You are on page 1of 5

Geografi Klasik

Eratosthenes

Eratosthenes

Eratosthenes (bahasa Yunani Ἐρατοσθένης) (276 SM - 194
SM) adalah seorang matematikawan, ahli
geografi dan astronomzaman Helenistik. Ia tercatat sebagai
orang yang pertama kali memikirkan sistem koordinat
geografi, dan yang pertama diketahui
menghitung keliling Bumi.
Eratosthenes dan keliling Bumi[sunting | sunting sumber]

Lahir 276 SM
Cyrene
Meni 194 SM
nggal Alexandria
Suku Yunani
Peke
rjaan

Sarjan
a

Pustak
awan

Penyai
r

Penem
u

Eratosthenes mengetahui bahwa pada saat titik musim
panas pada siang lokal di kota Syene yang terletak di Tropic
of Cancer, Matahari akan tampak di zenit, tepat di atas
kepala. Ia juga mengetahui dari pengukuran bahwa di
kampung halamannya, Alexandria, sudut kemiringan
Matahari pada saat yang sama adalah 7,2° di selatan zenit.
Dengan asumsi bahwa Alexandria berada di utara Syene ia
menyimpulkan bahwa jarak dari Alexandria ke Syene adalah
7,2/360 dari total keliling Bumi. Jarak antara kedua kota
tersebut diketahui dari para pedagang/pengelana sekitar
5000 stadia: sekitar 800 km. Dia mendapatkan angka akhir
700 stadia per derajat, yang berarti keliling Bumi adalah
252.000 stadia. Ukuran pasti dari stadion yang dia gunakan
saat ini tidak lagi diketahui dengan pasti
(ukuran stadion Attic sekitar 185 m), tetapi umumnya
dipercaya bahwa keliling Bumi yang dihitung Eratosthenes
adalah sekitar 39.690 km.

kepala penjaga gudang kerajaan dan ahli berlayar dari pasukan perang São Cristóvão (Saint Christopher). 29 Mei 1500) adalah seorang penjelajah Portugis yang berlayar mengelilingi Tanjung Harapan. Pada tahun 1481. Raja John II dari Portugal menunjuk dia pada tanggal 10 Oktober 1486 sebagai kepala ekspedisi untuk berlayar mengelilingi ujung selatan Afrika dengan harapan mencari rute perdagangan baru menuju ke Asia. ujung selatan dari Afrika. dan diketahui sebagai penjelajah Eropa pertama yang pernah melakukannya. . ia menyertai Diogo de Azambuja melakukan ekspedisi di Pantai Emas.Geografi Pertengahan Bartholomeus Diaz Bartholomeus Diaz (bahasa Inggris: Bartholomew Diaz) (Algarve. Bartolomeu Dias adalah seorang ksatria istana kerajaan. 1450 – Tanjung Harapan.

ensiklopedia bebas Alexander von Humboldt Friedrich Wilhelm Heinrich Alexander Freiherr von Humboldt (14 September 1769-6 Mei 1859) adalah seorang naturalis dan penjelajahberkebangsaan Jerman. ia bekerja di pemerintahan Franconia. Ketika mulai beranjak dewasa. Di usia ke-27. Pada tahun 1792. A.G. mewariskan harta yang berlimpah dari bisnis real estate. Humboldt juga membuat peta isotherm untuk pertama kalinya. Pada tahun 1835 dia menemukan stasiun pengukur cuaca. Aime Bonpland. seorang juru gambar dari pelayaran ke dua kapten James Cook. Pelajaran yang mereka dapatkan adalah bahasa dan matematika. sehingga waktu itu ia dan Wilhelm dialihasuhkan oleh ibu mereka yang bertempat tinggal jauh dari Humboldt dan kakaknya. Humboldt mulai belajar di luar rumah. wafat ketika Humboldt masih sekitar usia 9 tahun. Prussia sebagai pengawas pertambangan. ketika Humboldt tepat berusia 22 tahun. Ayahnya seorang tentara. Dia adalah adik filsuf dan linguis terkemuka Wilhelm von Humboldt. Semenjak diasuh oleh ibunya. dia melepaskan jabatannya di pemerintahan dan berencana untuk mengadakan perjalanan dengan seorang pakar tumbuhan. Humboldt bertemu dengan George Forester. Dia bersekolah di Freiberg Academy of Mines dan dididik langsung oleh seorang ahli geologi terkenal.Geografi Modern Alexander von Humboldt Dari Wikipedia bahasa Indonesia. yang berisi garis temperatur rata-rata. . Humboldt dan kakaknya mendapat pendidikan awal dari ibu mereka sendiri. Tahun berikutnya. ibu Humboldt wafat. Werner.

6 Oktober hli geografi . catatan dan hilang pada saat . Taiwan. para 1860 dan 1862. a ilmuwan asal Jerman.[2] Ferdinand von Richthofen (1833-1905) von 1833 . perjalanan atau Pegunungan Alpen Carpathians di [2] Pada 1860.Humboldt wafat pada tanggal 6 Mei 1859. Prusia S di Breslau dan Berlin. Filipina. Prussian Silesia Meninggal 06 Oktober 1905(umur 72) Berlin Kebangsaan German Bidang geography Institusi University of Bonn University of Leipzig University of Berlin ilesia. dan [1] Dia terkenal istilah baru "Seidenstrasse" = "Jalan sutra pada tahun 1877. bergabung Expedition. Jawa. dan dididik [2] Dia melakukan belajar di dari Tyrol dan Transylvania. Siam. ekspedisi yang Jepang. menerapan korologi.[1][2] Ia lahir di Karlsruhe. Sulawesi. Geografi Akhir Abad 19 Ferdinand Richthofen Ferdinand Freiherr Richthofen (5 Mei 1905) adalah seorang penjelajah. penting yang perjalanan ini.[1] Dia dari Perang udara Manfred dikenal sebagai Lahir 05 Mei 1833 Carlsruhe. Burma antara [2] Tidak ada karya dihasilkan dari karena banyak koleksi Richthofen perjalanan. karena membawa seperti dan "Seidenstraßen" "atau" Jalur sutra" [1] Ia juga orang yang standar praktik korografi dan juga adalah paman Dunia I angkatan von Richthofen yang "Red Baron ". ia dengan Eulenburg seorang Prusia mengunjungi Ceylon.

ensiklopedia bebas Peter Haggett (lahir di Somerset.[1] Bidang kedua yang didalami oleh Haggett adalah metode kuantitatif dalam geografi manusia dan pentingnya analisis lokasi.Geografi Mutakhir Peter Haggett Dari Wikipedia bahasa Indonesia.[1] Penelitian dan karya ilmiah Peter Haggett terfokus pada tiga bidang. [1] . [1] Bidang ketiga adalah penerapan ide-ide geografis untuk memahami perpindahan penyakit secara geografis. Inggris pada 24 Januari 1933) adalah seorang peneliti dan akademisi geografi yang telah melaksanakan penelitian dan pengajaran selama kurang lebih 50 tahun. [1] Pertama adalah geografi sebagai ilmu murni dan manfaat yang diberikan kepada manusia untuk lebih memahami bumi.