You are on page 1of 11

Materi Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII

Semester II
Posted on Maret 4, 2015 by oktavianivonny
BAB 1 MEMECAHKAN PERMASALAHAN DAMPAK TEKNOLOGI LEWAT DISKUSI
A. Pemodelan Teks Diskusi
1.Memahami Teks Diskusi “Bolehkah Siswa Membawa Telepon Seluler ke Sekolah ?
Kata “discussion”memiliki dua makna.Pertama,tindakan berbicara tentang suatu hal kepada
orang lain atau sekumpulan orang.Kedua, ucapan atau tulisan yang memberikan
informasi,ide,opini,dan lain-lain tentang suatu hal.Diskusi adalah sebuah interaksi komunikasi
antara dua orang atau lebih/kelompok.Biasanya komunikasi anatara mereka/kelompok tersebut
berupa salah satu ilmu atau pengetahuan dasar yang akhirnya akan memberikan rasa pemahaman
yang baik dan benar.Diskusi bisa berupa apa saja yang awalnya akan menghasilkan suatu
pemahaman dari topik tersebut.Dalam teknis pelaksaannya diskusi terbagi menjadi dua, yaitu
sebagai berikut.
a.Diskusi formal (resmi)
b.Diskusi nonformal (tidak resmi)
– Unsur-unsur diskusi, yaitu sebagai berikut.
a.Materi
b.Manusia,sebagai pelaksaan terdiri dari moderator,otulis,peserta,pemakalaha/penyaji.
c.Perlengkapan
– Macam-macam diskusi, yaitu sebagai berikut.
a.Seminar, yaitu pertemuan para pakar yang berusaha mendapatkan kata sepakat mengenai suatu
hal.
b.Sarasehan/simposium, pertemuan yang diselenggarakan untuk mendengarkan pendapat
prasaran para ahli mengenai suatu hal/masalah dalam bidang tertentu.
c.Lokakarya/sanggar kerja, yaitu pertemuan yang membahas suatu karya.

yaitu pertemuanpara wakil organisasi mengambil keputusan mengenai suatu masalah yang dihadapi bersama. Mengenali Struktur Teks Diskusi Secara sederhana.Jika kamu ingin menulis sebuah teks diskusi ini.yaitu sebagai berikut. b.Tujuan komunikatif dari teks diskusi itu sendiri adalah unutk mengetengahkan suatu masalah atau isu yang ditinaju paling tidak dari dau sudut pandang. yaitu pertemuan yang diselenggarakan untuk memberikan pengarahan singkat menjelang pelaksaan kegiatan.ada baiknya pilihlah topik permasalahan yang kontroversial sehingga nanti kamu memiliki banyak argumen yang mendukung ataupun argumen yang bertentangan. h.d.susunan umum dalam teks diskusi ini terbagi menjadi tiga bagian. 1.Wacana yang bermasalah ini adaalah wacana yang memiliki dua kubu antara pro (mendukung) dan kontra(penetang).Diskusi kelompok. Dari dua definisi di atas dapat disimpulkan secara sederhana bahwa yang disebut dengan teks diskusi adalah tulisan yang mengulas sebuah masalah (isu) dengan disertasi argumen/pendapat baik yangmendukung maupun yang menentang isu tersebut serta diakhiri dengan simpulan atau rekomendasi penulis.argumen adalah diskusi yang melibatkan sudut pandang yang betentangan.Pendapat yang mendukung .Teks diskusi (discussion text) bisa didefinisikan sebagai sebuah teks yang berisi tentang sebuah wacana yang bermasalah.serta diatur oleh seorng moderator.Santiaji.Argumen/pendapat Dalam percakpan umum. 2. yaitu diskusi yang dilangsungkan oleh panelis(peserta diskusi panel) dan disaksikan /dihadiri oleh beberapa orang pendengar.yang meliputi sebagai berikut. a.Masalah yang dihadirkan dalam teks diskusi nantinya akan didiskusikan berdasarkan dua sudut pandang tersebut (point of view) tersebut. yaitu penyelesaian masalah denagn melibatlkan kelompok-kelompok kecil.antara pendukung isu dan penentang isu.Muktamar. pro (pendukung)dan kontra(penentang). f. e.Pendapat tersebut tentu ada yang selaras dan juga ada yang bertentangan.Diskusi panel. Teks diskusi adalah salah satu jenis teks yang memberikan dua pendapat mengenai suatu hal. g.Konferesi.Issue/masalah utama Issue ini berisikan masalah yang akan didiskusikan lebih lanjut. yaitu pertemuan untuk berdiskusi mengenai suatu masalah yang dihadapi bersama.Dalam teks diskusi ada dua macam argumen.sebelum samapai pada suatu kesimpulan atau rekomendasi.

tetapi. b. melainkan.menggunakan kata modalitas.Penggunaan kohesi leksikal dan kohesi gramatikal 1) Penggunaan kohesi leksikal .Sehingga.kita dituntut untuk menjabarkan lebih lanjut mengensi penjelasan tentang masalah yang sedang kita bahas.maka perlu diperhatikan dan dipahami tentang ciri-ciri kebahasaan teks diskusi. Mengidentifikasi Unsur Kebahasaan Teks Diskusi Dalam mengidentifikasi unsur kebahasaan teks diskusi. 3.. usahakan kiata mengambil jalan tengah mengenai masalah yang sedang dibahas agar kesimpulan yang kita ambil tidak lagi mendatangkan masalah baru. 2. c.tetapi.tidak ….Saran/kesimpulan Pada bagian ini.sedangkan. e.bukan ….dalam mengidentifikasi unsur kebahasaan teks diskusi akan lebih mudah.yaitu mengguakan tanda hubung perlawanan seperti : a. c. g.maka perhatikan identifikasi unsur kebahasaan yang ada di dalam teks diskusi yang berjudul “Pengaruh Handphone terhadap Prestasi Belajar Siswa” berikut.mengawali dengan kalimat tanya.Pada bagian ini.Penggunaan konjungsi perlawanan b.alangkah baiknya kita memberikan pendapat yang lebih berbeda dengan pendapat yang mendukung. Ada beberapa cIri-ciri kebahasaan dalam teks diskusi. d. a. f. Setelah memahami ciri-ciri kebahasaan teks diskusi.menggunakan kohesi leksiakl dan kohesi gramtikal.Pendapat yang bertentangan Pada bagian yang menyatakan pertentangan.

frasa.Dengan demikian. c) Hiponim (hubungan bagian atau isi). b) Antonim (lawan kata).Kedua unsur itu haruslah mengacu pada refere yang sama. a) untuk mendapatkan efek intensitas makna bahasa. e) Kolokasi (sanding kata).dalam peunjukan terdapat dua unsur.Kohesi leksikal atau perpaduan leksikal adalah hubungan leksikal antara bagian-bagian wacana untuk mendapatkan keserasian struktur secara kphesif. yaitu unsur penunjuk dan unsur tertunjuk. Kohesi gramatikal adalah kepaduan yang dicapai dengan menggunakan elemen dan aturan gramatikal.Pengacuan atau referensi adalah salah satu jenis kohesi gramatikal atau berupa satuan lingual tertentu yang mengacu pada satuan lingual lain (atau suatu acuan) yang mendahului atau mengikutiya. f) Ekuivalensi.Analisis wacana dari aspek gramatikal atau kohesi gramatikal meliputi sebagai berikut. . a) Referensi (pengacuan) Secara tradisional referensi berarti hubungan antara kata dengan benda. c) Keindahan bahasa lain.referensi terbagi atas sebagai berikut. a) Sinonim (persamaan). atau mungkin juga satuan gramatikal yang lain.tetapi lebih lanjutdikatakan sebagai bahasa dengan dunia tanpa memerhatikan pemakai bahasa. 2) Penggunaan kohesi gramatikal. b) Kejadian informasi. Tujuan digunakannya aspek-aspek leksikal itu.Aspek gramatikal suatu wacana merupakan analisis wacana dari segi bentuk atau struktur lahir wacana.Referensi merupakan hubungan antara kata dan benda.Unsur kohesi leksiakl terdiri dari sebagai berikut.Referensi (pertunjukan) adalah penggunaan kata atau frasa untuk menunjuk atau mengacu kata.Kata buku mempunyai referensi (tunjukan) kepada sekumpualan kertas yang dijilid untuk ditulis atau dibaca.Pertanyaan demikian dianggap tidak diterima karena pemakai bahasa (pembicara) adalah penutur ujaran yang paling tahu referensi bahasa yang diujarkannya.Dilihat dari acuannya.diantaranya sebgai berikut. d) Repetisi (pengulangan).

(3) Substitusi frasa.Dilihat dari segi lingualnya.substitusi dibedakan menjadi empat macam. (1) Referensi persona. (4) Referensi komparatif. (b) Referensi katafora. (3) Referensi interogatif. c) Elipsis (pelesapan) .yaitu pengacuan satuan lingual yang disebutkan terlebih dahulu. (2) Substitusi verbal. (2) Referensi demonstrasi. yaitu penggantian satuan lingual dengan satuan lingual lain yang berupa kaat benda. (1) Substitusi nominal.referensi terbagi menjadi empat macam. yaitu penggantian satuan lingual dengan satuan lingual lain yang berupa kata kerja. yaitu pengacuan satuan lingual yang berada di dalam teks wacana.Substitusi dalam wacana digunakan untuk menambah variasi bentuk. (2) Referensi endofora. yaitu penggantian satuan lingual tertentu dengan satuan lingual lain yang berupa klausa. mengacu yang sebelah kanan.menghilangkan kemonotonan dan memperoleh unsur pembeda.(1) Referensi eksofora. yaitu pengacuan satuan lingual yang berada di luar teks wacana. mengacu yang sebelah kanan. yaitu penggantian satuan lingual tertentu dengan satuan lingual lain yang berupafrasa.yaitu sebagai berikut. yaitu pengacuan satuan lingual yang disebutkan setelahnya. Referensi endofora terbagi atas dua macam. yaitu sebagai berikut.dinamisasi narasi. Dilihat dari klasifikasinya. yaitu pengacuan satuan lingual berupa kata tanya. (4) Substitusi klausal. yaitu pengacuan satuan lingual berupa proomia atau kata ganti orang. b) Substitusi (penyulihan) Substitusi merupakan salah satu kohesi gramatikal yang berupa penggantian unsur lingual tertentu (yag telah disebut) dengan unsur lingual yang lain.yaitu sebagai berikut. (a) Referensi anaphora. yaitu pengacuan satuan lingual yang dipakai untuk membandingkan satuan lingual lain. yaitu pengacuan satuan ligual yang dipakai untuk menunjuk.

Unsur-unsur yang dirangkaikan dapat berupa kata.alinea.topik pembicaraan dan alih topik atau pemarkah disjungtif. (4) Untuk mengaktifkan pikiran pendengar atau pembaca terhadap sesuatu yang di ungkapkan dalam satuan kata.kalimat.Elipsis merupakan salah satu jenis kohesi gramatikal yang berupa penghilangan unsur (konstituen) tertentu yang telah disebutkan.kalusa. sesuatu yang ada tetapi tidak diucapkan atau tidak dituliskan. Adapun fungsi dari elipsis yaitu sebagai berikut. d) Konjungsi (perangkaian) Konjungsi merupakan salah satu kohesi gramatikal yang dilakukan dengan cara menghubungka unsur yang satu dengan unsur yang lain. – Macam-macam konjungsiantara lain sebagai berikut.Unsur yang dilesapkan bisa berupa kata. kalusa. Melengkapi Teks Diskusi .elipsis verbal.maupun kalimat.Elipsis dapat pula dikatakan penggantian nol (zero) . frasa. Penyusunan Teks Diskusi Secara Berkelompok 1.Elipsis dapat pula dibedaka atas elipsis nominal. Elipsis adalah peniadaan kata atau satuan lain yang wujud asalnya dapat diramalkan dari konteks bahasa atau konteks luar bahasa. (1) Sebab akibat (2) Pertentangan (3) Kelebihan atau eksesif (4) Perkecualian atau eksepsif (5) Tujuan (6) Cara 3) Pengguanaan modalitas Kata keterangan modalitas yaitu kata-kata yang menjelaskansuatu peristiwa karena tanggapan si pembacaatas berlangsugnya peristiwa tersebut. (1) Untuk efektifitas kalimat.frasa.elipsis kalusal. B. (3) Untuk mencapai aspek kepaduan wacana. (2) Untuk mencapai ilai ekonomis dalam pemakaina bahasa.

berdasarka struktur teks diskusi yang meliputi isu. Menyusun teks “Perlukah Batasan Umur Pengguna Facebook Akan Dihapus ?” Kamu perlu mengamati dan menganalisis strukturteks diskusi. 3. Penyusunan Teks Diskusi secara Mandiri .argumen menolak.fungsi sosial teks. yaitu sebagai berikut. Identifikasi teks diskusi 1) Struktur teks 2) Fungsi sosial teks diskusi 3) Klasifikasi unsur kebahasaan teks diskusi b.dan simpulan. 2.Telaah teks diskusi meliputi ejaan.kalimat.serta unsu klasifikasi kebahasaan yang membangun teks tersebut merupakan langkah identifikasi teks diskusi. b.argumentasi yang menolak. Mengidentifikasi dan Menelaah Teks Diskusi Identifikasi struktur teks. – Berikut langkah identifikasi teks diskusi .dan paragraf. a. Menelaah teks diskusi Unsur-unsur yang perlu ditelaah dalam teks diskusi.Agar dapat melengkapi teks diskusi yang disajikan dalam kotak-kotak yang kosong yang berisi isu. Meringkas teks “Perlukah Batasan Umur Pengguna Facebook Akan Dihapus ?” Dalam meringkas paragraf.argumen mendukung.maka setiap paragraf terdira atas 5 atau 6 kalimat.argumentasi yang mendukung. Menyusun Teks Diskusi Tujuan menyusun teks diskusi yaitu untuk berpedoman dalam menyusun struktur teks diskusi.dan simpulan. C. Meringkas dan Menyusun Teks Diskusi a. 1) Ejaan 2) Kalimat 3) Telaah paragraf 4.Mencatat ide-ide pokok teks diskusi merupakan caramerigkas sebuah teks teks diskusi.

kamu perlu meganalisis teks diskusi berdasarkan struktur teks diskusi.maka kamu dimita untuk merevisi ejaan.berita.novel.kritikan dan masukan untuk suatu karya yang dapat berupa cerpen. Membandingkan Teks Diskusi dengan Teks Eksposisi Dalam bandingkan teks diskusi dan teks eksposisi perlu memerhatikan beberapa unsur pembanding nya. Pemodelan Teks Ulasan 1. c. 3. Memahami Teks Ulasan Ringkasan tulisan adalah sebuah teks yang mengatakan kembali sejumlah pernyataan peting dari sebuah tulisan.film.laporan. 2.kalimat.kalimat.Tujuan teks ulasan adalah untuk memberikan saran.pilihan kata.unsur kebahasaan .Penelaahan meliputi struktur teks. b.dan kata hubung perlawanan.Cara meringkas dapat kamu lakukan dengan mencatatat ide-ide pokok teks tersebut.seperti dalam bentuk buku. Menyusun kembali teks “Pengaruh Facebook terhadap Belajar Siswa” Dalam memahami penyususnan teks diskusi. Bab 2 Mengulas Berbagi Karya Sastra A.a.Review text berfungsi untuk memberikan kritik terhadap suatu karya seni. Menelaah Unsur Kebahasaan Teks Diskusi Teks diskusi yang akan ditelaah.novel. Meringkas teks “Pengaruh Facebook terhadap Belajar Siswa” Dalam meringkas teks diskusi dapat dibuat menjadi beberapa paragraf.mauoun struktur teks diskusi sehingga menjadi teks yang benar. internet.Teks ulasan adalah sebuah teks yang dihasilkan dari sebuah analisis terhadap berbagai hal. kamu bisa cari di majalah.atau isi teks.koran.kemudian kamu buat ide-ide pokok itu menjaid kalimat.atau .Tiga hal yang dibandingkan adalah struktur teks.Review adalah ulasan evaluatif terhadap sebuah teks yang berisi deksripsi.dongeng fabel.Secara harfiah review atau ulasanbermakna tinjauan.dongeng atau cerita fabel.ejaan. Mengenali Struktur Teks Ulasan .penjelasan. Merevisi teks “Pengaruh Facebook terhadap Belajar Siswa” secara Mandiri Agar dapat mengetahui kesalaahn ejaan maupun kalimat dalam teks diskusi.ataupun lainnya untuk khalayak umum. 4.atau analisis teks yang di dalamnya juga memunculkan komentar penulis.

Menyusun teks ulasan Struktur teks ulasan yang terdiri atas orientasi. Penyusunan Teks Ulasan secara Berkelompok 1.Rangkuman (evaluation summation) 3.Unsur kebahasaan dalam teks 2.antara lain terdapat hal-hal sebagai berikut.Supaya bisa menangkap makna teks ulasan tersebut.mengandung sebuah makna.Tafsiran (interpretative recount) c. Menangkap Makna Teks Ulasan Kamu harus memahami makna suatu teks ulasan.Evaluasi (evaluation) d. B.Meringkas teks Paragraf adalah susunan dari beberapa kalimat yang terjalin utuh. a. Mengidentifikasi Unsur Kebahasaan Teks Ulasan Dalam teks ulasan terdapat ciri-ciri kebahasaan yang khas.Orientasi (orientation) b. Menyusun Teks Ulasan a. b.dan rangkuman harus benar-benar diperhatikan dalam menyusun teks ulasan.evaluasi.tafsiran. – Hal yang perlu diketahui dalam mengidentifikasi teks ulasan. Mengidentifikasi Teks Ulasan Gaya penulisan yang berbeda-beda merupakan ciri khas dari teks ulasa. .Cara meringkas dapat kalian lakukan denagn mencatat ideide pokok teks tersebut.maka kamu akan menemukan struktur teks ulasan yang terdiri atas sebagi berikut. a.kemudian kalian buat ide-ide pokok itu menjadi kalimat. 4.Struktur teks ulasan b.Ciri-ciri kebahasaan dalam teks ulasan tersebut.dan didalamnya terdapat gagasan utama.Kamu harus mengamati bagian-bagian per paragraf dari teks ulasan tersebut.

Penyusunan Teks Ulasan secara Mandiri 1.. Mengulas Cerpen Mengulas artinya memberikan penjelasan dan komentar. 3. Responden.Hal ini yang meliputikata rujukan. Soal 1.3.dan mempelajari menyelidiki). Notulis. 2.. Mengindetifikasi Teks Ulasan Dalam mengindentifikasi teks ulasan meliputi struktur teks dan unsur kebahasaan. 4. Mendiskusikan Teks Ulasan Diskusi adalah sebuah interaksi komunikasi antara dua orang atau lebi/kelompok.yaituorientasi.Secara harafiah. Tinjauan. Menyusun Teks Ulasan Menentukan karya sastra apa yang akan diolah. 2.evaluasi.Diskusi bisa berupa apa saja yang awalnya disebut topik.pendapat. C.Dengan demuikian.dan rangkuman. 3.ulasan adalah ….dan kalimat kompleks. Mengulas Cerpen Kamu harus bisa menghasilakan struktur teks ulasan cerpen. 4.menafsirkan (penerangan lanjut.tafsiran. 4.metafora. Dibawah ini yang bukan merupakan unsur-unsur penting dalam diskusi adalah .Dibawah ini tujuan teks ulasan adalah … .ulasan cerpen tersebut dapat kamu muat di majalah dinding. Mencari dan Mengidentifikasi Teks Ulasan Teks ulasan memiliki struktur atau dengan kata lain teks ulasan bertata organisasi khusus.Merangkum keseluruhan hasil diskusi adalah tugas ….

Sumber : (LKS bahasa indonesia kelas 8 semester 2 kurikulum 2013) .Memberikan saran dan kritikan.