You are on page 1of 21

Lomba Karya Tulis Ilmiah PPIPM FAIR 2016

JUDUL LKTI
Pengolahan Sampah Organik Sebagai Bahan
Baku Bioetanol Guna Mencapai Mandiri Energi
Diusulkan Oleh:
Elok Dwi Larasati
Muhammad fajri ramadhan
Ardiansyah

: A1C4 13 010/ 2013
: A1C4 13 029/ 2013
: A1C4 13 004/ 2013

UNIVERSITAS HALU OLEO
KENDARI
2016

LEMBAR PENGESAHAN LKTI PPIPM FAIR 2016
1.

Judul Karya Tulis

: Pengolahan Sampah Organik Sebagai Bahan
Baku Bioetanol Guna Mencapai Mandiri
Energi

2.

3.
4.

Ketua pelaksana
Nama Lengkap
NIM
Jurusan
Universitas
Alamat Rumah/ no. HP
Alamat Email
Anggota Pelaksana Kegiatan
Dosen Pembimbing
Nama Lengkap dan Gelar
NIP
Alamat Rumah dan No. HP

:
:
:
:
:
:
:

ELOK DWI LARASATI
A1C4 13 010
PENDIDIKAN KIMIA
HALU OLEO
PERDOS/085299977595
larasdjokam@gmail.com
2 orang

:
:
:

Rahmanpiu,S.Pd.,M.Si.
19700824 200003 1 002
BTN UHO blok L No. 3

Mengetahui
Dosen Pembimbing

Ketua Pelaksana

Rahmanpiu,S.Pd.,M.Si.
NIP:19700824 200003 1 002

Elok Dwi Larasati
NIM: A1C4 13 010

Menyetujui
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan
Alumni

Dr. La Ode Ngkoimani, S.Pd., M.Si.
NIP: 19711231 199903 1 064

NIP: 19700824 200003 1 002 Elok Dwi Larasati NIM: A1C4 13 010 . Kendari. Pernyataan Pembimbing Yang Membuat Ketua Tim Rahmanpiu.Pd.Lembar Orisinalitas Karya Tulis Yang bertanda tangan di bawah ini: Nama Ketua Tim : Elok Dwi Larasati Asal Universitas : Universitas Halu Oleo NIM : A1C4 13 010 Alamat : Perdos.S.M. Demikian pernyataan ini dibuat dengan sebenar-benarnya. Jika kemudian menyalahi aturan. yang diikutsertakan dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) PPIM FAIR 2016 adalah benar merupakan karya kami dan karya tulis tersebut belum pernah menjadi finalis atau memenangkan perlombaan sejenis di tempat yang lain. 25 Agustus 2016 Diketahui. karya saya berhak didiskualifikasi dari perlombaan tersebut. Blok G dengan ini menyatakan bahwa karya tulis dengan judul Pengolahan Sampah Organik Sebagai Bahan Baku Bioetanol Guna Mencapai Mandiri Energi.Si..

11 Maret 1995 Telepon/HP : 085299977595 Email : larasdjokam@gmail.com Asal Perguruan Tinggi : Universitas Halu Oleo Fakultas/Jurusan : FKIP/ Pendidikan Kimia Nomor Induk : 1. 25 Agustus 2016 Elok Dwi Larasati A1C4 13 010 .Anggota 1: A1C4 13 029 3. Tanggal Lahir : Andinete.FORMULIR PENDAFTARAN PESERTA LKTI Nama Ketua Tim : Elok Dwi Larasati Anggota 1 : Muhammad Fajri Ramadhan Anggota 2 : Ardiansyah Jenis Kelamin : Perempuan Tempat.Anggota2 : A1C4 13 004 Kendari. Ketua : A1C4 13 010 2.

1. Salah satu masalah utama yang dihadapi Bangsa Indonesia saat ini adalah sumber energi fosil berupa minyak bumi. sampah dapat dikatakan sebagai emisi. cair. yang pada tahun 2015 permintaan sudah mencapai 360 barel kiloliter (KL). gas alam dan batu bara yang selama ini dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari baik untuk keperluan rumah tangga maupun untuk keperluan industri dan transportasi semakin menipis seiring dengan bertambahnya waktu. impor BBM yang sangat besar sangat menguras devisa Negara. Dengan semakin tipisnya cadangan BBM fosil yang ada dalam perut bumi Indonesia. dan gas. 2012). ke udara dan ke tanah) maka kualitas lingkungan akan menurun. Sampah adalah suatu bahan yang terbuang atau dibuang dari sumber hasil aktivitas manusia maupun proses alam yang belum memiliki nilai ekonomis. Bila sampah masuk ke dalam lingkungan (ke air. Emisi biasa dikaitkan dengan polusi. terutama gas. dan akan habis dalam waktu 10-15 tahun yang akan datang.BAB I PENDAHULUAN 1. Sampah dapat berada pada setiap fase materi yaitu fase padat. Peristiwa masuknya . kebutuhan BBM akan makin besar karena meningkatnya jumlah kendaraan bermotor yang menggunakan solar dan minyak bakar. Ketika dilepaskan dalam dua fase yaitu cair dan gas. maka akan makin besar pula impor BBM (Anonymous. Berdasarkan penuturan direktur pengolahan pertamina defisit tersebut akan semakin membesar Defisit yang sangat besar ini dipenuhi melalui impor. Latar Belakang Indonesia mengalami defisit Bahan Bakar Minyak (BBM) dalam jumlah besar. Di masa-masa mendatang.

mudah didapatkan. Menurut Belantara (2012). 2007). Bioetanol merupakan hasil alkoholis dari bahan hayati. 2006). atau pasar ikan. pasar buah. Upaya-upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengatasai krisis energi khususnya minyak dan mereduksi pencemaran udara akibat emisi yang dihasilkan penggunaan bahan bakar. propanol. meningkatkan cadangan dan ketersediaan air tanah bagi penduduk. karena ramah lingkungan. Sampah yang berasal dari pemukiman umumnya sangat beragam. jenisnya relatif seragam. Sampah pasar khusus seperti pasar sayur mayur. Namun bioetanol memiliki kelemahan diantaranya keterbatasan dalam penggunaannya yang masih diarahkan hanya pada bidang transportasi. sampah organik adalah sampah yang bisa mengalami pelapukan (dekomposisi) dan terurai menjadi bahan yang lebih kecil dan tidak berbau (sering disebut dengan kompos).sampah ke lingkungan yang dikenal sebagai peristiwa pencemaran lingkungan (Kuron et al. Dengan melimpahnya sampah organik dan minimnya pengolahan sampah maka kami memilih judul ini. serta mengurangi bahaya banjir dan bencana lainnya yang . tidak mengandung unsur kimia. sebagian besar (95%) berupa sampah organik sehingga lebih mudah ditangani. Pada tahun 2006 telah dikeluarkan Intruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 pada tahun 2006 tentang penyediaan dan pemanfaatan Bahan Bakar Nabati (biofuel) sebagai Bahan Bakar lain (Asdep. Bioetanol merupakan salah satu jenis dari biofuel. tetapi secara umum minimal 75% terdiri dari sampah organik dan sisanya anorganik. dan butanol. Contoh dari bioalkohol yaitu bioetanol. pembangunan perkebunan penghasil bioetanol secara besarbesaran akan memperbaiki iklim global.

3.2. 2. Manfaat 1.4. Bagaimana proses pembuatan sampah organik menjadi bahan bakar bioetanol? 2. BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2. Untuk mengetahui manfaat bioetanol dari sampah organik. 2.sekarang ini sering terjadi sebagai akibat penggundulan hutan. 1. 1. Untuk mengetahui manfaat bioetanol dari sampah organik. Pemanfaatan bahan bakar nabati sebagai bahan bakar ramah lingkungan yang berdampak pada penurunan emisi gas-gas rumah kaca.1 Pengertian Sampah Organik Sampah organik adalah sampah yang bisa mengalami pelapukan (dekomposisi) dan terurai menjadi bahan yang lebih kecil dan tidak berbau (sering disebut dengan . Tujuan Khusus 1. 2. Apa saja manfaat bioetanol dari sampah organik? 1. Rumusan Masalah Masalah dalam penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui proses pembuatan sampah organik menjadi bahan bakar bioetanol. Untuk mengetahui proses pembuatan sampah organik menjadi bahan bakar bioetanol. Serta membantu pemerintah menangani masalah sampah rumah tangga organik.

baik manusia. tidak disenangi atau sesuatu yang yang dibuang berasal dari kegiatan manusia dan tidak terjadi dengan sendiri (Chandra. Sampah yang berasal dari pemukiman umumnya sangat beragam. Kompos merupakan hasil pelapukan bahan-bahan organik seperti daundaunan. pola hidup serta mobilitas masyarakat. timbulan sampah rata-rata adalah 2. 1995).kompos). . 2007).5-3. rumput. Sampah organik berasal dari makhluk hidup. sebagian besar (95%) berupa sampah organik sehingga lebih mudah ditangani. sampah. Menurut Belantara (2012). Istilah sampah organik basah dimaksudkan sampah mempunyai kandungan air yang cukup tinggi. jenisnya relatif seragam.5 L/orang/hari serta besarnya timbulan dipengaruhi oleh tingkat hidup (makin tinggi tingkat hidup. Sampah pasar khusus seperti pasar sayur mayur. Menurut WHO. alang-alang. • Sampah organik kering. sampah adalah sesuatu tidak digunakan. Sampah organik sendiri dibagi menjadi : • Sampah organik basah. Jenis-jenis sampah organik. hewan. tidak dipakai. maupun tumbuhan. walaupun akhirnya akan tetap merupakan bahan/material yang tidak dapat digunakan kembali (Dainur. dan bahan lain yang sejenis yang proses pelapukannya dipercepat bantuan manusia. iklim. atau pasar ikan. jerami. makin banyak sampahnya). tetapi secara umum minimal 75% terdiri dari sampah organik dan sisanya anorganik. dan pola penyediaan kebutuhan hidup dan penanganan makanan. Untuk kota-kota di Indonesia. Contohnya kulit buah dan sisa sayuran. pasar buah. Banyak sampah organik masih mungkin digunakan kembali/pendaur ulangan.

abu.2 Tempat Umum dan Tempat Perdagangan Tempat umum adalah tempat yang memungkinkan banyak orang berkumpul dan melakukan kegiatan termasuk juga tempat perdagangan.2 Sumber-sumber Sampah 2. baik sifatnya distributif atau memproses bahan mentah saja.4 Industri Berat dan Ringan Dalam pengertian ini termasuk industry makanan dan minuman. sampah kering. Jenis sampah dihasilkan berupa sisa-sisa makanan. dan bahan sisa proses pengolahan makanan. industry logam dan tempat pengolahan air kotor. tempat parkir. antara lain. atau beberapa keluarga yang tinggal dalam suatu bangunan atau asrama yang terdapat di desa.2. perabotan rumah tangga. ranting pohon. gedung pertemuan. Jenis sampah yang dihasilkan biasanya sisa makanan. pantai tempat berlibur. tempat hiburan dan umum. Contoh sampah organik kering di antaranya kertas. atau sampah basah (garbage).2. dan kegiatan industry lainnya. jalan umum.2. sampah kering (rubbish).1 Pemukiman Penduduk Sampah disuatu pemukiman biasanya dihasilkan oleh satu. abu. tempat layanan kesehatan (misalnya rumah sakit. dan sarana pemerintah lain. atau sisa tumbuhan kebun.2.3 Sarana Masyarakat Milik Pemerintah Sarana layanan masyarakat yang dimaksud disini. industry kayu. Tempat tersebut menghasilkan sampah khusus. air minum. sisa bangunan. dan sampah kering. Sampah yang . 2.Sementara bahan yang termasuk sampah organik kering adalah bahan organik lain yang kayu atau kandungan airnya kecil. atau di kota. dan puskesmas). 2. 2. 2. dan dedaunan kering.

sampah khusus.4.1 Jenis . namun juga akan memberikan kesempatan lebih besar untuk memperbaiki kualitas lingkungan hidup. artinya bahan bakar ini dapat dibuat oleh manusia dari bahan-bahan yang bisa ditumbuhkan atau dibiakkan. dan meningkatkan pendapatan masyarakat (Anonymous. sisa-sisa bangunan. 2. lading atau pun sawah menghasilkan sampah berupa bahan-bahan makanan yang telah membusuk. 2009).5 Pertanian Sampah yang dihasilkan dari tanaman dan binatang.jenis Biofuel 2. minyak sayur. menciptakan lapangan kerja. Pengembangan biofuel sebagai energi nabati pengganti minyak bumi. biofuel adalah bahan bakar atau sumber energi yang berasal dari bahan organik.2. ditinjau dari segi pembangunan kesejahteraan rakyat sangatlah bermanfaat yakni bukan hanya dipandang dari sisi peluang penyediaan energi alternatif yang akan dapat menggantikan minyak bumi karena persediaannya semakin habis. 2007). dan sampah berbahaya. Lokasi pertanian seperti kebun. 2.1 Minyak Sayur . sampah pertanian.4. Biofuel mempunyai sifat dapat diperbaharui.1. sampah kering.4 Jenis – jenis Biofuel 2. Untuk pertama kalinya biofuel terbuat dari gula. 2. atau lemak hewan menggunakan teknologi konvensional. starch. Biofuel juga mencakup bahan bakar yang dibuat dari tumbuhan maupun hewan. pupuk. maupun bahan pembasmi serangga tanaman (Chandra.3 Pengertian Biofuel Menurut Arrasyi (2008).dihasilkan dari tempat ini biasanya sampah basah.

Bahan bakar etanol merupakan biofuel paling umum di dunia. methano. Minyak sayur bekas yang diproses sebagai biodiesel mengalami peningkatan. tapi hanya dalam iklim yang hangat. sugar bit. diproduksi dengan mikroorganisme dan enzim melalui fermentasi gula atau starch. minyak dicampur dengan sodium hidroksida. Minyak sayur dapat digunakan dalam mesin diesel yang tua yang dilengkapi dengan system injeksi tidak langsung. atau selulosa. dan lain-lain.Minyak sayur dapat digunakan sebagai makanan atau bahan bakar.4. sugar cane. 2.2 Biodiesel Biodiesel diproduksi dari minyak atau lemak. Biodiesel dapat digunakan disetiap mesin diesel kalau dicampur dengan diesel mineral. dibersihkan dari air dan partikel dan digunakan sebagai bahan bakar. Biobutanol seringkali dianggap sebagai pengganti langsung bensin. Nama kimianya adalah Metil asam lemak ester.4. dan gliserol. dan dalam skala kecil. Proses ini membutuhkan banyak energi untuk . kualitas dari minyak dapat lebih rendah untuk kegunaan bahan bakar. Butanol dapat menghasilkan energi yang lebih banyak dan dapat terbakar langsung dalam mesin bensin yang sudah ada (tanpa modifikasi mesin).3 Bioalkohol Alkohol yang diproduksi secara biologi. Satu bagian gliserol dihasilkan untuk setiap 10 bagian biodiesel. jagung. 2. yang umum adalah etanol dan yang kurang umum adalah propanol dan butanol. Bahan bakar alkohol diproduksi dengan cara fermentasi gula yang dihasilkan dari gandum. karena dapat digunakan langsung dalam mesin bensin.1. Kebanyakan produsen kendaraan membatasi rekomendasi mereka untuk penggunaan biodiesel sebanyak 15% yang dicampuri diesel mineral.1.

4 Biogas Biogas dibuat dalam fase anaerob dalam fermentasi limbah akan dihasilkan gas metana yang dibakar dan digunakan untuk bahan bakar. Produksi etanol selulosik menggunakan tanaman non-pangan atau produk sisa yang tak bisa dikonsumsi. fermentasi adalah konversi dari karbohidrat seperti gula menjadi asam atau alkohol.1.pemanasan.5. 2. 2007). 2. Mikrobia yang umumnya terlibat dalam fermentasi adalah bakteri. Karbon dalam biogas merupakan karbon yang diambil dari atmosfir dari fotosintesis tanaman sehingga bila dilepaskan lagi ke atmosfir tidak akan menambah jumlah karbon diatmosfir bila dibandingkan dengan pembakaran bahan bakar fosil. 2. fermentasi dapat mengacu pada penggunaan ragi untuk mengubah gula menjadi alkohol atau penggunaan bakteri untuk membuat asam laktat dalam makanan tertentu.4.1 Proses Fermentasi Sampah Organik menjadi Bioetanol Sampah organik Autoclaf 121 oC Pengecilan ukuran Ditambahkan air dengan perbandingan 70% : 25% . Fermentasi merupakan kegiatan mikrobia pada bahan pangan sehingga dihasilkan produk yang dikehendaki. yang tidak mengakibatkan dampak pada siklus makanan. khamir dan kapang (Ricci. Pemanfaatan biogas memegang peranan penting dalam manajemen limbah karena metana merupakan gas rumah kaca yang lebih berbahaya dalam pemanasan global bila dibandingkan dengan karbon dioksida. Lebih khusus.5 Fermentasi Dalam pengertian umum.

dan lain-lain. kecap. warna reaksinya terhadap pengecatan gram. Mikroorganisme tidak dapat digolongkan ke dalam dunia hewan atau tumbuhan tetapi masuk ke dalam suatu golongan yaitu golongan protista adalah bakteri. beberapa spesiesnya merupakan pathogen bagi organisme lain.5. Bakteri dapat dikelompokkan bedasarkan sifat-sifat yang tampak antara lain: bentuk. misalnya menyebabkan penyakit dan mikotoksin. a. b. pola flagella. Fungi disebut juga dengan kapang. Bakteri dapat dianggap sebagai mikroorganime yang mempunyai populasi terbanyak. fungi. . protozoa dan alga. nutrisi (kebutuhan nutrisi dan kemampuan menggunakan gula nutrient lain). ukuran. kapsil morfologi koloni.Setelah itu ditambah ragi tape 3 % dan urea 4 gr/L Kemudian di fermentasi pada suhu 27 oC selama 3 hari Kemudian didestilasi Menjadi bioetanol 2. pola pembentukkan energy.2 Jenis Mikroba yang Terlibat dalam Fermentasi Mikroorganisme merupakan makluk hidup yang sangat kecil tetapi sangat penting dalam kelangsungan daur hidup. formasi produk kimia khusus. Kapang yang mempunyai manfaat besar bagi kehidupan. berukuran terkecil dan mempunyai bentuk yang relatif sederhana. misalnya pada pembuatan tape. oncom.

BAB III PEMBAHASAN 3.1 Proses Pembuatan Sampah Organik menjadi Bioetanol Bioetanol (C2H5OH) merupakan salah satu biofuel yang hadir sebagai bahan bakar alternatif yang lebih ramah lingkungan dan sifatnya yang terbarukan. Proses Pembuatan Bioetanol berbahan baku sampah organik menggunakan diagram aliran yaitu: 3.1 Persiapan Bahan baku. Merupakan bahan bakar alternatif yang diolah dari tumbuhan yang memiliki keunggulan karena mampu menurunkan emisi CO2 hingga 18%. dibandingkan dengan emisi bahan bakar fosil seperti minyak tanah. Sampah bisa berasal dari sampah pasar atau rumah tangga.1. sampah . Sebelum digunakan sebagai bahan baku. Bahan baku yang digunakan adalah limbah padat berupa sampah organic. lebih baik jika banyak mengandung sampah buah-buahan.

Penurunan tekanan pada autoklaf tidak dimaksudkan untuk membunuh mikroorganisme. jika objek yang di sterilisasi cukup tebal atau banyak.memerlukan proses pretreatment yakni tahap perlakuan awal untuk menghilangkan kandungan lignin dalam lignoselulosa dan menghidrolisis selulosa dan hemiselulosa itu sendiri menjadi gula sederhana yang selanjutnya dikonversi menjadi etanol. Autoklaf adalah alat pemanas tertutup yang digunakan untuk mensterilisasi suatu benda menggunakan uap bersuhu dan bertekanan tinggi (121 0C. melainkan meningkatkan suhu dalam autoklaf. secara kimia dengan menggunakan asam encer.pengecilan ukuran . 3. serta secara biologis dengan menggunakan enzyme pendegradasi dinding sel seperti selulase. 15 lbs) selama kurang lebih 15 menit. 3.3. hemiselulase. dan atau jamur lignolitik.1. bakteri dan jamur lumen.1. Perhitungan waktu sterilisasi autoklaf dimulai ketika suhu didalam autoklaf mencapai 121 0C. Bahan baku tersebut dimasukan dalam autoklaf. Pengecilan ukuran atau pencacahan Pengecilan ukuran atau pencacahan secara umum digunakan untuk menunjukan pada suatu operasi. transfer panas pada bagian dalam autoklaf akan melambat sehingga terjadi perpanjangan waktu pemanasan total untuk memastikan bahwa semua objek bersuhu 121 0C untuk waktu 10-15 menit perpanjangan waktu juga dibutuhkan ketika cairan dalam volume besar akan diautoklaf karena volume yang besar membutuhkan waktu yang lama untuk mencapai suhu sterilisasi.2. pembagian atau pemecahan bahan secara mekanis menjadi bagian yang berukuan kecil (lebih kecil) tanpa diikuti perubahan sifat kimia. enzim pemecah lignin. Proses pretreatment bisa dilakukan dengan 3 cara yakni secara fisik dengan panas dan tekanan tinggi.

Penyesuaia dengan kebutuhan spesifikasi produk atau mendapatkan bentuk tertentu.1. 4. 2009) Tujuan pengecilan ukuran : 1. Lama fermentasi yang dibutuhkan dalam proses fermentasi adalah 2-3 hari. ragi sendiri termasuk jasat renik keluarga vegeta akan mengeluarkan enzyme yang sangat complex yang mampu melakukan perombakan monosakarida menjadi etanol dan karbondioksida dan jenis ragi untuk proses alcohol/etanol adalah Sacharomyces Cereviceae. dimana ikatan kimia rantai karbon dari glucose dan fructose dilepas satu demi satu dan dirangkai secara kimiawi menjadi molekul etanol dan gas karbondioksida serta menghasilkan panas.dilakukan untuk menambah menambahh permukaan padatan sehingga pada saat penambahan bahan lain pencampuran dapat dilakukan secara merata.5 Pemurnian/Destilasi.waktu yang sesuai akan menghasilkan etanol yang optimal. Fermentasi Fermentasi adalah proses perombakan gula oleh aktivitas ragi. Mempermudah ekstraksi unsure tertentu dan struktur komposis.4. 2. Mempermudah pencampuran bahan secara merata. Untuk menambah luas permukaan padatan dan. 3. semakin lama fermentasi kadar alcohol yang dihasilkan akan optimum.(Rifai. 3.1. 3. .

Setelah proses fermentasi selesai. Bioetanol akan keluar dari pipa pengeluaran distilator. biasanya kadar etanol masih dibawah 95%. Untuk menghilangkan air bisa menggunakan kapur tohor atau zeolit sintesis. Terdapat dua era yang dapat dimasukki oleh biofuel sebagai bahan baku energi alternatif . menunjukkan bahwa cadangan minyak bumi Indonesia hanya cukup untuk 17 tahun mendatang. masukan cairan fermentasi kedalam evaporator atau boiler. Distilatoe pertama.5% 3.2 Manfaat Biofuel dari Sampah Organik Data Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral (DESDM). . tetapi air tidak menguap. Sementara cadangan gas bumi masih mencukup untuk 60 tahun mendatang dan cadangan untuk batu bara habis 146 tahun lagi. Dari aspek energi pengolahan biofuel dari sampah organik dapat mengatasi krisis energi. Uap etanol dialirkan kedistilator. Apabila kadar etanol 95% dilakukan dehidrasi atau penghilangan air. Biarkan semalam. Apabila kadar etanol masih dibawah 95 %. Karena itu. pada suhu ini etanol sudah menguap. Dari aspek ekonomi.tambahkan kapur tohor pada etanol. tidak sedikit upaya yang dilakukan pemerintah dan berbagai kalangan untuk mencari sumber energi alternatif lain. yaitu sebagai pengganti minyak bakar untuk kebutuhan rumah tangga dan pengganti minyak solar untuk kebutuhan transportasi. Alternatif biofuel yang diproses dari sampah organik mendorong upaya penggunaan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan mengguntungkan secara ekonomi makro terhadap komoditas pedesaan terutama petani. Habisnya cadangan minyak bumi bukan berarti akan menghentikan kebutuhan akan energi bahan bakar. setelah itu didistilasi lagi hingga kadar airnya kurang lebih 99. distilasi perlu diulangi (reflux) hingga kadar etanolnya 95%. Panaskan evaporator dan suhunya dipertahankan antara 79 0C-81 0C.

Pengolahan biofuel yang berasal dari sampah organik setidaknya dapat mengurangi jumlah pengangguran dan menurunkan angka kemiskinan. beberapa keunggulan yang dapat diperoleh dari bioetanol adalah sebagai berikut: Nilai okta yang tinggi menyebabkan campuran bahan bakar terbakar tepat waktunya sehingga tidak menyebabkan kemacetan.3%. Bioetanol (C2H5OH) merupakan salah satu biofuel yang hadir sebagai bahan bakar alternatif yang lebih ramah lingkungan. Etanol atau etil alkohol. dan jika terjadi pencemaran tidak memberikan dampak lingkungan yang signifikan. Pada komposisi ini bioetanol dikenal sebagai octan enhancer (aditif) yang paling ramah lingkungan di Negara-negara maju. emisi gas buang tidak begitu berbahaya bagi lingkungan salah satunya gas CO2 yang dapat . Proses pembakaran dengan daya yang lebih sempurna akan mengurangi emisi gas karbon monosakarida. Pencampuran bioetanol absolut sebanyak 10% dengan bensin 90% disebut juga Gasohol E-10 secara proporsional memiliki ON 92 atau setara Pertamax. Bioetanol juga menghasilkan kestabilan proses pembakaran.pengolahan biofuel ini dapat menjadi penmbangkitan bagi pertumbuhan industri kecil yang menjadi tonggak perekonomian Indonesia. Bioetanol adalah etanol yang diproduksi dengan cara fermentasi menggunakan bahan bakar hayati. Bioetanol bersifat multiguna karena dicampuri dengan bensin pada komposisi seberapapun dan memberikan dampak yang positif. larut dalam air. mudah terbakar. merupakan cairan tak berwarna dengan karakteristik lain mudah menguap. tidak karsigonek. Menurut Chrismiadi (2011). Campuran bioetanol 3% saja mampu menurunkan emisi karbon monosakarida 1.

. dan ramah lingkungan (Handayani. Produksi bioetanol adalah dapat mengembangkan dan memanfaatkan sampah organik sehingga dapat meningkatkan nilai guna sampah organik. Salah satu substrat yang paling potensial untuk dijadikan bahan baku pembuatan bioetanol adalah sampah organik. 2007). dan gas-gas rumah kaca yang menjadi polutan serta mudah terurai dan aman. Disamping itu substrat untuk memproduksi etanol cukup melimpah di Indonesia.dimanfaatkan kembali oleh tumbuhan untuk proses fotosintesis emisi NO yang rendah. dan efisiensi tinggi dibandingkan besin. Etanol mengandung 35% oksigen. maka dapat meningkatkan efisiensi pembakaran. bernilai oktan lebih tinggi. dapat menanggulani permasalahan sampah yang ada di Indonesia. Ramah lingkungan karena emisi gas buangnya rendah dari karbonmonosakarida. sisa pertanian. dan rumah tangga (Kusuryani. dan keadaan lingkungan yang baik akan menghemat pengeluaran dana kesehatan suatu Negara sehingga itu digunakan untuk keperluan lain (Chandra.2008). Bioetanol memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan energi alternatif lainnya. Etanol memiliki kandungan oksigen yang tinggi sehingga terbakar lebih sempurna. nitrogenoksida. sampah pasar. 2007).

2.BAB IV PENUTUP ` 4. dan butanol. Perlu dilakukan penelitian yang pasti pada pemanfatan sampah organik di olah menjadi bahan bakar biofoel seperti bioetanol. Pembuatan sampah organik menjadi bahan bakar bioetanol merupakan salah satu jenis dari biofuel.2 Saran 1. Pada pembuatan bioetanol yang bersumber dari sampah organik perlu dilakukan percobaan pada suatu produk untuk meningkatkan nilai guna dari hasil turunan sampah organik yang telah diolah. Contoh dari bioalkohol yaitu bioetanol. tetapi ditentukan oleh harga bahan baku pembuatan bioetanol yang dapat menunjang meningkatkan hasil produksi sampah organik. 2. Produksi turunan dari sampah organik dapat bermanfaat sebagai bahan tambahan bioetanol yang menghasilkan energi alternatif terutama untuk bahan bakar kendaraan bukan saja ditentukan oleh harga BBM (bahan bakar minyak) saja. 4. propanol. Bahan baku utama yang dibutuhkan dalam pembuatan bioetanol bersumber dari sampah organik.1 Simpulan 1. Bioetanol merupakan hasil alkoholis dari bahan hayati. menggunakan beberapa penelitian seperti lamanya fermentasi. .

BioEtanoldanBioDiesel. Chandra.html. diakses pada tanggal 24 September 2012. http://fermentationtechnology.blogspot.com/2012/05/sampah-organik-dananorganik.wordpress.html. 2012. diakses pada tanggal 20 September 2012. http://www. “Bahan Bakar Nabati (BBN) Sebagai Solusi Menghadapi Krisis Energi”.com/2008/08/05/pemanfaatan-sampah/. 2007. (bioeetanol/ayo-coba-buat ethanol. Ardansirodjuddin. diakses pada tanggal 26 September 2012. “Sampah Organik dan Anorganik”. Anonymous.buletinbelantara.htm. . 2008_03_01_archive.com/2008/03/biofuel-fermentation.net/blog. Ardan.wisegeek. diakses pada tanggal 27 September 2012.html. diakses pada tanggal 26 September 2012.www. Anonymous. Sirodjuddin. Triaji. “Definisi Sampah”. 2008.html).DAFTAR PUSTAKA Anonymous.com/what-is fermentation. 2012. www.