You are on page 1of 7

BAB I

PENDAHULUAN
1. LATAR BELAKANG
Kesehatan adalah keadaan sejahtera badan, jiwa, dan social yang
memungkinkan setiap orang hidup produktif secara social dan ekonomi. (UU
Kesehatan No.23 tahun 1992 dalam bukunya Soekidjo Notoatmodjo, 2007. Hal
tersebut berarti bahwa kesehatan seseorang tidak hanya diukur dari aspek fisik,
mental dan social saja, tetapi juga diukur dari produktifitasnya.
Dalam rangka untuk mewujudkan kesehatan dilakukan upaya kesehatan,
yaitu setiap kegiatan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan yang
dilakukan oleh pemerintah dan atau masyarakat (Soekidjo Notoatmodjo, 2007).
Upaya mewujudkan kesehatan dilihat dari dua aspek yaitu pemeliharaan
kesehatan dan peningkatan kesehatan.Pemeliharaan kesehatan mencakup dua
aspek yaitu aspek kuratif dan rehabilitative sedangkan peningkatan kesehatan
mencakup dua aspek juga yaitu aspek preventif dan promotif. Hal tersebut dapat
diartikan bahwa upaya untuk mewujudkan kesehatan dilakukan secara
komprehensif, oleh sebab itu upaya kesehatan promotif mengandung makna
bahwa kesehatan seseorang, kelompok, atau individu harus selalu diupayakan
sampai tingkat yang optimal.
Dengan demikian, sebagai seorang perawat atau calon perawat hendaknya
memiliki bekal yang cukup tentang Promosi Kesehatan Khususnya tentang
Sasaran dan Prinsip Promosi Kesehatan sebagai bentuk persiapan dalam
melakukan promosi kesehatan.
2. TUJUAN
Adapun tujuan dari Makalah ini Adalah :
1) Agar mengetahui sasaran dari Promosi Kesehatan.
2) Agar mengetahui Prinsip dari Promosi Kesehatan.
3) Agar mengetahui Penerapan sasaran dari Promosi Kesehatan.

3. RUMUSAN MASALAH
Adapun rumusan masalah dari Makalah ini Adalah :
1

maka sasaran dibagi menjadi 3 : 1) Sasaran primer (Primary target) 2 . Pengertian Promkes Promkes dalam ilmu kesehatan masyarakat adalah sebagai bagian dari tingkat pencegahan penyakit. Berdasarkan pentahapan upaya promosi kesehatan. B. Menurut Mee Lian Notoatmodjo (2007). promkes adalah suatu proses membantu individu dan masyarakat meningkatkan kemamapuan dan keterampilannya guna mengontrol berbagai factor yang berpengaruh pada kesehatan sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatannya. Sasaran Promosi Kesehatan Sasaran utama promosi kesehatan adalah masyarakat.1) Apa sasaran dari Promosi Kesehatan ? 2) Bagaimana Prinsip dari Promosi Kesehatan ? 3) Bagaimana Penerapan sasaran dari Promosi Kesehatan ? BAB II PEMBAHASAN A.

Kebijakan atau keputusan yang dikeluarkan oleh kelompok ini akan mempunyai dampak terhadap perilaku tokoh masyarakat (sasaran sekunder). 3) Sasaran tersier (Tertiary target) Sasaran tersier promosi kesehatan adalah para pembuat keputusan atau penentu kebijakan di tingkat pusat maupun daerah.Masyarakat umumnya menjadi sasaran langsung segala upaya pendidikan atau promosi kesehatan.upaya promosi ini sejalan dengan strategi pemberdayaan masyrakat (empowerment). Prinsip-prinsip tersebut meliputi: 1) Promosi Kesehatan (Health Promotion) adalah Proses pemberdayaan masyarakat untuk memelihara. meningkatkan dan melindungi kesehatannya (the process of enabling people to control over and improve their health). dan di pihak lain Penyuluh/Pendidikan Kesehatan merupakan bagian penting (core) dari Promosi Kesehatan. sasaran ini dapat dikelompokkan menjadi: kepala keluarga untuk masalah umum.para tokoh masyarakat ini akan memberikan contoh perilaku sehat bagi masyarakat sekitarnya. Upaya promosi ini sejalan dengan dukungan sosial (sosial support).dll.dll.ibu hamil dan menyusui untuk masalah KIA (kesehatan ibu dan anak). 2) Promosi Kesehatan : Upaya perubahan/perbaikan perilaku di bidang kesehatan disertai dengan upaya mempengaruhi lingkungan atau hal-hal lain yang sangat berpengaruh terhadap perbaikan perilaku dan kualitas kesehatan.tokohtokoh tersebut diharapkan mampu mampu memberikan pendidikan kesehatan kepada masyarakat disekitarnya. C. Upaya promosi ini sejalan dengan strategi advokasi (advocacy).tokoh agama. lebih luas dari pendidikan atau Penyuluhan Kesehatan. 2) Sasaran sekunder (Secondary target) Sasaran sekunder ini adalah tokoh masyarakat. promosi kesehatan mempunyai prinsip-prinsip yang berguna sebagai dasar-dasar dari pelaksanaan program promosi kesehatan. 3) Promosi Kesehatan : Upaya yang bersifat promotif (peningkatan) sebagai perpaduan dari upaya preventif (pencegahan). PRINSIP-PRINSIP PROMOSI KESEHATAN Dalam pelaksanaannya. kuratif (pengobatan) dan 3 . Promosi Kesehatan meliputi Pendidikan/Penyuluhan Kesehatan. dan juga kepada masyarakat umum (sasaran primer).

keterbukaan (transparancy) dan saling memberi manfaat (mutual benefit). 4) Promosi kesehatan : Selain tetap menekankan pentingnya pendekatan edukatif yang selanjutnya disebut gerakan pemberdayaan masyarakat. brosur. di tempat-tempat umum (where we play and do everything) dan di sarana kesehatan (where we get health services). yang dilandasi oleh kesamaan (equity). 5) Promosi kesehatan berpatokan pada PHBS yang dikembangkan dalam 5 tatanan yaitu di rumah/tempat tinggal (where we live). dengan tanpa mengecilkan arti hasil apalagi dampak kegiatan. 7) Promosi Kesehatan sebenarnya juga lebih menekankan pada proses atau upaya. Sasaran Primer Pemberdayaan masyarakat merupakan proses pemberian informasi secara terus menerus dan berkesinambungan mengikuti perkembangan masyarakat agar berubah dari tidak tahu menjadi tahu atau sadar (aspek knowledge). Jadi sebenarnya sangat susah untuk mengukur hasil kegiatan.rehabilitatif (pemulihan) dalam rangkaian upaya kesehatan yang komprehensif. juga perlu dibarengi dengan upaya advokasi dan bina suasana (social support). media elektronik) kepada masyarakat tentang: Pencegahan masalah adalah upaya yang ditujukan kepada orang-orang yang termasuk ke dalam kategori beresiko tinggi. gerakan sehat masyarakat. peran kemitraan lebih ditekankan lagi. leaflet. yaitu orang-orang 4 . bina suasana. Penerapan Sasaran Promosi Kesehatan 1. Yang lebih sesuai untuk diukur: adalah mutu dan frekuensi kegiatan seperti: advokasi. Kemitraan ini dikembangkan antara pemerintah dengan masyarakat termasuk swasta dan Lembaga Swadaya Masyarakat. dari tahu menjadi mau (aspek attitude). D. Dalam program promosi kesehatan pada upaya yang direncanakan meliputi : Memberikan informasi yang jelas dengan berbagai metode komunikasi (Pengawasan dan penyuluhan. juga secara lintas program dan lintas sektor. 6) Pada promosi kesehatan. yaitu perubahan atau peningkatan perilaku individu dan masyarakat. dan dari mau menjadi mampu melaksanakan perilaku yang diperkenalkan (aspek practice). di sekolah (where we learn). di tempat kerja (where we work). dan lain-lain.

4. 2. Media Elektronik Spanduk Banner Peralatan rollplay dan workshop 3.yang belum terkena penyakit ini tapi berpotensi untuk mendapatkannya. Adapun Kegiatan yang dilakukan yaitu :  Lobby  Negosiasi Hasil yang diharapkan :  Pemberian izin untuk melakukan penyuluhan kesehatan terhadap masyarakat mengenai Diabetes Melitus. 5 . Sasaran Sekunder Sasaran sekunder yang akan dilakukan yaitu :    Seluruh Instansi di Daerah Kepada Kader PKK Kelompok Kelompok Persatuan Darma Wanita Kegiatan yang dilakukan :    Pemberian pendidikan kesehatan Workshop terhadap perawatan masalah Roll Play Metode : 1. 2. 3. Sasaran Tersier Penerapan terhadap promosi kesehatan yang dilakukan berdasarkan sasaran tersier terhadap penyuluhan kesehatan. dilakukan dengan melakukan pendekatan secara advokasi kepada Kepala Daerah selaku Pimpinan di Daerah dan sebagai pemberi kebijakan serta pembuat keputusan agar bersedia memberikan izin terhadap tindakan yang akan dilakukan kepada masyarakat mengenai penyuluhan. Dan Perencanaan.

Sasaran tersier (Tertiary target). Berdasarkan pentahapan upaya promosi kesehatan. Pada promosi kesehatan.maka sasaran dibagi menjadi 3 : Sasaran primer (Primary target). Promosi kesehatan : Selain tetap menekankan pentingnya pendekatan edukatif. Promosi Kesehatan : Upaya perubahan/perbaikan perilaku di bidang kesehatan. meningkatkan dan melindungi kesehatannya. Prinsip-prinsip tersebut meliputi: Promosi Kesehatan (Health Promotion) adalah Proses pemberdayaan masyarakat untuk memelihara. promosi kesehatan mempunyai prinsip-prinsip yang berguna sebagai dasar-dasar dari pelaksanaan program promosi kesehatan. dengan tanpa mengecilkan arti hasil apalagi dampak kegiatan 6 .BAB III PENUTUP KESIMPULAN Sasaran utama promosi kesehatan adalah masyarakat. peran kemitraan. Promosi Kesehatan : Upaya yang bersifat promotif. Promosi kesehatan berpatokan pada PHBS. promosi Kesehatan sebenarnya juga lebih menekankan pada proses atau upaya. Sasaran sekunder (Secondary target). Dalam pelaksanaannya.

Konsep Promosi Kesehatan.( 2003 ). F & Makhfudli. 7 . Jakarta.DAFTAR PUSTAKA Bahan ajar Ayubi Dian( 2010 ). Keperawataan kesehatan Komunitas teori dan praktik dalam keperawatan.( 2009 ). Pendidikan dan Prilaku Kesehatan. Salemba Medika Notoatmodjo. Departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku FKM UI. Soekidjo.Jakarta : Rineka Cipta. Efendi.