You are on page 1of 37

US

1. Bagian mata yang berfungsi untuk mengatur banyak sedikitnya cahaya yang masuk
adalah ….
2. Orang yang menderita rabun jauh dapat ditolong dengan menggunakan kacamata
berlensa ….
3. Usaha untuk menjaga mata tetap sehat diantaranya ….
4. Bagian pada kamera foto yang berfungsi untuk merekam benda disebut ….
5. Lensa yang letaknya dekat dengan mata pada mikroskop disebut ….
6. Alat yang digunakan oleh kapal selam untuk mengamati keadaan di permukaan laut
adalah ….
7. Fungsi utama pengeluaran keringat adalah membuang . . . .
8. Seseorang dapat membaca dengan jelas pada jarak paling dekat 50 cm. Agar ia dapat
membaca dengan jelas pada jarak 30 cm, kekuatan lensa kacamata yang diperlukan
adalah….
9. Sifat-sifat bayangan yang terbentuk oleh cermin datar adalah ....
10. Seberkas sinar sejajar sumbu utama mengenai pada cermin cekung akan ....
11. Seekor ikan yang berada dalam kolam terlihat lebih dekat dibandingkan dengan
keadaan sebenarnya. Hal ini disebabkan sinar yang keluar dari air ....
12. Tenaga endogen adalah ….
13. Pusat timbulnya gempa dinamakan ....
14. Peristiwa penerobosa magma dari dalam perut bumi akibat dari tingginya temperatur
dan tekanan gas disebut.......
15. Garis pada peta yang menghubungkan tempat-tempat yang memiliki kekuatan yang
sama akibat gempa disebut....
16. Gempa yang sering terjadi di daerah pertambangan dan gua-gua termasuk jenis
gempa....
17. Gelombang tsunami yang terjadi di Aceh pada tanggal 26 Desember 2004 merupakan
akibat dari....
18. Alat yang digunakan untuk mencatat kekuatan gempa adalah....
19. Gempa tektonik sering menimbulkan korban yang sangat banyak karena....

20. Organ tubuh yang merupakan alat ekskresi adalah....
21. Perhatikan gambar!

Sebuah mobil seberat 16.000 N, ditempatkan pada piston B seperti gambar. Agar mobil
tersebut dapat terangkat, maka diperlukan gaya F sebesar....
22. Matahari seakan-akan bergerak dari timur ke barat, karena ….
23. Kota Bandung terletak pada garis 108oBT. Jika di Bandung menunjukkan pukul 19.00,
di kota Palu (120o BT) pukul ....
24. Tenaga endogen adalah ….
25. Orang yang menderita rabun dekat dapat ditolong dengan menggunakan kacamata
berlensa ….
Perhatikan gambar berikut!

26. Massa kotak = 75 kg dan percepatan gravitasi g = 10 m/s2. Tekanan yang diberikan oleh
dasar kotak adalah....
27. Tekanan hidrostatis yang terjadi dialami ikan jika massa jenis air adalah 1 g/cm3 dan g=

10 m/s 2 adalah.....
28. Sebuah benda berada 20 cm di depan lensa cembung. Jika bayangan yang terbentuk
berada pada jarak 10 cm, jari-jari kelengkungan yang dimiliki lensa adalah ....
29. Sebuah benda yang tingginya 20 cm diletakkan 15 cm di depan cermin cekung yang jarak
fokusnya 10 cm. Jarak bayangan benda ke cermin adalah ....
30. Sebuah lensa cekung memiliki kekuatan lensa 20 dioptri. Jari-jari kelengkungan lensa
tersebut adalah ....
31. Perhatikan gambar berikut ini!

Jika tekanan di atas permukaan air laut sebesar 76 cm Hg, maka tekanan di daerah P
sebesar.....
31. Bandul ayunan sesuai gambar bergerak dari A ke C. memerlukan waktu 1/40 detik.
Periode ayunan ini adalah....detik

32. sphygmomanometer digunakan untuk mengukur…..
33. Kantong kemih dalam system ekskresi berhubungan dengan…..
34. Seorang anak menyelam di kedalaman 100 m di bawah permukaan air. Jika massa jenis
air adalah 1.000 kg/m3 dan percepatan gravitasi adalah 9,8 m/s2 maka berapakah tekanan
hidrostatis yang dialami anak tersebut?
35. Perhatikan gambar berikut

Tentukan cepat rambat gelombang!
36. Apa penyebab terjadinya pembiasan cahaya? Berikan contoh pembiasan cahaya dalam
kehidupan sehari-hari!
37. Sebuah benda yang tingginya 7 cm berada di depan lensa cembung yang memiliki fokus 8
cm. Berapakah jarak benda dari lensa jika bayangan yang terbentuk nyata dengan tinggi 2
cm?
38. Dalam dua menit terjadi 960 getaran pada suatu partikel. Tentukan frekuensi getaran!

Membuang limbah yang tidak berguna dan beracun dari dalam tubuh 2. Mempertahankan temperatur tubuh dalam kisaran normal (termoregulasi) 4. Ginjal kanan lebih rendah dari pada ginjal kiri karena di atas ginjal kanan terdapat hati. Ginjal berbentuk seperti biji ercis dengan .Ekskresi merupakan proses pengeluaran zat sisa metabolisme tubuh. zat warna empedu dan asam urat. Eliminasi : yaitu proses pengeluaran zat dari rongga tubuh. Mengatur konsentrasi dan volume cairan tubuh (osmoregulasi) 3. 4. 2. Zat yang dikeluarkan meliputi zat yang tidak diserap usus sel epitel. terletak di rongga perut sebelah kanan depan dan kiri depan ruas-ruas tulang belakang bagian pinggang. Zat yang dikeluarkan belum pernah mengalami metabolisme di dalam jaringan. Ekskresi : yaitu pengeluaran zat sampah sisa metabolisme yang tidak berguna lagi bagi tubuh. Sekresi : yaitu pengeluaran getah oleh kelenjar pencernaan ke dalam saluran pencernaan. seperti CO2. Homeostasis ALAT-ALAT EKSKRESI PADA MANUSIA Ginjal (ren) Ginjal (ren) manusia berjumlah sepasang. Fungsi Sistem Ekskresi 1. H2O. usus yang rusak dan mikroba usus. Defekasi : yaitu proses pengeluaran sisa pencernaan makanan yang disebut feses. NH3. Getah yang dikeluarkan masih berguna bagi tubuh dan umumnya mengandun genzim. baik dari rongga yang kecil (saluran air mata) maupun dari rongga yang besar (usus). 3. 1. Beberapa istilah yang erat kaitannya dengan ekskresi adalah sebagai berikut.

amoniak. asam urat dan garam mineral tertentu. Seorang ahli bedah yang merupakan perintis di bidang saluran kentih yang mengidentifikasi kapsula tersebut. antara lain : 1. Kapsula Bowman mengambil nama William Bowman (l816 – 1892). creatinin 2. ureum. urea. Medula (sumsum ginjal). Di bagian korteks terdapat jutaan alat penyaring yang disebut nefron. mempertahankan tekanan osmosis cairan ekstraseluler. misalnya kadar gula darah yang melebihi normal. mengekskresikan zat-zat yang jumlahnya berlebihan. Glomerulus di identifikasi oleh seorang ahli mikroanatomi berkebangsaan ltalia bernama Marcerllo Malpighi (1628 – 1694).panjang sekitar 10 cm dan berat sekitar 200 gram. dan mempertahankan keseimbangan asam dan basa. seorang ahli anatomi berkebangsaan Jerman yang mendeskripsikan lengkung di dalam ginjal tersebut. amoniak (NH3). asam urat. meliputi : . asam urat. Dan tubulus kontortus kolektivus. yaitu mem-pertahankan tekanan osmotik ektraseluler  Mengatur konsentrasi garam dalam darah dan keseim-bangan asam basa darah. dan bermacam -macam garam. mengekskresikan zat-zat yang membahayakan tubuh. Lengkung Henle meugambil nama Jacob Henle (1809-1885). Glomrerulus merupakan anyaman pembuluh kapiler.’I’ubulus kontortus terdiri atas tubulus kontortus proksimal. Kapsula Bowman berbentuk mangkuk yang mengelilingi glomerulus. Setiap nefron terdiri atas badan Malpighi dan tubulus kontortus. Penamaan beberapa bagian ginjal mengambil nama ahli yang berjasa dalam penelitian ginjal. Penderita diabetes miletus urine mengandung glukosa.  Mengekskresikan zat-zat yang merugikan bagi tubuh. Badan Malpighi terdiri atas kapsula (simpai) Bowman Dan glomerulus. dan pelvis (rongga ginjal). Ginjal yang dibelah secara membujur akan memperlihatkan bagian-bagian korteks yang merupakan lapisan luar. antara lain menyaring darah sehingga menghasilkan urine. garam anorganik 3. misalnya protein-protein asing yang masuk ke dalam tubuh. Di antara tubuIus kontortus proksimal dan tubulus kontortus distal terdapat gelung /lengkung Henle pars ascenden (naik) dan pars descenden (turun). Ginjal merupakan alat pengeluaran sisa metabolisme dalam bentuk urine yang di dalamnya mengandung air. tubulus kontortus distal. Anatomi ginjal. Fungsi ginjal Ginjal merupakan alat ekskresi penting yang mempunyai beberapa fungsi. bacteri dan juga obat-obatan  Mengekskresikan gula kelebihan gula dalam darah  Membantu keseimbangan air dalam tubuh. urea.

sehingga menyebabkan penyerapan air terganggu dan tertimbun di kaki yang disebut oedema.dan sekresi H+ dan K+. Di dalam filtrat ini terlarut zat yang masih berguna bagi tubuh maupun zat yang tidak berguna bagi tubuh. asm amino dan garam-garam. Nefritis dapat menimbulkan uremia. Tubulus kontorti terdiri atas tubulus kontorti proksimal dan tubulus kontorti distal. Hal yang perlu diperhatikan meliputi :  Dalam keadaan normal urine tidak mengandung glukosa dan protein  Diabetes melitus terjadi karena adanya glukosa dalam urine yang disebabkan kekurangan hormon insulin  Banyak urine yan gdikeluarkan tergantung dari banyaknya air yang diminum dan kadar ADH. Di tempat sudah terbentuk urine yang sesungguhnya yang tidak terdapat glukosa dan protein lagi. pembuluh darah menambahkan zat lain yang tidak digunakan dan terjadi reabsornsi aktif ion Na+ dan Cl. . akibatnya kadar ureum dalam darah meningkat. misal glukosa. Ekskesi (pengeluaran) : dalam tubulus kontortus distal.Lapisan luar (korteks/ kulit ginjal) yang mengandung kurang lebih 1 juta nefron. gula. 2. urea dan zat bermolekul besar (protein dan sel darah) sehingga dihasilkan filtrat glomerus (urine primer). Lapisan dalam (medula/ sumsum ginja) yang terdiri atas tubulus kontorti yan gbermuara pada tonjolan papila di ruang (pelvis renalis). Tiap nefron terdiri atas badan malpighi (badan renalis) yang tersusun dari kapsula bowman dan glomerulus. yaitu : 1. Gangguan pada ginjal :  Nefritis : disebabkan gangguan pada nefron karena infeksi kuman. urine dialirkan oleh pembuluh ureter ke kandung urine (vesika urinaria) kemudian melalui uretra. Dari kedua ginjal. selanjutnya akan disalurkan ke tubulus kolektifus ke pelvis renalis. yaitu adanya uriene yang masuk ke dalam darah. garm. Filtrasi (penyaringan) : kapsula bowman dari badan malpighi menyaring darah dalam glomerus yang mengandung air. urine dikeluarkan dari tubuh. Reabsorbsi (penyerapan kembali) : dalam tubulus kontortus proksimal zat dalam urine primer yang masih berguna akan direabsorbsi yang dihasilkan filtrat tubulus (urine sekunder) dengan kadar urea yang tinggi. Proses pembentukan urine : Terdapat 3 proses penting yang berhubungan dengan proses pembentukan urine. 3.

 Oligouria : yaitu urine yang dikeluarkan sangat sedikit bahkan tidak berurine. akibatnya mengendap menjadi batu ginjal. Stratum granulosum tersusun atas sel-sel yang berinti dan mengandung pigmen . akibatnya kerusakan atau iritasi sel ginjal karena infeksi. akibatnya urine meningkat. 1) Epidermis Lapisan epidermis terdiri atas stratum korneum.  Batu ginjal : disebabkan kekurangan minum dan sering menahan kencing. Stratum korneum tersusun dari sel-sel mati dan selalu mengelupas. dermis (lapisan dalam/kulit jangat).  Diabetes inspidus (penyalit kuning) : disebabkan tidak ada hormon adh. disebabkan oleh kerusakan ginjal secara total. stratum granulosum. Diabetes melitus (kencing manis) : disebabkan kekuranga insulin. Dan hipodermis (jaringan ikat bawah kulit). Stratum lusidum tersusun atas sel-sel yang tidak berinti dan berfungsi mengganti stratum korneum.  Polyuria : yaitu urine yang dikeluarkan sangat banyak dan encer. yaitu epidermis (lapisan luar/kulit ari).  Albuminuria : disebabkan adanya protein dalam urine. akibatnya kadar glukosa darah meningkat. Kulit Kulit (integumen) merupakan lapisan terluar tubuh manusia dan pelindung bagian dalam tubuh. stratum lusidum. dan stratum germinativum. disebabkan kemampuan nefron untuk mengadakan reabsorbsi sangat rendah atau gagal. Susunan Kulit Kulit tersusun atas tiga lapisan.

kulit berfungsi mengeluarkan keringat. panas. terdapat di bawah dermis yang berfungsi melindungi tubuh dari pengaruh suhu luar 3) Hipodermis Hipodermis terletak di bawah dermis. terutama garam dapur. kelenjar.melanin. Di dalam kantong rambut terdapat akar rambut dan batang rambut. terutama garam dapur dan darah di pembuluh . Kelenjar keringat menyerap air dan garam. antara lain melindungi tubuh terhadap gesekan. Kelenjar keringat menghasilkan keringat yang di dalamnya terlarut berbagai macam garam. Rambut dapat tumbuh terus karena mendapat sari-sari makanan pembuluh kapiler di bawah kantong rambut. dan zat kimia. Lapisan ini banyak mengandung lemak. dan menahan panas tubuh. Lapisan ini mengandung akar rambut. merupakan lapisan zat tanduk  Stratum granulosum. selalu membentuk sel-sel baru ke arah luar 2) Dermis Dermis terletak di bawah epidermis. Keringat dialirkan melalui saluran kelenjar keringat dan dikeluarkan dari dalam tubuh melalui poripori. Fungsi kulit yang lain. mengatur suhu tubuh. mengandung pigmen  Stratum germonativum. merupakan lapisan zat tanduk. Kelenjar yang terdapat dalam lapisan ini adalah kelenjar keringat (glandula sudorifera) dan kelenjar minyak (glandula sebasea).  Stratum lusidium. Di dekat akar rambut terdapat otot penegak rambut. penyinaran. dan saraf.  Akar rambut  Pembuluh darah  Syaraf  Kelenjar minyak (glandula sebasea)  Kelenjar keringat (glandula sudorifera)  Lapisan lemak. pelindung tubuh terhadap benturan. Kelenjar minyak berfungsi menghasilkan minyak yang berfungsi meminyaki rambut agar tidak kering. mati dan selalu mengelupas. menerima rangsang dari luar: serta mengurangi kehilangan air. Lemak berfungsi sebagai cadangan makanan. Fungsi kulit Sebagai alat ekskresi. pembuluh darah.  Stratum korneum. Stratum germinativum tersusun atas sel-sel yang selalu membentuk sel-sel baru ke arah luar. kuman.

keringat akan keluar dari tubuh sebanyak sekitar 50 mL setiap jam. Emosi akan merangsang saraf simpatis untuk memperkecil pengeluaran keringat dengan cara mempersempit pembuluh darah.kapiler. berwarna kecoklatan. peningkatan suhu lingkungan. Sebagai alat eksresi hati menghasilkan empedu yang merupakan cairan jernih kehijauan. kolesterol dan juga . di dalamnya mengandung zat warna empedu (bilirubin). Hati (hepar) Hati merupakan kelenjar terbesar dalam tubuh. misalnya karena terik matahari atau kegiatan tubuh yang berlebihan. Kekurangan kadar garam darah dapat mengakibatkan kekejangan dan pingsan. Hati juga terdapat sel-sel perombak sel darah merah yan gtelah tua disebut histiosit. Hati dibungkus oleh selaput hati (capsula hepatica). Pengeluaran keringat yang berlebihan. dan goncangan emosi. Beberapa faktor yang dapat memacu pengeluaran keringat. Keringat yang dikeluarkan melalui pori-pori di permukaan kulit akan menyerap panas tubuh sehingga suhu tubuh menjadi tetap. Hati mendapat suplai darah dari pembuluh nadi (arteri hepatica) dan pembuluh gerbang (vena porta) dari usus. garam empedu. Hati terdapat pembuluh darah dan empedu yang dipersatukan selaput jaringan ikat (capsula glison). dapat menyebabkan terjadi lapar garam. Pada keadaan normal. Uap tersebut sebenarnya merupakan carbondioksisa dan uap air yang dikeluarkan saat terjadi pernafasan. Seseorang yang berada dalam daerah dingin waktu ekspirasi akan tampak menghembuskan uap. antara lain peningkatan aktivitas tubuh. terdapat di rongga perut sebelah kanan atas. Paru-paru (pulmo) Penguraian karbohidrat (glukosa) dan lemak kecuali menghasilkan energi akan menghasilkan zat sisa berupa CO2 dan H2O yang akan dikeluarkan lewat paru-paru.

Mengubah provitamin a menjadi vitamin a 7. atau kandung kemih. Misalnya virus. Nefrolitiasis Nefrolitiasis (batu ginjal) adalah penyakit pada sistem ekskresi yang ditandai dengan adanya batu pada ginjal. 1. 3. Tempat pembentukan dan penghancuran eritrosit yang telah tua KELAINAN dan PENYAKIT PADA SISTEM EKSKRESI Kelainan dan penyakit yang menyerang sistem ekskresi dapat disebabkan oleh banyak hal. Hematuria Hematuria (kencing darah) adalah penyakit pada sistem ekskresi yang ditandai dengan urine penderita mengandung darah. dan kanker kandung kemih. Penyakit ini rnenyebabkan terlalu banyak albumin yang lolos dari saringan ginjal dan terbuang bersama urine. bakteri. Fungsi hati : 1. jamur. Menyimpan kelebihan gula dalam bentuk glikogen (gula otot) 2. Membentuk protombin dan fibrinogen 5. Membentuk albumin dan globulin 6. Albuminuria Albuminuria adalah penyakit pada sistem ekskresi yang ditandai dengan urine penderita mengandung albumin. Batu ginjal terbentuk karena konsentrasi unsur-unsur tersebut dalam urine . batu ginjal. Penyakit ini antara lain disebabkan oleh peradangan gnjal. 2.bacteri serta obat-obatan. Albumin merupakan protein yang bermanfaat bagi manusia karena berfungsi untuk mencegah agar cairan tidak terlalu banyak keluar dari darah. Beberapa penyakit pada sistem ekskresi antara lain sebagai berikut. penyakit ginjal. Batu ginjal pada umumnya mengandung garam kalsium ( zat kapur) antara lain kalsium oksalat. Menawarkan racun 4. Menghasilkan empedu 9. kalsium fosfat. Penyakit ini antara lain disebabkan oleh kekurangan protein. Tempat pembentukan urea 8. Merombak kelebihan asam amino (deaminasi) 3. atau campurannya. Zatr warna empedu terbentuk dari rombakan eritrosit yang telah tua atau rusak akan ditangkap histiosit selanjutnya dirombak dan haeglobinnya dilepas. Efek samping obat atau pola makan yang tidak sehat. saluran ginjal. dan penyakit hati.

dan pemberian obat-obatan penurun kadar glukosa darah. Hepatitis Hepatitis adalah radang hati yang umumnya disebabkan oleh virus. Dengan kemajuan ilmu dan teknologi. Penyakit ini harus segera ditangani dokter. Diabetes Insipidus Diabetes insipidus adalah penyakit pada sistem ekskresi yang ditandai dengan meningkatnya jumlah urine sampai 20-30 kali lipat karena kekurangan hormon antidiuretika (ADFI). Gangren Gangren adalah kematian jaringan lunak yang disebabkan oleh gangguan pengaliran darah ke . yang dipercepat dengan infeksi dan penyumbatan pada ureter. atau komplikasi hepatitis. menghindari kontak langsung dengan penderita hepatitis dan tidak menggunakan jarum suntik untuk pemakaian lebih baik satu kali. khususnya nefron. ginjal menjalankan fungsinya. Penyakit ini dapat diatasi dengan pemberian ADH sintetik. Kelebihan glukosa darah akan dikeluarkan bersama urine. Nefritis Nefritis adalah penyakit pada sistem ekskresi yang ditandai dengan peradangan ginjal. Penyakit ini dapat diatasi dengan dua alternatif. Cangkok ginjal dapat dilakukan jika ada kecocokan antara organ donor dan jaringan penderita sehingga tidak terjadi penolakan. dan kematian. Apabila batu ginjal sudah berukuran besar. sampai transplantasi hati. Penyakit ini dapat dicegah dengan vaksin hepatitis. Karena hati merupakan organ yang mempunyai banyak fungsi vital. 9. Kadar urea darah yang tinggi dapat menimbulkan keracunan dan mengakibatkan kematian. Salah satu contohnya adalah timbulnya uremia. Penyakit ini diobati dengan cara mengeluarkan batu ginjal. menjaga kebersihan lingkungan. 5. keracunan obat-obatan. Diabetes melitus pada anak diatasi dengan penyuntikan insulin secara rutin. antara lain hepatitis A dan B.tinggi. Gagal ginjal antara lain disebabkan oleh nefritis. Apabila batu ginjal masih berukuran kecil. Sirosis hati sering terjadi pada peminum alkohol. Urine penderita pun berwarna kuning. akibatnya zat-zat yang seharusnya dapat dikeluarkan rnelalui ginjal menjadi tertumpuk di dalam darah. Gagal Ginjal Gagal ginjal adalah ketidakmampuan. antara lain gangguan kesadaran. kemudian menyebar ke jaringan sekitarnya. Sirosis Hati Sirosis hati adalah kelainan pada hati yang ditandai dengan timbulnya jaringan parut dan kerusakan sel-sel normal hati. Proses peradangan biasanya berasal dari glomerulus. 6. koma. Pertama melakukan dialisis ginjal (cuci darah) yang diIakukan secara rutin. Pengobatan sirosis hati ditujukan pada penyebab utamanya. harus dikeluarkan dengan tindakan operasi. dapat dihancurkan dengan obat-obatan. Beberapa hepatitis. 10. sirosis hati akan menimbulkan beberapa akibat. olahlaga. batu ginjal dapat dihancurkan dengan gelombang suara yang berintensitas tinggi tanpa perlu tindakan operasi. pemulihan fungsi hati. Penderita hepatitis mengalami perubahan warna kulit dan putih mata menjadi berwarna kuning. yaitu peningkatan kadar urea di dalam darah. infeksi bakteri. 4. Kedua dengan transplantasi (cangkok) ginjal dari donor. Diabetes melitus pada orang dewasa dapat diatasi dengan mengatur diet. 8. 7. bahkan kecokelatan seperti teh. Diabetes Melitus Diabetes melitus (kencing manis) adalah penyakit pada sistem ekskresi yang ditandai dengan kadar glukosa darah melebihi normal karena kekurangean hormon insulin.

. 8. . . Ganggren banyak terjadi pada penderita diabetes melitus dan aterosklerosis yang sudah lanjut... pengobatan. . kemudian menghitam dan berbau busuk... Endapan ini dapat terjadi pada rongga ginjal atau dalam kantong kemih. Urea merupakan zat sisa yang dibuang melalui urin. . . 2. Paru paru sebagai organ pengeluaran sisa respirasi berupa…. Kencing Batu Kencing batu disebabkan pembentukan endapan zat kapur (kalium) dalam ginjal... Urutan yang benar pada proses pembuatan urine adalah. Zat sisa metabolisme berupa cairan empedu dikeluarkan melalui . 6.. Pada keadaan yang tidak tertolong bagian tubuh yang terkena gangren harus diamputasi.filtrasi . 3.Perhatikan gambar dibawah ini: Tempat penyaringan darah ditunjukkan oleh nomor . .. Untuk mengatasi infeksi diperlukan antibiotik. . Gangren sering terjadi di tangan dan kaki karena gangguan aliran darah. . .. Jika endapan terbentuk di dalam rongga ginjal disebut batu ginjal. saat berjalan dilumpur. .augmentasi 2. . Jika terbentuk di dalam kantong kemih disebut kencing batu. Organ tubuh yang merupakan alat ekskresi adalah. 1. Satuan unit terkecil di ginjal yang bertugas membentuk urin adalah . Fungsi utama pengeluaran keringat adalah membuang . sphygmomanometer digunakan untuk mengukur…. . Jaringan yang terkena mula-mula menjadi kebiruan dan terasa dingin jika disentuh..jaringan tersebut. . 11. 1. . 10. 7.. itik dan ayam yang beratnya sama akan mengalami perbedaan… 4. Pembentukan urea berlangsung di . LATIHAN SOAL EKSKRESI 1. Baik batu ginjal maupunpun kencing batu dapat dihilangkan dengan pembedahan {operasi). 11. atau penembakan dengan sinar laser. 5. 9. TBC merupakan kelainan paru-paru yang dapat disebarkan melalui .

.5 ton muatan dan akan melintasi jembatan.. Satuan tekanan yang lain adalah pascal (Pa) dan bar. tekanan untuk setiap ban adalah: I/8 x p = 1/8 x 625000 = 78.? p = f/a =m. Tekanan pada Zat Padat tekanan pada suatu zat padat dapat dinyatakan sebagai gaya per satuan luas penampang. Jelaskan fungsi ginjal dalam system ekskresi manusia! 3.dan ditunjukkan pada gambar nomer . . Secara matematis.. tekanan dapat dinyatakan sebagai berikut.125 Pa. luas permukaan bidang sentuh roda dengan permukaan jalan seluruhnya adalah 400 cm2.reabsorbsi 1. Dengan demikian. Berapakah tekanan yang dialami setiap ban? Penyelesaian: Diketahui: m = 2...3.g/A = 2500×10 0. Perhatikan gambar paru-paru di samping tempat terjadinya pertukaran gas adalah.. 1.04 = 625. 2. Sebutkan cara menjaga kesehatan system ekskresi manusia! Tekanan Tekanan merupakan suatu ukuran yang terdiri dari besarnya gaya yang bekerja pada suatu benda untuk setiap satu satuan luas permukaan bidang tekan. Tekanan dapat dinotasikan sebagai simbolp (pressure). Warna cairan empedu disebabkan adanya kandungan.000 N/m2 Tekanan seluruh ban adalah 625.5 ton = 2500 kg A = 400 cm2 = 4 x 10″2 m2 g = 10 m/s2 Ditanyakan: p =….. dengan: p = tekanan (N/m2) F = gaya (N) A = luas bidang tekan (m2) p = f/a Contoh soal Sebuah truk mempunyaii delapan roda berisi 2..000 Pa.000 N/m2 atau 625.

Tekanan pada zat cair mengarah ke segala arah. Hukum Pascal menyatakan bahwa: “Tekanan yang diberikan pada zat cair dalam ruang tertutup akan diteruskan ke segala arah dengan sama besar. Ph = p. Manomemeter terbuka ini terdiri dari tabung pipa kapiler yang bentuknya seperti huruf U yang terhubung dengan tabung gas.8 .” . 100 = 9.8 m/s2 maka berapakah tekanan hidrostatis yang dialami anak tersebut? Penyelesaian: Diketahui: h = 100 m p = 1000 k g/m3 g = 9.h dengan: ph = tekanan hidrostatis zat cair (N/m2) p = massa jenis (kg/m3) g = percepatan gravitasi (m/s2) h = kedalaman dari permukaan (m) Contoh Soal Seorang anak menyelam di kedalaman 100 m di bawah permukaan air. Perhatikan diagram manometer terbuka berikut ini. Tekanan gas dalam ruang terbuka dapat diukur dengan menggunakan barometer. Besar tekanan udara yang terbaca pada suatu sisi pipa yang terbuka sama dengan tekanan gas dalam suatu tabung.? Jawab: ph = p . 9. Rumus tekanan hidrostatis sebagai berikut. Jika massa jenis air adalah 1. g .g.8 m/s2 Ditanyakan: ph -…. Hukum Pascal Hukum Pascal adalah hukum yang menerangkan tentang suatu sifat tekanan pada zat cair. h = 1000 .8 x 105 N/m2 Tekanan pada Zat Gas Gas-gas yang ada di dalam ruangan yang tertutup akan mengeluarkan udar dan menekan ke segala arah dengan sama besar.000 kg/m3 dan percepatan gravitasi adalah 9. Tekanan hidrostatis ini tergantung pada suatu tingkatan kedalaman dan berat jenis pada zat cair. Tekanan gas pada ruang tertutup bisa diukur dengan menggunakan 2 alat yang berbeda yang masing-masing namanya seperti manometer terbuka dan manometer tertutup.Tekanan pada Zat Cair Tekanan pada zat cair sering disebut juga dengan tekanan hidrostatis.

5 m2 A2= 1/8 A1 g = 10 m/s2 Fi = w = m . Secara matematis.g.000 N Ditanyakan: F2 = ….” Hukum ini tidak berlaku pada suatu bejana yang berisi kan cairan tak sejenis dan pipa kapiler. Contoh Soal Sebuah beban akan diangkat dengan menggunakan dongkrak hidrolik. P. Berapakah gaya yang harus diberikan pada penampang B (luasnya 11/88 kali penampang A) agar beban dapat terangkat? Penyelesaian: Diketahui: A1= 0. g. dan dongkrak hidrolik. Ketinggian bidang batas adalah 1.h1=p2.4 cm. Massa beban 64 ton diletakkan di atas penampang A seluas 0. Berapakah massa jenis cairan tersebut? Penyelesaian: Diketahui: . antara lain seperti rem hidrolik.? Jawab: f1/f2 = f2/A2 640000/A1 = F2/1/8 A1 F2 = 1/8 x 640000 = 80. g = 64000 kg x 10 = 640.5 m2. hukum bejana berhubungan dirumuskan sebagai berikut. = P2 P1.000 N Hukum Bejana Berhubungan Dalam suatu Hukum bejana berhubungan menyatakan bahwa: “apabila bejana berhubungan diisi dengan zat cair yang sama.6 gr/cm3.h2 dengan: p1 = tekanan zat cair 1 (Nnr2) p2 = tekanan zat cair 2 (Nnr2) P1 = massa jenis zat cair 1 (kgnr3) p2 = massa jenis zat cair 2 (kgnr3) h1= tinggi permukaan zat cair 1 (m) h2 = tinggi permukaan zat cair 2 (m) Contoh Soal Ke dalam kaki 1 pipa U dimasukkan cairan setinggi 32 cm dan ke dalam kaki 2 dimasukkan raksa dengan massa jenis 13. pompa hidrolik. maka pada keadaan kesetimbangan permukaan zat cair dalam bejana berada dalam satu bidang datar.dengan: F1 = gaya pada penampang A1(N) F2 = gaya pada penampang A2(N) A1= luas penampang 1 (m2) A2 = luas penampang 2 (m2) Peralatan yang menggunakan prinsip hukum Pascal.

LATIHAN SOAL TEKANAN 1. maka tekanan di daerah P sebesar. Galangan kapal. 4. g . Jembatan ponton.4 pl = 0. Perhatikan gambar! Sebuah mobil seberat 16. 3.. yaitu alat untuk mengukur massa jenis relatif zat cair terhadap air. Perhatikan gambar berikut ini! Jika tekanan di atas permukaan air laut sebesar 76 cm Hg. 32 = 13.. ditempatkan pada piston B seperti gambar..000 N.6 . Balon udara.. 2. 4.. h1 = p2g.595 gr/cm3 pt .4 cm p2 = 13..? Jawab: p1. maka diperlukan gaya F sebesar.” Dalam hukum Archimedes ternyata bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari kita antara lain sebagai berikut.h2 Hukum Archimedes Hukum Archimedes hanya berlaku pada zat yang dinamakan fluida. “Benda yang dicelupkan sebagian atau seluruhnya ke dalam zat cair akan mengalami gaya ke atas yang besarnya itu sebanding dengan berat zat cair yang dipindahkan. 10 . Tekanan yang diberikan oleh dasar kotak adalah... ..10...1. 3. Perhatikan gambar berikut! Massa kotak = 75 kg dan percepatan gravitasi g = 10 m/s 2. 1. 5. 2.6 gr/cm3 Ditanyakan: p1 = …. yakni jembatan yang menggunakan drum-drum kosong berisi udara... Zat yang termasuk dalam fluida adalah zat cair dan gas. Empat buah benda dengan bentuk yang berbeda diletakkan di atas lantai. yakni alat untuk mengangkat kapal laut ke permukaan air.32 cm h2 = 1. Hidrometer. Agar mobil tersebut dapat terangkat. Kapal laut dan kapal seiam. Tekanan paling kecil yang dialami lantai diakibatkan oleh benda nomor.

Hal ini disebabkan sinar yang keluar dari air . kekuatan lensa kacamata yang diperlukan adalah….. Jika seberkas sinar datang dari medium kurang rapat menuju medium lebih rapat... 6. 2. Bagian mata yang berfungsi untuk mengatur banyak sedikitnya cahaya yang masuk adalah ….. Seorang anak menyelam di kedalaman 100 m di bawah permukaan air.. Seberkas sinar sejajar sumbu utama mengenai pada cermin cekung akan . Seekor ikan yang berada dalam kolam terlihat lebih dekat dibandingkan dengan keadaan sebenarnya.000 kg/m3 dan percepatan gravitasi adalah 9.. 3.. 1. 6. 4. maka sinar tersebut akan .8 m/s2 maka berapakah tekanan hidrostatis yang dialami anak tersebut? 7. Ketika berenang...(pembiasan) 2.000 N? CAHAYA OPTIK TATASURYA 1. Jika massa jenis air adalah 1. maka tekanan gas menjadi. 5. Berapakah gaya yang harus diberikan agar dapat mengangkat sebuah mobil 20. Sudut datang adalah sudut yang dibentuk oleh …. Jika cahaya datang dari zat yang kurang rapat menuju zat yang lebih rapat cahaya akan …. Sejumlah gas dalam ruang tertutup memiliki volume 10 liter pada tekanan 2 atm.. Jika gas dimampatkan dengan menjaga suhunya tetap konstan hingga volumenya menjadi 4 liter. 1.5. 8.. Agar ia dapat membaca dengan jelas pada jarak 30 cm... Cahaya memiliki sifat dapat …. Sifat-sifat bayangan yang terbentuk oleh cermin datar adalah .. Ini menunjukkan bahwa cahaya …... Seseorang dapat membaca dengan jelas pada jarak paling dekat 50 cm.. Tekanan hidrostatis yang terjadi dialami ikan jika massa jenis air adalah 1 g/cm3 dan g = 10 m/s 2 adalah.. .(pembentukan bayangan) 2.. kaki terlihat lebih pendek. Sebuah alat pengangkat mobil menggunakan luas penampang pengisap kecil 10 cm2 dan pengisap besar 50 cm2.

Usaha untuk menjaga mata tetap sehat adalah …. yaitu …. . Sebuah benda berada 20 cm di depan lensa cembung. Jarak bayangan benda ke cermin adalah ..Berikut ini urutan lapisan matahari dari yang paling dalam. 12...Alat yang digunakan oleh kapal selam untuk mengamati keadaan di permukaan laut adalah …. 8. Gangguan pada mata yang dapat ditolong dengan menggunakan kacamata berlensa ganda (lensa cembung-lensa cekung) adalah ….. jari-jari kelengkungan yang dimiliki lensa adalah .. Orang yang menderita rabun jauh dapat ditolong dengan menggunakan kacamata berlensa …... Sebuah lensa cekung memiliki kekuatan lensa 20 dioptri.. 10. 13. 11. Materi Getaran Getaran adalah gerak bolak-balik benda melalui titik kesetimbangannya.. Jika bayangan yang terbentuk berada pada jarak 10 cm. 14.Lensa yang letaknya dekat dengan mata pada mikroskop disebut …. 6. 9. 5. Sebuah benda terletak di depan lensa dengan jarak fokus 14 cm..Bagian pada kamera foto yang berfungsi untuk merekam benda disebut …. Jari-jari kelengkungan lensa tersebut adalah . Jarak antara benda dan lensa adalah .3. Bayangan yang terbentuk adalah tegak dengan tinggi 4 kali semula..Benda ruang angkasa yang letaknya sangat jauh dapat dilihat oleh mata secara jelas dengan mengunakan …. Sebuah benda yang tingginya 20 cm diletakkan 15 cm di depan cermin cekung yang jarak fokusnya 10 cm.. Sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin cekung jika benda berada di antara pusat dan fokus cermin adalah .. 7... 4. 15.

Amplitudo Amplitudo didefinisikan sebagai simpangan getaran paling besar. Frekuensi mempengaruhi tinggi rendah bunyi. Dalam gelombang bunyi amplitudo mempengaruhi kuat lemahnya bunyi. dalam gambar di atas titik seimbangnya adalah B berarti amplitudo (simpangan maksimum)nya adalah BA dan BC. 2.Perhatikanlah gambar di samping : Bila gerakan dimulai dari A maka satu getaran menempuh lintasan A-B-C-B-A Bila gerakan dimulai dari B maka satu getaran dapat diawali dengan gerakan ke kanan atau ke kiri (bebas) : ke Kiri lintasannya B-A-B-C-B dan ke kanan lintasannya B-C-B-A-B Kalau C maka satu getarannya dengan mudah dapat ditentukan bukan ? 1. keterangan : n = banyaknya getaran/elombang t = waktu (s) . Periode dan Frekuensi Periode ( T ) adalah waktu yang diperlukan untuk melakukan satu kali getaran Frekuensi ( f ) adalah banyaknya getaran tiap satuan waktu (sekon).

adalah gelombang yang memerlukan medium untuk perambatannya. Gelombang Tranversal adalah gelombang mekanik yang arah perambatannya tegak lurus terhadap arah getarannya. mediumnya dapat berupa udara..jadi hubungan antara periode dan frekuensi dapat ditulis : Materi Gelombang Gelombang adalah geteran yang berjalan. Berdasarkan kebutuhan medium (tempat) perambatannya dibedakan menjadi 2 yakni :  Gelombang mekanik. adalah gelombang yang tidak memerlukan medium untuk perambatannya. berarti gelombang elektromagnetik dapat melalui ruang hampa..bila kalian perhatikan antara rumus periode ( T ) dan frekuensi ( f ) saling berkebalikan.  Gelombang Elektromagnetik. dan tidak dapat melalui ruang hampa. Materi Gelombang Mekanik gelomnag mekanik dibagi menjadi dua macam yakni gelombang tranversal dan gelombang longitudinal.. Contohnya gelombang cahaya. . zat cair maupun zat padat.

contoh gelombang tranversal : gelombang tali.Perhatikan gambar di samping : gelombang merambat dari kiri kekanan sedangkan arah getarannya naik turun. F. Hal2 yang perlu diperhatikan dalam gelombang tranversal ini :  ABC. Gelombang Longitudinal . EFGHI = satu gelombang Satu gelombang terdiri atas satu puncak gelombang dan satu lembah gelombang.5 gelombang. gelombang air dll. EFG. Dengan kata lain terdiri atas 2. gelombang transversal pada Gambar di atas terdiri atas 3 puncak gelombang dan 2 lembah gelombang. Jadi. dan J = titik puncak gelombang  D dan H = titik dasar gelombang  ABCDE. dan IJK = bukit gelombang  CDE dan GHI = lembah gelombang  B.

misal diketahui jarak tempuh (s) dan waktunya (t) maka menggunakan rumus v = s/t . berarti rumus kecepatan ada tiga macam dan penggunaanya tergantung dengan apa yang diketahui dalam soal. Materi Cepat Rambat dan Panjang Gelombang v = cepat rambat gelombang bunyi (m/s) s = jarak yang ditempuh (m) t = waktu tempuh (s).adalah gelombang mekanik yang arah perambatannya sejajar terhadap arah getarannya. Contohnya gelombang bunyi. Materi Gelombang Bunyi .

contoh lain resonansi : ketika sebuah bandul digoyang maka bandul lain yang tidak digoyang namun memiliki panjang yang sama akan secara alami ikut bergoyang. penampang senar. semakin rendah frekuensi yang dihasilkan. semakin besar luas penampang senar. Faktor-faktor yang memengaruhi frekuensi nada alamiah sebuah senar atau dawai menurut Marsenne adalah sebagai berikut : 1) Panjang senar.hal ini karena bandul yang mempunyai panjang tali yang sama juga mempunyai frekuensi yang sama juga. tegangan. .... contoh pantulan bunyi dalam kotak udara gitar mempunyai frekuensi yang sama.. dan jenis senar..seperti yang telah dikemukakan sebelumnya. bunyi merupakan bentuk dari gelombang tranversal (arah rambatan sejajar dengan arah getarannya).maka terjadi resonansi dan bunyi gitar menjadi lebih nyaring dari bunyi aslinya (petikan senar saja).. semakin panjang senar semakin rendah frekuensi yang dihasilkan. kuat lemah bunyi dipengaruhi Amplitudo dan tinggi rendah bunyi dipengaruhi oleh frekuensi Nada adalah bunyi yang teratur Desah adalah bunyi yang tidak teratur Timbre adalah warna bunyi Resonansi adalah peristiwa ikut bergetarnya benda lain yang berfrekuensi sama dengan sebuah benda yang bergetar.. 2) Luas penampang.. semakin besar tegangan senar semakin tinggi frekuensi yang dihasilkan. 3) Tegangan senar.sehingga terjadi resonansi Hukum Marsenne Marsenne menyelidiki hubungan frekuensi yang dihasilkan oleh senar yang bergetar dengan panjang senar.

000 Hz.de .ka : mer . Contoh Bunyi asli Bunyi pantul : mer ..4) Massa jenis senar. bunyi jenis ini juga tidak dapat di dengarkan manusia. Gema..ka : mer .. Bunyi ultrasonik adalah bunyi yang frekuensinya > 20. Pengelompokan bunyi berdasarkan frekuensinya : 1.dll Pemantulan Bunyi Jenis pemantulan bumi ada 2 yakni : 1. adalah bunyi pantul yang terdengar setelah bunyi asli selesai. 2. misalnya pada suatu lembah atau gunung.ka peristiwa seperti ini dapat terjadi dalam sebuah gedung yang tidak ada peredam suaranya. kardus dll. hewan yang mampu mengarkan bunyi jenis ini adalan lumba2. jangkrik dan lumba-lumba.de .20. hal ini terjadi karena dinding pantulnya mempunyai jarak yang jauh. Bunyi audiosonik adalah bunyi yang frekuensinya diantara 20 Hz . bunyi ini tidak dapat didengarkan oleh manusia namun dapat didengarkan oleh laba-laba.de . 3.000 Hz. untuk mengurangi atau menghilangkan gaung diperlukan bahan peredam suara seperti : gabus. Bunyi Infrasonik adalah bunyi yang frekuensinya < 20 Hz. semakin kecil massa jenis senar semakin tinggi frekuensi yang dihasilkan.de . anjing. wool. Hal ini menyebabkan bunyi asli terdengar kurang jelas. bunyi jenis inilah yang dapat didengarkan oleh manusia. kapas. 2. adalah bunyi pantul yang sebagian terdengar bersamaan dengan bunti aslinya.ka Perhitungan Jarak Sumber Bunyi dengan Bidang Pantul . jangkrik. Gaung. Contoh Bunyi asli Bunyi pantul : mer .

? t =4s v = 340 m/s s = (v x t) / 2 = (340 x 4) / 2 = 680 m HOME WORK GETARAN 1. . . 2.. .. .karena lintasan bunyi pantul merupakan gerak bolak balik maka jarak sumber dengan bidang pantul sama dengan separuhnya s = jarak tempuh v = cepat rambat t = waktu tempuh gelombang bunyi (t) gelombang gelombang bunyi bunyi (m) (m/s) Contoh : Diketahui cepat rambat gelombang bunyi di udara adalah 340 m/s. Sebuah kapal memancarkan bunyi sonar ke dasar laut. Sebuah bandul bergetar sebanyak 30 kali dalam waktu 20 sekon. Sebuah bandul bergetar sebanyak 50 kali dalam waktu 25 sekon. . Jika 4 sekon kemudian orang di dalam kapal dapat mendengarkan bunyi pantulannya.. 3. . Frekuensi bandul tersebut adalah . . Hitung kedalaman laut tersebut. . 4. Periode getar suatu benda yang frekuensinya 10 Hz adalah . . Periode getar suatu benda yang frekuensinya 4 Hz adalah . . Frekuensi bandul tersebut adalah….

Jika suatu getaran mempunyai periode 3 detik. istilah gunung api ini juga dipakai untuk menamai fenomena pembentukan ice volcanoes atau gunung api es dan mud volcanoes atau gunung api lumpur. tetapi lokasi gunung berapi yang paling dikenali adalah gunung berapi yang berada di sepanjang busur Cincin Api Pasifik ( Pacific Ring of Fire ). Hitunglah periode dan frekuensi ayunan mistar tersebut! 9. . Jawa Tengah yang populer sebagai Bledug Kuwu dan Lapindo Surabaya Jawa Timur. Gunung api es biasa terjadi di daerah yang mempunyai musim dingin bersalju. menghasilkan 2 rapatan dan 2 renggangan. Suatu pegas melakukan 150 getaran dalam waktu 0. sedangkan gunung api lumpur dapat kita lihat di daerah Kuwu.5 menit.. termasuk endapan hasil akumulasi material yang dikeluarkan pada saat meletus. Sebuah benda bergetar dengan periode 0. Grobogan. Sebuah slinky digetarkan selama 10 sekon. Lebih lanjut. 7. Hitunglah frekuensi getaran benda tersebut! 10. . kemudian ditarik hingga menyimpang 4 cm dan dilepaskan hingga bergerak harmonis. 6.. Periode gelombang pada slinky adalah . Gunung berapi terdapat di seluruh dunia. Sebuah mistar berayun sebanyak 30 kali selama 1 menit. 8.maka frekuensinya adalah.5 detik. Amplitudo getaran disebut …. Busur Cincin Api Pasifik merupakan garis bergeseknya antara dua lempengan tektonik. . Sebuah beban 20 gram digantungkan di ujung pegas.5. Frekuensi getaran pegas adalah …. . Gunung Berapi Gunung berapi Gunung berapi atau gunung api secara umum adalah istilah yang dapat didefinisikan sebagai suatu sistem saluran fluida panas (batuan dalam wujud cair atau lava) yang memanjang dari kedalaman sekitar 10 km di bawah permukaan bumi sampai ke permukaan bumi.

• Aliran piroklastik . apakah gunung berapi itu berada dalam keadaan istirahat atau telah mati. •Crater Merupakan depresi menyerupai lingkaran pada permukaan tanah akibat aktivitas vulkanis yang terjadi di bawah kawah. Oleh itu. sulit untuk menentukan keadaan sebenarnya daripada suatu gunung berapi itu. • Kamar magma Merupakan kolam batuan cair yang berada di bawah permukaan bumi. Saat magma mengalir keluar melalui celah mantel dan sampai di permukaan maka erupsi akan terjadi. Gunung berapi yang aktif mungkin berubah menjadi separuh aktif. Gunung berapi terdiri dari beberapa bagian sebagai berikut : Bagian-bagian gunung berapi • Kawah utama Merupakan lubang pelepasan tempat keluarnya magma dari dalam tubuh gunung • Lava Batuan cair dengan temperature 700 0c yang keluar dari tubuh gunung berapi dan mengalir menuruni lereng gunung. sebelum akhirnya menjadi tidak aktif atau mati.Gunung berapi terdapat dalam beberapa bentuk sepanjang masa hidupnya. • Kawah sekunder Merupakan kawah yang terbentuk di sekitar kawah utama pada gunung berapi besar. Bagaimanapun gunung berapi mampu istirahat dalam waktu 610 tahun sebelum berubah menjadi aktif kembali. istirahat. kerapatan batuan di dalam kamar magma lebih renggang daripada batuan mantel sekitarnya.

• Cone Merupakan bagian gunung yang berbetuk seperti kerucut yang tercipta dari aliran lava pada lereng yang keluar dari kawah dan mengalami pendinginan. * Letusan gunung berapi. Berukuran kecil dan bersuhu sangat panas. magma yang terkandung di dalam kamar magmar di bawah gunung berapi meletus keluar sebagai lahar atau lava. kehancuran oleh gunung berapi disebabkan melalui berbagai cara seperti berikut: * Aliran lava. * Gempa bumi. * Kebakaran hutan. * Gelombang tsunami. Siaga * Menandakan gunung berapi yang sedang bergerak ke arah letusan atau menimbulkan bencana * Peningkatan intensif kegiatan seismik * Semua data menunjukkan bahwa aktivitas dapat segera berlanjut ke letusan atau menuju pada keadaan yang dapat menimbulkan bencana * Jika tren peningkatan berlanjut. Suhu gas dapat mencapai 10000 c dengan kecepatan hingga 700km/jam. Selain daripada aliran lava. • Awan abu Terdiri atas batuan lumat dan kaca yang terbentuk pada saat erupsi. Tingkat isyarat gunung berapi di Indonesia : a. * Gas beracun. awan abu ini dapat terbawa oleh udara hingga radius beberapa kilometer. letusan dapat terjadi dalam waktu 2 minggu . Awas * Menandakan gunung berapi yang segera atau sedang meletus atau ada keadaan kritis yang menimbulkan bencana * Letusan pembukaan dimulai dengan abu dan asap * Letusan berpeluang terjadi dalam waktu 24 jam b. * Abu.Terdiri atas gas dan batuan panas yang meluncur yang meluncur dengan cepat menuruni lereng gunung berapi. * Aliran lumpur. Apabila gunung berapi meletus.

Normal * Tidak ada gejala aktivitas tekanan magma * Level aktivitas dasar Jenis gunung berapi berdasarkan bentuknya : a. Waspada * Ada aktivitas apa pun bentuknya * Terdapat kenaikan aktivitas di atas level normal * Peningkatan aktivitas seismik dan kejadian vulkanis lainnya * Sedikit perubahan aktivitas yang diakibatkan oleh aktivitas magma.c. karena letusan terjadi sudah beberapa ratus kali. b. sehingga membentuk suatu kerucut besar (raksasa). kadang-kadang bentuknya tidak beraturan. Perisai Bentuk Perisai Tersusun dari batuan aliran lava yang pada saat diendapkan masih cair. bentuknya akan . Gunung Merapi merupakan jenis ini. Stratovolcano Tersusun dari batuan hasil letusan dengan tipe letusan berubah-ubah sehingga dapat menghasilkan susunan yang berlapis-lapis dari beberapa jenis batuan. sehingga tidak sempat membentuk suatu kerucut yang tinggi (curam). tektonik dan hidrotermal d.

dan susunannya terdiri dari batuan yang bersifat basaltik. c. Kaldera Kaldera Gunung Bromo Gunung berapi jenis ini terbentuk dari ledakan yang sangat kuat yang melempar ujung atas gunung sehingga membentuk cekungan. e. Jarang yang tingginya di atas 500 meter dari tanah di sekitarnya. Contoh bentuk gunung berapi ini terdapat di kepulauan Hawai.berlereng landai.Maar . Gunung Bromo merupakan jenis ini. Cinder Cone Cinder Cone Merupakan gunung berapi yang abu dan pecahan kecil batuan vulkanik menyebar di sekeliling gunung. d. Sebagian besar gunung jenis ini membentuk mangkuk di puncaknya.

mengacu pada jenis dan ukuran gempa bumi yang di alami selama periode waktu. Apabila keaktifannya semakin tinggi maka akan menyebabkan timbulnya ledakan yang juga akan menimbulkan terjadinya gempabumi. meskipun tidak ada batasan besarnya.Tipe gempa bumi 1. dan itu adalah gempa Jepang terbesar sejak pencatatan dimulai. Frekuensi suatu wilayah.PENGERTIAN Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. yang biasa terjadi sebelum gunung api meletus. Gempa bumi ini terjadi akibat adanya aktivitas magma. tergantung pada kedalaman gempa.0 magnitudo gempa di Jepang pada tahun 2011 (per Maret 2011). dengan mengeluarkan bahan-bahan berupa eflata. gempa 3 magnitude atau lebih sebagian besar hampir tidak terlihat dan besar nya 7 lebih berpotensi menyebabkan kerusakan serius di daerah yang luas. Gempa bumi terbesar bersejarah besarnya telahvlebih dari 9. Gempa bumi besar terakhir besarnya 9. Gempa bumi tersebut hanya terasa di sekitar gunung api tersebut. Gunung Monte Muovo (Italia) GEMPA BUMI A. . Contoh gunung maar adalah : Gunung Lamongan (Jawa Timur). B.0 atau lebih besar adalah 9. Gempa bumi diukur dengan menggunakan alat Seismometer.skala rickter adalah skala yang di laporkan oleh observatorium seismologi nasional yang di ukur pada skala besarnya lokal 5 magnitude.Maar Gunungapi maar terbentuk dari letusan berupa ledakan (eksplosif) yang dahsyat yang terjadi sekali. Gunung maar biasanya punya dapur magma yang dangkal dan magma yang terdiri dari bahan-bahan padat dan gas yang padat. Gunung Pinakate (Meksiko). kedua skala yang sama selama rentang angka mereka valid. Intensitas getaran diukur pada modifikasi Skala Mercalli . moment magnitudo adalah skala yang paling umum di mana gempa bumi terjadi untuk seluruh dunia. Gempa bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak bumi (lempeng bumi). Gempa bumi vulkanik ( Gunung Api ) .

Gempa bumi buatan . 27 Mei 2006 dini hari. Gempa bumi ini diakibatkan oleh tumbukan meteor atau asteroid yang jatuh ke bumi. Gempabumi ini banyak menimbulkan kerusakan atau bencana alam di bumi. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya gempa tektonik. seperti peledakan dinamit. Gempa bumi tumbukan . 3. C. sebagian besar area dari lapisan kerak itu akan hanyut dan mengapung di lapisan seperti salju. Gempa bumi tektonik .54 WIB. Gempa bumi yang paling parah biasanya terjadi di perbatasan lempengan kompresional dan translasional. getaran gempa bumi yang kuat mampu menjalar keseluruh bagian bumi. Gempa bumi ini biasanya terjadi pada daerah kapur ataupun pada daerah pertambangan. Beberapa gempa bumi lain juga dapat terjadi karena pergerakan magma di dalam gunung berapi. Lapisan tersebut begerak perlahan sehingga berpecah-pecah dan bertabrakan satu sama lainnya. 1. Teori dari tectonic plate (lempeng tektonik) menjelaskan bahwa bumi terdiri dari beberapa lapisan batuan. Gempa bumi seperti itu dapat menjadi gejala akan .2. Gempa bumi tektonik disebabkan oleh perlepasan [tenaga] yang terjadi karena pergeseran lempengan plat tektonik seperti layaknya gelang karet ditarik dan dilepaskan dengan tiba-tiba. Contoh gempa vulkanik ialah seperti yang terjadi di Yogyakarta. yaitu pergeseran lempeng lempeng tektonik secara mendadak yang mempunyai kekuatan dari yang sangat kecil hingga yang sangat besar. Gempa bumi buatan adalah gempa bumi yang disebabkan oleh aktivitas dari manusia. pukul 05. nuklir atau palu yang dipukulkan ke permukaan bumi. Dalam ilmu kebumian (geologi). Pada saat itulah gempa bumi akan terjadi. Gempa bumi ini disebabkan oleh adanya aktivitas tektonik. Indonesia pada Sabtu. kerangka teoretis tektonik lempeng merupakan postulat untuk menjelaskan fenomena gempa bumi tektonik yang melanda hampir seluruh kawasan. Gempa bumi runtuhan . jenis gempa bumi ini jarang terjadi 2. Tenaga yang dihasilkan oleh tekanan antara batuan dikenal sebagai kecacatan tektonik. yang berdekatan dengan batas pertemuan lempeng tektonik. gempabumi ini jarang terjadi dan bersifat lokal.Penyebab terjadinya gempa bumi Kebanyakan gempa bumi disebabkan dari pelepasan energi yang dihasilkan oleh tekanan yang dilakukan oleh lempengan yang bergerak. yakni mengikuti pola-pola pertemuan lempeng-lempeng tektonik yang menyusun kerak bumi. Peta penyebarannya mengikuti pola dan aturan yang khusus dan menyempit. Semakin lama tekanan itu kian membesar dan akhirnya mencapai pada keadaan dimana tekanan tersebut tidak dapat ditahan lagi oleh pinggiran lempengan. Gempa bumi biasanya terjadi di perbatasan lempengan lempengan tersebut. Gempa bumi fokus dalam kemungkinan besar terjadi karena materi lapisan litosfer yang terjepit kedalam mengalami transisi fase pada kedalaman lebih dari 600 km.

Gempa bumi yang disebabkan oleh manusia seperti ini dinamakan juga seismisitas terinduksi D. Kerak bumi dibagi menjadi dua. b. 2. . Tenaga pembentuk muka bumi yang berasal dari luar angkasa. kerak kulit bumi dan kerak samudera 3. Tenaga pembentuk muka bumi yang berasal dari luar dunia. Beberapa gempa bumi (jarang namun) juga terjadi karena menumpuknya massa air yang sangat besar di balik dam. gempa juga dapat terjadi dari peledakan bahan peledak..terjadinya letusan gunung berapi.. a. kerak benua dan kerak lapisan d. Tenaga pembentuk muka bumi yang berasal dari luar bumi. c. kerak lapisan dan kerak samudra b. Tenaga pembentuk muka bumi yang berasal dari dalam bumi.. pada beberapa pembangkit listrik tenaga panas bumi dan di Rocky Mountain Arsenal.. Pusat timbulnya gempa dinamakan . Terakhir. Hal ini dapat membuat para ilmuwan memonitor tes rahasia senjata nuklir yang dilakukan pemerintah. Afrika. yaitu .. Sebagian lagi (jarang juga) juga dapat terjadi karena injeksi atau akstraksi cairan dari/ke dalam bumi (contoh. Tenaga endogen adalah …..AKIBAT  Bangunan roboh  Kebakaran  Jatuhnya korban jiwa  Permukaan tanah menjadi merekat dan jalan menjadi putus  Tanah longsor akibat guncangan  Banjir akibat rusaknya tanggul  Gempa di dasar laut yang menyebabkan tsunami SOAL SOAL GEMPA BUMI 1. kerak samudera dan kerak benua c. d. seperti Dam Karibia di Zambia. a.

tsunami d.. Diaferma 7... Tenaga yang berasal dari dalam bumi yang mengakibatkan terjadinya pergeseran dan perubahan letak secara vertikal dan horisontal disebut. Di Indonesia banyak terjadi gempa . hiposentrum 4. Pleistoseista b. Tenaga eksogen 5. a. Seismograf d.. seismogram b..... Tektonisme d. Gempa yang sering terjadi di daerah pertambangan dan gua-gua termasuk jenis gempa. a. Endogen b. Gempa di dasar laut 10.. Vulkanisme c. Gunung meletus b.a...... Runtuhan c. Penggundulan hutan c.. Vulkanisme c. Tenaga pembentukan muka bumi yang sumbernya dari luar bum disebut tenaga. Seisme d. Vulkanik b. Hygrometer c. Pembuangan sampah d... Garis pada peta yang menghubungkan tempat-tempat yang memiliki kekuatan yang sama akibat gempa disebut... Eksogen c. a. Alat yang digunakan untuk mencatat kekuatan gempa adalah.... Seisme b.. akroseista 8. a. a.. Adanya gunung dan pegunungan di Indonesia membuktikan bahwa.. Tenaga endogen d. Vulkanisme Peristiwa penerobosa magma dari dalam perut bumi akibat dari tingginya temperatur dan tekanan gas disebut. Homoseista d. Tsunami 9. a. a. Barometer b. Gelombang tsunami yang terjadi di Aceh pada tanggal 26 Desember 2004 merupakan akibat dari.. a. ISoseisme c. Gempa b. Tektonik d. episentrum c. Kartograf 11..

Gempa b. Tenaga pembentuk muka bumi yang berasal dari luar bumi... seismogram b.. c. Pulau-pulau di Indonesia terbentuk akibat vulkanisme c. episentrum c.. Tenaga endogen d. Sering terjadi di dataan yang banyak penduduknya d. Tenaga pembentuk muka bumi yang berasal dari luar dunia. yaitu . 14. Pusat timbulnya gempa dinamakan . a.. d. kerak lapisan dan kerak samudra b. Tenaga endogen adalah …. Tenaga pembentuk muka bumi yang berasal dari dalam bumi.. kerak benua dan kerak lapisan d. b. a.... Tenaga pembentuk muka bumi yang berasal dari luar angkasa.. kerak kulit bumi dan kerak samudera 15. Terjadi dengan tiba-tiba tanpa bisa diduga b. kerak samudera dan kerak benua c. Kerak bumi dibagi menjadi dua.b. Pengaruh tenaga endogen di Indonesia sangat besar 12. Bersifat local 13. Tanah di Indonesia sangat subur d. Gempa tektonik sering menimbulkan korban yang sangat banyak karena. Sering diiringi denga keluarnya magma c. a. tsunami d.. hiposentrum 16. Tenaga yang berasal dari dalam bumi yang mengakibatkan terjadinya pergeseran dan perubahan letak secara vertikal dan horisontal disebut. Tenaga eksogenTenaga . Vulkanisme c..

. 4. Kedalaman laut tersebut adalah …… 12.. jika frekuensi gelombang tersebut 85 Hz.Kedalaman laut akan diukur dengan teknik pantulan ultrasonic...... Cepat rambat bunyi dalam air laut 1400 ms–1.. Alat yang digunakan untuk mencatat kekuatan gempa adalah. 9..... Endogen b... diterima kembali oleh penerima di kapal 4 detik kemudian.. 2.detik 10... Getaran pulsa ultrasonic yang dipancarkan dari kapal..Perhatikan pernyataan berikut! 1..... pembentukan muka bumi yang sumbernya dari luar bumi disebut tenaga.. 13. Pusat timbulnya gempa dinamakan .. Gelombang tsunami yang terjadi di Aceh pada tanggal 26 Desember 2004 merupakan akibat dari. Tenaga endogen adalah …. Gempa yang sering terjadi di daerah pertambangan dan gua-gua termasuk jenis gempa.. Untuk mengukur kedalaman laut 2. a. Vulkanisme KISI QUIZ 2 1...Pemanfaatan pantulan bunyi di bidang kedokteran adalah.. memerlukan waktu 1/40 detik. Untuk mengukur jarak antara dua tempat 4......... maka panjang gelombang tersebut adalah ... Seisme d. 11... Untuk mempertinggi frekuensi bunyi 3. ..Suatu sumbu getar memancarkan gelombang dengan cepat rambat 340 ms–1. Peristiwa penerobosan magma dari dalam perut bumi akibat dari tingginya temperatur dan tekanan gas disebut. 3. Periode ayunan ini adalah. 5. Eksogen c. 8. 6. Memperbesar amplitudo bunyi Manfaat bunyi pantul dapat ditunjukkan pada pernyataan nomor. Bandul ayunan sesuai gambar bergerak dari A ke C.17. Garis pada peta yang menghubungkan tempat-tempat yang memiliki kekuatan yang sama akibat gempa disebut. 7. Tenaga pembentukan muka bumi yang sumbernya dari luar bumi disebut tenaga....

frekuensi gelombang tersebut adalah.Diketahui cepat rambat gelombang bunyi di udara adalah 340 m/s.. Sebutkan bagian bagian dari lapisan bumi! 20. 16. Sebuah kapal memancarkan bunyi sonar ke dasar laut.Seutas tali digetarkan sehingga membentuk gelombang seperti gambar berikut! Berapakah cepat rambat gelombang tersebut ? 17. Tentukan: a) periode getaran b) banyak getaran yang terjadi dalam 2 menit 19..14..Frekuensi suatu getaran adalah 5 Hz... Jika 4 sekon kemudian orang di dalam kapal dapat mendengarkan bunyi pantulannya. Jelaskan perbedaan hiposentrum dan episentrum! . Hitung kedalaman laut tersebut.. 15..? 18.Perhatikan gelombang transversal yang terjadi pada tali seperti pada gambar! Jika gelombang merambat dengan kecepatan 30 m/s.Berikut ini berkaitan dengan sifat-sifat gelombang bunyi: (1) termasuk gelombang longitudinal (2) termasuk gelombang transversal (3) termasuk gelombang mekanik (4) termasuk gelombang elektromagnetik Pernyataan yang benar adalah....