You are on page 1of 12

BAB I

PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Tahu adalah makanan yang terbuat dari kacang kedelai yang mengandung protein
nabati yang baik untuk kesehatan. Sekarang ini, jarang sekali orang-orang yang
menyukai makanan yang terbuat dari kacang kedelai seperti tahu. Makanan seperti ini,
hanya kalangan dan orang-orang tertentu saja yang menyukai tahu bahkan karena
terlalu sering mengkonsumsinya, maka banyak yang mulai bosan untuk memakan
makanan tersebut. Hal ini karena penampilan dan rasanya biasa-biasa saja atau kurang
begitu menarik dalam penyediaanya.
Disini dalam program kewirausahaan, kami menciptakan produk makanan yang
diberi nama “Tahu Jeletot” dengan alasan untuk memberikan rasa kecintaan kepada
masyarakat mengenai tahu agar dapat memakan dan menyukai maknan yang enak ini,
dengan memberikan inovasi yang menarik serta unil, diberikan isi atau tooping yang
bermacam-macam dan tentu memiliki cita rasa yang lezat dan memiliki tingkat
kepedasannya yang bermacam – macam sesuai selera yang diinginkan konsumen.
Kami berharap dengan adanya inovasi makanan tahu ini, semua kalangan
menyukai tahu. Selain itu makanan tahu ini dapat menciptakan suasana kekeluargaan
disaat santai maupun dalam berdiskusi. Mau hidup sehat dan asyik??? Konsumsi tahu
jeletot. Makanan tahu kreativitas kami dijamain tidak kecewa namun kecanduan
sehingga menjadi pelanggan setia pada kami.
1.2 Rumusan Masalah
1. Bagaimana mengemas tahu menjadi makanan yang bergizi dan berdaya
ekonomis?
2. Bagaimana mempengaruhi masyarakat untuk gemar memakan tahu?
1.3 Tujuan Program
Tujuannya dibuatnya program ini adalah untuk melatih kemandirian berwirausaha.
Untuk menciptakan jiwa mental dalam berwirausaha. Dapat melatih kemampuan
bekerja sama dalam tim. Dapat meningkatkan sosialisasi dengan masyarakat luas.
Untuk melatih manajemen dan memanfaatkan waktu, tenaga, dan biaya yang
dikeluarkan. Dan untuk memenuhi kebutuhan makanan ringan yang enak dan lezat.
BAB 2
1

3 Lokasi Usaha Lokasi penjualan tahu ini berkawasan di sekitar wilayah kampus UIN SYARIF HIDAYATULLAH.000 2. 2. 12. Oleh karena itu. 2. yang terbuat dari kacang kedelai yang di giling secara halis dan dicetak. Adapun produk yang akan kami pasarkan yaitu tahu isi sayur-sayuran.2 Jenis Usaha Nama Usaha : Tahu Jeletot Nama Pemilik : Rianti Novaliana Modal Awal : Rp.500.4 Peluang Pasar 2 .GAMBARAN UMUM RANCANGAN USAHA 2.2Kondisi Lingkungan Dilingkungan masyarakat yang semakin konsumtif. kami berinisiatif untuk membuka usaha makanan ringan berupa gorengan yang berbahan baku tahu dengan isi yang bervariasi didalam tahunya. Lokasi tersebut dipilih karena banyaknya mahasiswa dan diketahui oleh banyak orang. Tahu yang akan kami pergunakan adalah tahu kotak yang ukurannya besar berwarna coklat dan tahu putih. dengan memiliki kualitas produk yang bagus dan dijamin higienis. Selain itu dikampus-kampus umumnya menyukai gorengan dan selama ini jenis gorengan yang ada dilingkungan kampus belum ada yangterbuat dari olahan tahu. daging serta sosis yang diselimuti dengan tepung krispy dan rasa yang pedas. dapat mempermudah kami dalam membuat produk ini. 2.2 Sumber Daya dan Bahan Baku Dalam pendirian usaha ini seumber bahan baku utama adalah tahu. Tahu mudah ditemukan dimana saja. Dan untuk isi tahunya kami isi dengan berbagai jenis sayur-sayuran dan diracik sendiri dengan inovasi rasa yang telah kami pelajari cara peracikan bumbu-bumbunya. karenabanyak orang-orang yang malas membuat makanan sendiri dan ingin langsung memakan-makanan yang siap saji saja yang praktis dan tidak ribet.

Selain itu menggunakan brosur dan pamflet. kami lebih mengutamakan apa yang dinginkan dan disukai oleh para pelanggan b) Melalukan Promosi Produk. kami juga memperkenalkan produk kami melalui media social seperti BBM. Memilih dan menentukan lokasi yang strategis. kami memiliki banyak relasi yang dapat dijadikan pelanggan tetap. Produk yang kami tawarkan tidak menggunakan bahan pengawet atau zat-zat kimia yang berbahaya lainnya dan merupakan jajanan pasar yang sudah tidak asing dengan lidah Indonesia 3 . c) Menentukan dan Memilih Lokasi yang Strategis. yang mudah dikenali dan diketahui keberasaan tempat jualan seperti di dekat jalan. kami yakin produk yang kami miliki mampu bersaing dan laku dipasaran. Selain itu. diwilayah kampus atau didepan wilayah kampus. dan menyewa tempat. Dengan ini. ukuran yang lebih besar.1 Strength (Kekuatan) Kekuatan dari produk yang kami buat yaitu: a. FACEBOOK dan INSTGRAM 2. dan yang paling pentinh produk yang kami buat dijamin higenis tanpa memakai bahan pengawet atau bahan-bahan yang mengandung kadar kimia yang tinggi. isi yang bervariasi.6 Analisis SWOT 2. Yaitu dengan inovasi rasa yang lebih enak dari rasa yang biasa sampai rasa yang begitu peda. Hal itu tidak membuat semangat kami menurun dalam berkreasi dan berinovasi. d) Menggunakan Sarana Internet. serta kompetitorkompetitor yang bergerak dibidang usaha yang sama dengan kreatifitas dan keunikan masing-masing. 2.5 Strategi Pemasaran yang diharapkan: a) Kenali pelanggan.Melihat dari banyaknya produk-produk yang kami buat. Kami menyiasati produk yang kami buat dengan inovasi yang berbeda dari produk-produk yang sudah ada. Promosi yang akan kita gunakan dari mulut kemulut juga melalui media massa seperti brosur dan pamflet.6. harga yang ekonimis.

2 Weakness (Kelemahan) Kelemahan dari produk yang kami buat yaitu: a. melihat banyaknya peluang masyarakat yang membutuhkan makanan atau cemilan disaat sedang tidak ingin memakan makanan pokok.6. tahu jeletot ini bias menjadi alternative sebagai makanan pengganti makanan pokok atau cemilan. sayuran. Produk yang ditawarkan memiliki isi tahu yang bervariasi dan isi yang banyak.6.4 Threath (Hambatan) a. sosis. tetapi ingin membuatnya sendiri dirumah atau dijual kembali. Produk yang kami tawarkan merupakan jajanan pasar yang banyak tersedia diberbagai tempat b. b. Produk yang kami tawarkan merupakan produk yang tidak tahan lama karena tanpa bahan pengawet dan mudah ditiru c. Kondisi masyarakat yang semakin konsumtif. Karena sebagian besar tukang gorengan yang menjual gorengannya hanya begitu-begitu saja dengan tampilan dan isi yang biasa saja. para konsumen dapat memilih rasa dan isi yang disukai sesuai dengan selera masing-masing c. dan dalam pembuatan kulit tahunya dibalutkan dengan telur. Karena naik turunnya harga sembako atau BBM 2. dapat mempermudah memasarkan produk yang kami jual. b. Memiliki harga yang ekonomis yang dapat dijangkau oleh kalangan masyarakat atau konsumen 2. sehingga banyak orang-orang yang nantinya tidak ingin membelinya. d. banyaknya competitor yang bergerak dibidang yang sama. Dan menjualnya dengan menggunakan bahan pengawet dengan harga jual yang sama atau bahkan lebih murah dibandingkan dengan produk yang kami buat tanpa menggunakan bahan pengawet atau zat-zat kimia yang berbahaya lainnya. 4 . Harga bahan baku dan bahan-bahan lainnya yang tidak stabil selalu berubahubah. produk yang kami buat mudah ditiru.b.3 Opportunity (Peluang) Peluang dari produk yang kami buat yaitu: a.6. maka sasaran pasaranya mencakup semua kalangan masyarakat c. disini kami memberikan tampilan dan isi yang beraneka macam seperti isi daging ayam cincamg. 2. Karena tahu ini bias dinikmati oleh semua usia yang muda sampai yang tua.

maka konsumen pun akan merasa kecewa. BAB III PROSES PEMBUATAN 5 .c. apabila pelayanan dan kualitas yang kita berikan kepada konsumen kurang memuaskan. sehingga usaha ini akan terancam bangkrut.

ramai. merica bubuk. cabe rawit. Peralatan dan Tempat Pemasaran Pada tahap ini. baskom. 7. kulit tahu. yang pertama kami mempersiapkan bahan baku terlebih dahulu yang bahan utama dari produk kami yaitu tahu. 4. Kol 75kg iris tipis. kami juga mempersiapkan bahan-bahan lain untuk membuat isi tahu. Wortel 100gr. Ayam cincang 10 gr dan sosis. 6. tepung terigu. Kol. garam. 3.  6 . talenan dan masih banyak lagi. pisau. dan lain-lain. 8. iris seperti korek api. daun bawang. Cara pembuatan tahu jeletot untuk membuat 10 tahu Membuat bahan kulit tahu jeletot Tepung terigu 100gr Tepung beras 1 sendok makan Tepung sagu 20gr Tahu 10 buah Daun bawang 1 batang. seduh air panas 3. 3. seduh air panas 4. sangat mudah dilakukan dan pada umumnya sama seperti pembuatan tahu isi – tahu isi lain yang sudah diketahui. tumis 2. Untuk memasarkan produk. yaitu tahu putih dan tahu coklat. sosis. Cabai rawit merah 6 buah/sesuai selera. Touge. ulek kasar  1. Selain mempersiapkan bahan-bahan kami juga mempersiapkan peralatanperalatan untuk mendukung dalam pembuatan tahu jeletot yang terdiri dari gerobak. dan juga menyewa tempat. 2. 5. dan bumbubumbu dari isi tahu serta kulit tahu tersebut yang terdiri dari ayam cincang. Tahu yang kami pergunakan ada 2 jenis. Selain kedua bahan utama tersebut. tepung sagu. sebelum memasarkannya kami mempersiapkan dan menentukan tempat terlebih dahulu. kompor gas.1 Persiapan Bahan Baku.3. box. penggorengan. dan mudah diketahui keberadaannya seperti di jalan-jalan. iris tipis Merica bubuk ¼ sendok the Garam ½ sendok the Air 175 ml Telur 4 butir Bahan Isi Tahu Jeletot 1. Wortel. spatula. didalam kampus atau diluar kampus. tempat yang paling strategis. 9. cabe merah.2 Cara Pemnuatan Tahu Jeletot Cara pembuatan tahu jeletot ini.

bumbu-bumbunya dan untuk isisannya sampai bersih 2. Setelah itu campurkan juga bahan isian tahu seperti ayam. 100.000 Baskom 3 buah Rp.000 Rp. Toge 100 gr. Untuk memakai tahu putih.  5. kol.000 Rp. 12. Merica bubuk ¼ sendok the Gula pasir ½ sendok the Cara Membuat Tahu Jeletot 1. Biaya Peralatan 30% Nama Peralatan Wajan Besar Spatula Jumlah 1 buah 2 buah Harga Per Alat Rp.1 Anggaran Biaya Secara sederhana. bisnis ini dapat dihitung dengan cara: 1. Ssetelah semuanya tercampur masukan isian kedalam tahu. setelah itu celupkan kedalam adonan kulit. 8. hancurkan tahu secara kasar. 7.000 Rp. 50. wortel.000 7 . Cuci terlebih dahulu semua bahan-bahannya dari tau. toge. 10. seduh 6. angkat tahu dan tiriskan 9. Untuk tahu yang berwarna coklat digoreng terlebih dahulu.000 Pisau 2 buah Rp. setelah itu angkat dan tiriskan belah tahu untuk isiannya tahu coklat 4. 25.7. Setelah warnanya kecoklatan dan matang. BAB IV BIAYA PERENCANAAN BISNIS 4. Kemudian semua bahan kulit tahu campurkan sembari diaduk merata hingga adonan sedikit encer 5. gula pasir dan garam. cabai. Kemudian tahu dibentuk dan diberi isi 3. 30. 6.000 Rp. merica. Tahu jeletot pun siap disajikan. aduk sampai merata 6. Kemudian tahu goreng sampai matang dalam minyak panas dan api yang sedang.000 Total Harga Rp. 100.

10.000 Tahu Coklat 100 pcs Rp.000 Rp.000 Rp.000 Rp. 150.000 Rp.000 (Segitiga) Rp. 5. 300.000 Daun Bawang Total Harga Merica Bubuk 3 buah Rp.000 Rp. 3. 2. 10.000 (1/4) Rp.000 2.000 Kompor Gas I buah Rp. 6. 400. 6.000 Tepung Sagu ¼ kg Rp.000 Rp.000 Tahu Putih 50 pcs Rp. 4. 17.000 Bangku 3 buah Rp.000 Rp. 000.000 Blender 1 buah Rp.6. 2.500. 50. 2. 1.000 Rp. 17.000 Rp. 150. 2.000 Rp.000 Rp. 3.000 Tepung Beras 1 kg Rp. 1. 300. 24.000 Total Biaya Tetap Rp.000 Saringan 1 buah Rp. Biaya Habis Pakai Bahan Kulit Tahu Unit Harga Per-unit Tepung Terigu 3 kg Rp. 20. 274.000 Rp. 30. 1. 3.000 Rp.10. 450.500.000 Mesin Pendingin 1 buah Rp. 20.000 Rp.000 Telur 1 kg Rp.000 Tabung Gas 3 buah Rp. 5.000 Rp. 6. 274. 150.000 Talenan 2 buah Rp.052.000 Dispenser 1 pcs Rp.000. 3. 100.000 Air 5 galon Rp. 150.000 Rp.000 Rp. 60.000 Garam 1 buah Rp.Gerobak 1 buah Rp.000 Box 5 buah Rp.000 8 .000 Rp. 20.000 Rp.

000 Cabai Merah 1 kg Rp45.000 Sosis 2 bungkus Rp17.000 Rp30.000 Rp36.000 Rp15.000 Jumlah Bahan Habis Pakai Rp919.000 9 Rp40.000 Rp1.000 Wortel 1/2 kg Rp10.000 .000 Bawang Putih 1 ons Rp2.000 (1 ltr) Rp30.000 4 liter Rp10. Rp.000 Rp15.000 Biaya Perjalanan Material Unit Harga Per-unit Transportasi untuk mengangkat perlengkapan dan peralatan produksi Ongkos Bensin Total Harga Rp10. 683.000 Rp2.000 Masako 6 bungkus Rp500 Rp3.000 Rp45.SUB TOTAL Bahan Kulit Tahu 3.000 Rp10.000 Cabai Rawit 1 kg Rp30.000 Merica Bubuk 2 buah Rp1.000 Tauge ¼ Rp15.000 Rp10.000 Bawang Merah 1/4 kg Rp15.000 Rp34.000 SUB TOTAL Bahan Isian Tahu Rp236.000 Rp2.000 Rp3.000 Garam 1 buah Rp1.000 Kol 1 buah Rp10.000 Minyak Goreng 2 liter Rp15.000 Bahan Isi Tahu Unit Harga Per-unit Total Harga Ayam Cincang 1 ekor Rp36.000 Gula Pasir ¼ kg Rp3.

4.000 .2000 Rp.000 Rp.500. Harga Produk Harga Tahu per satuan Rp.000 1.191.000 SUB TOTAL Rp.SUB TOTAL 4.000 Biaya tak terduga Sounds System Rp.750.500 = Rp3.70.500.052.309.200.000 + Rp.000 + Rp.000 Sewa Tempat Untuk 5 bulan Rp. 11.000 Biaya Lain-lain ( Biaya Pendukung ) Material Unit Harga Per-unit Total Harga Banner 3x1 cm Rp.000 1 buah Rp.000 Brosur 100 lbr Rp.500 2.750.000 Total penjualan yang diinginkan / hari 50 tahu 50tahu* 30 hari * 2.000 Sisa = Pemasukan – Pengeluaran Sisa = Rp12.000 (untuk 1 bulan) Rp3.000 Rp. 919. 2.100. Perhitungan BEP unit Modal awal = Rp12.000 Total Pengeluaran = Biaya Peralatan + Biaya Bahan Habis Pakai + Biaya Transportasi + Biaya Lain-lain / Pendukung Total Pengeluaran = Rp.750.170.50.000 – Rp11.000 10 = Rp1.4.000 + Rp. 50.191.000 = Rp. Rp50.50. 6.70.170.

berkualitas dan laku dijual dengan harga bersaing - Membuat produk semenarik mungkin - Membuat produk lebih cepat dan lebih murah - Memilih dan menentukan wilayah pemasaran yang menguntungkan 11 .655.000-12.000 = Rp1.831.Total biaya per bulan (bahan baku) Rp919.000 Diperkirakan selama 5 bln kita dapat meraih BEP / feed back yaitu total pendapatanmodal awal : 14.000 BAB V KESIMPULAN Kesimpulan bahwa agar produk yang kita pasarkan dapat diterima oleh semua kalangan.500.155.000 Maka perhitungan pay back period selama 30 hari adalah Rp1.655.000 Laba bersih per bulan Rp2. baik dalam negeri maupun luar negeri maka kita harus : - Membuat produk yang bermanfaat.

12 .