You are on page 1of 7

CREATIVE THINKING

KONSEP RETAIL “THE LITTLE THINGS SHE NEEDS”

RENI MARLINA SYARIF
3130150013

FAKULTAS SENI RUPA
INSTITUT KESENIAN JAKARTA
2016

B. hingga aksesoris wanita.A. The Little Things She Needs sendiri merupakan sebuah toko retail yang bergerak dibidang sepatu dan sandal yang dikhususkan bagi kaum wanita. tas. high heels shoes. The Little Things She Needs awalnya memang dibentuk untuk memahami segala keperluan wanita. LATAR BELAKANG TOKO The Little Things She Needs adalah merek dagang yang berasal dari negara Singapore dan merupakan salah satu member dari perusahaan besar yang bernama Metrox Group. mulai dari casual shoes. dan pada kenyataannya The Little Things She Needs berhasil menjadi bagian kecil dari segala keperluan wanita. mulai dari hal besar hingga hal yang sangat kecil. flat shoes. sandals. Di toko sepatu ini para wanita bisa menemukan banyak sepatu flat aneka warna dan juga jenis-jenis lainnya. Sejak hadir beberapa tahun lalu. TEMA DAN GAYA . The Little Things She Needs kini menjadi brand yang cukup di kenal oleh pecinta sepatu. brand ini menjawab kebutuhan wanita yang ingin datang ke satu toko khusus sepatu dan aksesori.

Pada perancangan desain interior pada toko ini menggunakan gaya feminism. . desain gaya feminism didominasi warna – warna dengan tone pink. violet. Tidak adanya desain yang rumit dari segi ornament dan susunan ruang. Gaya Feminim merupakan gaya yang sering digunakan untuk desain yang lebih mengarah kepada produk wanita. Biasanya. dan  magenta.Kesan yang didapat dari gaya minimalis ini adalah clean ( bersih ). Dengan pemilihan warna. luas. Namun banyak juga yang mengaplikasikan dengan berbagai warna ( colorfull ) Gaya minimalis adalah gaya yang dari suatu bangunan yang simple. dan bentuk yang menghasilkan kesan – kesan feminism atau menonjoklan ciri khas dari seorang wanita. dan tersusun dengan rapih. dan sederhana namun tetap efektif. merah. dan stylish dengan  tema fancy feminim. material. minimalis modern.

furniture yang digunakan adalah.C. furniture yang bersifat ringan. Side Table Bench Wall Display . modern. Pada desain toko ini juga menggunakan furniture yang multifungsi. FURNITURE Pada desain toko ini. Tidak banyak ornament dan tidak terlalu memakan tempat. serta terlihat fenimim. Pemilihan furniture tersebut berdasarkan dari karakter wanita yang dinamis dan lembut.

E.bentuk organik khas yang dinamis dan fleksibel.Aksesoris Hanging Display Storage Display D. BENTUK Bentuk yang digunakan bentuk . SISTEM PENCAHAYAAN Island Display pada desain ini adalah yang mempunyai ciri . Bentuk organik membuat desain tidak terlihat kaku.

F. Warna putih mempunyai arti yang dapat memberikan efek meredakan rasa nyeri. putih. dan mampu menenangkan. Secara umum. martabat. SISTEM Down Light Cove Lamp Contoh warna cove lamp WARNA Warna yang digunakan pada desain toko adalah purple. romantisme.Pencahayaan yang digunakan adalah pencahayaan yang membangun suasana glamour dan terlihat modern. dan hitam. kualitas. kebijaksanaan. memancarkan kekuatan. violet. dan kemewahan. kesadaran. simbol kelangsungan hidup manusia. Sesuai dengan warna identitas dari brand The Little Things She Needs. Warna merah muda ( pink ). Warna lampu yang dipilih adalah warna yang memiliki tone violet. ditambah dengan cove lamp sebagai aksen dan estetik. warna putih yang berlebihan dapat pula memberi efek rasa sakit kepala dan .  independen. dalam kondisi normal warna ini hampir selalu berkaitan dengan sesuatu yang bersifat kewanitaan. meningkatkan daya imajinasi. merupakan warna yang feminin. Secara psikologis warna – warna tersebut memiliki arti :  Warna violet atau ungu mempunyai efek psikologis yang sering bermakna magis. ketenangan fisik. sensitivitas dan obsesif. kekayaan. terasa memancarkan aura spiritualitas. Lampu central menggunakan down light. memelihara. pink. steril. Warna ini menampakkan sifat kelembutan. menghadirkan aura kebebasan dan keterbukaan. kewanitaan. menarik perhatian. visioner. Alasan ini salah satu yang mendasari kebanyakan rumah sakit dan pekerja rumah sakit menggunakan warna putih. misterius. Warna ini juga sebagai identitas dari The Little Things She Needs. kebenaran. Disisi lain. orisinalitas. merah muda bisa berarti cinta atau kasih sayang.  kehangatan. Arti yang dapat dimunculkan dari penggunaan warna ini adalah ambisius.

Bentuk-bentuk minimalis dan simpel biasa dilahirkan dengan penggunaan warna ini. kemandirian. substansi.kelelahan mata. . penggunaan warna ini akan memberikan keyakinan bahwa pengguna warna dapat diandalkan dan memiliki sifat stabil. Warna abu – abu memiliki arti warna yang menggambarkan keseriusan. Secara umum. karena cahaya yang dipantulkan warna ini. emosional. namun hitam dengan penggunaan yang tepat akan mampu menimbulkan  kesan elegan. melindungi. dan keluasan. percaya diri. efisiensi. abu-abu bermakna netral. dan kecanggihan. glamor. Warna hitam mempunyai arti warna yang merepresentasikan kekuatan. keamanan. tidak memihak. Penggunaan warna putih yang digunakan dengan tepat juga mampu memberikan efek  keyakinan akan kualitas yang tidak akan mengecewakan. atau tidak menyatakan tujuan dengan jelas. Warna abu-abu yang merupakan salah satu warna alam ini cenderung memiliki pemaknaan abstrak. maskulin. klasik. sifat dramatis. keabadian. kemisteriusan. Namun. Meskipun sering nampak suram dan menakutkan.