You are on page 1of 13

BIOLOGI MOLEKULER

LBM 2 SGD 18
STEP 1










Senyawa: Kumpulan beberapa unsur yang memiliki sifat yang disatukan
dengan ikatan-ikatan kimia
Unsur: zat tunggal yang tidak dapat diuraikan menjadi zat lain yang lebih
sederhana
Senyawa Organik : senyawa yang mengandung C dan H
Senyawa Anorganik: senyawa pada alam yang umumnya menyusun
material benda-benda tak hidup
Biomolekul: senyawa- senyawa organik sederhana pembentuk organisme
hidup dan bersifat khas sebagai produk aktifitas biologis dan polifungsionil
Ekspresi gen: proses penerjemahan informasi genetik
Karbohidrat: senyawa organik yang melimpah di bumi, terbentuk dari
C,H,O nama lainnya hidrat arang
Makromolekul: molekul yang sangat besar
Sintesa protein: proses pembentukan protein dari asam amino yang
dikendalikan dari nukleus oleh DNA
Asam nukleat: suatu polimer nukleutida yang berperan dalam
penyimpanan serta pemindahan informasi genetik yang berhubungan
dngan pewarisan sifat turunan
Lipid: zat yang tidak larut dalam air
Protein: terbentuk dari C,H,O,N, dan sangat penting untuk makhluk hidup
karena komposisinya sangat besar

STEP 2
1. Bagaimana metode untuk memisahkan dan memurnikan biomolekul?
2. Apa perbedaan senyawa organik dan anorganik?
3. Jenis makan apa saja yang mengandung sumber protein, karbohidrat dan
lipid?
4. Apa fungsi dari protein, karbohidrat dalam sel?
5. Apa fungsi dari asam nukleat, lipid dalam sel?
6. Apa saja enzim yang berperan dalam sintesis protein?
7. Bagaimana proses sintesis protein?
8. Apa saja klasifikasi karbohidrat?
9. Apa akibat kekurangan protein?
10.Bagaimana klasifikasi penggolongan protein?
11.Apa saja jenis-jenis asam nukleat dan perbedaannya?
12.Faktor apa saja yang mempengaruhi ekspresi gen?
13.Kesalahan apa saja yang terdapat dalam ekspresi gen?
14.Fungsi air,gas, dan garam mineral dalam aktifitas sel?

STEP 3
1. Bagaimana metode untuk memisahkan dan memurnikan biomolekul?

Apa fungsi dari protein. Memproduksi komponen-komponen komplek dari satu generasi ke generasi lainnya Lipid: 1. kentang. Sebagai ko enzim dan pembawa energi 4. minyak hewani Asam nukleat: Buah-buahan.contohnya: asam carbonat. lipid dalam sel? Asam Nukleat: 1. Membawa informasi genetik 3. Apa perbedaan senyawa organik dan anorganik?  Ada dan tidak C. sayur 4. Sebagai sumber energi utama 2. Melindungi organ vital dari goncangan 5. singkong Lipid : daging. beras. Sebagai sarana sirkulasi nergi didalam tubuh 6. Jenis makan apa saja yang mengandung sumber protein.contohnya:metana. Melindungi dari suhu dingin 6. Sumber asam lemak esensial 8. Penyeimbang asam basa dalam tubuh 3. atau hormon untuk anti bodi Karbohidrat 1.asam nukeat dan lipid? Protein: hewani :daging. Pembentukan hormon 3.H Organik: terdapat unsur C. Pembentukan sel 4. karbohidrat dalam sel? Protein: 1. Sumber energi 2. Struktural: membangun tubuh 2. Fungsional: sebagai enzim. telur. Membentuk struktur sel 5. dll Anorganik: tidak terdapat unsur C. asam sulfat  Asalnya Organik: makhluk hidup dan sintesa Anorganik: sumber daya mineral  Sifanya Organik: mudah terbakar Anorganik: sukar terbakar 3. susu nabati: kacang-kacangan Karbohidrat: roti. etana. Mengatur biosintesa protein 2. gandum. Fraksionasi garam: pengendapan  Kromatografi: teknik pemisahan molekul berdasaran pola gerak  Elektroforesis: pemisahan bahan dengan muatan listrik  Ultrasentrifugasi: pemisahan fraksi sub seluler 2. Sbagai pelumas 7. Membantu pencernaan 4. karbohidrat. Apa fungsi dari asam nukleat. Apa saja enzim yang berperan dalam sintesis protein? 1. minyak kelapa. DNA polimerase . ikan.

Monosakarida: karbohidrat sederhana karena molekulnya terdiri dari beberapa atom C dan tidak dapat diuraiakan dengan cara hodrolisis (glukosa. Bagaimana proses sintesis protein? 1. 2. Apa akibat kekurangan protein? Daya tahan tubuh turun 10.gas.2.Apa saja jenis-jenis asam nukleat dan perbedaannya? 12. 3.galaktosa) 2. Polisakarida: karbohidrat yang terbentuk dari banyak sakarida (amilum.maltosa. garam dan . RNA polimerase 7. Translasi Proses penerjemahan urutan nukleotida yang ada dalam rangkaian asam amino 8.Fungsi air.fruktosa. Disakarida: karbohidrat yang terbentuk dari 2 molekul monosakarida yang berikatan melalui gugus –OH dengan melepas molekul air (sukrosa. dan garam mineral dalam aktifitas sel? STEP 4 SEL BIOMOLEK UL ORGANIK 1.Bagaimana klasifikasi penggolongan protein? 11.Faktor apa saja yang mempengaruhi ekspresi gen? 13. GAS 3. PROTEIN KARBOHIDRAT LIPID ASAM NUKLEAT ANORGANIK 1. GARAM MINERAL STEP 7 1. Bagaimana metode untuk memisahkan dan memurnikan biomolekul? TEKNIK-TEKNIK PEMISAHAN a. 4.laktosa) 3. Transkripsi Sintesis molekul RNA dalam DNA template 2.Kesalahan apa saja yang terdapat dalam ekspresi gen? 14. Ultrafiltrasi metode filtrasi yang menggunakan membrane ultrafiltasi yaitu membrane yang sangat kecil sehingga molekul air.glikogen.selulosa) 9. AIR 2. Apa saja klasifikasi karbohidrat? 1.

Kromatografi kolom yaitu pemisahan molekul yang didasarkan pada interaksi antara molekul yang dipisahkan denagn fase diam dan fase gerak metode ini biasa dapat di bedakan menjadi beberapa macam 1. Prinsip dari metode ini adalah osmosis larutan dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah. Agus. 2002. penukar ion) 2. Dialysis Metode pemisahan protein degan menggunakan kantong dialysis yang memiliki sifat membrane permeable dengan ukuran pori sangat kecil. afinitas) http://www. Edisi 27. Halaman 2. Penerbit EGC 2. kepolaran (hidrofobik) 4. berdasarkan muatan (k. spesifikasi (k.com/doc/47915293/pemisahan_dan_pemurnian _zat Fraksionasi garam yaitu pengendapan ( pengendapan protein dengan ammonium sulfat ) Sumber : Biokimia Harper. Apa perbedaan senyawa organik dan anorganik? Sumber: Krisno. Dasar-dasar Ilmu Gizi. c.H . Universitas Muhammadiyah Malang. Salting out yaitu teknik pemisahan protein yang didasarkan pada perbedaan tingkat kelarutan protein pada larutan garam denagn konsentrasi tertentu d. Malang H I CH4 = H – C .scribd.molekul berukuran kecil lain yang tidak dibutuhkan akan dapat keluar melalui membrane sedangkan protein target tidak bisa keluar b. ukuran molekul (k. filtrasi gel) 3.

ac. sehingga kita tidak bisa mencukupi kebutuhan protein tubuh kita hanya dengan mengandalkan sumber nabati. Namun protein nabati tidak selengkap seperti halnya protein hewani.undip. susu juga mengandung kalsium dan fosfor sehingga sangat baik bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan dan ibu menyusui. Komponen terbesar enzim adalah protein Alat Pengangkut dan Alat Penyimpan Banyak molekul dengan BM kecil serta beberapa ion dapat diangkut atau . Penerbit EGC 3. daging juga mengandung banyak zat besi. American Journal of Clinical Nutrition 4. karbohidrat dan lipid? Protein : Susu. seperti halnya kacang kedelai termasuk semua produknya yaitu tempe. Ketela. minyak hewani Asam nukleat: Buah-buahan. Jenis makan apa saja yang mengandung sumber protein. Kacang kacangan Karbohidrat : Gandum. karbohidrat dalam sel? Protein: Sebagai enzim Hampir semua reaksi biologis dipercepat atau dibantu oleh enzim. Selain banyak mengandung protein. Jagung. tahu ataupun susu kedelai. sayur Sumber : http://subandiyono. minyak kelapa. Biji-bijian dan kacang-kacangan adalah sumber protein nabati terbaik. fosfor. Selain mengandung protein yang sempurna.community. Namun juga perlu diperhatikan bahwa daging hewan juga mengandung seperti racun yang harus pisahkan dan dikeluarkan oleh ginjal.  Kacang-kacangan Protein juga bisa diperoleh dari sumber nabati. dan vitamin B kompleks. Apa fungsi dari protein.id/files/2010/07/Karbohidrat_dll . Edisi 27.pdf Protein  Susu Susu adalah sumber protein terbaik. jika terlalu berlebihan mengkonsumsi daging bisa memberatkan kerja ginjal dan menyebabkan masalah kesehatan lainnya. karena protein dari sumber ini pada umumnya lebih mudah dicerna dan diserap tubuh. Jadi. Lipid : Lipid : daging.I H NaCl = NaOH + HCL NaCl + H2O Sumber : Biokimia Harper.  Daging dan semua jenis ikan Sumber lain dari protein yang baik adalah daging dan semua jenis ikan.

Misalnya hemoglobin mengangkut eritrosit. Misalnya hemoglobin mengangkut eritrosit. Pertahanan Tubuh / Imunisasi Pertahanan tubuh biasanya dalam bentuk antibodi._KESEJAHTERAAN_KELUARGA/1 97807162006042-AI_MAHMUDATUSSA'ADAH/PROTEIN. 21 mioglobin mengangkut oksigen dalam otot. dan sel-sel asing lain.dipindahkan oleh protein-protein tertentu. Protein ini pandai sekali membedakan benda-benda yang menjadi anggota tubuh dengan bendabenda asing sumber : http://file. Pergerakan flagela sperma disebabkan oleh protein. lipid dalam sel? Karbohidrat  Bahan bakar (sumber karbon)  Memperkuat dinding sel tumbuhan  Menyimpan glukosa untuk energi  Memperkuat eksoskeleton dan dinding sel fungi Protein: Sebagai enzim Hampir semua reaksi biologis dipercepat atau dibantu oleh enzim. bakteria.pdf 5. suatu protein berbentuk bulat panjang dan mudah membentuk serabut.upi. yaitu suatu protein khusus yang dapat mengenal dan menempel atau mengikat benda-benda asing yang masuk ke dalam tubuh seperti virus. Pengatur Pergerakan Gerakan otot terjadi karena adanya dua molekul protein yang saling bergeseran. Ion besi diangkut dalam plasma darah oleh transferin .edu/Direktori/FPTK/JUR._PEND. Apa fungsi dari asam nukleat. Ion besi diangkut dalam plasma darah oleh transferin . 21 mioglobin mengangkut oksigen dalam otot. . Komponen terbesar enzim adalah protein Alat Pengangkut dan Alat Penyimpan Banyak molekul dengan BM kecil serta beberapa ion dapat diangkut atau dipindahkan oleh protein-protein tertentu. Penunjang Mekanis Kekuatan dan daya tahan robek kulit dan tulang disebabkan adanya kolagen. Pengatur Pergerakan Gerakan otot terjadi karena adanya dua molekul protein yang saling bergeseran.

EGC: Jakarta 8. mRNA. dan sel-sel asing lain. Protein ini pandai sekali membedakan benda-benda yang menjadi anggota tubuh dengan bendabenda asing sumber : http://file.pdf 6. Inisiasi Transkripsi dimulai di promoter (urutan DNA spesifik) pada DNA ketika RNA polimerase menempel pada promoter 2. Transkripsi 1. Elongasi Asam amino ditambahkan  dirangkai membentuk dipeptida 3. Biokomia Harper Edisi 27. Penunjang Mekanis Kekuatan dan daya tahan robek kulit dan tulang disebabkan adanya kolagen.Pergerakan flagela sperma disebabkan oleh protein._KESEJAHTERAAN_KELUARGA/1 97807162006042-AI_MAHMUDATUSSA'ADAH/PROTEIN.edu/Direktori/FPTK/JUR. Terminasi Terminasi terjadi jika kodon stop dijumpai b. Elongasi Proses penambahan asam aminosatu per satu ke rantai peptida yang sedang terbentuk sehingga untai RNA ini memanjang 3. 7._PEND. dan ribosom 1. Robert K. bakteria.upi. Translasi Proses ini melibatkan tRNA. Apa saja klasifikasi karbohidrat? . yaitu suatu protein khusus yang dapat mengenal dan menempel atau mengikat benda-benda asing yang masuk ke dalam tubuh seperti virus. rRNA. Bagaimana proses sintesis protein? a. Pertahanan Tubuh / Imunisasi Pertahanan tubuh biasanya dalam bentuk antibodi. Edisi 8. Terminasi Terminasi terjadi jika kodon stop dijumpai. Apa saja enzim yang berperan dalam sintesis protein? RNA polimerase II pada organisme Eukaryotik Sumber: Campbell. polipeptida yang dibentuk kemudian diproses menjadi protein Sumber: Murray. 2009. Inisiasi mRNA masuk ke ribosom  ribosom membaca kodon yang masuk  tRNA membawa antikodon 2. suatu protein berbentuk bulat panjang dan mudah membentuk serabut.

Gliseraldehid. Xilosa. Disakarida : senyawanya terbentuk dari 2 molekul monosakarida yg sejenis atau tidak. Eritrosa. Monosakarida : terdiri atas 3-6 atom C dan zat ini tidak dapat lagi dihidrolisis oleh larutan asam dalam air menjadi karbohidrat yang lebih sederhana. xylulosa Pentosa : Lyxosa. Polisakarida : senyawa yang terdiri dari gabungan molekul.Mudah terkena infeksi . senyawa ini bisa dihidrolisis menjadi banyak molekul monosakarida. heksosa (C6).Gangguan pertumbuhan .misalnya maltotriosa 4. hidrolisis : terdiri dari 2 monosakarida al sukrosa : glukosa + fruktosa (C 1-2) maltosa : 2 glukosa (C 1-4) trehalosa 2 glukosa (C1-1) Laktosa : glukosa + galaktosa (C1-4) 3. Mannosa.ub. berikut macam-macam monosakarida : dengan ciri utamanya memiliki jumlah atom C berbeda-beda : triosa (C3). Dihidroksi aseton Tetrosa : threosa.molekul monosakarida yang banyak jumlahnya.id/2014/06/30/pengertiankarbohidrat-klasifikasi-karbohidrat-dan-metabolisme-karbohidrat/ 9. Oligosakarida : senyawa yang terdiri dari gabungan molekul2 monosakarida yang banyak gabungan dari 3 – 6 monosakarida.ac. tetrosa (C4). pentosa (C5). heptosa (C7).. Disakarida dapat dihidrolisis oleh larutan asam dalam air sehingga terurai menjadi 2 molekul monosakarida. Ribulosa Hexosa : Galaktosa. Polisakarida merupakan jenis karbohidrat yang terdiri dari lebih 6 monosakarida dengan rantai lurus/cabang. Arabinosa. Glukosa. Sumber : http://habibana.staff. Apa akibat kekurangan protein? Akibat kekurangan protein : . Ribosa. Triosa : Gliserosa. fruktosa Heptosa : Sedoheptulosa 2.

ui.Kerontokan rambut (rambut banyak mengandung protein dan keratin)  Daya tahan tubuh turun Sumber : http://lib.Marasmus dan bisa berujung pada kematian  Tampak sangat kurus. lebih nyata bila diperiksa pada posisi berdiri atau duduk  Kelainan kulit berupa bercak merah muda yang meluas dan berubah warna menjadi coklat kehitaman dan terkelupas  Sering disertai penyakit infeksi. diare  kronis atau konstipasi/susah buang air. apatis dan rewel  Pembesaran hati  Otot mengecil(hipotrofi). kemerahan seperti warna rambut jagung.anemia dan diare. .jaringan lemak subkutis sangat sedikit sampai tidak ada  Perut cekung  Sering disertai .Kwashiokor  Oudema.rontok  Perubahan status mental.Bagaimana klasifikasi penggolongan protein? STRUKTUR Primer KRITERIA 1..ac.id/file?file=digital/126104-S-5830-Kejadian %20KEP-Literatur.Kwashiorkor (busung lapar) a. mudah dicabut tanpa rasa sakit. umumnya akut. .tinggal tulang terbungkus kulit  Wajah seperti orang tua  Kulit keriput.pdf 10.umumnya seluruh tubuh.terutama pada pada punggung kaki (dorsum pedis )  Wajah membulat dan sembab  Pandangan mata sayu  Rambut tipis. penyakit infeksi( umumnya kronis berulang). Adalah suatu sekuens unik asam aminonya .

Sekunder Tersier Kuartener 1. Struktur keseluruhan protein yang merupakan hasil dari agregasi subunit-subunit polipeptida ini. 12.html.biologi-sel.Apa saja jenis-jenis asam nukleat dan perbedaannya? www.Faktor apa saja yang mempengaruhi ekspresi gen? . 11. Sebagian besar protein memiliki segmen segmen dalam rantai polipeptidanya yang terkumpar atau terlipat secara berulang dalam pola-pola yang berkontribusi bagi keseluruhan bentuk protein tersebut 1. Struktur tumpukan di atas pola struktur sekunder 1.com/2012/11/konsep-gen-DNA-dan-kromosompart4_3.

misalnya ketika terjadi perubahan struktur kromatin sehingga kesalahan dalam modifikasi histon sehingga terjadi metilasi sehingga tidak dapat melakukan hubungan dengan RNA polimerase dan transkripsi terganggu. seperti proses glikosilasi.id/bitstream/123456789/1099/1/pemuliaan %20tanaman-eva.Protein transpor. untuk mengantarkan protein hasil translasi dan hasil modifikasi pasca-translasi ke tempat yang dituju untuk bekerja. dll apabila terganggu akan menyebabkan ekspresi gen dan fungsi seluler yang berbeda juga. 7. Kontrol epigenik. Inisiasi transkripsi termasuk enhancer. pada proses ini intron harus dibuang dengan akurat untuk mencegah terbentuknya protein yang berbeda. Inisiasi transkripsi. penelitian terbaru menunjukkan bahwa RNA kecil berfungsi dalam mengontrol tahapan dalam transkripsi RNAm dan stabilitas dari RNAm. maka ekspresi gen akan berbeda 8. 4. Proses transpor dan modifikasi. Fakultas Pertanian . Modifikasi pasca-translasi.pdf 13. RNA kecil dan kontrol terhadap tahapan transkripsi. Inisiasi translasi.ac.usu. Universitas Sumatera Utara . 6. asetilasi. berperan dalam membawa asam amino. Apabila terjadi kesalahan pada pola untuk ekspresi gen dan terjadi modifikasi histon.Penyimpangan apa saja yang terdapat dalam ekspresi gen? 1. metilasi DNA dan hal-hal lainnya maka transkripsi akan terganggu juga. Epigenik adalah ekspresi gen yang disebabkan oleh mekanisme selain perubahan sekuens DNA dasar. hasil transkripsi harus mampu untuk bertahan lama dan menjalankan fungsi mengirimkan kodon ke ribosom dengan baik. apabila proses inisiasi pada kodon metionin tidak dilaksanakan dengan baik. Eva Sartini Bayu .Sumber : “Ekspresi Gen pada Sel Eukariotik “ . . 2005 http://repository. Struktur kromatin. merupakan komponen paling penting karena tanpa adanya hal ini maka transkripsi tidak akan berlangsung. RNA transpor. Stabilitas transkripsi. 2. 10. 5. 3. 9. bahkan perubahan pada struktur kromatin. protein aktivasi dan protein untuk inhibisi.

Bogor. misal dalam fotosintesis Fungsi Garam Mineral : 1. Fungsi yang lebih spesifik.Fungsi air. Air digunakan untuk mengabsorbsi panas dan mencegah perubahan temperatur yang drastis atau mendadak di dalam sel. Contoh : garam fosfat. Zainal.11. 4 Peters Ann. BMA illustrated medical dictionary: Essential A-Z quick reference to over 5.gas. Air merupakan media berbagai proses reaksi-reaksi enzimatis yang berlangsung di dalam sel. 2008.. karbonat. London: Dorling Kindersley. SGD 18 Ketua : Septi Ali Sadyan N P Scriber : Puspita Widya Adryanti . dan garam mineral dalam aktifitas sel? Fungsi air. Mengatur tekanan osmotik sedangkan ion-ion garam menentukan struktur makromolekul. Fungsi osmosis. 2007 14.000 medical terms. 2nd ed. ada beberapa protein yang cepat terdegradasi dan ada beberapa yang sangat stabil. Vol. Balai Besar Penelitian Veteriner. Jurnal Litbang Pertanian. 27. dalam arti bahwa konsentrasi total garam-garam terlarut berpengaruh terhadap pelaluan air melintasi membran sel 2. klorida. Beberapa Unsur Mineral Esensial Mikro Dalam Sistem Biologi Dan Metode Analisisnya. air sebagai bahan baku untuk reaksi hidrolisis dan sintesis karbohidat . Air merupakan media transpor berbagai zat yang terlarut atau yang tersuspensi untuk berdifusi atau bergerak dari suatu bagian sel ke bagian sel yang lain. sulfat dari kalsium. natrium dan magnesium.Kontrol terhadap stabilitas protein. yaitu peran seluler setiap ion terhadap struktur dan fungsi dari partikel-partikel seluler dan makromolekul. Arifin. 3.

Nadya Sahnaz 8. Ahmad Al Furqon 3.Anggota: 1. Afifah N A 2. M Charis Mawardi 6.Verdita Mustika . Fathia Kesuma Dewi 5.Tomy R Sandriya 11. Rina Pramono 9. Akmil Lana 4. Septiani Ratna H 10. Monika Fatma Aulianita 7.