You are on page 1of 5

TUGAS SOSIOLOGI KELUARGA

NAMA: Tri Rahmadani
NPM : D1F013040

JURUSAN SOSIOLOGI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS BENGKULU
2015

Mason dan Samantha harus rela mengikuti kemauan ibu mereka mengingat ini juga untuk kebaikan mereka. ayah mereka selalu menjemput manson dan samantha untuk jalan-jalan dan liburan.Hubungan mereka terus berlanjut hingga mereka menikah.yaitu Manson evan sr yang mempunyai jiwa yang cukup terbuka dan menyenangkan untuk Kedua anaknya bernama Mason dan Samantha. manson dan samantha juga harus pindah ikut dengan ibu mereka dan tinggal bersama kedua orang anak bill yaitu randy dan mindy. hubungan ibu mereka dengan bill mulai memburuk. Jadi. Jam sekian mereka harus menyelesaikan pekerjaan rumah. ibu mereka harus kuliah untuk mendapatkan pekerjaan yang layak untuk masa depan mereka nanti. Selama olivia kuliah di Houtson. dan membereskan pekerjaan rumah . Tiap liburan dan akhir pekan. Keseharian manson dan samantha selalu diisi dengan aturan oleh bill. bill mulai menunjukan sifat aslinya.Analisis Film Boy Hood Melalui Persfektif sosiologi keluarga Olivia adalah Seorang ibu yang single parent. Kemudian olivia akhirnya pindah rumah lagi mengikuti bill yang kini menjadi suaminya . Meski berat rasanya meninggalkan rumah dan teman-teman mereka. mereka harus pindah ke Houston. Suatu hari. dia menjadi pria yang suka minum minuman keras walaupun itu sedang berada dirumah dan bill juga menjadi pria yang kasar terutama ketika mengetahui bahwa manson tidak suka . dia berkenalan dengan seorang dosen yang mengajar disana yaitu bill. Mason dan Samantha telah terbiasa hidup berpindah-pindah mengikuti ibu mereka. Bill merupakan seorang duda beranak dua . Ketika manson dan samantha duduk di bangku sekolah dasar .yang merawat kedua anaknya setelah ia bercerai dengan suaminya.seperti menyapu halaman.

. Melihat hal tersebut tambah membuat olivia bertekad untuk menceraikan bill. bill terus mencari tahu kemana olivia pergi . Melihat itu. Tetapi sesaat sebelum tamat SMA. sekarang satu persatu telah meninggalkannya. Kehidupan remaja Mason dan Samantha mulai datang. Mason memiliki kekasih bernama Sheena. yaitu Jim. Olivia pun pergi dari rumah. Dan pada akhirnya dia pun resmi bercerai dari bill. mereka putus. olivia menjemput kedua anaknya dirumah bill .terhadap dirinya. Mason yang telah berusia 16 tahun. Dia curiga terhadap manson dan samantha kalau mereka berdua mengetahui dimana keberadaan ibu mereka sebenarnya. mulai menikah lagi dengan mahasiswanya sendiri. Bersama dengan lahirnya anak dari ayah mereka setelah menikah lagi. Sementara Samantha mulai kuliah. Setelah kepergian olivia. ibunya mulai sadar waktu telah berlalu begitu cepatnya dia merasa menyesal telah menghabiskan hidup hanya dengan terus menikah dan menikah lagi. Namun. Masa SMA. ibu mereka yang telah menjadi dosen psikologi di sebuah Universitas. sama seperti sebelumnya kehidupan manson penuh aturan dari ayah tirinya. Namun. bill sangat marah terhadap manson. Setelah manson dan samantha duduk dibangku SMP. Dia tinggal sementara di rumah sahabatnya. dia tidak membawa manson dan samantha. Ibunya yang masih ingat ketika Mason dan Samantha masih belia. Hingga satu hari. Sampai pada akhirnya Mason siap meninggalkan ibunya untuk kuliah.bahkan bill memeriksa handphone ke empat anaknya. mulai mendapati dirinya senang atas karya seni yaitu dengan hoby memotret.

karena dia menganggap dirinya sebagai kepala keluarga atau lebih tepatnya penguasa. Dia mengemukakan bahwa masyarakat senantiasa berada dalam proses perubahan yang ditandai oleh pertentangan yang terus menerus diantara unsur-unsurnya.karena. Jika dilihat dari teori yang dikemukakan dahrendorf diatas memang benar adanya karena di dalam suatu masyarakat masih banyak yang menganggap bahwa lakilaki adalah segalanya(seorang pemimpin) membuat suatu hubungan di dalam suatu keluarga selalu menimbulkan suatu konflik dan ketegangan. maka setiap individu yang ada akan terkena sanksi. Dengan demikian masyarakat disebut oleh dahrendorf sebagai: persekutuan yang terkoordinasi secara paksa (imperatively coordinated associations). sehingga bill memotong rambut manson tanpa persetujuan dari manson dan ibunya yaitu olivia. Kekuasaan dan wewenang senantiasa menempatkan individu pada posisi atas dan posisi bawah dalam setiap stuktur.ketika bill yang mulai mengatur kehidupan anak-anak olivia yaitu manson dan samantha tadi . Oleh karena kekuasaan selalu memisahkan dengan tegas antara penguasa dan yang dikuasai maka dalam masyarakat selalu terdapat dua golongan yang saling bertentangan. Karena wewenang itu adalah sah. Namun. jadi bill akan sangat leluasa dalam berkuasa.Dari cerita diatas penulis tertarik mengangkat bagian cerita yang kedua yaitu ketika olivia memutuskan untuk menceraikan bill. beda dengan olivia yang tidak merespon tindakan bill terhadap anak-anaknya tersebut . ditambah lagi ada satu aturan yang dibuat bill bahwa anak laki-laki nya tidak boleh berambut panjang seperti rambut manson .dia menganggap dirinya sebagai orang yang dikuasai manson.terlebih lagi tempat yang ditinggali manson dan ibunya adalah rumah atas nama bill. misalnya saja bill selalu menyuruh manson dan samantha untuk tepat waktu dalam mengerjakan pekerjaan rumah mereka. karena pada saat di dalam suatu keluarga yang menyebut bahwa laki-laki adalah kepala keluarga dan seorang pemimpin membuat di dalam suatu keluarga ada yang menguasai dan dikuasai. karena dia mengetahui sifat asli bill yang suka minum minuman keras dan suka bersikap kasar terhadap kedua anaknya yaitu manson dan samantha. mungkin hal itu disebabkan oleh beberapa hal yaitu rasa cinta olivia terhadap bill atau mungkin ketakutan olivia . Hal itu dapat dilihat . Dari kasus itu maka dapat dilihat dari analisis dengan menggunakan teori konflik yang dikemukakan oleh Ralf Dahrendorf.

Ketika Dia mengetahui bahwa bill adalah sosok yang keras dan kasar terhadap anak-anaknya. terlebih lagi ketika bill memarahi manson secara kasar di meja makan waktu itu. Hal ini dapat dilihat ketika olivia yang mengambil kedua anaknya secara paksa dari bill karena dia mengangap bill tidak layak untuk jadi ayah dari kedua anaknya. Namun. Perseteruan pun terjadi dalam hal ini ke dua suami-istri akan selalu terjadi pertentangan untuk sang istri menuntut hak-haknya yang telah dirampas oleh sang suami. memarahi manson pada waktu itu. Hal tersebut sangat berdampak terhadap perasaan cinta yang ada di hati olivia. karena dia mengetahui bahwa manson benci akan dirinya. Rasa cinta nya memudar bahkan dia benci terhadap bill. suatu ketika olivia pergi dari rumah karena emosi akan sikap bill yang pada waktu makan siang membawa minuman keras ke meja makan mereka yang pada waktu itu disana terdapat keempat anak mereka. Terlebih lagi ketika bill.terhadap bill karena mengingat bill adalah kepala keluarga. yang awalnya dia mencintai bill. Dan mengakibatkan perceraian diantara mereka berdua. . setelah mengetahui tindakan bill yang kasar itu. Dan ketika sudah terjadi pertentangan yang terjadi terus menerus maka secara tidak sadar rasa sayang dan cinta diantara keduanya telah mulai memudar dan hal ini akan mempermudah kedua suami istri untuk cepat melakukan perceraian. Tetapi. olivia memutuskan untuk segera menceraikan bill. Begitu pun yang terjadi terhadap olivia dan bill tadi .