You are on page 1of 31

NAMA

:NOVIA ANNISA

KELAS

:XI IPA 3

PELAJARAN

;BAHASA INGGRIS
BIOGRAPHY

Pengertian Biografi
Pengertian biografi. Biografi berasal dari bahasa Yunani, bios yang memiliki arti
hidup dan graphien yang berarti tulis. Biografi merupakan sebuah tulisan yang
membahas tentang kehidupan seseorang. Secara sederhana, biografi dapat di artikan
sebagai sebuah kisah riwayat hidup seseorang. Biografi sendiri dapat berbentuk hanya
beberapa baris kalimat saja, namun biografi tersebut dapat lebih dari 1 buku.
Biografi singkat hanya menjelaskan tentang fakta-fakta dari kehidupan seseorang
serta peran pentingnya. Biografi panjang meliputi informasi-informasi yang bersifat
penting namun dikisahkan dengan lebih mendetail serta dituliskan dengan gaya cerita
yang baik.
Biografi merupakan sebuah buku yang menceritakan kejadian-kejadian hidup
seseorang. Lewat biografi tersebut dapat ditemukan hubungan, keterangan arti dari
sebuah tindakan tertentu atau sebuah misteri yang melingkupi hidup seseorang, dan
juga merupakan sebuah penjelasan mengenai tindakan atau perilaku dalam hidupnya.
Biografi dapat bercerita mengenai kehidupan seorang tokoh penting atau
terkenal maupun tidak terkenal. Biografi seringkali bercerita mengenai tokoh sejarah,
namun tak jarang juga mengenai orang yang masih hidup. Banyak biografi sekarang ini
yang ditulis secara kronologis.

Biografi membutuhkan bahan-bahan utama serta bahan pendukung. Bahan
utama dapat berupa benda-benda, misalnya buku harian, surat-surat, kliping koran, dan

sebagainya. Bahan pendukung biasanya berupa biografi lain, buku referensi, sejarah
yang memaparkan peranan orang dalam biografi tersebut dan sebagainya. Biografi
adalah suatu kisah atau keterangan dari perjalanan kehidupan seseorang yang
bersumber pada subjek rekaan atau kisah nyata.

Ciri-Ciri Biografi
Berikut ciri-ciri biografi :
1.

Biografi memiliki struktur yang terdiri atas : orientasi, peristiwa atau masalah,
serta reorientasi.

2.

Biografi memuat berdasarkan informasi fakta serta disajikan dalam bentuk
narasi.

3.

Faktualnya (fakta) berdasarkan pengalaman hidup seseorang yang diceritakan
dalam tokoh biografi tersebut.
4 hal yang harus di cermati dalam teks biografi, yaitu :

1.

Judul biografi

2.

Hal yang menarik serta mengesankan yang ditampilkan dalam kehidupan tokoh
yang diceritakan

3.

Hal yang mengagumkan serta mengharukan yang muncul dalam kehidupan
tokoh yang diceritakan

4.

Hal yang dapat di contoh atau diteladani dari kehidupan tokoh.

dan mengharukan yang pernah dialami tokoh juga diuraikan dalam bagian ini. Bagian ini berisi tentang pandangan penulis terhadap tokoh yang diceritakan tersebut. termasuk didalamnya memuat tentang masalah yang pernah dihadapinya dalam mencapai tujuan serta cita-citanya. mengesankan. berisi gambaran awal tentang tokoh yang diceritakan dalam biografi tersebut.Struktur Teks Biografi 1. yang artinya pada bagian ini boleh ada atau tidak. Peristiwa dan Masalah Bagian peristiwa atau kejadian merupakan bagian yang berisi tentang sebuah peristiwa atau kejadian yang pernah dialami. Orientasi Orientasi merupakan bagian dimana menjelaskan tentang pengenalan tokoh. 3. . Hal-hal yang menarik. Reorientasi bersifat opsional. mengagumkan. Reorientasi Reorientasi merupakan bagian penutup. 2.

Everybody knows who Kartini is. Kartini. Tapi setelah melahirkan seorang putra. Anyway. subsequent to conceiving a child. RA Kartini harus mengikuti suaminya. It is delightful day for the lady on the grounds that we praise the conception of incredible woman R. As per Javanese custom Kartini needed to tail her spouse. Dia adalah pahlawan nasional kita dan seorang wanita hebat dengan ide-ide yang cemerlang.Karena itu dia merasa sangat beruntung karena dia memperoleh kesempatan yang lebih dari pada orang biasa.A. Ini adalah hari yang sangat penting apalagi untuk seorang wanita. the head of rembang rule. Tanggal 21 di ambil dari kelahiran sesosok wanita hebat R. Ayahnya adalah Rama Sosroningrat yang merupakan seorang Wedana atau asisten Bupati di Mayong. Ma Ngasirah was a young lady from Teluk Awur town in Jepara as the little girl of a respectable family.A. Ibunya. These days Indonesian ladies advancement is affected by kartini’s soul expressed on accumulation of letter “habis gelap terbitlah terang” or from the nightfall to the first light. Kartini was conceived in 1879 April 21 in Mayong Jepara. Terjemahan dalam Bahasa Indonesia R. her soul and dream will dependably be in our heart. She improved instruction than other youngsters. Sekarang Kartini telah tiada. adipati djoyodiningrat. In november 12 1903 she wedded adipati djoyodiningrat. Her dad was Rama Sosroningrat a Wedana (associate of head of rule) in Mayong. Presently Kartini has gone. His name was Singgih. setiap tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. Menurut tradisi orang Jawa. Kartini lahir pada tahun 1879 pad tanggal 21 April di Mayong Jepara. Kartini Di Indonesia. she felt fortunate in light of the fact that she got more than the standard individuals got. She is our national champion and an extraordinary woman with the brilliant thought. Anyway. Pada 13 September 1904 ia melahirkan anak pertamanya bernama Singgih. Kartini. Dia memperoleh pendidikan yang lebih baik daripada anak-anak lain di desa itu. Kemudian ia pun pindah ke Kota Rembang. Her mom. M a Ngasirah adalah seorang wanita dari sebuah desa Teluk Awur di Jepara yang tidak lain adalah putri dari keluarga bangsawan. kondisinya menjadi semakin memburuk dan dia akhirnya meninggal dunia pada tanggal 17 September 1904 saat berusia 25 tahun.A. In September 13 1904 she gave a conception to her child. Saat ini kemajuan perempuan Indonesia sangat dipengaruhi oleh semangat . Siapapun tahu siapa itu Ibu Kartini. her condition was deteriorating and she at long last passed away september 17 1904 on her 25 years of age. Tapi semangat serta mimpi mimpinya nya akan selalu berada di hati kita semua. At that point she moved to Rembang. Pada tanggal 12 November 1903 ia menikah dengan kepala Kabupaten Rembang.A Kartini Each April 21 peolple in indonesia celebrate the kartini day.CONTOH BIOGRAPHY R.

Kalimat Negatif: S + to be + not + Verb + -ing + O You. They + are + Verb 1 + -ing She. He. It + is + not + Verb 1 + -ing Contoh Kalimat : You are not watching Football Match. Present Continuous Tense Dan Contoh Kalimat FORMULA Kalimat Positif: S + to be + Verb + -ing + O You.RA Kartini yang dinjatakan dalam sebuah kumpulan surat “Habis Gelap terbitlah Terang” yang ditulis olehnya. He. They + are + not + Verb 1 + -ing She. CONTINUOUS TENSE Pengertian. He. Rumus. Kalimat Pertanyaan: to be + S + Verb + -ing + O ? Are + You. It + Verb 1 + -ing? Contoh Kalimat : Are you watching Football match? Keterangan waktu yang sering digunakan dalam Present Continous tense diantaranya : At the present ( saat ini ) Tomorrow ( Besok ) Now ( Sekarang ) . We. We. It + is + Verb 1 + -ing Contoh Kalimat : You are watching Football Match. They + Verb 1 + -ing? Is + She. We.

Ini juga dapat digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang tidak terjadi sekarang juga. ( Kamu sedang belajar Fisika sekarang ) • You are not reading now. Contoh: • You are learning Physics now. bentuk kata kerja “-ing” Contoh : go + ing = going Tipe 1 : Now ( Sekarang ) Menggunakan Present Continous dengan Normal Verb untuk mengungkapkan ide yang sedang terjadi sekarang juga. We are (orang pertama) You are (orang kedua) They are (orang ketiga) B. I am (orang pertama) You are (orang kedua) He / she / it is (orang ketiga) 2. Jamak. dibutuhkan : A. ( Kamu sedang tidak membaca sekarang ) • Are you sleeping? ( Apakah kamu sedang tidur ) • I am standing.At the moment ( saat ini ) Tonight ( Nanti Malam ) Right Now (Sekarang) Dalam pembentukan tense ini. ( Saya sedang berdiri ) . Bentuk “to be” 1. Tunggal.

bagaimanapun kita tidak mungkin melakukannya dalam waktu yang singkat. • I am not going to the cinema tonight. Contoh : Semua kalimat dibawah ini dapat dikatakan ketika sedang makan malam di resataurant) • I am studying to become a teacher. ( Mereka sedang tidak menonton pertandingan sepakbola) • What are you doing? ( Apa yang sedang kamu lakukan ?) • Why are not you doing your homework? ( Mengapa kamu tidak mengerjakan PR?) Tipe 2 : Kegiatan yang sudah berjalan lama dan masih dilakukan sekarang Dalam Bahasa Inggris “now” dapat berarti : Today. ( Saya tidak sedang membaca buku apapun ) • Aren’t you teaching at the school now? ( Tidakkah kamu sedang mengajar di sekolah sekarang ) Tipe 3 : Dekat ke Future Kadang-kadang. Contoh : • I am meeting some friends after stdying ( Saya akan menemui beberapa temanku setelah belajar ). adan so on. pembicara menggunakan Present Continous untuk menunjukkan sesuatu yang akan terjadi atau tidak terjadi sebentar lagi ( near future ). ( Saya sedang membaca buka Tere Liye ) • I am not reading any books right now. ( Aku tidak akan pergi ke bioskop malam mini) • Is he visiting his uncle next weekend? ( Apakah dia akan mengunjungi pamanya minggu depan) • Isn’t she coming with us tonight? ( Tidakkah dia akan datang mala mini ) Tipe 4 Pengulangan dan gangguan dari “Always” . ( Mereka sedang membaca ) • They are not watching Football match. ( Saya sedang tidak belajar untuk menjadi pengacara) • I am reading the book Tere Liye. ( Saya sedang kuliah untuk menjadi Guru ) • I am not studying to become a Lawyer.• I am not sitting. this year. ( Saya sedang tidak duduk ) • Is he sitting or standing? ( Apakah dia sedang duduk atau berdiri • They are reading English book. this month. Terkadang. kita menggunakan Present Continous untuk mengatakan bahwa kita sedang dalam proses melakukan sesuatu yang sudah lama berjalan dan dalam progress.

• I don’t like them because they are always complaining. ( Surat sedang ditulis dengan Dedi ) Pasif . only. I wish he would shut up. dll. PENEMPATAN ADVERB Contoh kalimat dibawah ini menunjukkan penempatan Adeverb seperti : always. Contoh: • You are still watching TV.Present Continous dengan kata seperti “always” atau “constanly” mengungkapkan ide tentnang sesuatu yang menganggu atau mengejutkan yang sering terjadi. Catat bahwa artinya sama dengan Simple Present tetapi dengan negative emotion. • He is constantly talking. Dedi is writing the letter. still. just. the letter is being written by Dedi. • Are you still watching TV? UNTUK KALIMAT Aktif dan Pasif Contoh: • Right now. never. Ingat untuk menaruh kata “Always” atau “ constantly” anatara “be” dan “Verb-ing” Contoh : • Rudi is always coming to class late. ( Dedi sedang menulis surat ) Aktif • Right now.

Dikatakan perfect karena pekerjaanya telah sempurna/selesai/paripurna pada saat ini (present). Pengertian Present Perfect Tense Present Perfect tense adalah suatu tense yang digunakan untuk menggambarkan suatu aktivitas yang telah dilakukan pada saat ini. Bentu k + Rumus Verbal S + have/has + Verb-3 Contoh I have told you 3 times. Rumus Present Perfect Tense Untuk membuat rumus tense ini kita membutuhkan ciri-ciri present yaitu Verb-1 dan ciri-ciri Perfect yaitu Have / Has + Verb-3. Fungsi dan Contoh Kalimatnya A.PERFECT TENSE Rumus Present Perfect Tense. Jika digabung maka (Verb-1 + Have) + Verb-3 > Bentuk pertama dari Have adalah Have ditambah Verb-3. . sehingga rumusnya adalah S + Have + Verb-3. Jika bentuk nominal. Dan bentuk ketiga dari kata kerja to be adalah been. maka Verb-3 nya diganti menjadi Been karena setiap kalimat nominal membutuhkan to be. Oleh sebab itulah ia menggunakan kata kerja have (telah) untuk menunjukkan bahwa pekerjaannya telah usai. B.

Fungsi Present Perfect 1. (Lihat! pilot baru saja membuat akrobat terbang di langit) 2. Digunakan untuk menggambarkan suatu pekerjaan yang pernah dilakukan pada masa lalu tanpa jelas kapan tepatnya kejadian tersebut terjadi. Untuk menunjukkan pekerjaan yang baru saja selesai/telah usai pada saat sekarang. l – Verbal S + have/has + not + Verb-3 I have not ever gone to Jogjakarta even once. Contoh: o The sailors have just come back from the sea. Indonesia has not been a l nominal country. (Para nelayan baru saja pulang dari laut) o Look! the pilot has made an acrobatic flight on the sky. Jika bingung perbedaannya dengan fungsi Simple Past tense karena sama-sama telah terjadi silahkan baca penjelasannya DI SINI. don’t we? (Kita sudah pernah ketemu sebelumnya kan?) .Nomina S + have/has + been + nominal The storm has gone. ? Nomina S + have/has + not + been + In 1703. maka efek dari pekerjaan tersebut masih dapat dirasakan pada saat ini. Verbal Have/has + S + Verb-3 Have you already taken a bath? Nomina Have/has + S + been + Has she been in school now? l nominal C. Contoh: o We have met before. Karena baru saja selesai.

you will be late if you go one hour later. 3 times (3 kali) dsb. tapi dia tidak mengangkat telphonnya) o My son has woken up for many times tonight. I have fixed this car three times. . (Aku telah memperbaiki mobil ini 3 kali. aku telah memperingatkanmu berkali-kali untuk tidak mendekati ceweknya). Contoh: o I have called him eight times. but he forgets. Contoh Kalimat Present Perfect Tense. but no changes. tapi lupa) 3. already (sudah).o She has paid the bill. tapi tidak ada perubahan). kamu akan terlambat jika kamu datang 1 jam lagi). The show has already started. (Jangan salahkan aku jika dia memukulmu. yet (sudah) dan juga keterangan waktu yang menunjukkan sudah berkali-kali atau pernah walaupun hanya sekali seperti: ever (pernah). (Aku sudah menelphonnya 8 kali. D. (Pertunjukan telah mulai. (Anakku sudah bangun berkali-kali malam ini). 1. 3. (Rooney pernah mengunjungi penggemarnya di Indonesia sekali). Untuk menggambarkan suatu pekerjaan yang telah dilakukan berulangulang. 2. 4. Keterangan waktu yang digunakan untuk Present Perfect tense adalah yang menerangkan bahwa pekerjaannya baru saja selesai seperti: just now (baru saja). Keterangan Waktu. (Dia itu sudah bayar tagihannya. I have warned you many times not to touch his girl. Roney has ever visited his fans in Indonesia once. but he didn’t pick his phone up. Don’t blame me if he hits you. E.

(Anak laki-lakiku telah merayakan ulang tahunnya. . 7. twit atau komentar kamu di bawah ini akan menjadi semangat tersendiri untuk terus berbagi materi yang lainnya. 8.The potter has brought my suitcases to the hotel. The phone has rung many times. you should meet him right now. jadi sekarang aku bisa pergi tanpa membawa barang bawaan). Fungsi dan Contoh Kalimatnya. Terima kasih. kamu sebaiknya menemuinya sekarang). (potter (pembawa barang) telah membawa koperku ke hotel. Don’t worry the snake is death. 9. and now he is two years old. Like. Jessica has passed away five minutes ago when the medical team brought him to the hospital.5. Andy has been there waiting for since this morning. Demikianlah penjelasan tentang Rumus Present Perfect Tense. (Jessica telah meninggal 5 menit yang lalu ketika tim medis membawanya ke rumah sakit). So I can go with no luggage now. (Jangan khawatir ularnya sudah mati. I have killed it just now. Aku sudah membunuhnya barusan). but no one picked it up. My son has celebrated his birthday. (Telphonnya sudah berdering berkali-kali tapi tidak seorangpun mengangkatnya). dan sekarang dia telah berusia 2 tahun). 10. 6. (Andi telah di sana menunggumu sejak pagi hari. Semoga membantu.

Jadi kita harus menguasai benar bagaimana cara menggunakan noun sesuai dengan kaidah grammar yang benar seperti kapan harus menggunakan awalan the. tempat. hewan.NOUN Pengertian. a dan an dengan mengetahui jenis suatu noun. Noun merupakan salah satu part of speech (unsur kalimat dalam bahasa Inggris) yang berupa orang atau sesuatu seperti benda. Noun adalah unsur kalimat yang paling banyak digunakan setelah verb. Jenis dan Contoh Noun dalam Kalimat A. ide gagasan dan lain sebagainya. tumbuhan. Pengertian. .

kelas dari benda-benda.B. Town. Regiment. Metal.United Nations. Proper Nouns selalu diawali dengan huruf kapital. Ammonia b). Shoal. Cabinet (of ministers). Team. Peking. The Red Lion c). Collective Nouns Berupa manusia (people). Contoh: Choir. Jury. Common Nouns Yaitu kata benda yang menunjukkan jenis. Material Nouns Yaitu nama yang menunjukkan nama benda yang terjadi dengan sendirinya dan bukan buatan manusia. Noun Menurut Jenis bentuknya dibagi menjadi 2 macam: 1. Proper Nouns Yaitu nama untuk sebuah kata benda yang khusus diperuntukkan untuk satu objek saja. Yang dimaksud dengan concrete noun adalah sesuatu yang dapat ditangkap dengan panca indera seperti: nama orang. The Tower of London. Concrete noun. I need a Flashlight o Who broke the Mirror? Concrete Noun sendiri dibagi lagi menjadi 5 bagian: a). tempat dan sebagainya. Contoh: Africa. . d). John at school yesterday o It’s dark here. Contoh: Man. Water. Beberapa kata tertentu biasanya atau selalu digunakan untuk membuat collective nouns. binatang (animals) dan suatu benda (things). Contoh: o I moved the Table to the corner o He has just painted the Wall o I saw Mr. Jenis dan Contoh Noun. atau benda dan lain sebagainya. tempat.

Paper-clip 2. Contoh: o Devils always try to bring us to the darkness o Everyone hope to get happiness o We have to keep our health o A judge must have a wisdom o A soldier must have a courage Demikianlah penjelasan tentang Pengertian. Contoh: Step sister. NAMA :ALDA AULIA KELAS :XI IPA 3 BIDANG :BAHASA INGGRIS . fish.Contoh: gold. blood e). Court-martial. mohon di share dengan menekan tombol like atau twit di bawah ini. Board of members. Abstract Noun. dan lain sebagainya. Jenis dan Contoh Noun dalam Kalimat. perasaan. water. yang dimaksud dengan abstract noun adalah kata benda yang tidak dapat ditangkap oleh panca indera seperti: gagasan. Terima kasih. Compound Nouns Yaitu yang merupakan gabungan dari dua kata atau lebih. iron. Jika kamu suka artikel ini. Kebalikan dari concrete noun.

Dari biografi dapat ditemukan kejadian-kejadian hidup seseorang atau misteri hidup seseorang dengan penjelasan berupa tindakan atau perilaku dalam hidupnya. & Struktur Biografi Pengertian Biografi. dll sebagai bahan pendukung utama. Sekarang ini biografi banyak ditulis secara kronologis. Arti kata bios adalah hidup dan graphien berarti tulis. namun biasanya Biografi bercerita tentang tokoh-tokoh sejarah baik yang hidup maupun yang telah tiada. Istilah Biografi berasal dari bahasa Yunani dari kata bios dan graphien. Sedangkan biografi panjang terdiri dari informasi penting yang dikisahkan dengan lebih detail dan ditulis dengan gaya bercerita yang baik. Sedangkan bahan pendukung biasa adalah buku referensi. Biografi sendiri memerlukan bahan atau sumber pendukung baik itu berupa benda seperti buku harian.BIOGRAPHY Pengertian Biografi. Biografi dapat terdiri dari beberapa baris atau lebih daru satu buku. Pengertian Biografi adalah sebuah kisah riwayat hidup seseorang. Ciri-Ciri Biografi. yang menjelaskan peranan seseorang dalam biografi. Ciri-Ciri Biografi. surat-surat. Secara sederhana. Biografi terdiri dari biografi singkat dan biografi panjang. Ciri-Ciri Biografi . & Struktur Biografi|Secara Umum. kliping koran. Biografi dapat menceritakan kehidupan tokoh penting/terkenal dan tidak terkenal. Pengertian Biografi adalah sebuah tulisan yang membahas mengenai kehidupan seseorang. dimana biografi singkat hanya berisi fakta-fakta kehidupan seseorang dan peran yang penting. Biografi juga dapat diartikan sebagai suatu kisah atau keterangan perjalanan kehidupan seseorang bersumber dari kisah nyata.

His father is Hermann Einstein and his mother is Paulina Koch. 4. he loved mathematics and physics. Faktualnya (fakta) menurut peristiwa hidup seseorang yang dinarasikan dalam tokoh biografi. 2.. Although considered as stupid boy. termasuk didalamnya berisi tentang masalah yang pernah dihadapinya dalam tujuan serta cita-citanya. Wurttemberg. 1. In his childhood. 1879. Biografi terdiri dari struktur: orientasi. Germany on March 14. mengesankan.  Judul  Menarik dan mengesankan dari kehidupan tokoh yang diceritakan  Mengagumkan dan mengharukan dari kehidupan tokoh yang diceritakan  Dapat dicontoh dan diteladani dari kehidupan tokoh Struktur Biografi Struktur biografi adalah sebagai berikut. Einstein was not like to socialize with his friends and he was considered as a stupid boy. Komponen penting dalam teks biografi adalah. serta reorientasi 2. Peristiwa dan Masalah: Bagian peristiwa atau kejadian yang berisi sebuah peristiwa atau kejadian pernah dialami.. mengagumkan. Berisi informasi fakta dan disajikan dalam bentuk narasi atau cerita 3. Hal-hal yang menarik. 1. Contoh Biography Albert Einstein Albert Einstein which is considered as the greatest scientist of the 20th century was born from a Jewish family in Ulm. Orientasi: Orientasi merupakan bagian yang menjelaskan pengenalan tokoh yang berisi gambaran awal tokoh yang diceritakan dalam biografi tersebut.. dan mengharukan pernah dialami tokoh diuraikan dalam bagian ini. When he .Adapun ciri-ciri biografi antara lain sebagai berikut... peristiwa atau masalah. Reorientasi: Reorientasi adalah bagian penutup yang berisi pandangan penulis terhadap tokoh yang bersifat opsional artinya dapat ada atau tidak. 3.

Then in 1921 Einstein was awarded the Nobel Prize for his theories. he introduced a formula E = MC2 that is famous in the world.was 5 years. In 1933 Einstein migrated along with his whole family to America because of Nazi in Germany. Albert Einstein felt sad when his work is used to make bomb that destroyed Hiroshima and Nagasaki city by the Americans. 1955 at the age of 76 years at Princeton Hospital. From the results of his research. keadaan atau peristiwa yang sedang terjadi pada saat dibicarakan. Einstein worked at Princeton University and obtained official citizenship in 1940. entitled “Eine Neue Bestimmung der molecule Dimension” at the University of Zurich. Then he got the title of professor in 1909. . Albert Einstein got his a doctorate in 1905 after completing his dissertation. Einstein was school in Catholic elementary school for three years. Einstein closed his age on April 18. Then Einstein went to high school at the age of 21 years at the ETH (Technische Eidgenoessische Hochscule). He leaves a great work for the development of knowledge. Kegunaan. Albert Einstein found theory of relativity which becomes Inspiration for scientists after him. Then he continued his study at Luitpold Gymnasium for junior and senior secondary education when he was 8 years old. Rumus dan Contoh Present Continuous Tense Present Continuous Tense biasa disebut juga Present Progressive Tense adalah bentuk waktu yang digunakan untuk menyatakan suatu perbuatan. CONTINUOUS TENSE pengertian.

(Tidak) 2. she is not.) (-) They are not climbing Gede mountain. he is. (Dia tidak sedang menulis surat sekarang. she is.. Jawaban : Yes. atau No.) (?) Is she writing a letter now? (Apakah dia sedang menulis surat sekarang?) Jawaban untuk kalimat (?) bentuk ini adalah Yes. It. ?) 1. (Ya) No..are) + not + (V1+ing) (?) To be(am. -. (Tidak) 3. she. (+) She is writing a letter now. (Tidak) 4.is..Rumus kalimat yang digunakan adalah : (+) Subyek + to be(am.are) + (V1+ing) (-) Subyek + to be(am. Contoh kalimat (+. (Mereka tidak sedang mendaki gunung Gede.is.. They. (Naila sedang berjalan ke sekolah. To be are digunakan untuk subyek You. are) + Subyek + (V1+ing) ? To be am digunakan untuk subyek I. they are.) (?) Is he reading a story book now? (Apakah dia sedang membaca buku cerita sekarang?) Jawaban : Yes.) (-) He is not reading a story book now.. We. (Ya) No.) (?) Are they climbing Gede mountain? (Apakah mereka sedang mendaki gunung Gede?) Jawaban: Yes.. Tobe is digunakan untuk subyek He. (Dia tidak sedang membaca buku cerita sekarang. (+) They are climbing Gede mountain. . they are not. (Dia sedang menulis sebuah surat sekarang) (-) She is not writing a letter now. he is not. is. (Ya) No. (+) Naila is walking to school.) (-) Naila is not walking to school.. (+) He is reading a story book now. (Mereka sedang mendaki gunung gede. (Dia sedang membaca buku cerita sekarang.

she is not. (Tidak) 5. ( Dia bekerja sebagai dokter. Contoh : a. Untuk menyatakan perbuatan yang terjadi saat ini.) b. . My aunt is cooking in the kitchen. Yuli is teaching English.) 2. She is working as a doctor. (Ya) No. 3. I'm meeting Smith tonight. Pada umumnya kata kerja dasar atau infinitive (V1) langsung ditambah dengan akhiran -ing. b. (Ayah saya sedang bicara dengan teman-temannya di ruang tamu. (Bibi saya sedang memasak di dapur. tetapi tidak terjadi saat diucapkan. Contoh : a. yaitu : a. she is. I am not. I am. (+) I am eating meat ball. (Saya akan menemui Smith nanti malam. (Saya tidak sedang makan bakso.) (?) Is Naila walking to school? (Apakah Naila sedang berjalan ke sekolah?) Jawaban : Yes. (Bapak Black sedang menulis buku cerita baru. (Tidak) Kegunaan Present Continuous Tense secara terperinci adalah sebagai berikut : 1. My father is talking with his friends in the living room.(Naila tidak sedang berjalan ke sekolah.) (?) Am I eating meat ball? (Apakah saya sedang makan bakso?) Jawaban : Yes. Contoh : a. (Ibu Yuli sedang mengajar bahasa Inggris) c. (Ya) No. (Saya sedang makan bakso) (-) I am not eating meat ball. Black is writing a new story book. Untuk menyatakan kegiatan yang berlangsung sekarang.) Ada beberapa aturan yang harus diperhatikan dalam pembentukan (V1 + ing). Mr. Untuk menyatakan kegiatan yang akan datang tetapi waktunya tidak terlalu lama. Mrs.

maka huruf "e" tersebut dihilangkan kemudian ditambah "-ing". No Infinitive (V1) V1+ing Arti 1 2 3 get cut put getting cutting putting mendapatkan memotong meletakan . maka konsonan yang terakhir digandakan kemudian ditambah akhiran -ing. No Infinitive (V1) V1+ing Arti 1 2 see flee seeing fleeing melihat melarikan diri c. huruf tersebut tidak perlu dihilangkan tetapi langsung ditambah dengan "-ing".No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Infinitive (V1) call send go sing read eat cry play climb copy V1+ing Arti calling sending going singing reading eating crying playing climbing copying memanggil mengirim pergi menyanyi membaca makan menangis bermain mendaki menyalin b. No Infinitive (V1) V1+ing Arti 1 2 3 4 5 6 7 8 come change drive make give shine write prepare coming changing driving making giving shining writing preparing datang merubah mengemudi membuat memberi bersinar menulis menyiapkan Tetapi jika kata kerjanya berakhiran huruf "e" yang diawali dengan huruf "e" juga. Apa bila kata kerjanya berakhiran huruf "e". Apabila kata kerjanya bersuku kata satu dan diakhiri dengan huruf mati (konsonan) yang didahului oleh huruf hidup. dan tekanan pengucapannya di akhir kata.

Apabila kata kerjanya berakhiran dengan gabungan huruf vokal "ie". Apabila kata kerjanya bersuku kata dua atau lebih yang berakhiran dengan huruf mati (konsonan) dan diawali oleh huruf vokal. No Infinitive (V1) V1+ing Arti 1 2 3 4 allot begin occur submit allotting beginning occurring submitting memberikan memulai terjadi menyampaikan e. No Infinitive (V1) V1+ing Arti 1 2 3 tie lie die tying lying dying mengikat berbohong meninggal f. maka huruf akhir konsonan juga digandakan. kemudian ditambah akhiran -ing. No Infinitive (V1) V1+ing Arti 1 2 seal sail sealing sailing menyegel berlayar . selanjutnya ditambah akhiran -ing.4 5 6 slip jog swim slipping jogging swimming tidur berlari kecil berenang d. kemudian ditambah akhiran -ing. 1 expel expelling menghembuska n 2 control controlling mengawasi 3 cancel cancelling membatalkan g. maka huruf vokal terakhir digandakan. Apabila kata kerjanya bersuku kata dua dan berakhiran dengan konsonan "l" yang didahului oleh dua huruf vokal. maka gabungan huruf tersebut diganti dengan "y" dan kemudian ditambah dengan akhiran -ing. Apabila kata kerjanya bersuku kata dua dan berakhiran dengan konsonan "l" yang didahului dengan satu huruf vokal. sedangkan tekanan pengucapannya terletak pada akhirkata. maka huruf vokal terakhir tidak digandakan.

Dia akan mengunjungi pamannya pagi ini. (Hermawan sedang membaca majalah. When is he visiting his uncle? (Kapan dia mengunjungi pamannya?) Jawaban : He is visiting his uncle this morning. Apabila kata tanya yang digunakan menggunakan subyek.) Keterangan waktu yang digunakan dalam Present Continuous Tense adalah : No Keterangan Waktu Arti 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 this morning this afternoon This evening today nowdays for the time being right now at this moment at present now pagi ini sore ini malam ini hari ini sekarang ini untuk sementara waktu sekarang pada saat ini sekarang sekarang . maka pola kalimatnya adalah : Question Word + to be + V1+ing ? Contoh : a. b. Who is reading a magazine? (Siapa yang sedangmembaca majalah?) Jawaban : Hermawan is reading a magazine. Apabila kata tanya yang digunakan tidak menggunakan subyek. (Saya sedang belajar bahasa inggris sekarang.) 2. maka polanya adalah : Question Word + to be + Subyek + V1+ing ? Contoh : a.Penggunaan kata tanya (Question Word) dalam Present Continuous Tense adalah : 1. What are you doing? (Apa yang sedang kamu lakukan?) Jawaban : I am studying English now.

Fungsi dan Contoh Kalimatnya A. Pengertian Present Perfect Tense .PERFECT TENSE Rumus Present Perfect Tense.

Present Perfect tense adalah suatu tense yang digunakan untuk menggambarkan suatu aktivitas yang telah dilakukan pada saat ini. Dikatakan perfect karena pekerjaanya telah sempurna/selesai/paripurna pada saat ini (present). maka efek dari pekerjaan tersebut masih . Untuk menunjukkan pekerjaan yang baru saja selesai/telah usai pada saat sekarang. Verbal Have/has + S + Verb-3 Have you already taken a bath? Nomina Have/has + S + been + Has she been in school now? l nominal C. Nomina S + have/has + been + nominal The storm has gone. Dan bentuk ketiga dari kata kerja to be adalah been. Karena baru saja selesai. sehingga rumusnya adalah S + Have + Verb-3. Fungsi Present Perfect 1. Indonesia has not been a l nominal country. Jika bentuk nominal. Bentu k + Rumus Contoh Verbal S + have/has + Verb-3 I have told you 3 times. Jika digabung maka (Verb-1 + Have) + Verb-3 > Bentuk pertama dari Have adalah Have ditambah Verb-3. l – Verbal S + have/has + not + Verb-3 I have not ever gone to Jogjakarta even once. Oleh sebab itulah ia menggunakan kata kerja have (telah) untuk menunjukkan bahwa pekerjaannya telah usai. ? Nomina S + have/has + not + been + In 1703. B. maka Verb-3 nya diganti menjadi Been karena setiap kalimat nominal membutuhkan to be. Rumus Present Perfect Tense Untuk membuat rumus tense ini kita membutuhkan ciri-ciri present yaitu Verb-1 dan ciri-ciri Perfect yaitu Have / Has + Verb-3.

Contoh: o The sailors have just come back from the sea. . tapi lupa) 3. but he forgets. Jika bingung perbedaannya dengan fungsi Simple Past tense karena sama-sama telah terjadi silahkan baca penjelasannya DI SINI. but he didn’t pick his phone up. Untuk menggambarkan suatu pekerjaan yang telah dilakukan berulangulang. Contoh: o We have met before. yet (sudah) dan juga keterangan waktu yang menunjukkan sudah berkali-kali atau pernah walaupun hanya sekali seperti: ever (pernah). (Dia itu sudah bayar tagihannya. already (sudah). Contoh: o I have called him eight times. (Lihat! pilot baru saja membuat akrobat terbang di langit) 2. (Aku sudah menelphonnya 8 kali. (Para nelayan baru saja pulang dari laut) o Look! the pilot has made an acrobatic flight on the sky. D. don’t we? (Kita sudah pernah ketemu sebelumnya kan?) o She has paid the bill. Digunakan untuk menggambarkan suatu pekerjaan yang pernah dilakukan pada masa lalu tanpa jelas kapan tepatnya kejadian tersebut terjadi.dapat dirasakan pada saat ini. 3 times (3 kali) dsb. (Anakku sudah bangun berkali-kali malam ini). Keterangan Waktu. Keterangan waktu yang digunakan untuk Present Perfect tense adalah yang menerangkan bahwa pekerjaannya baru saja selesai seperti: just now (baru saja). tapi dia tidak mengangkat telphonnya) o My son has woken up for many times tonight.

5. . tapi tidak ada perubahan). kamu akan terlambat jika kamu datang 1 jam lagi). you will be late if you go one hour later. but no changes. (Rooney pernah mengunjungi penggemarnya di Indonesia sekali). 4. (Jangan salahkan aku jika dia memukulmu. I have killed it just now. Contoh Kalimat Present Perfect Tense. 3. The show has already started.E. Roney has ever visited his fans in Indonesia once. I have fixed this car three times. I have warned you many times not to touch his girl. 1. (Pertunjukan telah mulai. Don’t blame me if he hits you. 2. (Jangan khawatir ularnya sudah mati. (Aku telah memperbaiki mobil ini 3 kali. Don’t worry the snake is death. aku telah memperingatkanmu berkali-kali untuk tidak mendekati ceweknya). Aku sudah membunuhnya barusan).

Contoh: o I moved the Table to the corner o He has just painted the Wall o I saw Mr. tumbuhan. Noun Menurut Jenis bentuknya dibagi menjadi 2 macam: 1. tempat. Concrete noun. a dan an dengan mengetahui jenis suatu noun. Noun merupakan salah satu part of speech (unsur kalimat dalam bahasa Inggris) yang berupa orang atau sesuatu seperti benda. tempat. Jenis dan Contoh Noun. atau benda dan lain sebagainya. Pengertian. Jadi kita harus menguasai benar bagaimana cara menggunakan noun sesuai dengan kaidah grammar yang benar seperti kapan harus menggunakan awalan the. Noun adalah unsur kalimat yang paling banyak digunakan setelah verb. John at school yesterday o It’s dark here. Jenis dan Contoh Noun dalam Kalimat A. Yang dimaksud dengan concrete noun adalah sesuatu yang dapat ditangkap dengan panca indera seperti: nama orang.NOUN Pengertian. hewan. I need a Flashlight . B. ide gagasan dan lain sebagainya.

The Tower of London. Compound Nouns Yaitu yang merupakan gabungan dari dua kata atau lebih. Contoh: Step sister. blood e). Collective Nouns Berupa manusia (people). Abstract Noun. Contoh: Choir. Town. Kebalikan dari concrete noun. Proper Nouns selalu diawali dengan huruf kapital. Water. fish.o Who broke the Mirror? Concrete Noun sendiri dibagi lagi menjadi 5 bagian: a). Contoh: Man. tempat dan sebagainya. Metal. dan lain sebagainya. binatang (animals) dan suatu benda (things). perasaan. kelas dari benda-benda.United Nations. The Red Lion c). Proper Nouns Yaitu nama untuk sebuah kata benda yang khusus diperuntukkan untuk satu objek saja. Beberapa kata tertentu biasanya atau selalu digunakan untuk membuat collective nouns. Peking. d). Contoh: Africa. Contoh: o Devils always try to bring us to the darkness o Everyone hope to get happiness o We have to keep our health . iron. Court-martial. Contoh: gold. Team. Jury. Board of members. Material Nouns Yaitu nama yang menunjukkan nama benda yang terjadi dengan sendirinya dan bukan buatan manusia. Common Nouns Yaitu kata benda yang menunjukkan jenis. Cabinet (of ministers). yang dimaksud dengan abstract noun adalah kata benda yang tidak dapat ditangkap oleh panca indera seperti: gagasan. Ammonia b). Regiment. Shoal. water. Paper-clip 2.

o A judge must have a wisdom o A soldier must have a courage .