You are on page 1of 10

PRE PLANNING MUSYAWARAH MASYARAKAT DESA 1 (MMD 1

)
DESA HUNTU BARAT KECAMATAN BULANGO SELATAN
KABUPATEN BONEBOLANGO
A. Latar Belakang
Dalam rangka mengakhiri perkuliahan mahasiswa Diploma IV
Keperawatan

Politeknik

Kesehatan

Gorontalo

sesuai

dengan

kurikulum harus melaksanakan Kuliah Kerja Komunitas dimasyarakat.
Untuk

pelaksanaan

Kuliah

Kerja

Komunitas

diawali

dengan

Pengumpulan Data, Pengolahan Data, Presentasi Data, Interpretasi
Data dan semua data tersebut di presentasikan melalui kegiatan
Musyawarah masyarakat desa 1(MMD 1). Musyawarah Masyarakat
Desa 2 perlu dilaksnakan untuk memaparkan masalah-masalah
kesehatan yangada di desa Huntu Barat sesuai dengan hasil
pengumpulan

data

dan

pengolahan

data

mahasiswa

kuliah

kerjakomunitas mulai tangga 25 april s/d tanggal 28 mei 2016.
B. Tujuan
a. Tujuan Umum
Mengidentifikasi dan memaparkan masalah-masalah kesehatan
yang ada di desa Huntu Barat oleh mahasiswa peserta Kuliah
Kerja Komunitas
b. Tujuan Khusus
1) Untuk memecahkan masalah yang ditemukan di desa Huntu
Barat
2) Mengimplementasikan hasil MMD 1 di desa Huntu Barat
dengan cara kerja sama Lintas program dan lintas sektor
3) Terlaksananya bina keluarga di masing-masing
C. Strategi
1) Untuk kelancaran dan suksesnya pelaksnaaan Kuliah Kerja
Komunitas perlu dilaksanakan Musyawarah Masyarakat Desa 1
(MMD 1)
2) Untuk menyamakan pemahaman dan kesepakatan
3) Untuk mencari solusi sehubungan dengan masalah-masalah
kesehatan yang ditemukan

51

Master Of Ceremoni Oleh Rindi Bella Putri Tinumbia yang bertugas membuka acara MMD 1 3. Kegiatan a. Pembagian Tugas 1. Konsumsi Oleh Riska Usman yang bertugas mengatur dan membagikan konsumsi 5.4) Komunitas disiapkan dan dibimbing dalam pelaksanaan MMD 1 agar pelaksanaan Kuliah Kerja Komunitas berdaya guna dan berhasil guna peserta kuliah kerja 5) Peserta Kuliah Kerja Komunitas bekerja sama dengan dinas terkait dan pemerintah setempat untuk mencapai hasil yang optimal D. Sebelum pelaksanaan 1) Untuk kelancaran acara MMD 1 Perlu dibentuk panitia MMD 1 2) Sebelum pelaksanaan MMD 1 disiapkan materi untuk MMD 1 3) Pendistribusian undangan pada pemerintah dan masyarakat serta pihak akademik 4) Persiapan tempat yaitu di Aula Kantor Desa 5) Persiapan komsumsi bagi peserta 6) Persiapan daftar hadir untuk peserta MMD 1 b. Moderator Oleh Tri Zainudin Ridwan yang bertugas memandu jalannya diskusi mengatur 4. Perlengkapan 52 . KTU Puskesmas Bulango Selatan dan dosen pembimbing Poltekkes Gorontalo 3) Pemaparan hasil kegiatan 4) Diskusi/Tanya Jawab 5) Doa / Penutup H. Pelaksanaan 1) Pembukaan MMD 1 2) Sambutan oleh Perwakilan Kepalan Desa. Pemateri Oleh Fiqri M.Hijrah bertugas menyampaikan hasil kegiatan 2.

000 E.3000 @Aqua Gelas 2 Karton × Rp 22.000 @Permen 5 pack @Baterai Alkalin 4 x Rp. 33. 20.000 :Rp.600.000 @Aqua Botol 15 Botol×Rp. Biaya Biaya yang digunakan bersumber dari Poltekkes Gorontalo sebanyak Rp. 7.000 :Rp. Doa Oleh Sri Rizky Samatowa yang bertugas membacakan doa I.000 @Kue : . 75.000 :Rp.1. 600.000 :Rp.000 :Rp. 6.500 @Tisue Piring :Rp. Dokumentasi Oleh Eka Fajrin Daud yang bertugas mendokumentasikan kegiatan sosialisasi baik dalam bentuk foto maupun dalam bentuk video. Indikator Output dan Outcome a.24. 5.000 :Rp. Output Hasil evaluasi pelaksanaan kegiatan K3 : 53 . 2. 200.Kue Keik 4 x 50.1000 .Kue Depa Susu 150 × Rp.500 :Rp. 45. perlengkapan sound system.000 :Rp.Oleh Pian Usman yang bertugas bekerja sama dengan kepala desa untuk koordinasi persiapan ruangan.000 :Rp.5000 @Sedotan 2 pack @Map Rp. 150.1000 @Spanduk :Rp.000 Rincian Anggaran : @Dos Kue :Rp. 44.

2 Mei 2016 H. Penangungjawab Penanggung Jawab : Fiqri M. Waktu pelaksanaan Senin .Hijrah Eka Fajrin Daud Tri Zainudi Ridwan Seksi Perlengkapan : Pian Usman Budiarto Nusi Aljufrian Nalole Seksi Pubdekdok : Eka Fajrin Daud AndrianYasin Afrilia Patras Seksi Konsumsi : Riska Usman Susanti Tone Amelia Rahim Atika Kaharu Alsiti Fadillah Salim G. Outcome Terlaksananya seluruh Program K3 sehubungan dengan masalahmasalah yang ditemukan F. Tempat Aula kantor desa Huntu Barat 54 .1) masyarakat mampu memahami pentingnya lingkungan yang memenuhi syarat kesehatan 2) masyarakat mengetahui dan melihat hasil dari program yang masyarakat mandiri dalam memelihara kesehatannya b. Rindi Bella Putri Tinumbia Bendahara : Puspita Kusang Seksi Acara : Fiqri M. Hijrah Ketua : Ahmad Pakaya Sekretaris .

Setting Tempat Keterangan : Pe Pemateri Dokumentasi Moderator Fasilitator serta didik MC J.I. Kesimpulan dan Saran sehubungan dengan kegiatan a. Kesimpulan Terlaksananya MMD 2 di Desa Huntu Barat dan respon positif dari pemerintah dan masyarakat b. Saran 1) Untuk kegiatan kedepan mohon diperhatikan jumlah mahasiswa dimasing-masing desa 2) Dapat Memfasilitasi Sarana dan Prasaranan yang dibutuhkan K. Lampiran 1) Materi 2) Dokumentasi 3) Daftar hadir 4) Media Yang di Gunakan 5) Laporan kegiatan 55 .

Hiijrah Pembimbing I Pembimbing II Pembimbing III PembimbingIV 56 .Mengetahui Koordinator Desa Fiqri M.

Lampiran 2 DOKUMENTASI 57 .

Laptop 2. Bahan . Sound sistem 4. LCD 3. Alat 1.Data Hasil Survei (dalam bentuk power point) terlampirkan 58 . Kursi dan meja b.Lampiran 4 Media yang Digunakan a.

karena masyarakat dan para aparat desa dapat mengetahui keadaan dari desa Huntu Barat ini. 2 Mei 2016 Pukul : 15. PERSIAPAN 1. Masyarakat adalah Desa menurut yang kader-kader dilakukan sangat Musyawarah baik. Sebelum melakukan MMD 1mahasiswa mengadakan koordinasi dengan aparat desa.Bulango Selatan A. 2.Lampiran 5 LAPORAN KEGIATAN MUSYAWARAH MASYARAKAT DESA 1 (MMD 1) PADA MASYARAKAT DESA HUNTU BARAT KEC.BULANGO SELATAN KAB. Pelaksanaan acara MMD 1 dimulai pukul 15. Berdasarkan hasil wawancara dengan kepala dusun di Desa Huntu Barat. PELAKSANAAN 1. B. Pada tanggal 29 Mei 2016 dilakukan pertemuan dengan aparat desa untuk permohonan izin dan konfirmasi waktu juga tempat pelaksanaan MMD 1. 3. mahasiswa membuat pre planning kegiatan. 59 . Jumlah masyarakat yang hadir sebanyak 30 orang.00 s/d selesai Tempat : Aula kantor desa Huntu Barat Kec. Massyarakat juga aparat desa sangat antusias dansemangat dalam menghadiri acara MMD 1 3.BONEBOLANGO Hari /Tanggal : Senin. 2. Sebelum pelaksanaan MMD 1.00 di kantor Desa Huntu Barat.

EVALUASI 1. Bulango Selatan dan 2 dosen pembimbing. Proses a. Acara MMD 1 berlangsung dengan baik dari awal sampai dengan selesai. 19 orang mahasiswa ikut berpartisipasi dalam acara MMD I. Acara berlangsung dengan lancar dan sesuai dengan waktu yang telah direncanakan. 2. b. b. Acara MMD I dihadiri oleh Kepala Dusun I sebagai perwakilan dari Kepala desa Huntu Barat. 1 mahasiswa sebagai pemateri dan 1 mahasiswa sebagai notulen.KTU Puskesmas Bulango Selatan dan dihadiri juga oleh 2 dosen pembimbing c. 3. Selama acara berlangsung tidak ada yang meninggalkan tempat sebelum selesai. kepala dusun I. Acara MMD 1 desa Huntu Barat dihadiri oleh masyarakat desa sebanyak 30 orang. Masyarakat desa Huntu Barat beserta tamu undangan mengikuti jalannya acara. KTU Puskesmas b. 1 mahasiswa sebagai moderator. aparat desa Huntu Barat. 60 .C. Struktur a. 1 mahasiswa sebagai MC. Hasil a.