You are on page 1of 6

PSAK 2 LAPORAN ARUS KAS

Posted on July 31, 2014 by fakhrianshori

4 Votes
1. Definisi
Kas terdiri atas saldo kas (cash on hand) dan rekening giro (demand
deposits)
Setara kas (cash equivalent) adalah investasi yang sifatnya sangat likuid,
berjangka pendek, dan yang dengan cepat dapat dijadikan kas dalam
jumlah yang dapat ditentukan dan memiliki risiko perubahan nilai yang
tidak signifikan. contoh: reksadana, deposito
Komponen :
1. Aktivitas investasi: perolehan dan pelepasan aset jangka panjang serta
investasi lain.
2. Aktivitas operasi: aktivitas penghasil utama pendapatan entitas dan
aktivitas lain.
3. Aktivitas pendanaan: aktivitas yang mengakibatkan perubahan dalam
jumlah serta komposisi kontribusi modal dan pinjaman entitas.
Contoh:
Investasi yang segera jatuh tempo dalam waktu tiga bulan atau kurang
sejak tanggal perolehannya. Investasi dalam bentuk saham tidak
termasuk setara kas, kecuali substansi investasi saham tersebut adalah
setara kas, misalnya, saham preferen yang diperoleh dalam suatu periode
singkat dari jatuh temponya dan tanggal penebusan telah ditentukan.
2. Penyajian
Suatu transaksi tunggal dapat meliputi beberapa arus kas yang
diklasifikasikan ke dalam lebih dari satu aktivitas. Misalnya, jika pelunasan
pinjaman bank meliputi pokok pinjaman dan bunga, maka unsur bunga
dapat diklasifikasikan sebagai aktivitas operasi dan unsur pokok pinjaman
diklasifikasikan sebagai aktivitas pendanaan
Aktivitas Operasi
Arus kas aktivitas operasi terutama diperoleh dari aktivitas penghasil
utama pendapatan entitas. Oleh karena itu, arus kas tersebut pada
umumnya berasal dari transaksi dan peristiwa lain yang mempengaruhi
penetapan laba rugi. Beberapa contoh arus kas dari aktivitas operasi
adalah:
-Penerimaanpenjualan barang dan jasa
royalti, fees, komisi dan pendapatan lain
entitas asuransi sehubungan premi, klaim, anuitas dan manfaat polis lain
kontrak yang dimiliki untuk tujuan diperdagangkan

Akan tetapi. forward. forward. dan jangka panjang lainnya termasuk biaya pengembangan yg dikapitalisasi dan aset tetap yang dibangun sendiri sehubungan dengan future. dan swap contract. option.-Pembayaranpemasok barang dan jasa entitas asuransi sehubungan premi. Aktivitas Investasi Pengungkapan terpisah arus kas yang berasal dari aktivitas investasi adalah penting karena arus kas tersebut mencerminkan pengeluaran yang terjadi untuk sumber daya yang dimaksudkan menghasilkan pendapatan dan arus kas masa depan. dapat menimbulkan keuntungan atau kerugian yang diakui dalam laba rugi. anuitas dan manfaat polis lain kas atau penerimaan kembali (resitusi) pajak penghasilan kontrak yang dimiliki untuk tujuan diperdagangkan Beberapa transaksi. seperti penjualan peralatan pabrik. jika untuk diperdagangkan diklasifikasikan sebagai akitivitas pendanaan -Pembayaranmembeli instrumen utang dan instrumen ekuitas lain dan kepemilikan ventura bersama uang muka dan pinjaman kpd pihak lain (selain uang muka dan kredit oleh lembaga keuangan) membeli aset tetap. dan swap contract. Hanya pengeluaran yang menghasilkan pengakuan atas aset dalam laporan posisi keuangan yang memenuhi syarat untuk diklasifikasikan sebagai aktivitas investasi. takberwujud dan jangka panjang lainnya termasuk biaya pengembangan yg dikapitalisasi dan aset tetap yang dibangun sendiri sehubungan dengan future. kec. Beberapa contoh arus kas yang berasal dari aktivitas investasi adalah: -Penerimaanpelunasan uang muka dan pinjaman selain dari lembaga keuangan penjualan instrumen utang dan intrumen ekuitas lain dan kepemilikan ventura bersama penjualan aset tetap. option. kec. maka arus kas dari kontrak tersebut diklasifikasikan dengan cara yang sama seperti arus kas dari posisi yang dilindung nilainya Aktivitas Pendanaan Pengungkapan terpisah arus kas yang berasal dari aktivitas pendanaan adalah penting karena berguna untuk memprediksi klaim atas arus kas . pembayaran kas untuk pabrikasi atau memperoleh aset yang dimiliki untuk direntalkan kepada pihak lain dan selanjutnya dimiliki untuk dijual sebagaimana yang dijelaskan dalam PSAK 16: Aset Tetap paragraf 69 adalah arus kas dari aktivitas operasi. klaim. Penerimaan kas dari rental dan penjualan aset tersebut diakui sebagai arus kas dari aktivitas operasi. Arus kas yang terkait dengan transaksi tersebut merupakan arus kas dari aktivitas investasi. takberwujud. jika untuk diperdagangkan diklasifikasikan sebagai akitivitas pendanaan Suatu kontrak dimaksudkan untuk lindung nilai posisi arus kas teridentifikasi.

penangguhan.2) *Perubahan persediaan. arus kas neto dari aktivitas operasi ditentukan dengan menyesuaikan laba atau rugi neto dari pengaruh: Semua pos lain yang berkaitan dengan arus kas investasi atau pendanaan Perubahan persediaan dan piutang usaha serta utang usaha selama periode berjalan Pos nonkas. keuntungan dan kerugian valuta asing yang belum direalisasi. dan pinjaman jangka pendek dan panjang lain -Pembayaranpemilik untuk menarik atau menebus saham entitas pelunasan pinjaman oleh lesse untuk mengurangi saldo liabilitas yg berkaitan dgn sewa pembiayaan 3. Beberapa contoh arus kas yang berasal dari aktivitas pendanaan adalah: -Penerimaanpenerbitan saham atau instrumen ekuitas lain penerbitan obligasi. provisi. Entitas dianjurkan menggunakan metode langsung karena dapat memperoleh informasi mengenai kelompok utama penerimaan dan pengeluaran kas bruto yang didapat dari: 1. pinjaman wesel. piutang usaha. arus kas neto dari aktivitas operasi dapat dilaporkan berdasarkan metode tidak langsung dengan menyajikan pendapatan dan beban yang diungkapkan dalam laporan laba rugi komprehensif serta . Dari catatan akuntansi entitas atau 2. dan pos-pos lain dalam laporan laba rugi komprehensif untuk: (penjelasan no. Dengan menyesuaikan penjualan. Pelaporan dan Pengungkapan Aktivitas Operasi Entitas melaporkan arus kas dari aktivitas operasi dengan menggunakan salah satu dari metode berikut: Metode langsung. seperti penyusutan. atau akrual dari penerimaan atau pembayaran kas untuk operasi di masa lalu dan masa depan. tagihan kas dari pelanggan. dengan metode ini kelompok utama dari penerimaan kas bruto dan pengeluaran kas bruto diungkapkan seperti penerimaan bunga dan dividen. dan utang usaha selama periode berjalan *Pos nonkas lain *Pos lain yang berkaitan dengan arus kas investasi dan pendanaan Metode tidak langsung. beban pokok penjualan (pendapatan bunga dan pendapatan serupa dan beban bunga dan beban serupa untuk suatu lembaga keuangan). hipotek. dengan metode ini laba atau rugi disesuaikan dengan mengoreksi pengaruh dari transaksi nonkas. dan unsur penghasilan atau beban yang terkait dengan arus kas investasi atau pendanaan Dalam metode tidak langsung. serta laba entitas asosiasi yang belum didistribusikan Sebagai alternatif.masa depan oleh para penyedia modal entitas. pajak tangguhan.

dan dengan jangka waktu singkat Beberapa contoh penerimaan dan pembayaran kas sebagaimana dijelaskan di poin 1 diatas adalah: 1. Akan tetapi tidak mengizinkan digunakannya kurs pada akhir periode. Penerimaan dan pembayaran rekening giro 2. Keuntungan dan kerugian yang belum direalisasi yang timbul akibat perubahan kurs valuta asing bukan merupakan arus kas. jumlah yang besar. dan utang usaha selama periode Aktivitas Investasi dan Aktivitas Pendanaan Entitas melaporkan secara terpisah kelompok utama penerimaan kas bruto dan pengeluaran kas bruto yang berasal dari aktivitas investasi dan pendanaan. Penempatan dan penarikan deposito pada dan dari lembaga keuangan lain 2. Penerimaan dan pengeluaran kas untuk pos-pos dengan perputaran cepat. investasi. misalnya kurs rata-rata untuk periode yang bersangkutan untuk entitas ana di luar negeri. Namu demikian. Pembelian dan penjualan investasi 3. dan selanjutnya disetor kepada.perubahan dalam persediaan. Jumlah selisih kurs tersebut disajikan . Dan pelanggan yang dikelola oleh entitas investasi 3. Penerimaan dan pengeluaran kas untuk kepentingan pelanggan jika arus kas tersebut lebih mencerminkan aktivitas pelanggan daripada aktivitas entitas 2. Rental yang ditagih oleh pengelola untuk kepentingan dari. Pinjaman jangka pendek lain. misalnya. Jumlah pokok transaksi kartu kredit nasabah 2. Pemberian dan pelunasan uang muka dan pinjaman yang diberikan kepada nasabah 3. pinjaman dengan jangka waktu jatuh tepo dalam tiga bulan atau kurang Arus kas yang berasal dari aktivitas lembaga keuangan berikut ini dapat dilaporkan dengan dasar arus kas neto: (paragraf 23) 1. dan pendanaan berikut ini dapat dilaporkan dengan dasar arus kas neto: (paragraf 21) 1. pemilik properti Beberapa contoh penerimaan dan pengeluaran kas sebagaimana dijelaskan di poin 2 adalah pembayaran dan penerimaan: 1. kecuali arus kas yang dijelaskan di paragraf 21 dan 23 dilaporkan atas dasar arus kas neto Pelaporan arus kas atas dasar arus kas neto Arus kas yang berasal dari aktivitas operasi. Penerimaan dan pembayaran kas sehubungan dengan penerimaan dan pembayaran kembali deposit berjangka dengan jatuh tempo yang tetap Arus Kas Dalam Valuta Asing Arus kas yang berasal dari transaksi valuta asing dibukukan dalam mata uang fungsional entitas dengan mengalikan jumlah valuta asing tersebut dengan kurs antara mata uang fungsional dengan valuta asing pada tanggal transaksi arus kas. pengaruh perubahan kurs atas kas dan setara kas dalam valuta asing dilaporkan dalam laporan arus kas untuk merekonsiliasikan saldo awal dan akhir dari kas dan setara kas. piutang usaha. PSAK 10 memperkenankan digunakannya kurs yang mendekati kurs aktual.

diikhtisarkan berdasarkan kategori utamanya Arus kas yang timbul dari perubahan kepemilikan atas entitas anak yang tidak mengakibatkan kehilangan pengendalian diklasifikasikan sebagai arus kas dari aktivitas pendanaan Transaksi Non Kas Beberapa aktivitas investasi dan pendanaan tidak memiliki pengaruh langsung terhadap arus kas periode berjalan meskipun mempengruhi struktur aset serta modal entitas. Jumlah kas dan setara kas pada entitas anak atau bisnis lain (pengendalian diperoleh / hilang) 4. Perolehan aset secara kredit atau melalui sewa pembiayaan . Arus Kas Investasi pada Entitas Anak. sehubungan dengan perolehan dan kehilangan pengendalian atas entitas anak dan bisnis lain selama suatu periode: 1. Arus Kas Dari Bunga dan Dividen Bunga yang dibayarkan setara bunga dan dividen yang diterima oleh lembaga keuangan biasanya diklasifikasikan sebagai arus kas operasi. Porsi imbalan yang merupakan kas dan setara kas 3. Tetapi. sebagai alternatif boleh diklasifikasikan sebagai arus kas operasi karena memperngaruhi laba rugi dan boleh diklasifikasikan sebagai arus kas pendanaan dan investasi karena merupakan biaya perolehan sumber daya keuangan atau sebagai imbal hasil investasi. Arus Kas Berkaitan Pajak Penghasilan Arus kas yang berkaitan dengan pajak penghasilan diungkapkan secara terpisah dan diklasifikasikan sebagai arus kas dari aktivitas operasi kecuali jika secara spesifik dapat diidentifikasikan sebagai aktivitas pendanaan dan investasi. Jumlah imbalan yang dibayarkan atau diterima 2. Entitas Asosiasi. misalnya jumlah dividen dan uang muka yang diterima. Beberpa contoh transaksi nonkas adalah: 1. Tidak dimasukkannya transaksi nonkas dalam laporan arus kas ini konsisten dengan tujuan laporan arus kas karena transaksi tersebut tidak mempengaruhi arus kas dalam periode berjalan. seandainya arus kas tersebut telah dilaporkan dengan kurs pada akhir periode. dan Ventura Bersama Investasi pada entitas asosiasi atau entitas anak dibukukan dengan menggunakan metode ekuitas atau metode biaya. jika ada. Jumlah aset dan liabilitas selain kas atau setara kas pada entitas anak atau bisnis lain dimana pengendalian diperoleh atau hilang. jika entitas belum ada kesepakatan mengenai klasifikasi ini. maka investor membatasi pelaporannya dalam laporan arus kas hanya pada arus kas yang terjadi antara investor dan investee. Arus Kas Perubahan Kepemilikan dalam Entitas Anak dan Bisnis Lain Keseluruhan arus kas yang berasal dari perolehan dan kehilangan pengendalian atas entitas anak atau bisnis lain disajikan secara terpisah dan diklasifikasikan sebagai aktivitas investasi Entitas mengungkapkan hal-hal berikut secara keseluruhan. investasi.terpisah dari arus kas aktivitas operasi. dan termasuk perbedaan. dan pendanaan.

bersama dengan pendapat manajemen. Kas dan setara kas Kr. Syarat sebagai setara kas jika setara kas dapat segera dapat dijadikan/direalisasikan sebagai kas dalam jangka waktu atau kurang dari tanggal perolehannya. operasi. Ilustrasi jurnal : Dr. investasi. Pengungkapan informasi ini. Didalam pengungkapan semua informasi harus diungkapkan termasuk informasi kuantitatif (seperti komponen persediaan dalam nilai mata uang). operasi. Kas adalah mata uang kertas dan logam baik rupiah maupun mata uang asing yang masih berlaku sebagai alat pembayaran yang sah Setara kas adalah penempatan dana sementara untuk kepentingan likuiditas perusahaan dan dengan cepat dapat dijadikan kas tanpa menghadapi resiko perubahan yang signifikan. dan komponen kualitatif (seperti tuntutan hukum) . Piutang. dan pendanaan dlm kepemilikan ventura bersama dgn konsolidasi proporsional Pengungkapan adalah informasi yang diberikan oleh perusahaan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai keadaan perusahaan. setoran dalam perjalanan dan deposit on call. dianjurkan dan mencakup: fasilitas pinjaman yg belum digunakan untuk aktivitas operasi masa depan & menyelesaikan komitmen modal dgn mengindikasikan pembatasan penggunaan fasilitas ini Arus kas yang mencakup: 1. dan pendanaan dari setiap segmen yg dilaporkan (PSAK 5) 3. investasi. . Konversi utang menjadi ekuitas Pengungkapan Lain Informasi tambahan yang relevan mungkin berguna dalam memahami posisi keuangan dan likuiditas entitas. peningkatan kapasitas operasi yg terpisah 2. Kas dan setara kas merupakan disajikan didalam neraca pada urutan teratas karena Aktiva pada neraca disusun berdasarkan urutan likuiditasnya. Contoh setara kas antara laian giro pada bank. Akuisisi suatu entitas melalui emisi saham 3.2. giro pada pos.1998:42) untuk membantu para pengguna laporan tahunan.bahkan menurut SEC setiap kejadian yang terjadi dengan tiba-tiba yang dapat mempengaruhi posisi keuangan harus diungkkapkan secara khusus (GAAP.