You are on page 1of 5

Lembar Kerja 1.

1
Petunjuk Pengisian Lembar Kerja
1. Bacalah bahan bacaan dengan seksama dan baca juga peraturan menteri
yang terkait.
2. Isilah kolom dan baris yang disediakan sesuai dengan pengetahuan yang
sudah anda dapatkan selama belajar pengembangan dan pelaksanann
kurikulum
3. Kembangkan tabel untuk jawaban anda sesuai yang dibutuhkan

Peraturan Menteri
yang mendasari

Kurikulum 2004
(KBK)
Bukan dengan
keputusan
menteri/Mendiknas
RI

Karakteristik
standar kelulusan

Menekankan
kepada
ketercapaian
kompetensi siswa
baik secara
individual maupun
klasikal

Karakteristik
Standar Isi

Standar Isi
dirumuskan
berdasarkan Tujuan
Mata Pelajaran
(Standar
Kompetensi
Lulusan Mata
Pelajaran) yang

GP Moda Daring

Kurikulum 2006
(KTSP)
Peraturan
Mendiknas RI No.
24 tahun 2006
tentang
pelaksanaan
Peraturan
Menteri no. 22
tentang Standar
Isi dan No. 23
tentang SKL
Lebih
menekankan
pada aspek
pengetahuan
SKL merupakan
kualifikasi
kemampuan
lulusan yang
mencakup sikap,
pengetahuan
dan
keterampilan
sebagaimana
yang ditetapkan
dengan
Kepmendiknas
no. 23 tahun
2003
Standar Isi
ditentukan
terlebih dahulu
melalui
Permendiknas
No. 22 tahun
2006 setelah itu
ditentukan SKL

Kurikulum 2013
Permendikbud No.
57 Tahun 2014
tentang Kurikulum
2013 SD/MI

Aspek Kompetensi
Lulusan ada
keseimbangan
soft skill dan hard
skill yang meliputi
aspek kompetensi
sikap,
keterampilan dan
pengetahuan
sehingga
menghasilkan
individual yang
produktif, kreatif,
inovatif melalui
penguatan sikap,
keterampilan dan
pengetahuan
yang terintegrasi.
Standar Isi
diturunkan dari
Standar
Kompetensi
Lulusan melalui
Kompetensi Inti
yang bebas mata
pelajaran

1 dirinci menjadi Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran GP Moda Daring melalui Permendiknas No.Lembar Kerja 1. 23 tahun 2006 .

Kurikulum 2006 (KTSP) Penilaian lebih dominan pada aspek pengetahuan Pendekatan Pembelajaran yang digunakan Penyampaian dalam pembelajaran menggunakan pendekatan dan metode yang bervariasi sesuai dengan keberagaman siswa. inovatif. Dengan menjadikan keanekaragaman sebagai sumber inspirasi untuk melakukan perubahan. sehingga kemampuan atau potensi energi yang dimiliki oleh setiap anak bisa menjadi cahaya terang benderang yang mencahayai orang lain.1 Kurikulum 2004 (KBK) Penilaian menekankan pada proses dan hasil belajar dalam upaya penguasaan suatu kompetensi. menanya. mandiri dan mampu bekerja sama dengan komponen pembelajaran yang lain Karakteristik Penilaian GP Moda Daring Kurikulum 2013 Menggunakan penilaian otentik. yaitu mengukur semua kompetensi sikap. menyimpulkan dan mencipta Guru lebih diberikan kesempatan mengembangkan proses pembelajaran tanpa harus dibebani dengan tugas-tugas penyusunan silabus yang memakan waktu yang banyak dan memerlukan penguasaan teknis penyusunan yang sangat memberatkan guru . dan keterbatasan sebagai peluang untuk melakukan inovasi pembelajaran yang kondusif. Tuntutan kerja Guru diharapkan untuk kreatif.Lembar Kerja 1. Pendekatan pembelajaran berbasis kompetensi yang terdiri dari eksplorasi. elaborasi dan konfirmasi Tuntutan terhadap profesionalisme guru Kerja profesional guru semakin signifikan. keterampilan dan pengetahuan berdasar proses dan hasil Pendekatan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik yang terdiri dari mengamati. menyajikan. mengolah.

1 professional guru untuk bersikap lebih arif dan bijaksana dalam memandang persoalan dan melakukan pembelajaran. GP Moda Daring .Lembar Kerja 1.

pembentuk keterampilan.Lembar Kerja 1. Pemisahan antara mata pelajaran pembentuk sikap. pada Kurikulum 2013 sangat jelas berbeda. dan pembentuk pengetahuan.dan Semua mata pelajaran harus GP Moda Daring . Materi/isi disusun seimbang mencakup kompetensi sikap. pengetahuan. Standar Isi dirumuskan berdasarkan Tujuan Mata Pelajaran (Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran) yang dirinci menjadi Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran. pengetahuan. Pada Kurikulum 2013. sedangkan Pendekatan pembelajaran adalah siswa diberitahu tentang materi yang harus dihafal [siswa diberi tahu].1 Apa Kesimpulan anda tentang pengembangan dan pelaksanaan kurikulum ? Kesimpulannya adalah bahwa Pengembangan Kurikulum 2004 (KBK) dan Kurikulum 2006 (KTSP) tidak terlalu mencolok perbedaanya hanya sedikit penyempurnaan. Standar Isi diturunkan dari Standar Kompetensi Lulusan melalui Kompetensi Inti yang bebas mata pelajaran. Yaitu : Kurikulum 2004 dan 2006 : Materi/isi disusun untuk memberikan pengetahuan kepada siswa . dan keterampilan . Penilaian otentik pada aspek kompetensi sikap. Standar Kompetensi Lulusan diturunkan dari Standar Isi . Standar Kompetensi Lulusan diturunkan dari kebutuhan. dan keterampilan berdasarkan portofolio. Penilaian pada pengetahuan melalui ulangan dan ujian.