You are on page 1of 4

Piagam Madinah, Cikal Bakal Negara

Islam Pertama
19 November 2013 Meninggalkan komentar

Madie ~ Setelah Nabi melakukan hijrah ke Madinah, Nabi kemudian mengajak kaum muslimin
yang berasal dari Mekkah (Muhajirin) dan umat islam Madinah (Anshar) untuk menciptakan
persaudaraan. Dengan adanya persaudaraan ini, Nabi telah menciptakan suatu persaudaraan baru
selain persaudaraan berdasarkan darah, yaitu persaudaraan berdasarkan agama.
Selain itu, Nabi juga melakukan musyawarah dengan para sahabat baik Muhajirin maupun
Anshar untuk merumuskan pokok-pokok pemikiran yang akan dijadikan undang-undang. Pokokpokok pemikiran ini memuat tentang aturan yang berkenaan dengan orang-orang Muhajirin,
Anshar dan masyarakat Yahudi yang bersedia hidup berdampingan secara damai dengan umat
islam.
Undang-undang ini kemudian dikenal dengan nama Piagam Madinah yang ditulis pada tahun
ked-2 H (623 M). Butir-butir perjanjian itu adalah sebagai berikut :
1. Kaum muslimin dan kaum yahudi hidup secara damai, bebas memeluk dan menjalankan
ajaran agamanya masing-masing.
2. Apabila salah satu pihak diperangi musuh, maka mereka wajib membantu pihak yang
diserang.

4. maka penyelesaiannya dikembalikan kepada keadilan Muhammad SAW sebagai pemimpin tertinggi di Madinah. Dengan diserahkannya semua perselisihan yang tidak terselesaikan kepada Nabi. Di negara baru ini. berarti masyarakat yang dibangun oleh Nabi di Madinah sudah dapat dikatakan sebagai sebuah negara. Kaum muslimin dan yahudi wajib saling menolong dalam melaksanakan kewajiban untuk kepentingan bersama. Sumber bacaan : SKI kelas XII (2008) Toha Putera Tentang iklan-iklan ini Beri peringkat: Rate This Share this:  Twitter  Facebook  Terkait . yaitu negara Madinah. Bila terjadi perselisihan antara kaum Yahudi. Nabi muhammad diangkat sebagai kepala negara yang diberikan otoritas untuk memimpin dan melaksanakan ketatanegaraan yang telah disepakati bersama. Muhammad Rasulullah adalah pemimpin untuk seluruh penduduk Madinah.3.

Berapa tahun pemboikotan yang dilakukan oleh kaum qurais terhadap umat islam di Mekkah ?… dalam "Evaluasi" Perjanjian Aqabah II dalam "Bahan Ajar" Filed under Bahan Ajar. Peradaban Islam. Apa saja rintangan yang dihadapi Nabi ketika berdakwah di mekkah ? 4. Apa yang dimaksud dengan tahun gajah ? 2. Peristiwa Penting. Kelas XII. Apa yang dimaksud dengan tahun duka cita ? 3. Sejarah Umum Masukkan komentar anda disini .Boikot Kaum Quraisy Terhadap Dakwah Nabi di Mekkah dalam "Peradaban Islam" Tugas SKI KD1 dan KD2 Kerjakan lah tugas berikut ini : 1.