi yang strategis menjadikan tingginya potensi industri.1.4 Analisis Kecendrungan g. Analisis SWOT potensi dan masalah Kabupaten Demak potensi  Wisata ziarah  Pada Desa Sidogemah.1. nila. Lokasi yang dilalui jalan pantura akan Masalah  SDM rendah  Ketimpangan fasilitas  Masalah lingkungan: rob/ degradasi  lingkungan Kurangnya integrasi sarana transportasi . Perikanan Morodemak mujair.pembudidayaan mangrove. Analisis SWOT Strength: Weaknesses: Salah satu wilayah penghasil Dermaga Pelabuhan ikan darat.3 Kawasan Pelabuhan Perikanan Pantai Morodemak di Kecamatan Bonang g. seperti tawes. hal ini akan mengakibatkan terjadinya rob 4.

seperti rob dan penurunan tanah  Pengelolaan sampah yang belum optimal . tercemarnya air bersih  perekonomian dan kesejahteraan  masyarakat Pada kec karangawen kab demak. kesejahteraan Lokasi yang masyarakat dilalui jalan pantura akan memudahkan kegiatan distribusi barang Strength: Jalur arteri primer merupakan jalur regional yang strategis karena menghubungkan kota-kota besar seperti Jakarta. seperti akan sampah yang menjadikan rob dan penurunan meningkatkan belum optimal tingginya tanah perekonomian dan potensi industri. memiliki potensi dalam produksi jagung yang tinggi.memudahkan kegiatan distribusi  barang Adanya tambak akan meningkatkan  Penurunan tanah. Hal ini akan meningkatkan perekonomian masyarakat Dileniasi wilayah Genuk-sayung (kota semarang-kab demak)  STRENGTH lokasi yang WEAKNESSES Adanya degradasi OPPORTUNITY Adanya tambak THREAT Pengelolaan strategis lingkungan. Semarang dan Surabaya Weaknesses:  Adanya degradasi lingkungan.

terutama saat musim hujan. Selain akibat kegiatan industri itu ditunjang pula yang ada oleh lokasinya yang dekat dengan Kota Semarang sebagai ibukota Provinsi Jawa Tengah yang memiliki Pelabuhan Tanjung Emas.  Banyaknya aktivitas PKL . Pedurungan-mranggen(kab demak-kota semarang) Strength:  Sektor perdagangan dan jasa mendominasi matapencaharian dan sektor penting dalam Weaknesses:  Rawan bencana banjir. hasil tambak memperhatikan karena berlokasi di dampak lingkungan jalur pantura.Opportunity:  Potensi pengembangan  Pengembangan kawasan Memberikan insentif dan industri yang strategis  Membangun sentra produksi disinsentif bagi pelaku pengusaha dibidang kawasan industri dan pemasaran komoditas industri yang kurang yang strategis.  Adanya tambak akan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Threat: Kemacetan di sepanjang jalur pantura Sayung  Perbaiakan jalan yang sering tergenang rob  Pengoptimalan jalur arteri primer umumnya akibat  Sosialisasi secara intensif kepada masyarakat mengenai pengelolaan sampah yang optimal permasalahan rob di kawasan pesisir.

Pasar Ganefo dengan komoditas kebutuhan sehari-hari disisi lain juga merupakan pusat kegiatan wilayah di bagian timur. pergudangan. dan perdagangan berpotensi dalam mendukung pendistribusian hasil produksi.  Sektor Industri dan Pertanian merupakan potensi dalam pengembangan Opportunity:  Pasar Mranggen merupakan pasar utama yang perekonomian  Pengembangan dan Meningkatkan kapasitas pengoptimalan sektor adaptif masarakat industri dan pertanian dalam mengatasi rob Memberikan ruang menyediakan tersendiri untuk berbagai komoditas aktivitas PKL barang sehingga mampu melayani daerah diluar Kota Mranggen. di sempadan jalan.menggerakkan perekonomian  Keberadaan stasiun kereta dapat mengganggu fungsi jalan raya Semarang-Purwodadi api yang berdekatan karena letak PKL berada dengan lokasi industri.  Perkembangan permukiman yang sangat pesat .

Grobogan. Threat: Perkembangan  Peningkatan ketersediaan  infrastruktur yang mantap Pengendalian penggunaan lahan permukiman yang ruang terbangun pesat menjadikan berkurangnya ruang hijau terbuka (RTH) Dempet-godong (demak-grobogan) Strength: Weaknesses: Penggunaan lahan yang Belum terpusatnya didominasi oleh lahan fasilitas permukiman pertanian dapat dijadikan sebagai penunjang Opportunity: Kecamatan Dempet sebagai jalur ketahanan pangan  Perlindungan lahan sawah irigasi  Penerapan Good alternatif menuju Agricultural Practices Kab.didukung dengan adanya sarana dan prasarana pendukung. sehingga penggunaan lahan masyarakat harus pertanian . untuk peningkatan kualitas Threat: Penyediaan Perumahan komoditas pertanian  Menyediakan pusat dan fasilitas pendukungnya  Mengintegrasikan Belum terpusatnya perdagangan dan jasa fasilitas antar kegiatan dengan tetap permukiman perdagangan dan memperhatikan jasa. sehingga banyak menarik penduduk untuk betempat tinggal di Kota Mranggen.

maupun Kabupaten Jepara.pergi keluar wilayah untuk memenuhi kebutuhan pokok Mijen-welahan (demak-jepara) Strength:  Penggunaan lahan di Weaknesses:  Sungai Wulan meluap Kecamatan Mijen sehingga menggenangi didominasi oleh lahan wilayah Kecamatan Mijen pertanian sebesar 71% dan bahkan memutuskan sehingga dapat aksesibilitas dari dan dijadikan sebagai menuju Kabupaten Demak penunjang ketahanan pangan yang ada di Kabupaten Demak.  Pengoptimalan penggunaan lahan  Penerapan Good akan menimbulkan Agricultural Practices potensi untuk peningkatan perkembangan kualitas komoditas permukiman yang pertanian sangat pesat transportasi  Peningkatan infrastruktur dan moda transportasi antar wilayah untuk mengintegrasikan ekonomi antar kecamatan  Pengelolaan sampah yang lebih optimal  Pengintegrasian infrastruktur antar wilayah  Melakukan perawatan .  Masih terpusatnya perkembangan pada kawasan-kawasan tertentu seperti jalan utama Demak – Jepara sehingga mempersulit proses pemerataan pembangunan  Pengelolaan sampah yang belum optimal  Kurangnya perawatan terhadap sarana prasarana Opportunity: Tersedianya lahan terbuka yang luas.

sehingga memungkinkan masyarakat mampu pengembangan memenuhi kebutuhan potensi lahan sebagai pokoknya tanpa harus lahan terbangun dan pergi ke wilayah lain  Pengendalian penggunaan berdaya jual tinggi. adanya lahan parkir  Banyak jaringan jalan dan industri. Sehingga dapat mendukung perekonomian Kabupaten Demak.  Pengaturan parkir di pembangunan IV dengan pasar. terutama di jalan-jalan lokal dan lingkungan. pertokoan dan fungsi sebagai pertanian.intensif terhadap sarana Threat: Terjadinya konversi lahan yang prasarana transportasi  Membatasai penggunaan  Penyediaan fasilitas umum lahan terbangun dan fasilitas khusus secara merata.  Kecamatan Karanganyar yang perkerasannya masih berupa tanah. lahan terbangun Potensi jepara: terdapat aktivitas pertanian yang berdampingan dengan aktivitas industri Karanganyar-jati (demak-kudus) Strength:  Kecamatan Karanganyar Weaknesses:  Rawan bencana banjir.  Banyak badan jalan yang dan strategis untuk pengembangan wilayah  Kecamatan Karanganyar termasuk dalam wilayah pengembangan PPK dan satuan wilayah sudah mengelupas dan berlubang sehingga bisa mengganggu pergerakan lalu lintas. perkantoran yang masih perdagangan dan jasa. semrawut dan tidak perikanan. berlokasi di jalur pantura terutama saat musim sehingga cukup potensial hujan. peternakan. .

 Belum ada pengelolaan persampahan terpadu yang dikelola oleh masing-masing kawasan perumahan dengan cara dikumpulkan/ diangkut oleh gerobak/ truk sampah yang kemudian dibawa ke TPS atau TPST.  Jaringan telekomunikasi di Kecamatan sebagian besar sudah Karanganyar masih menjangkau seluruh menginduk di wilayah Kecamatan Karanganyar. Perbaikan sarana Kecamatan Agricultural Practices prasarana umum untuk Karanganyar juga untuk peningkatan kualitas mendukung aktivitas . Jaringan infrastruktur tersebut juga merupakan potensi yang cukup baik untuk membuka wilayah pengembangan baru Kawasan Perkotaan Karanganyar Opportunity:  Terjadinya Kemacetan  Penerapan Good Kabupaten Kudus.berbatasan dengan wilayah perkotaan Kudus sehingga memiliki potensi yang bagus untuk karena angkutan umum yang semrawut  segi kualitas dan mempengaruhi distribusi masing- perkembangan aktivitas masing fasilitas kota perkotaan dan yang kurang merata perekonomian di serta hanya terpusat Kecamatan Karanganyar  Kecamatan Karanganyar pada pusat-pusat kota  Jaringan air bersih masih dilewati jalur pantura dan menginduk di jalan tol sehingga memiliki Kabupaten Kudus dan potensi untuk peningkatan DAS Serang masih perekonomian kecamatan dimanfaatkan secara karanganyar dengan tradisional oleh pertumbuhan fungsi-fungsi masyarakat Kecamatan kawasan perkotaan yang relatif cepat  jaringan infrastruktur yang Karanganyar untuk MCK.

sampah yang optimal Perbaikan sarana prasarana umum. sarana  dan prasarana. pertanian. Hal ini kehutanan  Peningkatan ketersediaan infrastruktur yang mantap dapat memicu aktivitas perkotaan dan perekonomian di Kecamatan Karanganyar untuk tumbuh dan berkembang dengan relatif cepat Threat: Dengan jumlah  Penyediaan perumahan dan Penanganan rob dan fasilitas pendukungnya penduduk besar. seperti mengenai pengelolaan pemenuhan perumahan. jaringan utilitas. perekonomian yang perkebunan dan menghubungkan Semarang – Surabaya. perkotaan dan oleh jaringan jalan tol peternakan. dan lainlain. jaringan pelayanan air bersih dan jaringan transportasi dari segi telekomunikasi kualitas dan kuantitas. seperti jalan. Kebonagung-godong (demak-grobogan) Strength: Weaknesses: .direncakan dilalui komoditas perikanan. banjir Pengelolaan sampah yang lebih baik Sosialisasi secara intensif banyak permasalahan yang kepada masyarakat akan timbul.

Guntur-tegowanu(demak-grobogan) Strength: Opportunity: Weaknesses: Penggunaan lahan yang segi kualitas dan didominasi oleh lahan distribusi masing- pertanian dapat masing fasilitas kota dijadikan sebagai yang kurang merata penunjang ketahanan serta hanya terpusat pangan pada pusat-pusat kota  Perlindungan lahan Pemerataan kualitas . Penggunaan lahan yang Belum terpusatnya didominasi oleh lahan fasilitas pendukung pertanian dapat dijadikan permukiman sebagai penunjang Opportunity:  Tersedianya lahan terbuka yang luas. ketahanan pangan  Perlindungan lahan sawah irigasi  Penerapan Good  Penyediaan fasilitas umum dan fasilitas khusus secara merata. akan menimbulkan Agricultural Practices sehingga masyarakat potensi untuk peningkatan kualitas mampu memenuhi perkembangan komoditas pertanian kebutuhan pokoknya permukiman yang tanpa harus pergi ke sangat pesat Threat: wilayah lain  Mengintegrasikan fasilitas antar permukiman  Penyediaan perumahan dan  Pengendalian Terjadinya konversi fasilitas pendukungnya penggunaan lahan lahan yang dengan memperhatikan terbangun memungkinkan penggunaan lahan pengembangan potensi lahan sebagai lahan terbangun dan berdaya jual tinggi.

Tersedianya lahan sawah irigasi terbuka yang luas. dan adanya kegiatan Agricultural Practices sehingga masyarakat industri akan untuk peningkatan kualitas mampu memenuhi menimbulkan potensi komoditas pertanian kebutuhan pokoknya perkembangan tanpa harus pergi ke . akan  Penerapan Good Agricultural Practices menimbulkan potensi perkembangan untuk peningkatan permukiman yang kualitas komoditas dan distribusi masingmasing fasilitas kota pertanian sangat pesat Threat: Menyediakan pusat Pengendalian Belum terpusatnya perdagangan dan jasa penggunaan lahan kegiatan perdagangan dengan tetap dan jasa menjadikan memperhatikan masyarakat harus pergi penggunaan lahan ke kecamatan lain untuk pertanian memenuhi kebutuhan pokoknya Karangawen-tegowanu(demak-grobogan) Strength: Weaknesses:  Terdapat produksi jagung Belum terpusatnya yang tinggi. hal ini akan fasilitas pendukung meningkatkan permukiman pereokonomian masyarakat  Penggunaan lahan yang didominasi oleh lahan pertanian dapat dijadikan sebagai penunjang Opportunity:  Tersedianya lahan terbuka yang luas ketahanan pangan  Perlindungan lahan sawah irigasi  Penerapan Good  Penyediaan fasilitas umum dan fasilitas khusus secara merata.

permukiman yang wilayah lain  Mengintegrasikan fasilitas sangat pesat Threat: Menyediakan pusat antar permukiman  Pemerataan kualitas dan Belum terpusatnya perdagangan dan jasa distribusi masing- kegiatan dengan tetap masing fasilitas kota perdagangan dan memperhatikan jasa menjadikan penggunaan lahan masyarakat harus pertanian pergi ke kecamatan lain untuk memenuhi kebutuhan pokoknya Masalah : Masalah Adanya degradasi Sebab berkurangnya daerah lingkungan resapan. penggunaan air Akibat tanah yang berlebihan pengelolaan sampah yang Belum ada pengelolaan belum optimal persampahan terpadu Pencemaran lingkungan yang dikelola oleh masingmasing kawasan Kemacetan di sepanjang perumahan umumnya akibat jalur pantura Sayung permasalahan rob di Rawan bencana banjir kawasan pesisir. penggunaan air masyarakat Banyaknya aktivitas PKL tanah yang berlebihan Tidak tersedianya ruang Terganggunya aktivitas Perkembangan bagi PKL Pertumbuhan penduduk masyarakat Berkurangnya RTH permukiman yang pesat yang pesat. Kebutuhan permukiman yang Belum terpusatnya meningkat Persebaran penduduk Tidak semua penduduk . berkurangnya daerah Terganggunya aktivitas resapan.

Kurangnya perawatan terhadap PSU Terjadinya Kemacetan karena angkutan umum yang semrawut Penataan trayek angkutan Jaringan air bersih masih menginduk di Kabupaten Kudus dan DAS Serang masih dimanfaatkan secara tradisional oleh masyarakat Kecamatan Belum tersedianya umum jaringan air bersih . jaringan lahan sebagai lahan utilitas.fasilitas permukiman + yang tidak merata mendapatkan pelayanan Belum terpusatnya fasilitas permukiman. transportasi dan terbangun dan berdaya degradasi lingkungan jual tinggi Kurangnya perawatan Kurangnya SDM yang Kerusakan pada prasarana terhadap sarana berkualitas sarana umum prasarana transportasi Banyak badan jalan yang Kurangnya perawatan Terganggunya aktivitas sudah mengelupas dan terhadap PSU masyarakat berlubang Penataan parkir di pasar. Kurangnya lahan terbuka pertokoan dan perkantoran yang belum teratur. serta kurangnya lahan parkir Banyak jaringan jalan yang perkerasannya masih berupa tanah. sarana pengembangan potensi secara pesat prasarana. kegiatan perdagangan dan perdagangan dan jasa jasa Terjadinya konversi lahan Pertumbuhan dan Peningkatan permintaan yang memungkinkan perkembangan penduduk permukiman. terutama di jalan-jalan lokal dan lingkungan.

pelayanan transportasi dari segi kualitas dan kuantitas. jaringan utilitas. sarana dan prasarana. seperti pemenuhan perumahan.Karanganyar untuk MCK Jaringan telekomunikasi di Kecamatan Karanganyar masih menginduk di Kabupaten Kudus Belum tersedianya Dengan jumlah penduduk besar. Selain itu juga akan menjadikan berkurangnya RTH . banyak permasalahan yang akan timbul. dan lain-lain Pertumbuhan dan Terjadinya konversi lahan perkembangan penduduk yang memungkinkan yang tidak terkendali pengembangan potensi jaringan air bersih lahan sebagai lahan terbangun.