You are on page 1of 10

BAB I

PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Dalam suatu pemasaran banyak sekali berbagai macam kuliner. Maka kami tergerak
membuat inovasi baru dibidang kuliner.
Secara peribadi kami membangun usaha ini dikarenakan kesukaan kami
mengkonsumsi olahan kentang, maka kami memutuskan untuk membuat suatu olahan
kentang yang lebih berinovasi dan lebih menyehatkan dari olahan kentang dan terjamin
kehigenisannya, maka dari itu kami membuat suatu olahan kentang yang berbeda yaitu
potato crispy.
Banyak aktivitas yang dijalani setiap orang perharinya dengan aktivitas yang semakin
padat membuat banyak orang membutuhkan asupan makanan tambahan yang bermanfaat
untuk kesehatan tubuh. Makanan – makanan yang tersedia di pasaran memang sudah
beragam, tetapi umumnya makanan tersebut kebanyakan terlalu mahal.
Maka dari itu kami membuat potato crispy sebagai salah satu makanan dengan rasa
yang enak, nikmat, dan juga lezat serta dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

BAB II
ISI BUSINESS PLAN
2.1 VISI DAN MISI
VISI
Menjadikan perusahaan kuliner yang lebih memperhatikan nilai gizi para
konsumen

bergizi.MISI 1. tetapi usaha ini bisa sangat menjanjikan karena produk makanan yang kami produksi dapat dinikmati oleh semua kalangan.1 ANALISIS USAHA Usaha kami bergerak dalam bidang kuliner karena kami termasuk orang yang hobi dalam berkuliner apalagi yang berbahan dasar kentang. karena di Indonesia kentang bisa kita jumpai dengan mudah dan kebanyakan orang menyukai olahan dari kentang. Memenuhi kebutuhan konsumen 3. jadi kami .3 RUANG LINGKUP USAHA Ruang lingkup usaha yang kami rintis ini masih dalam usaha rumahan kecil. Menciptakan makanan yang sehat. Mendapatkan penghasilan 2. Dukuh Zamrud Blok Q 10 no 2 · CP : 08988289016 2.2 IDENTIFIKASI USAHA · Nama Usaha : Potato crispy · Pemilik Usaha : Potato Healthy Crispy · Alamat Usaha : JL. dan lebih mementingkan kehigenisan 2. Tujuan Usaha: 1. Memberikan harga yang terjangkau kepada konsumen untuk mendapatkanyang sehat dan bergizi 3. Menciptakan inovasi baru dalam bidang kuliner 2. Menggali bakat dalam hal berbisnis BAB III ANALISIS USAHA 3.

Disini kami memproduksi makanan dengan mengutamakan kesehatan para konsumen.sepakat untuk mengolah kentang sebagai bahan bakunya potato crispy dengan mayonnaise dan saus sebagai pelengkapnya Awal dibentuknya perusahaan kami karena kami dapat melihat minat masyarakat akan makanan ringan yang mengenyangkan dan dengan harga terjangkau.3 KEISTIMEWAAN PRODUK a.000.000. 2.1 JENIS USAHA Kami menjual makanan ringan yang mengenyangkan dengan bahan baku utama yang berasal dari kentang.2 MODAL USAHA Modal awal kami berjumlah Rp. Harga cukup terjangkau untuk semua kalangan b.000. 3..000.000..3. Hidangan cepat saji yang dapat di terima oleh semua kalangan baik dari anak kecil maupun orang dewasa BAB IV DESKRIPSI TENTANG USAHA 4. kami menamakan usaha kami dengan potato crispy dengan mayonnaise dan saus sebagai pelengkapnya.yang berasal dari pinjaman sejumlah Rp 1. Sajian makanan yang bergizi c.dan dari potato healthy sejumlah Rp 500. Seperti mayonnaise yang akan kami buat sendiri dengan bahan .

Sehingga akan banyak masyarakat yang mengetahui produk yang kami hasilkan dan juga kami mengusahakan agar produk kami bias lebih dikenal lagi diluar daerah Jakarta. Dan mungkin kami akan mengadakan potato crispy delivery untuk mempermudah para konsumen jika ingin mengkonsumsi produk kami.yang berkualitas dan kami tidak akan menggunakan bahan pengawet dalam setiap produksi makanan kami.2 PROSPEK USAHA Prospek perusahaan kami untuk jangka panjang akan memperkenalkan produk kami ke wilayah yang lebih luas seperti di seluruh wilayah Jakarta dan sekitarnya. BAB V RENCANA PRODUKSI Target produksi kami dalam jangka waktu 1 bulan sebesar 500 potato crispy 5.1 BAHAN BAKU DAN PENGGUNAANNYA Bahan – bahan untuk membuat potato crispy: · Kentang · Air · Tepung terigu serbaguna · Garam halus · Minyak goring Bahan – bahan untuk membuat mayonnaise: · Kuning telur · Mustard bubuk / saus mustard · Garam · Merica hitam · Minyak zaitun . 4.

masukkan minyak zaitun sedikit demi sedikit. Jika saus terlalu kental masukkan sedikit air panas. rebus kentang yang sudah dicuci kurang lebih 1 menit. Kupas kentang lalu potong berbentuk persegi panjang. Tiriskan 3. mustard. garam. Selagi masih panas taburi kentang dengan tepung terigu dan perisa makanan atau garam sesuai dengan selera 4. Bolak balik kentang sampai matang dan berwarna kuning keemasan. Simpan di dalam kulkas atau almari pendingin selama 1 jam atau lebih sampai akan di goreng 6. Karena getah kentang inilah yang menyebabkan kentang mudah lembek setelah digoreng. 2. Ini dilakukan untuk menghilangkan getah kentang. Angkat. tiriskan. Kocok kuning telur. Tetap pada kecepatan rendah . kemudian cuci dalam air bersih sekitar 4 sampai 5 kali proses sampai air cucian kentang terlihat bening. dan merica dengan mixer (kecepatan rendah). Setelah itu minyak zaitun bisa dimasukkan lebih banyak kemudian diselingi dengan air jeruk lemon.· Air jeruk lemon · Air panas Bahan – bahan untuk membuat saus: · Cabai merah · Cabai rawit · Tomat · Bawang putih · Jahe · Kunyit · Air jeruk nipis · Gula · Air · Garam · Tepung maizena Alat untuk membuat: · Wajan atau Teflon · Pisau · Piring · Sendok · Cutting board Cara pembuatan: 1. Siapkan rebusan air. Panaskan minyak goreng hingga benar – benar panas. gunakan api sedang. Ratakan dengan cara diaduk perlahan agar tepung menyelimuti seluruh kentang 5. Goreng kentang hingga bagian seluruh kentang terendam minyak. Lanjutkan sampai adonan mengental 2. aduk sampai . Cara membuat mayoneise: 1.

dengan air. Tambahkan tepung maizena yang sudah dicairkan dengan air. dan bawang putih. rebus hingga mendidih 2. cabai rawit.kekentalannya cukup. Saus siap di nikmati BAB VI RENCANA PEMASARAN 6. Cara membuat saus: 1. Jika sudah matang angkat dan tuang saus ke dalam wadah 5. garam. aduk sampai rata diamkan sampai matang 4. kunyit. masukkan tomat yang sudah halus dan perasan jeruk nipis kedalam rebusan tadi 3. mayonnaise bisa disimpan didalam kulkas untuk mempertahankan keawetannya. jahe. Campurkan gula. Kecilkan api. dinginkan.1 ANALISIS PERSAINGAN USAHA SWOT . cabai merah.

Wilayah yang kita jadikan target yaitu wilayah Bekasi. STRENGTH · Bahan bakunya mudah ditemukan · Cita rasa yang mudah diterima · Menggunakan bahan dan proses yang berkualitas B.3 TARGET DAN SEGMENTASI PASAR GEOGRAFI 1.A. dan di pinggir jalan 6. THREATS · Selera konsumen variatif · Munculnya pesaing baru · Ada jenis makanan yang sama 6. 5000. WEAKNESS · Tidak tahan lama dan mudah basi · Modal cukup kecil C. OPPORTUNITIES · Banyak disukai berbagai kalangan D. PROMOTION Advertising : menggunakan media jejaring social Sales promotion : mempromosikan penjualan kepada pelanggan Personal Selling : menjual kepada pelanggan secara langsung 4.2 ANALISIS 4P 1. mahasiswa dan anak-anak karena dengan sasaran itu kami dapat dengan mudah mengetahui informasi pasar . Kami melihat banyaknya peluang bisnis pada makanan yang siap saji. PRODUCT Type Brand Quality Packing : Potato Crispy : Potato Healthy : Tanpa Bahan Pengawet : menggunakan karton pembungkus makanan buatan kami sebagai pengemas potato crispy 2. PRICE Price List : Rp./ bungkus 3. alasannya adalah bahan – bahan untuk membuat produk ini sangat mudah ditemukan 2. hingga kami memanfaatkan peluang ini DEMOGRAFI Secara pasar kami menjual pada kalangan penggemar kuliner.. PLACE Berlokasi di wilayah perumahan dukuh zamrud.

230. 328. dan harganya terjangkau. Produk kami bernama “POTATO CRISPY” yaitu olahan kentang yang sangat baik di konsumsi oleh masyarakt. Maka kami akan meningkatkan kualitas dan tingkat rasa untuk memuaskan konsumen 5. Menciptakan inovasi pada design yang ditawarkan Produk kami ini yang pertama: potato crispy ini untuk kedepannya kami berinovasi untuk membuat potato crispy dengan bahan pelengkap tidah hanya saus dan mayonnaise 4.000.Rp. 478.- . 8. Potato crispy ini berbeda dengan yang lain karena kami tidak menggunakan bahan pengawet dan menggunakan bahan bahan yang berkualitas 2.14.Biaya cetak laporan Biaya ADM Total Biaya Operasional : : : Rp.Rp.2 PENENTUAN HARGA PRODUKSI Biaya Baku : Rp. Meningkatkan kualitas pelayanan Setelah melakukan penjualan kami meminta kepada consumen untuk mengkritik dan memberikan saran pada produk kami.600.4 STRATEGI PEMASARAN 1.1.000.000 + 14.000.000.000. Oleh karena itu kami berniat bekerja sama kepada penjual sayuran dan bahan bahan pelengkapnya yang sudah pasti kualitasnya 3. Media Pemasaran Kami akan mempromosikan produk kami dengan menggunakan jejaring social BAB VII RENCANA PERMODALAN 7.000) /400 = Rp.600.- Harga pokok produksi potato crispy adalah : Potato crispy = (Rp.Biaya penolong : Rp.Rp 1.6.000. bergizi. Membangun jaringan dengan usaha lain yang dapat mendukung bisnis Potato crispy ini berbahan baku kentang dengan bahan bahan lainnya. 150.1 MODAL USAHA Modal Potato crispy Modal Pinjaman Total Modal : : : Rp 500.000.000.6.Rp 2. Perkenalan bisnis Produk yang kami tawarkan merupakan makanan yang lezat.- 7.Total Biaya Produksi : Rp.000. 478.

.1 Rencana Organisasi kami terdiri dari beberapa bagian. yaitu: Manajemen : 2 Produksi : 3 Pemasaran : 2 Keuangan : 2 Dan tingkat pendidikan SMA Kompetensi SDM:  CEO Mengontrol memonitori semua kegiatan yang ada dalam perusahaan dan mampu  General Manajer Dapat mengatur seluruh departemen bagian dan menjalankan strategi perusahaan  Financial Manajer Mengontrol dan memonitoring semua yang berhubungan dengan masalah keuangan perushaan.laba yang kami harapkan sebesar Rp.478.000.000.2 Penentuan Harga Jual Harga pokok produksi potato crispy adalah Rp.- BAB VIII RENCANA ORGANISASI 8. dan dapat mengatasi masalah keuangan  Productin Manajer Bertanggung jawab terhadap produksi dan menginovasikan produk yang akan diperjual belikan  Marketing Manajer Dapat mempromosika dan menawarkan produk yang perusahaan miliki melalui berbagai media . 3.sehingga harga jual potato crispy per bungkusnya Rp. 5.7.770..

2 Kesimpulan Usaha potato crispy ini termasuk usaha rumahan yang cukup menjajikan omset yang tinggi. Harga bahan bahan yang selalu mengalami turun dan naik Adanya persaingan dengan usaha yang sejenis Tingkat penjualan yang rendah Kacaunya distribusi Tidak tercapainya target produksi Penghentian izin usaha 9. 3. 2. Dan perusahaan kami akan selalu mendengar setiap kritikan dari konsumen dan selalu berinovasi dalam produksinya. .1 Resiko yang mungkin terjadi dalam usaha kamia 1. Agar tidak menimbulkan kegagalan usaha di tengah jalan seorang wirausaha harus memiliki planning yang maksimal agar usaha berkembang dengan cepat. namun para wirausaha harus tetap memperhatikan kualitas agar tidak mengecewakan konsumen . wirausaha harus memiliki SWOT yang kuat dalam prusahaannya dan harus bias menganalisa SWOT demi mengembangkan usahanya agar lebih baik dan lancar. 4. 6. 5.BAB IX RESIKO 9.