You are on page 1of 19

E- Business Global : Bagaimana Bisnis Menggunakan

Sistem Informasi
Proses Bisnis dan Sistem Informasi
Sistem informasi membantu perusahaan dengan efisien mengelola
berbagai informasi baik dari lingkungan internal maupun eksternal, mengambil
keputusan, dan meningkatkan kegiatan bisnis perusahaan.
PROSES BISNIS
Setiap bisnis dipandang sebagai sekumpulan dari proses bisnis. Lalu apa
itu proses bisnis? Proses bisnis adalah seperangkat aktivitas mengenai arus kerja
dari bahan baku, informasi, dan pengetahuan. Proses ini mengacu pada cara
mengelola, mengkoordinasi dan memfokuskan pekerjaan untuk memproduksi
barang atau jasa yang bernilai dan juga cara unik dimana manajemen memilih
untuk mengkoordinasikan pekerjaan. Contoh, mempekerjakan karyawan adalah
proses bisnis yang diartikan sebagai seperangkat aktivitas yang digunakan
perusahaan untuk mempekerjakan karyawan. Pada suatu bisnis, proses bisnis
dapat berjalan lambat dan tidak efisien namun pada bisnis lain dapat berjalan
lancar dan efisien, maka sistem informasi dibutuhkan agar dapat membantu
perusahaan mengefisienkan proses bisnis. Selain itu, kinerja perusahaan
tergantung pada seberapa baik proses bisnis dirancang dan dikoordinasikan karena
proses bisnis dapat menjadi keunggulan kompetitive perusahaan dan bisa juga
membuat perusahaan berinovasi. Proses bisnis juga bisa menjadi kewajiban jika
cara kerja lama perusahaan menghalangi perusahaan untuk maju. Banyak proses
bisnis yang terikat dengen wilayah fungsional tertentu. Contoh:
Wilayah fungsional
Manufaktur dan Produksi

Proses bisnis
Menggabungkan produk
Mengecek kualitas

Penjualan dan Pemasaran

Membuat tagihan bahan baku
Mengenali pelanggan
Membuat pelanggan sadar akan produk

Keuangan dan Akuntansi

Menjual produk
Membayar kreditur

dan departemen penjualan akan bersiap untuk menjawab panggilan pelanggan atau klaim jaminan. proses bisnis memenuhi pesanan pelanggan. Contoh. merubah langkah kerja berurutan dengan tugas yang dapat dilakukan bersama secara paralel. dengan melakukan analisis proses bisnis kita mengetahui bagaimana dapat mengubah bisnis agar menjadi lebih efisisen. Sistem informasi dapat membuat proses ini lancar. merubah arus informasi. Sistem informasi dapat mengotomatisasi proses bisnis. BAGAIMANA TEKNOLOGI INFORMASI MENINGKATKAN PROSES BISNIS: EFISIENSI DAN PERUBAHAN Terdapat dua cara meningkatkan proses bisnis: meningkatkankan efisiensi yang telah ada dan memungkinkan keseluruhan proses baru yang dapat merubah bisnis.Membuat laporan keuangan Sumber Daya Manusia Mengelola kas Mempekerjakan pelanggan Mengevaluasi kinerja karyawan Melibatkan karyawan pada rencana manfaat Namun ada proses bisnis lain yang melewati banyak wilayah fungsionalis berbeda dan membutuhkan koordinasi tiap departemen dan informasi yang tepat agar berjalan secara baik dan efisien. departemen penjualan akan menerima pesanan yang selanjutnya meminta departemen keuangan untuk menilai pelanggan dapat memenuhi kewajiban pembayaran atau tidak. Maka dapat ditarik kesimpulan sistem informasi dapat menghasilkan proses bisnis baru. Selain itu. setelah itu departemen keuangan akan melakukan penagihan pembayaran. dan mengapus penundaan dalam pengambilan keputusan. bila sudah departemen produksi akan memproduksi barang lalu dikirim ke pelanggan. Jenis Sistem Informasi Bisnis 2 | Tu g a s R e s u m e S i s t e m I n f o r m a s i B i s n i s . mengubah cara bisnis bekerja dan memberikan model bisnis yang berbeda.

SISTEM PENJUALAN DAN PEMASARAN Fungsi penjualan dan pemasaran bertanggung jawab dalam menjual produk atau jasa perusahaan. memproses. Sistem fungsional adalah jenis sistem pertama yang dikembangkan oleh perusahaan bisnis. Manajemen operasional Analsis harga dan melacak pesanan dan karyawan Menentukan harga untuk Manajemen produk dan jasa Peramalan pergerakan Menyiapkan penjualan tingkat menengah peramalan Manajemen tingkat atas penjualan 5tahun Sistem Manufaktur dan Produksi 3 | Tu g a s R e s u m e S i s t e m I n f o r m a s i B i s n i s .Baik perusahaan berskala besar. mengiklankan serta mempromosikan produk dan jasa. dan kecil memiliki ribuan program komputer dan ratusan sistem yang berbeda. produksi dan manufaktur. SISTEM DARI SUDUT PANDANG FUNGSIONAL Memandang sistem dengan cara mengenali sistem bedasarkan fungsi bisnis utama. Berikut ini contoh sistem penjualan dan pemasaran Sistem Pemrosesan pesanan Gambaran Kelompok yang dilayani Memasukan. Hal ini mengartikan tidak ada sistem tunggal yang dapat menyediakan informasi yang dibutuhkan suatu organisasi. Sistem ini terdapat pada departemen seperti keuangan dan akuntasi. Pasti rumit untuk memahami seluruh sistem yang berbeda dalam bisnis dan bagaimana sistem-sistem ini berhubungan satu sama lain. merencanakan dan mengembangan produk dan jasa. dan sumber daya manusia. menengah. Pemasaran berfokus pada mengenali pelanggan. pemasaran dan penjualan. Keadaan yang rumit ini diilustrasikan dengan melihat seluruh sistem yang berbeda dari dua sudut pandang: sudut pandang fungsional dan sudut pandang konstituen.

selain itu juga menggunakan sistem pengendalian mutu seperti yang digunakan Kia Motors. pengadaan. Sistem Keuangan dan Akuntansi Fungsi keuangan bertanggung jawab mengelola aset keuangan perusahaan dan mengelola kapitaliasasi perusahaan. Berikut contoh sistem informasi keuangan dan akuntansi. fasilitas. dan penjadwalan peralatan. penyimpanan. Sistem ini berhubungan dengan perencanaan. Fungsi akuntansi bertanggung jawab menjaga dan mengelola catatan keuangan perusahaan. pengembangan. Berikut ini contoh sistem informasi manufaktur dan produksi Sistem Pengendalian mesin Gambaran Pengendalian mesin Kelompok yang dilayani dan Manajemen operasional Perencanaan produksi perlengkapan Memutuskan kapan dan Manajemen menengah berapa Lokasi fasilitas banyak yang diproduksi Memutuskan dimana akan Manajemen senior menempatkan fasilitas produksi baru Kebanyakan sistem manufaktur dan produksi yang digunakan sejenis sistem persediaan. penetapan sasaran produksi. Bagian keuangan dan akuntansi berbagi masalah yang saling berhubungan. bahan baku. dam ketersediaan bahan produksi.Fungsi manufaktur dan produksi bertanggung jawab pada produksi barang dan jasa perusahaan. Sistem Piutang Penjelasan Kelompok yang dilayani Melacak uang yang dipinjam Manajemen operasional Anggaran perusahaan Menyiapkan anggaran jangka Manajemen menengah 4 | Tu g a s R e s u m e S i s t e m I n f o r m a s i B i s n i s . dan tenaga kerja yang dibutuhkan untuk membentuk produk akhir. dan pemeliharaan fasilitas produksi.

dan evaluasi kinerja Analisis kompensasi karyawan Mengawasi jumlah dan Manajemen menengah distribusi upah. mengembangkan. Manajemen operasional keahlian. gaji. Sistem yang digunakan pada departemen ini membant aktivitas seperti mengenali karyawan potensial. menjaga catatan lengkap mengenai karyawan yang ada dan menciptakan program untuk mengembangkan karyawan. 5 | Tu g a s R e s u m e S i s t e m I n f o r m a s i B i s n i s . Sistem Pelatihan dan pengembangan Penjelasan Mengawasi Kelompok yang dilayani pelatihan. dan mempertahankan tenaga kerja perusahaan. Berikut ini contoh sistem informasi sumber daya manusia.Perencanaan keuntungan pendek Merencanakan keuntungan Manajemen senior jangka panjang Sistem Sumber Daya Manusia Fungsi sumber daya manusia bertanggung jawab untuk menarik. dan Perencanaan SDM manfaat karyawan Merencanakan kebutuhan Manajemen senior tenaga kerja organisasi di masa depan.

Sistem Pemrosesan Transaksi Sistem Pemrosesan Transaksi adalah sistem terkomputerisasi yang menjalankan dan mencatat transaksi rutin harian yang diperlukan untuk menjalankan bisnis. pencatatan karyawan dan pengiriman. Manajer senior membutuhkan infomasi ringkas yang dapat secara cepat memberikan informasi mengenai kinerja keseluruhan perusahaan. pemesanan hotel. dan masing-masing dapat dilihat sebagai pilihan informasi utama. Sistem pemrosesan transaksi sering kali sangat penting bagi bisnis sehingga kegagalan TPS selama beberapan jam dapat mengakibatkan kejatuhan perusahaan dan mungkin perusahaan lain yang terhubung dengannya. Manajer tingkat menengah membutuhkan informasi yang lebih terperinci mengenai hasil dari area fungsional dan departemen tertentu pada perusahaan. seperti hubungan penjualan oleh tenaga penjualan. seperti jumlah suku cadang pada persediaan setiap harinya atau jumlah jam kerja pada hari Selasa oleh setiap karyawan. Pekerja ahli mungkin membutuhkan akses ke basis data ilmiah eksternal atau basis data internal dengan pengetahuan organisasi. tingkat dan biaya kepegawaian dan pendapatan penjualan untuk setiap bulan bahkan setiap hari. seperti memasukkan pesanan penjualan. Manajer operasional membutuhkan informasi tingkat transaksi. Tujuan utama dari sistem pada tingkat ini adalah untuk menjawab untuk menjawab pertanyaan rutin dan untuk melacak arus transaksi yang melalui organisasi. statistika produksi untuk pabrik atau lini produk tertentu. penggajian.SISTEM DARI SUDUT PANDANG KONSTITUEN Disini kita membutuhkan informasi yang berbeda sesuai dengan tanggung jawab yang berbeda. penjualan berdasarkan kelompok produk dan wilayah. dan profitabilitas kesulurah. seperti pendapatan penjualan kotor. 6 | Tu g a s R e s u m e S i s t e m I n f o r m a s i B i s n i s .

000 4. membuat keputusan.800.715.867. mengendalikan.000 3.066.400.85 1.91 0.003.550.750.01 1.001 4.Sistem Informasi Manajemen dan Sistem Pendukung Keputusan  Sistem Informasi Manajemen Manajemen tingkat menengah membutuhkan sistem untuk membantu mengawasi.000 17.440 16.700 3.95 karpet TOTAL 7 | Tu g a s R e s u m e S i s t e m I n f o r m a s i B i s n i s . Informasi ini digunakan untuk mengawasi dan mengendalikan bisnis dan memprediksi kinerja masa depan. SIM menyediakan laporan kinerja terbaru perusahaan kepada manajemen tingkat menengah.000 0.112 4.253 4. Jadi.600.06 0. Dibawah ini adalah contoh laporan SIM Kode Produk Deskripsi Produk Wilayah Penjualan Pengadaan Aktual Rencana Aktual vs Rencana 4469 Pembersih Timur laut Selatan Barat tengah Barat 4.000 4. Sistem Informasi Manajemen (SIM) merancang kategori khusus sistem informasi yang melayani manajemen tingkat menengah. dan aktivitas administratif.778.

253 3. Penggambaran penerimaan elektronik menggunakan mesin faks manapun yang tersedia untuk mengisi nomer dan menyatukan penerimaan ke laporan biaya.000 4.900. Laporan yang dibuat oleh sistem membantu manajer menjaga tagihan atas pengeluaran perjalanan ketika transaksi terjadi.12 0.900.94 1. Penghematan Baru Dalam pembahasan kali ini akan membahas mengenai perusahaan MarketStar yang berbasis di Odgen. CONTOH KASUS: Mengelola Biaya Perjalanan : Alat Baru. atau dengan telepon genggam (HP).440 18. Sistem Pendukung Keputusan / Decicion Support System (DSS) Merupakan penunjang pembuatan keputusan yang tidak rutin pada manajer tingkat menegah.563.711.000 Pada tabel diatas tersebut membandingkan jumlah angka penjualan tahunan untuk produk tertentu terhadap sasaran yang direncanakan. berlawanan dengan model matematis  canggih atau statistik. SIM biasanya menggunakan rutinitas sederhana. seperti rangkuman dan perbandingan. MarketStar menerapkan peranti lunak Concur Expense Service.700.93 1.700. Karyawan dapat memasukkan data biaya perjalan dan hiburan.5674 Penyegar ruangan TOTAL Timur laut Selatan Barat tengah Barat 3. 8 | Tu g a s R e s u m e S i s t e m I n f o r m a s i B i s n i s 0.608. Sistem juga secara otomatis memnidahkan data perjalanan dan biaya dari kartu kredit perusahaan.200.19 1. yang mengotomatiskan proses pelaporan biaya perjalanan dan hiburan.000 4. Karyawan dapat memasukkan dalam web dimanapun mereka bekerja dengan komputer.05 . Sistem ini umumnya tidak fleksibel dan memiliki kemampuan analisis yang terbatas.676.000 17.559. Sistem ini berfokus pada masalah unik yang cepat berubah.700 5.001 4.000 4.000 4. dimana prosedur untuk mendapatkan solusi belum ditentukan sebelumnya.

Sejak penerapan Concur Expense Service pada awal tahun 2001 . MarketStar menagih sekitar 80% dari biaya karyawannya kepada kliennya. Yang memiliki banyak kebijakan biaya mereka sendiri. Pada gambar diatas menunjukkan DSS yang beroperasi pada PC yang tangguh. Ini digunakan tiap hari oleh manajer yang mengembangkan 9 | Tu g a s R e s u m e S i s t e m I n f o r m a s i B i s n i s .Peranti lunak (software) dari Concur Expense Service disesuaikan berdasarkan kebutuhan. Dibawah ini merupakan gambar sistem pendukung keputusan perkiraan perjalanan. marketstar dapat mengurangi ukuran staff untuk pemrosesan biaya perjalanan dan hiburan hingga hanya satu orang dan mengurangi waktu untuk mengganti pembayaran karyawan menjadi beberapa hari. Jadi mereka harus membangun peraturan khusus pada penerapan manajemen perjalannya.

 Sistem Pendukung Eksekutif / Executive Support System (ESS) Berikut ini adalah gambaran model sistem pendukung eksekutif 10 | T u g a s R e s u m e S i s t e m I n f o r m a s i B i s n i s . sekolah ski. dan toko perlatan ski.penawaran pada kontrak pengiriman. Intrawest menggunakan beberapa program software untuk menganalisis data ini untuk menentukan nilai. DSS yang memperkirakan perjalanan ini sangat bergantung pada model analitis. layanan telepon. Jenis DSS lainnya yang kurang didorong oleh model. pemesanan kabin. Sebagai contoh. potensi pendapatan. Intrawest merupakan operator ski terbesar di Amerika Utara mengumpulkan dan menyimpan data dari pelanggan situs web. justru berfokus pada pengambilan informasi yang berguna untuk menunjang pembuatan kepurusan dari jumlah data yang banyak. dan kesetiaan pelanggan agar manajer dapat membuat keputusan yang baik mengenai menargetkan pemasarannya.

TPS merupakan sumber data utama untuk sistem sistem lainnya. 11 | T u g a s R e s u m e S i s t e m I n f o r m a s i B i s n i s . Data juga dapat ditukar tukar diantara sistem yang melayani area fungsional yang berbeda. jenis sistem yang berbeda tersebut relatif tidak terkait. Model ini terdiri dari komputer dengan menu. Jenis sistem lainnya dapat bertukar data antara satu dengan yang lainnya. gambar interaktid. HUBUNGAN ANTARSISTEM Sistem sistem diatas terkait antara satu dengan yang lainnya.Sistem pendukung eksekutif membantu manajemen senior membuat keputusan ini. ESS menyediakan perhitungan umum dan kapasitas komunikasi yang dapat diterapkan pada berbagai perubahan masalah. dan pendekatan karena tidak terdapat prosedur yang disetujui untuk mencapai solusi. ESS menjadi penerima data dari sistem dengan tingkatan yang lebih rendah. Gambar diatas mengilustrasikan sebuah model ESS. Pada kebanyakan perusahaan. evaluasi. ESS menangani kepututusan tidak rutin yang membutuhkan penilaian. dan kemampuan komunikasi yang dapat digunakan untuk mengakases data historis dan data persaingan dari sistem korporat internal dan basis data eksternal seperti dow jones / retieval / gallup poll.

Aplikasi perusahaan membantu bisnis untuk menjadi lebih fleksibel dan produktif dengan cara mengkoordinasikan proses bisnis dengan lebih dekat dan mengintegrasikan sekelompok proses agar mereka berfokus pada pengelolaan sumber daya yang efisien dan pelayanan pelanggan. Sistem yang Melingkupi Perusahaan APLIKASI PERUSAHAAN Aplikasi perusahaan merupakan sistem yang melingkupi area fungsional. semakin banyak perusahaan yang menggunakan teknologi baru untuk mengintegrasikan informasi yang berbeda dalam sistem yang berbeda. dan termasuk seluruh tingkatan manajemen. 12 | T u g a s R e s u m e S i s t e m I n f o r m a s i B i s n i s .Namun demikian. Dibawah ini merupakan gambar Arsitektur Aplikasi Perusahaan Pada gambar diatas menunjukkan arsitektur untuk aplikasi perusahaan yang melingkupi proses proses seluruh organisasi dan pada beberapa kasus. berfokus pada menjalankan proses bisnis di dalam perusahaan bisnis.

Kemudian untuk mengatasi masalah tersebut muncullah sistem perusahaan (enterprise system). dan sumber daya manusia dan menyimpan data pada penyimpanan data pusat tunggal.berkembang melebihi organisasi pada pelanggan. dan proses bisnis yng berbeda yang tidak dapat bertukar informasi secara otomatis. keuangan dan akuntansi. pemasok dan mitra bisnis penting lainnya. tingkatan organisasi. Informasi di sini digunakan untuk membuat peramalan penjualan dan produksi yang lebih akurat. Sistem Manajemen Rantai Pasokan 13 | T u g a s R e s u m e S i s t e m I n f o r m a s i B i s n i s . penjualan dan pemasaran. menyelesaikan masalah dengan mengumpulkan data dari beragam proses bisnis inti pada manufaktur dan produksi. yang juga dikenal sebagai perencanaan sumber daya perusahaan (enterprise resource planning-ERP). sehingga dapat membantu manajer menganalisis produktivitas produk secara keseluruhan atau struktur biaya. Sistem Perusahaan Sebuah organisasi besar memiliki banyak informasi yang beragam yang dibangun sekitar fungsi. Oleh karena itu manajer pasti akan kesulitan menyatukan data yang dibutuhkan untuk gambaran komprehensif dan menyeluruh dari operasi organisasi. hal ini akan meningkatkan kepuasan pelanggan dan menambah profitabilitas perusahaan. membuat lebih mudah bagi bisnis mengoordinasikan operasi hariannya. Selain itu sistem perusahaan juga menyediakan informasi berharga untuk meningkatkan pembuatan keputusan manajemen. Sistem perusahaan mempercepat komunikasi informasi yang melalui perusahaan. Sistem perusahaan memberikan fleksibilitas keoada perusahaan untuk menanggapi dengan cepat permintaan pelanggan sambil membuat dan menumpuk persediaan hanya dengan apa yaang dibutuhkan untuk memebuhi pesanan yang ada.

Sistem manajemen rantai pasokan (supply chain management –SCM) membantu bisnis mengelola hubungan dengan pemasok. dan pergudangan Melacak pengiriman Merencanakan produksi berdasarkan permintaan sebenarnya pelanggan Mengomunikasikan perubahan pada rancangan produk dengan cepat Sistem Manajemen Hubungan Pelanggan Sistem manajemen hubungan pelanggan (customer relationship management – CRM) membantu perusahaan mengelola hubungan dengan 14 | T u g a s R e s u m e S i s t e m I n f o r m a s i B i s n i s . Apabila jaringan pasokan tidak memiliki informasi maka perusahaan akan dibebani dengan persediaan berlebih. Sistem ini menyediakan informasi untuk membantu pemasok. dan distribusi. disimpan. dan perusahaan logistik untuk berbagi informasi. rencana manufaktur tidak akurat. Hal ini dapat mengakibatkan meningkatnya biaya dan menurunkan pelayanan pelanggan. dan        dipindahkan Mengkomunikasikan pesanan dengan cepat Melacak status pesanan Mengecek ketersediaan persediaan dan mengawasi tingkat persediaan Mengurangi biaya persediaan. Sistem manajemen rantai pasokan merupakan stu jenis sistem antarorganisasi (interorganizational system) karena sistem ini mengotomatiskan arus informasi yang melalui hambatan. transportasi. perusahaan pembeli. produksi. Tujuan utamanya yaitu untuk mendapatkan jumlah produk yang tepat dari sumber mereka menuju titik konsumsi dengan jumlah waktu tersingkat dengan biaya terendah. distributor. dan jadwal produksi yang terlewatkan. SCM menurunkan ini biaya dapat meningkatkan pemindahan dan profitabilitas pembuatan perusahaan produk dan dengan dengan memungkinkan manajer untuk membuat keputusan yang lebih baik mengenai bagaimana cara mengelola dan menjadwalkan pencarian sumber. Informasi dari sistem SCM membantu perusahaan dalam :  Memutuskan kapan dan apa yang akan diproduksi.

Sistem ini juga menghubungkan perusahaan ke sumber pengetahuan eksternal. Sistem ini menyediakan informasi untuk mengoordinasikan seluruh proses bisnis yang berhubungan dengan pelanggan dalam hal penjualan. dan pelayanan untuk mengoptimalkan pendapatan. Aplikasi pengetahuan manajemen lainnya menggunakan teknik cerdas yang mengodifikasi 15 | T u g a s R e s u m e S i s t e m I n f o r m a s i B i s n i s . dan mempertahankan pelanggan yang paling menguntungkan. menarik. gerai eceran. peralatan nirkabel.pelanggannya. Informasi ini membantu perusahaan mengenali. dan sistem kerja pengetahuan untuk memfasilitasi penciptaan pengetahuan. Sistem CRM menyatukan proses terkait pelanggan perusahaan dan menyatukan informasi pelanggan dari berbagai saluran komunikasi – telepon. pemasaran. dan objek pengetahuan digital lainnya . menyediakan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan yang ada. Pengetahuan yang terperinci dan akurat mengenai pelanggan dan preferensinya membantu perusahaan meningkatkan keefektifan kampanye pemasaran dan menyediakan pelayanan dan dukungan pelanggan dengan kualitas yang lebih tinggi. atau Web. dan diharapkan meningkatkan penjualan. Sistem ini mengumpulkan seluruh pengetahuan dan pengalaman relevan dalam perusahaan. dan membuatnya tersedia dimana pun dan kapanpun dibutuhkan untuk meningkatkan proses bisnis dan keputusan manajemen. dan mengaplikasikan pengetahuan. gambar. menyimpan. Sistem Manajemen Pengetahuan Sistem Manajemen Pengetahuan memungkinkan organisasi untuk lebih baik dalam mengelola proses pemerolehan dan penerapan pengetahuan dan keahlian. kepuasan pelanggan. sistem untuk menciptakan daftar pengetahuan karyawan perusahaan dengan area keahlian khusus . KMS mencakup sistem keseluruhan perusahaan untuk mengelola dan mendistribusikan dokumen. sistem kantor untuk mendistribusikan pengetahuan dan informasi . sebagaimana proses untuk menciptakan pengetahuan baru dan menyatukannya ke organisasi. KMS menunjang proses untuk memperoleh. e mail. mendistribusikan. dan pemertahanan pelanggan.

program dan data perusahaan. INTRANET DAN EKSTRANET Intranet dan ektranet lebih merupakan dasar teknologi dibandingkan aplikasi tertentu.pengetahuan untuk penggunaan oleh anggota lain di organisasi dan peralatan untuk penemuan pengetahuan yang mengenali pola dan hubungan penting pada sekelompok data. alat kolaborasi. intranet perusahaan SwissAir untuk penjualan menyediakan tenaga kerjanya informasi penjualan. dan dapat dimodifikasi sesuai preferensi pengguna. dan dengan pelanggan dan pemasok. perpustakaan mengenai praktik terbaik. portal korporat dapat dimodifikasi untuk menyesuaikan dengan kebutuhan informasi kelompok bisnis tertentu dan pengguna individual. Intranet termasuk kemampuan penjualan tiket yang menampilkan bulletin mengenai kursi pesawat terbang yang belum terisi di seluruh dunia untuk membantu staf penjualan bekerja dengan rekan dan 16 | T u g a s R e s u m e S i s t e m I n f o r m a s i B i s n i s . statistic. Sama halnya seperti portal umum Yahoo! Menggabungkan informasi dari beragam sumber. akses terhadap program insentif. Portal ini juga umumnya menampilkan e-mail. Intranet umumnya menyajikan informasi kepada pengguna melalui portal tersendiri yang menyediakan titik akses tunggal terhadap informasi dari berbagai sistem yang berbeda dan untuk mendokumentasikan menggunakan antarmuka Web.tarif. tetapi pantas untuk disebutkan disini sebagai salah satu peralatan yang digunakan perusahaan untuk meningkatkan integrasi dan mempercepat arus informasi di dalam perusahaan. pembahasan kelompok. dan tempat kerja kolaboratif. Intranet adalah jaringan internal yang dibangun dengan peralatan yang standar komunikasi yang sama dengan Internet dan digunakan untuk distribusi informasi secara internal kepada karyawan. dan sebagai penyimpanan kebijakan. Sebagai contoh. dan peralatan untuk mencari sistem dan dokumen internal perusahaan. Ekstranet adalah intranet yang diperpanjang kepada pengguna yang diizinkan di luar perusahaan.

BUSINESS. Teknisi pada Johnson Controls dan Daimler – Chrysler menggunakan rancangan ekstranet dan sistem kolaborasi untuk merancang bagian dalam (interior) Jeep Liberty bersama sama. pengiriman. E. pemasaran. Aplikasi membuat rencana suku cadang dari sistem produksi internal HP tersedia pada ruang kerja elektronik yang dibagi bersama yang dapat diakses oleh pemasok. Ekstranet mengizinkan perusahaan – perusahaan yang berbeda untuk bekerja bersama pada rancangan produk.COMMERCE. keamanan.dengan agen perjalanan yang dapat membantu mereka mengisi kursi kosong tersebut. dan pembayaran. E.business mengacu kepada penggunaan teknologi digital dan Internet untuk menjalankan proses bisnis utama pada perusahaan. karyawan dan bisnis 17 | T u g a s R e s u m e S i s t e m I n f o r m a s i B i s n i s . pusat distrbusi. Ekstranet mempercepat arus informasi diantara perusahaan dengan pemasok dan pelanggannya. Sistem pencitraan Hewlett – Packard (HP) Laserjet menggunakan sistem kolaborasi kelompok kerja melalui ekstranet untuk berbagi informasi dengan pembuat kontraknya. pemasaran. Pemerintah pada setiap tingkatan menggunakan teknologi internet untuk menyampaikan informasi dan pelayanan kepada masyarakat. Hal ini juga meliputi aktivitas yang menunjang transaksi pasar tersebut. dukungan pelanggan. SwissAir menggunakan ekstranet untuk menyediakan data tarif kepada agen perjalanan dari intranetnya secara elektronik. E– business termasuk aktivitas untuk pengelolaan internal perusahaan dan untuk koordinasi dengan pemasok dan rekan bisnis lainnya. Pemasok kemudian menyesuaikan rencananya untuk mengoordinasikan persediaan dengan HP. seperti periklanan. Pembeli dapat menggunakan ekstranet ini untuk melacak pesanannya melalui pemenuhan pesanan atau pengiriman barang. DAN E-GOVERNMENT Bisnis elektronik atau e. dan penjual. dan produksi. E-commerce adalah bagian dari e-business yang berhubungan dengan pembelian dan penjualan barang dan jasa melalui internet.

Analis sistem termasuk penghubung utama antara kelompok sistem informasi dengan seluruh organisasi. manajer telekomunikasi. seperti programmer. bisnis dan perpanjangan pemerintah lainnya. manajer proyek.yang bekerja dengan mereka. Banyak perusahaan. Selain untuk meningkatkan penyampaian pelayanan pemerintah. dan spesialis basis data. analis sistem. Merupakan pekerjaan analis sistem untuk menerjemahkan masalah dan persyaratan bisnis menjadi kebutuhan informasi dan sistem. Fungsi Sistem Informasi pada Bisnis Pada semua perusahaan. departemen sistem informasi adalah unit organisasi formal yang bertanggung jawab atas jasa teknologi informasi. Manajer sistem sistem informasi adalah pemimpin timprogrammer dan analis. peranti lunak. kecuali perusahaan kecil. manajer fasilitas fisik. E-government mengacu kepada aplikasi internet dan teknologi jaringan untuk secara digital memungkinkan hubungan pemerintah dan agen sektor publik dengan masyarakat. pemimpin proyek dan manajer sistem informasi. egovernment dapat membuat operasi pemerintah lebih efisien dan juga memberdayakan masyarakat dengan memberikan mereka akses yang lebih mudah ke informasi dan kemampuan untuk berhubungan secara elektronik dengan masyarakat lainnya. penyimpanan data. CIO adalah manajer senior yang mengawasi penggunaan teknologi informasi pada perusahaan. 18 | T u g a s R e s u m e S i s t e m I n f o r m a s i B i s n i s . Programmer adalah spesialis teknis yang sangat terlatih yang menulis instruksi peranti lunak untuk komputer. Departemen sistem informasi bertanggung jawab untuk memelihara peranti keras. DEPARTEMEN SISTEM INFORMASI Departemen sistem informasi terdiri atas spesialis. dan jaringan yang mencakup infrastruktur teknologi informasi perusahaan. departemen sistem informasi dikepalai oleh direktur informasi atau CIO. Selain itu juga merupakan pengelola staf pengoperasi komputer dan staf yang memasukkan data dan spesialis eksternal.

dioperasikannya sistem informasi sebagai sebuah departmen terpisah yang didalamnya terdiri dari masing-masing bagian departemen perusahaan. memiliki kelompok Sistem informasi sendiri atau dalam kata lain berlaku sistem desentralisasi. Yang kedua adalah. bimbingan terpusat menjadi lemah dan rentan akan resiko. dimana banyak sistem yang stidak cocok dan biaya menjadi meningkat jika setiap departemen melakukan pembelian teknologi masing-masing. menggunakan pengaturan informal. yang pertama pada perusahaan kecil yang memiliki kurang dari 100 karyawan. Masing masing departemen.Pengguna akhir adalah perwakilan dari departemen departemen di luar kelompok sistem informasi dan aplikasi dikembangkan untuk pengguna akhir. MENGELOLA FUNGSI SISTEM INFORMASI Terdapat 2 pengaturan pengelolaan sistem fungsi informasi . Perusahaan tersebut memanfaatkan satu atau dua karyawan atau konsultan untuk bertanggung jawab menjaga jaringan dan aplikasi yang bekerja. Namun. Pendekatan ini memiliki keuntungan dimana sitem yang dibangun langsung menangani kebutuhan bisnis dari areal fungsional. 19 | T u g a s R e s u m e S i s t e m I n f o r m a s i B i s n i s . Pengguna ini memainkan peran yang semakin besar dalam perancangan dan perkembangan sistem informasi. yang nantinya masing-masing depertemen melapor kepada CIO.