You are on page 1of 20

PROPOSAL

ON THE JOB TRAINING
Pemohon :
1. Ahmad Nor Fauzi
2. Mahfud Rido’i

NRP : 6713040014
NRP : 6713040022

DITUJUKAN KEPADA :

PT. GUNTNER INDONESIA
Jl. Wonokoyo Beji Pasuruan

PROGRAM STUDI D4-TEKNIK PENGELASAN
JURUSAN TEKNIK BANGUNAN KAPAL
POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA
2016

Proposal On The Job Training

PT. Guntner Indonesia

D 4 Teknik Pengelasan PPNS 2

Sehubungan dengan hal itu perguruan tinggi sebagai tempat untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. industri di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat seiring dengan kebutuhan akan tenaga kerja yang siap pakai. berkepribadian mandiri. serta memiliki kemampuan adaptasi yang cukup tinggi terhadap penggunaan teknologi yang sering digunakan di bidang industri dimana penggunaan yang dimaksud didalamnya meliputi proses dan maintenance. dituntut untuk mampu mengaplikasikan perkembangan dan penerapan teknologi pengelasan D 4 Teknik Pengelasan PPNS 3 . terampil dalam mengoperasikan alat-alat industri. Guntner Indonesia BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Masalah Dewasa ini. Sejalan dengan pemikiran tersebut Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) sebagai sebuah institusi perguruan tinggi di Indonesia berupaya untuk mengembangkan sumber daya manusia dan iptek guna menunjang pembangunan industri. Guna menunjang terwujudnya komitmen dari perguruan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kualitas unggul dan sesuai dengan standar kompetensi dunia kerja maka wawasan mahasiswa tentang dunia kerja yang berkaitan dengan industrialisasi sangat diperlukan. mengingat kondisi Indonesia yang merupakan negara berkembang. Sebagai mahasiswa D4 Teknik Pengelasan.Proposal On The Job Training PT. mempunyai keahlian yang sesuai dengan spesifikasinya. dan memiliki kemampuan intelektual yang baik merasa terpanggil untuk semakin meningkatkan mutu mahasiswa lulusannya. serta sebagai teaching factory untuk membantu pengembangan kawasan timur Indonesia. dimana teknologi masuk dan diaplikasikan oleh industri terlebih dahulu. Output dari PPNS diharapkan siap untuk dikembangkan ke dalam bidang yang sesuai dengan spesifikasinya.

dengan praktek yang merupakan di industri sebagai upaya untuk mengaplikasikan teori yang telah di dapat secara langsung di dunia kerja. yang dilakukan secara rutin di kelas sebagai salah satu metode kegiatan perkuliahan. sehingga mahasiswa dapat menjadi salah satu sumber daya manusia yang siap menghadapi tantangan era globalosasi. sesuai dengan standart yang telah banyak digunakan industri didunia.Proposal On The Job Training PT. Hal ini dilakukan sebagai langkah aplikatif dari pemberian teori yang diterima di bangku perkuliahan. On The Job Training dan lain sebagainya. Melalui kegiatan On The Job Trainning (OJT) di berbagai bidang industri yang sesuai dengan spesifikasi yang diambil oleh masing-masing mahasiswa diharapkan bahwa mahasiswa sebagai calon keluaran dari perguruan tinggi dapat lebih mengenal suasana kerja sebenarnya dalam industri dimana hal tersebut akan sangat membantu mahasiswa dalam mengatasi kecanggungan ketika nantinya terjun langsung sebagai pekerja di sebuah industri. magang. Oleh karena itu kerja sama dengan bidang industri perlu lebih ditingkatkan agar terdapat keseimbangan dalam penyampaian ilmu kepada mahasiswa. yaitu antara teori yang disampaikan melalui pemberian materi. Pemahaman tentang teknologi serta permasalahan pengelasan di dunia industri akan banyak diharapkan dapat menunjang pengetahuan secara teoritis dan pratikum yang didapat dari materi perkuliahan. Selain itu kegiatan ini secara khusus bagi mahasiswa D4 Teknik Pengelasan diharapkan dapat menambah pengetahuan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan teknologi pengelasan khususnya aplikasi las di dunia industri. praktek kerja lapangan. joint research. Upaya tersebut dapat dilakukan melalui kegiatan studi ekskursi. D 4 Teknik Pengelasan PPNS 4 . PPNS menetapkan On The Job Training (OJT) sebagai salah satu kurikulum wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa Jurusan D4 Teknik Pengelasan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS). Guntner Indonesia diindustri.

yang salah satunya yaitu meningkatkan kerja sama dengan industri dan masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan relevansi terhadap mutu pendidikan dan penelitian. BAB II D 4 Teknik Pengelasan PPNS 5 . berdisiplin. maju. C. kreatif. Dasar Pemikiran A. keahlian. Guntner Indonesia Pemerintah mendukung terwujudnya kerjasama antara industri dan perguruan tinggi melalui kebijakan link and match yang telah ditetapkan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan merupakan upaya dari pihak pemerintah. 1. profesional. yaitu: pendidikan. F. mandiri. berpikir ilmiah dan sikap hidup bermasyarakat. Diperlukan sarana untuk mengimplementasikan ilmu-ilmu yang diperoleh di bangku kuliah pada dunia kerja. yaitu : kepemimpinan. bertanggung jawab dan produktif serta sehat jasmani dan rohani. yaitu untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tujuan pendidikan PPNS. penelitian dan pengabdian masyarakat. berbudi pekerti luhur. Tri Dharma Perguruan Tinggi. Diperlukan keselarasan antara sistem pendidikan tinggi dan dunia kerja. G. Tujuan Pendidikan Nasional. B. untuk menjadi Partner in Progress bagi pembangunan bangsa dan negara. E.2.Proposal On The Job Training PT. Syarat kelulusan mata kuliah On The Job Trainning (OJT) di Jurusan D4 Teknik Pengelasan PPNS. D.terampil. cerdas. Hal tersebut dilakukan untuk menjembatani kesenjangan antara 4 perguruan tinggi sebagai salah satu wadah untuk menghasilkan tenaga kerja dengan industri sebagai pihak pemakai tenaga kerja dalam rangka memberikan sumbangan yang lebih besar dan sesuai. Program PPNS. berkepribadian. tangguh.

Proposal On The Job Training PT. 7. Guntner Indonesia TUJUAN DAN MANFAAT 2. 10. memahami dan mengembangkan pelaksanaan aplikasi teoritis ilmunya kedalam praktek secara nyata di dunia industri sehingga mahasiswa mampu menyerap dan berasosiasi dengan dunia kerja secara utuh. Terciptanya suatu hubungan yang sinergis. Mahasiswa mampu menganalisa masalah yang terjadi di industri sehingga dapat di ambil sebagai judul TA(tugas akhir). Untuk memenuhi beban satuan kredit semester (SKS) yang harus ditempuh sebagai persyaratan akademis di Jurusan D4 Teknik Pengelasan PPNS. 5. 6. Mahasiswa mampu memahami implementasi teknologi pengelasan di dunia industri sekaligus sanggup mengadakan pendekatan masalah secara utuh serta menganalisa kekurangan dan kelebihannya. Mahasiswa mampu mengetahui. 2. Mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan individu dengan terjun langsung mempraktekkan pelaksanaan tugas sebagai Welding Inspector atau Welding Engineer yang diharapkan akan diemban nantinya 9.1. jelas dan terarah antara dunia perguruan tinggi dengan dunia kerja sebagai pengguna outputnya. Menumbuhkan dan menciptakan pola berpikir konstruktif yang lebih berwawasan bagi mahasiswa. D 4 Teknik Pengelasan PPNS 6 dalam . Mengenal lebih jauh tentang pemanfaatan serta pengoperasian teknologi yang sesuai dengan bidang yang dipelajari di Jurusan D4 Teknik Pengelasan PPNS. Tujuan 1. 8. 3. Guntner Indonesia. 4. Meningkatkan kepedulian dan partisipasi dunia usaha memberikan kontribusinya pada sistem pendidikan nasional. Mengenal secara khusus bidang yang menjadi minat peserta yakni tentang teknologi perpipaan dan penerapannya di PT.

2. sekaligus tehnik operasional teknologi yang digunakan dalam sistem produksi di industri guna menunjang pelaksanaan tugasnya sebagai welding engineer. Merupakan media bagi mahasiswa untuk dapat melakukan praktek kerja secara langsung didunia industri sehingga dapat mengatasi kecanggungannya dalam berinteraksi dengan dunia kerja setelah lulus. C.Proposal On The Job Training PT. 2. 2. Industri dapat memanfaatkan tenaga mahasiswa untuk melaksananakan tugas-tugas operasional sebagai Welding Engineer. Industri dapat melakukan sharing dengan mahasiswa mengenai perkembangan teori terbaru berkaitan dengan bidang yang diambil mahasiswa dalam hal ini adalah teknologi pengelasan. D 4 Teknik Pengelasan PPNS 7 . 3. B. B. pemanfaatan. Membuka kesempatan bagi dunia kerja dalam hal ini industri sebagai user dari output perguruaan tinggi untuk dapat melihat secara langsung kemampuan sesungguhnya dari mahasiswa sebagai calon Welding Inspector dimana hal tersebut diharapkan merupakan bagian dari proses seleksi sehingga dapat terjadi penyerapan tenaga kerja. Merupakan sarana bagi mahasiswa untuk dapat mengenal keanekaragaman. Bagi industri A. Manfaat 1. Bagi mahasiswa A. Membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk dapat melihat aplikasi teori yang telah didapat kedalam dunia kerja. Bagi PPNS Melalui kerjasama yang dibangun dengan dunia industri akan dapat 7 menjadi ajang promosi mengenai keberadaan PPNS sebagai penyelenggara pendidikan. Guntner Indonesia 11.

Guntner Indonesia D. Merupakan latihan bagi mahasiswa untuk melakukan analisis masalah berkaitan dengan implementasi teknologi pengelasan di industri sebagai langkah awal penyelesaian tugas akhir.Proposal On The Job Training PT. BAB III D 4 Teknik Pengelasan PPNS 8 .

Guntner Indonesia PELAKSANAAN 3. Wonokoyo Beji pasuruan Waktu : Dimulai 22 November 2016 s/d 13 Januari 2017. (waktu dapat berubah sesuai dengan kesepakatan yang dibuat oleh pihak industri dengan mahasiswa).Proposal On The Job Training PT.2. dengan durasi waktu 296 jam / 2 bulan. Bentuk Kegiatan Perincian bentuk kegiatan yang akan dilakukan selama On The Job Training (OJT) adalah sebagai berikut:  Pengenalan industri dan lapangan  Studi literatur  Kerja lapangan  Pengumpulan data  Penulisan laporan Tabel Rencana Kegiatan 9 D 4 Teknik Pengelasan PPNS 9 . Lokasi dan Waktu Pelaksanaan Lokasi : di PT Guntner Indonesia Alamat : Jl. 3.1.

Bidang Kompetensi Berikut adalah mata kuliah yang diterima selama menempuh pendidikan di Program Studi D4 Teknik Pengelasan PPNS . Perkuliahan di kelas Sistem pendidikan ini merupakan proses pemberian materi kuliah dari para dosen kepada mahasiswa yang dapat di lakukan dengan metode diskusi yang langsung mengarah pada pemecahan masalah yang di hadapi. Dan mahasiswa juga di berikan kasusD 4 Teknik Pengelasan PPNS 10 . Guntner Indonesia Minggu Ke No 1 2 1 2 3 4 5 6 7 Kegiatan Pengenalan industri dan lapangan Studi literature Kerja lapangan 3 4 Konsultasi kepada pembimbing dan pengumpula n data 5 Penyusunan laporan OJT 3. Dalam proses belajar mengajar ini diharapkan kedua belah pihak bersifat pro aktif dan komunikatif sehingga penyerapn materi pembelajaran semakin tinggi.3.selama semester 1 sampai semester 6 : 1.Proposal On The Job Training PT.

Desain Fabrikasi Konstruksi Inspeksi Ketel Uap – Bejana Tekan 23. Pengantar Teknologi Perkapalan 10. Di sini di harapkan mahasiswa dapat membuktikan teori yang telah didapat diperkuliahan di kelas dalam keadaan sebenarnya. Guntner Indonesia kasus yang biasanya di hadapi dalam dunia kerja yang berorientasi industri serta dara penyelesaiannya. Teknologi Pengelasan I 11. Desain Fabrikasi Konstruksi Kapal 2. English II 3. Proses Manufaktur 7. Di mana dalam kegiatan praktikum D 4 Teknik Pengelasan PPNS 11 . Kimia Terapan 4. Matematika Terapan II 6. bengkel-bengkel. Statistik 21. Teori Non Destructive Test 15. Mekanika Bahan 14. Matematika Terapan I 5. Desain Fabrikasi Konstruksi Tangki dan Pipa 28. Elemen Mesin 13. Heat Transfer 16. Kesehatan dan Keselamatan Kerja 8. Ilmu Bahan 9. Praktikum PPNS mempunyai berbagai macam laboratorium. Perlakuan Panas 19. English I 2. Teknologi Bangunan Baru 25. Metode Optimasi 26. yang di lengkapi sarana dan prasarana yang dapat di pergunakan oleh setiap mahasiswa sehingga bersifat kompeten. Metalurgi Pengelasan 18. Berikut adalah mata kuliah yang diterima selama menempuh pendidikan di Jurusan D-4 Teknik Pengelasan PPNS : 1. Teori Penyambungan Non Logam 24. Pesawat Angkat 20.Proposal On The Job Training PT. Inspeksi Las 27. Metode Elemen Hingga 22. Teknologi Pengelasan II 12. Konstruksi Kapal 17.

Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya yang berjumlah dua orang. 7. Nama : Ahmad Nor Fauzi NRP : 6713040014 Jurusan : D4 Teknik Pengelasan Tlp.Proposal On The Job Training PT. 9. yaitu : 1. : 081333553171 Email : ozikwe13@gmail. 8. Praktek Gambar Teknik Praktek Fabrikasi Dasar Aplikasi Komputer Praktek Bengkel Pemesinan Praktek Bengkel Pelat dan Pipa Praktek Las I Praktek Las II Praktek Pengujian Bahan  Praktek Uji Tarik  Praktek Uji Bending  Praktek Uji Hardness  Praktek Uji Impak  Praktek Uji Penetrant  Praktek Uji Magnetic Particle  Praktek Uji Ultrasonic  Praktek Uji Radiography Praktek Manufaktur dibantu Komputer Praktek Fabrikasi Praktek Kualifikasi Las  Desain PQR (Procedure Qualification Record)  Desain WPS (Welding Procedure Specification)  Inspeksi dan Kualifikasi Las Peserta OJT Peserta dalam On The Job Training (OJT) ini adalah mahasiswa Jurusan D4 Teknik Pengelasan. 4. Berikut adalah mata kuliah Praktikum yang diterima selama menempuh pendidikan di Jurusan D-4 Teknik Pengelasan PPNS: 1. 6. Nama : Mahfud Rido’i D 4 Teknik Pengelasan PPNS 12 . 5. 3.4. Guntner Indonesia terdapat dosen pembimbing untuk memberikan pengarahan selama pendalaman materi praktikum. 11. 2. 10.com 2. 3.

: 085732617996 Email : MahfudridoiPPNS@gmail.com D 4 Teknik Pengelasan PPNS 13 .Proposal On The Job Training PT. Guntner Indonesia NRP : 6713040022 Jurusan : D4 Teknik Pengelasan Tlp.

Koordinator On the Job Training (OJT) Teknik Pengelasan Kordinator On The Job Training PPNS Nama : Muhamad Ari ST. Guntner Indonesia BAB IV ALAMAT INSTANSI YANG DAPAT DIHUBUNGI 1.Proposal On The Job Training PT.5942887 D 4 Teknik Pengelasan PPNS 14 .com Fax : 031 . MT Telp : 081235435600 Email : arie_msn@yahoo.

D 4 Teknik Pengelasan PPNS 15 . Guntner Indonesia BAB V PENUTUP Demikianlah proposal ini kami susun. dan bantuan segenap direksi dan karyawan PT Guntner Indonesia demi kelancaran serta suksesnya pelaksanaan On The Job Training (OJT) yang akan kami laksanakan. Besar harapan kami akan penyediaan tempat.Proposal On The Job Training PT. sebagai acuan dalam melaksanakan On The Job Training (OJT).

62356 Indonesia Current Address : Jl Gebang Rodah No 20.Tuban 2007 . Guntner Indonesia Lampiran CURRICULUM VITAE MAHFUD RIDO’I Nationality : Indonesian Date of Birth : May 05th.Kerek 2001 -2007 : SD Negeri 1 Wolutengah .Kerek C. B. Department of Welding Engineering.Proposal On The Job Training PT. On Job Training (Apprentice Program) – PT Semen Gresik TBK Gresik.. Formal Education Background 2013 – Now : Ship Building Institute of Polytecnic Surabaya (SHIPS). 1994 ID Address : Ds wolutenggah RT 001 RW 003 kec Kerek kab Tuban. Work Experience Involvement 1.com A. Objective I aspire to grown as a professional and expertise in welding inspector and welding engineering profession with a hard work and good attitude I will continue to gaining the knowledge of welding inspector and welding engineering for serving the purpose of contributing in industry both nationally and internationally. Specialization in Welding Inspector 2010 – 2013 : SMK Negeri 3 Tuban .Surabaya 60117 Indonesia Mobile : 085607467735 Email : mahfudridoiPPNS@gmail.2010 : SMP Negeri 2 kerek .Sukolilo.Indonesia 2012 On job training in Mentenance of Mechine Finish Mill (PMFM): D 4 Teknik Pengelasan PPNS 16 .

speaker (Intermediate)  English Language – 3. (Intermediate) Power Point)  AWS D1.Proposal On The Job Training PT. Language.  Corel Draw (Intermediate) D 4 Teknik Pengelasan PPNS 17 . Excel. Mill. Codes and Standards:  API 650 13st Edition.II. Language:  API 1104 21st Edition 2013  Bahasa Indonesia – Native ADDENDUM 1 JULY 2014. Structural Analysis Intermediate Software:  PATRAN & NASTRAN 2. bucket elevator.HRC.II. Others Software: March 2013.3 Edition 2012 Applications (Word.1 23rd Edition  Adobe Photoshop 2015.VIII. fan . Guntner Indonesia  Finish mill Tuban I.IX Edition  Master CAM 2015.III Job description: Inspection and Mentenance  Conveyor. D.  AutoCAD (2D & 3D) (Intermediate)  ASME I. 4. Computer Skills and Capabilities 1. Knowledge. (Intermediate)  Microsoft Office  ASME B 31.V.

PPNS Surabaya. Training Oprator Menual Milling SMK N 3 TUBAN. PPNS Surabaya. Welding Engineering Open Class 2016 Heat Exchanger and Welding Brazing Sistem with PT Guetner Indonesia. 7. Focus Group Discussion Marine and Energi 2015. Training Welding Inspector 28 PPNS F. 8. Courses. PPNS Surabaya. 2. Training. 6. Event Involvement 1. ARHANUD Batu Malang 3. Pertamina Region V Surabaya. You Talk #1 Bikin Indonesia Bangga (Pertamax ). Participant DECONBUTION 2014 Rc Boat. Secretary General intern organization of Welding Engineering Dept 2015-2016 G.Proposal On The Job Training PT. PPNS Surabaya. Chief Committee of Welding Engineering Open Class “Re Design WPS” 2015. D 4 Teknik Pengelasan PPNS 18 . Guntner Indonesia E. Active Member of Scouts CEBE. Seminar and Workshop 1. Organizational Experience 1. 9. ”2ndInternational Welding And Joining seminar” With AWF ( Asia Welding Federation). 5. SMK 3 TUBAN 2010-2013. Student Management Skills-Pre Basic Level Training 4. Active Member of Water Craft Studies center. Member of Dept Reseach and Technology organization of Welding Engineering Dept 2014-2015 4. PPNS 20132016 2. 3. Diponegoro University Semarang 3. Welding Engineering Open Class 2015 Re design WPS with PT Inti Jaya Lasindo. Committee logistic dies natalis 28 PPNS 2015. SMK N 3 Tuban 2. National Insight and disciplin Course Maba PPNS 2013.

Tuban.com : Tuban /26 Februari 1994 : Male : Single : Islam EDUCATIONAL BACKGROUND 2013 .2010 2001 . Department of Welding Engineering. : 081333553171 : Ozikwe13@gmail.Tuban : SMP Negeri 1 Tuban .com PERSONAL DATA Name Address Permanent : Ahmad Nor Fauzi Temporary HP e-mail Place/Date of Birth Gender Marital Status Religion : Rt/Rw 07/Perumahan Gedung Ombo Baru Blok C-6.2007 : SMA Negeri 1 Tuban . 54G Surabaya.Jawa Timur : Jl Gebang Kidul No.Now : Ship Building Institute of Polytecnic Surabaya (SHIPS). Guntner Indonesia Lampiran CURRICULUM VITAE Ahmad Nor Fauzi Jl Gebang Kidul No. Semanding.2013 2007 . Specialization in Welding Inspector 2010 .Proposal On The Job Training PT.54G Surabaya.Tuban : SD Negeri Kutorejo 2 . HP : 081333553171 E-mail : ozikwe13@gmail.Tuban ORGANIZATIONAL EXPERIENCES D 4 Teknik Pengelasan PPNS 19 .

Indonesia on the 28th of May 2012 Obtained a TOEFL score : 476 (four hundred and sixty seven) 2014 : Student Management Skills-Pre Basic Level Training 2015 : ”2ndInternational Welding And Joining seminar” With AWF ( Asia Welding Federation).Design Application : Microsoft Office Package : AutoCAD (3D & 2D) . COMPUTATIONAL SKILLS . SMA 1 TUBAN : Active Member of Basketball Club PPNS : Member of Dept readability and Talent organization of Welding Engineering Dept TRAININGS/COURSES 2013 : Test of English as a Foreign Language (TOEFL) at PROSPECTUS ENGLISH COURSE Tuban.PPNS Surabaya. D 4 Teknik Pengelasan PPNS 20 .CNC Application : Master CAM.2015 : Active Member of SMAN 1 Tuban Basketball Club.East Java. Guntner Indonesia 2010 .Office Application .Analysis Application : Patran and Nastran .2015 2014 .2013 2013 .Proposal On The Job Training PT.