You are on page 1of 18

makalah

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan YME atas limpahan rahmat dan
karunia-Nya kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul
“sejarah penemuan mesin uap pada masa revolusi industri” ini dengan lancar. Penulisan
makalah ini bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh dosen mata
kuliah.

Makalah ini ditulis untuk mengetahui perkembangan revolusi industri dan sejarah
perkembangan mesin uap pada masa ini. Penyusun mengucapkan terima kasih kepada dosen
pengajar matakuliah

atas bimbingan dan arahan dalam penulisan makalah ini.

Penulis harap, dengan membaca makalah ini dapat memberi manfaat bagi kita semua,
dalam hal ini dapat menambah wawasan kita mengenal tentang sejarah perkembangan mesin
uap ini. Maka penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca demi perbaikan menuju
arah yang lebih baik.
Pekanbaru, 24 oktober 2012

penulis

DAFTAR ISI
Kata pengantar

Daftar isi Bab I Pendahuluan 1. nyaris tidak dapat dilepaskan dari Eropa sebagai kiblat modernisasi dunia. Berbicara mengenai modernisasi. Serangkaian penemuan yang terjadi pada masa silam diakui atau tidak terus berkembang dan mewarnai kehidupan umat manusia pada era modern. namun tidak dapat dipungkiri bahwa Eropa adalah homeland modernisasi dunia. . Dasar dari penyusunan makalah “sejarah penemuan mesin uap pada masa revolusi industri” ini adalah untuk mengetahui sejarah tentang penemuan mesin uap pada zaman revolusi industri .1 1. Meskipun sedikit demi sedikit telah digeser oleh Amerika Serikat.1 tokoh – tokoh penemu mesin uap Bab III Kesimpulan Daftar referensi BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Kehidupan pada masa kini tidak dapat dilepaskan dari apa yang terjadi pada masa lalu.2 Latar belakang Tujuan penulisan Bab II Pembahasan 2.

Sehingga Revolusi Industri dapat dikatakan sebagai suatu peristiwa yang mengubah sistem ekonomi agraris menjadi sistem ekonomi industri yang menggunakan tenaga mesin sebagai alat produksinya. masyarakat Eropa bekerja dengan menggunakan alat-alat manual (menggunakan tenaga manusia) dan masih mengandalkan kecepatan kedua tangan dan kaki. BAB II PEMBAHASAN Revolusi Industri dapat diartikan sebagai perubahan yang mendasar dan berlangsung secara cepat dan mendasar dalam bidang industrialisasi. menggantikan tenaga hewan dan manusia. alat-alat tersebut tidak akan berfungsi dan bekerja . Sebelum abad ke-18 sistem perekonomian masyarakat Eropa sangat bergantung pada sistem ekonomi agraris. Artinya.1. Akan tetapi setelah memasuki abad ke-18 terjadi perubahan besar dalam pola hidup masyarakat Eropa. Sebelum dikenal alat-alat mekanis dan otomatis.2 Tujuan Penulisan Tujuan makalah ini dibuat adalah untuk mengetahui sejarah tentang penemuan mesin uap pada zaman revolusi industri di abad ke 18. Perubahan tersebut ditunjukkan dengan mulai digunakannya tenaga mesin sebagai alat produksi di pabrik-pabrik menggantikan tenaga manusia dan hewan. Perubahan inilah yang disebut dengan Revolusi Industri.

jala. alutsista. pendayung. dan lain-lain. 2. mesin tenun. pada masa revolusi industri terjadi penghematan tenaga manusia. yang juga dikenal denga nama “Heros atau “Heron” yang menulis tiga buku tentang mekanik dan sifat-sifat udara serta memperkenalkan rancangan dari mesin uap sederhana. pancung. penenun. pemintal. Giovanni Battista della Porta(1538 – 1615) . pisau.jika tidak ada tangan atau kaki. Bola (bejana) tersebut dapat berputar karena adanya dorongan dari uap yang keluar dari nosel yang terletak pada sisi samping bejana. atau juga disebut dengan Eolipile. Pada bagian ini hanya dibahas tentang penemuan mesin uap pada revolusi industri awal abad ke 18. parang. lokomotif. gergaji. perbedaan pola hidup masyarakat sangat terlihat sekali. transportasi. tetapi oleh mesin uap. sekop. Semua mesin tersebut bukan digunakan oleh tangan dan kaki.1 Tokoh – tokoh penemu mesin uap Hero (10-70) Catatan paling awal dari sejarah teknologi mesin uap dapat kita lihat ke kota Alexandria pada tahun 75. Metode Hero yang mengubah tenaga uap menjadi gerak ini merupakan dasar bagi para penerusnya untuk mengembangkan teknologi mesin uap di masa yang akan datang. Mesin ini dikenal dengan nama Aeolipile atau Aeolypile. Setelah revolusi industri terjadi. dan sebagainya. Inilah keunikan Revolusi Industri. Prinsip kerja mesin ini adalah dengan menggunakan tekanan uap untuk memutarkan bola (bejana) yang berisi air sebagai bahan baku penghasil uap. otomotif dsb tetap berlangsung sejak saat tersebut hingga hari ini. Perkembangan mesin. Dengan demikian. Disana terdapat seorang ahli matematika bernama Hero. pengukur. Peralatan yang dimaksud seperti cangkul. Pada masa revolusi industri. palu. peralatan tersebut jarang digunakan sebab telah ditemukan mesin pemintal.

dan dramawan yang berasal dari Napoli. Penemuan tersebut ia kerjakan bersama–sama dengan rekannya yang bernama Robert Boyle. kimiawan. seorang filusuf. dan ilmuan berkebangsaan Irlandia. jika uap dikondensasikan menjadi air dalam ruangan tertutup maka akan menghasilkan penurunan tekanan. Polymath. penemu. Teori yang dikemukakannya adalah bahwa jika air dikonversikan menjadi uap dalam wadah tertutup dapat menghasilkan peningkatan tekanan. dan penemu berkebangsaan Prancis menemukan suatu alat yang dinamakan steam digester yang menjadi cikal bakal ditemukannya mesin uap dan presser cooker (panci masak bertekanan). Denis Papin (1647 – 1712) Pada tahun 1679 seorang fisikawan. Keterangan : A = Tungku pembakaran B = Bejana C = Tutup bejana D = Baut pengencang .Giovanni Battista della Porta atau Gambattista della Porta atau juga dikenal dengan nama John Baptist Porta adalah seorang sarjana. Demikian pula sebaliknya. fisikawan. Teori inilah yang nantinya akan menjadi konsep utama rancangan pada pengembangan mesin uap yang dilakukan oleh para penerusnya. Italia. Dia adalah ilmuan yang pertama kali menemukan peranan uap dalam menciptakan ruang hampa. ahli matematika.

Selain itu Papin juga mengembangkan mesinnya dengan menambahkan torak di bagian atas silinder yang tertutup yang akan bergerak naik dan turun sesuai dengan teori yang ditemukan oleh Giovanni Battista della Porta. Konsep inilah yang kemudian mengawali ditemukannya mesin uap pertama di dunia yang menggunakan piston dan silinder mesin. menciptakan vakum parsial dan tekanan atmosfer mendorong air ke atas melalui pipa bawah hingga bejana penuh. Pada titik ini keran . sehingga memungkinkan untuk meniup air keluar melalui pipa bawah. Untuk menjaga agar alat tersebut tidak meledak.E = Katup F = Penyanggah tutup bejana G = Batang beban H = Penutup tungku W = Beban Alat ini berbentuk seperti sebuah wadah dengan penutup yang digunakan untuk menghasilkan uap bertekanan. Hal ini mengakibatkan uap didalamnya berkondensasi. Penemuannya ini diawali ketika ia bekerja pada sebuah tambang batubara yang mengalami kesulitan dalam memompa air yang digunakan untuk mengairi tambang. Papin melengkapi penemuannya tersebut dengan katup yang dapat bergerak naik turun sebagai tempat pembuangan uap untuk mengatur tekanan didalam wadahnya. Ketika temperatur dalam bejana menjadi panas karena dipenuhi uap keran antara ketel dan bejana ditutup. Uap tersebut kemudian dimasukkan ke bejana kerja. Pada tahun 1698 ia menemukan mesin uap pertama di dunia. Prinsip kerja mesin ini adalah dengan menaikkan tekanan uap di dalam ketel. jika perlu bagian luar bejana didinginkan. Thomas Savery (1650 – 1715) Thomas Savery adalah seorang insinyur yang bekerja pada militer Inggris dan penemu berkebangsaan Inggris.

Pada tahun 1769 James Watt mematenkan kondenser terpisah yang terhubung ke silinder oleh sebuah katup. pada mesin uap milik James Watt ini terdapat sebuah kondensor untuk mendinginkan silinder yang panas. James Watt (1736 – 1819) James Watt adalah seorang insinyur mesin dan penemu asal Skotlandia. dan keran antara bejana dan pipa atas dibuka untuk mengalirkan pipa dari ketel. Mesin James Watt ini segera menjadi desain untuk semua mesin uap modern dan memicu terjadinya revolusi industri. Keterangan : C = Silinder uap E = Katup pembuangan uap H = penyambung poros engkol ke balok .di bawah bejana ditutup. Satuan daya Watt diambil dari nama James Watt dimana 1 Watt besarnya setara dengan 1/746 HP. Tekanan uap yang tinggi akan memaksa air keluar dari bejana. Tidak seperti mesin uap milik Newcomen.

. Selain itu mekanisme penggerak torak dari mesin James Watt menggunakan gerakan putar dari roda penggerak yang berputar. Jika pada mesin Newcomen ruang untuk mengkondensasikan uap menyatu dengan silinder kerja.N = Pompa air O = poros engkol Q = Regulator (Govenor) P = Torak R = Batang pompa udara T = Katup input uap g = link yang menghubungkan piston dan balok melaui gerakan paralel gdc m = tuas aliran masuk uap Perbedaan mendasar dari mesin James Watt ini dengan mesin milik Thomas Newcomen adalah pada letak kondensor yang digunakan. tidak seperti pada mesin Newcomen yang menggunakan gerakan translasi (bolak-balik) dari pompa air. BAB III KESIMPULAN Revolusi Industri umumnya dimaknai sebagai serangkaian penemuan dan perkembangan dalam segala bidang pada sekitar abad 18. maka pada mesin James Watt ruang untuk mengkondensasikan uap terpisah dari silinder.

com/article%206. DAFTAR REFERENSI http://histoer.penemuan-penemuan yang mewarnai awal Revolusi Industri adalah berbasis iptek. Thomas Savery (1650 – 1715). bekerja menggunakan tenaga. Salah satunya penemuan mesin uap.html . Giovanni Battista della Porta(1538 – 1615). Namun. penemuan mesin uap ini melalui tahapan – tahapan dalam pembuatan nya. dan James Watt (1736 – 1819). Penemuan tersebut berkembang menjadi alat-alat industri. Thomas Newcomen (1663 – 1729). pekerjaan merka menjadi lebih mudah. alutsista dst. Denis Papin (1647 – 1712). transpotrasi. namun adanya teknologi yang telah di temukan. Yang awalnya. Yakni oleh Hero (10-70).50webs. Penemuan mesin uap ini mendorong perubahan pada sistem perekonomian masyarakat pada saat itu.

pd Disusun Oleh : Qoidul Umam M.http://fahmi0026.com/2010/03/15/sejarah-mesin-uap/ makalah revolusi industri REVOLUSI INDUSTRI Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Pelajaran : Sejarah Guru : Safrudin M. Adib Syaifuddin Madrasah Aliyah Negeri 02 Pati Jl. Ratu Kalinyamat Gg.wordpress. Melati Kabupaten Pati Program : IPS 2013 .

Perubahan ini hanya berakibat pada meningkatnya populasi penduduk tanpa mengubah standar dan gaya hidup. Revolusi Industri merupakan momentum perubahan radikal struktur masyarakat agraris ke masyarakat industri. dan uap dibandingkan dengan tenaga manusia. angin. sebuah negara mematahkan teori Malthusian trap dengan membuat perubahan besar pada produktivitas per kapita. tepatnya pada tahun 1776. Standar hidup penduduk didunia ditahun 1700 sulit dibedakan dengan penduduk dunia era babilonia ditahun 2000 SM silam. Saat itu manusia menggunakan tenaga air. Rumusan Masalah 1. Ini hampir terjadi seluruh bagian dunia. Beberapa waktu kemudian. Beberapa perubahan kecil hanya terjadi hanya jumlah produksi per kapita. Pertanda pertama terjadinya revolusi terdapat pada gerakan enclosure yang terjadi sejak abad ke-16 dan mencapai puncaknya pada tahun 1760 sampai 1832. Apa pengertian Revolusi Industri ? . penemuan-penemuan (terutama dibidang pabrik tekstil) mulai dihailkan oleh para penemu dan ini telah meningkatkan produktivitas pekerja. Di bidang lain. dari tenaga manusia ke tenaga mesin. dimulailah sejarah revolusi industri. dunia berada pada periode dengan perubahan yang sangat lambat dan nyaris tak terlihat dbidang teknologi dan perdagangan. James Watt menciptakan teknologi mesin uap. Latar Belakang Masalah Pada era sebelum revolusi industri terjadi. Mesin uap mampu menghasilkan daya secara lebih efisien dibidang apapun. Sejarah revolusi industri adalah sebuah proses ketika. dan lambat laun mengubah standar hidup penduduk secara signifikan. Apapun penyebab besarnya. ini lantas memicu berbagai penemuan berbagai peralatan bermesin. Hal ini menghasilkan kemajuan pesat dibidang teknologi. Pada tahun 1760. Revolusi Industri ini ditandai dengan perubahan penggunaan sarana produksi. Peralatan bermesin inilah yang secara signifikan meningkatkan produksi pabrik-pabrik tekstil. penggunaan mesin uap mampu merevolusi transportasi massa dan barang dengan diciptakanya jalur kereta api dan kapal api (uap). Populasi inggris saat itu sekitar 7 juta jiwa. Fakta ini disebut dengan Malthusian trap.PENDAHULUAN A. setelah malthus (seorang ahli ekonomi dan politik inggris menganalisa hubungan antara produksi barang (yang seharusnya meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk) dan peningkatan jumlah penduduk (yang terus tumbuh secara geometris). untuk pertama kalinya kehidupan manusia.

Pengertian kedua yaitu perubahan dalam bidang sosial dan ekonomi berkaitan dengan terjadinya perubahan yang besar dan cepat dari pola ekonomi agraris menjadi pola ekonomi industri. mata pencaharian yang umumnya berkembang di masyarakat adalah pertanian. 5. 3. 5. Pengertian Revolusi Industri Pengertian revolusi industri mengacu pada dua hal. Pada masa sebelum berkembangnya revolusi industri. mata pencaharian masyarakat semakin beragam dan lebih banyak berada pada sektor industri. Mampu mengetahui pengertian dari Revolusi Industri Mampu mengetahui sebab-sebab pasti Revolusi Industri Untuk mengetahui keadaan kehidupan sosial ekonomi eropa pada masa pra-revolusi industri Mendeskripsikan keadaan Revolusi Industri di Inggris Mampu mengenali beberapa tokoh penemu-penemu di masa Revolusi Industri Dapat memahami dampak negatif maupun positif dari Revolusi Industri PEMBAHASAN A. Secara manual hanya dihasilkan barang dalam jumlah sedikit dan lama. Pasca revolusi industri. Kedua. Sebelumnya pembuatan barang-barang dilakukan secara manual dengan hanya menggunakan tangan dan kaki manusia.2. sedangkan pasca revolusi industry pembuatan barang-barang menggunakan bantuan alat-alat mekanik dan otomatis. sedangkan dengan bantuan mesin. 6. adalah perubahan cepat dalam teknologi pembuatan barang-barang. adalah perubahan dalam kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat dunia. Di Eropa dikenal dengan istilah gilda yang merujuk pada suatu bengkel kerja atau tempat usaha pembuatan barang-barang. Tentu saja hal ini akan menghasilkan budaya masyarakat pertanian. 3. barangbarang yang dihasilkan pun akan lebih banyak dan prosesnya cepat. Apa saja sebab-sebab terjadinya Revolusi Industri ? Bagaimana kehidupan sosial ekonomi eropa pada masa pra-revolusi industri ? Bagaimana keadaan Revolusi Industri di Inggris ? Barang apa saja yang telah ditemukan dimasa Revolusi Industri ? Apa saja dampak revolusi industri ? Tujuan Pembahasan 1. 2. 4. Umumnya barang-barang yang . Pertama. 6. Kegiatan produksi yang dilakukan pada masa sebelum dikenalnya revolusi industri lebih bersifat industri rumahan. Tenaga manusiahanya sedikit diperlukan karena proses pengerjaan lebih banyak dilakukan oleh alat-alat yang bekerja secara otomatis dan digerakkan oleh tenaga mesin. 4. Pembuatan barang-barang yang pada awalnya hanya mengandalkan kecepatan tangan dan kaki mengalami perubahan pasca revolusi industri. Pada pengertian pertama dapat dikatakan bahwa revolusi industry telah merubah proses dan cara kerja manusia dalam menghasilkan suatu barang. Hasilnya pun akan sangat berbeda.

Setiap gildahanya membuat satu jenis barang saja. dan kaolin. Revolusi ini kemudian terus berkembang dan mengalami puncaknya pada pertengahan abad ke-19 . Adanya Revolusi Agung tahun 1688 yang mengharuskan raja bersumpah setia kepada Bill of Rightsehingga raja tunduk kepada undang-undang dan hanya menarik pajak berdasarkan atas persejutuan parlemen. gilda sepatu. Tidak jelas penanggalan secara pasti tentang kapan dimulainya revolusi industri. mesin tenun. B. Lebih-lebih setelah dibentuknya lembaga ilmiah Royal Society for Improving Natural Knowledge maka perkembangan teknologi dan industri bertambah maju. C.S. wol juga yang sangat menunjang industri tekstil. Tetapi T. ketika kemajuan teknologi dan ekonomi mendapatkan momentum dengan perkembangan mesin tenaga-uap. misalnya alat-alat pemintal. timah. gilda kursi. seperti batu bara. misalnya gilda tas.  Arus urbanisasi yang besar akibat Revolusi Agraria di pedesaan mendorong pemerintah Inggris untuk membuka industri yang lebih banyak agar dapat menampung mereka. mesin uap. rel.  Inggris kaya bahan tambang. Gilda baru akan bekerja bila ada pemesanan dari masyarakat. sekitar tahun 1850. Di samping itu. Istilah revolusi industri diperkenalkan untuk pertama kalinya oleh FriedrichEngels dan Louis-Auguste Blanqui pada pertengahan abad ke-19. Adapun faktor-faktornya yang menyebabkannya adalah sebagai berikut:  Situasi politik yang stabil. dan sebagainya. Kehidupan Sosial Ekonomi Eropa Pada Masa Pra-Revolusi Industri . sehingga dikenal berbagai macam gilda. dan sebagainya.  Kemakmuran Inggris akibat majunya pelayaran dan perdagangan sehingga dapat menyediakan modal yang besar untuk bidang usaha. dan kemudian di akhir abad tersebut berkembang mesin kombusi dalam serta mesin pembangkit tenaga listrik.  Pemerintah memberikan perlindungan hukum terhadap hasil-hasil penemuan baru (hak paten) sehingga mendorong kegiatan penelitian ilmiah.  Adanya penemuan baru di bidang teknologi yang dapat mempermudah cara kerja dan meningkatkan hasil produksi. Ashton mencatat permulaan revolusi industri terjadi kira-kira antara tahun 1760-1830.dibuat di gilda tersebut adalah alat-alat pertanian dan rumah tangga. Biasanya pemesannya adalah kelompok masyarakat kelas atas. Sebab-sebab terjadinya Revolusi Industri Revolusi Industri untuk kali pertamanya muncul di Inggris. di Inggris juga tersedia bahan mentah yang cukup karena Inggris mempunyai banyak daerah jajahan yang menghasilkan bahan mentah tersebut. Di samping itu. biji besi. sebab harga-hargabarang yang dijual gilda sangat mahal sehingga tidak terjangkau oleh masyarakat banyak.

Gilda adalah persekutuan industri rumah tangga sejenis hak yang mendapat monopoli dan perlindungan pemerintah. Munculnya kota-kota dagang inikemudian diikuti dengan munculnya usaha-usaha industri bersekala kecil yang disebut industri rumah tangga (home industry). Kondisi ini mulai berubah ketika meletus perang salib (1096-1291) yang memberi ruang hubungan antara negara-negara Eropan dengan dunia Timur. D. Mesin uap segera dimanfaatkan untuk menggerakkan mesin-mesin industri terutama pada pabrik-pabrik tekstil.Revolusi Industri berkembang pertama kali di Inggris. Langkah-langkah yang ditempuh tersebut antara lain sebagai berikut. Genoa. Tahun 1350. Kehidupan sosial ekonomi Eropa pada masa sebelum munculnya Revolusi Industri ditandai dengan berkembangnya tata kehidupan agraris yang bercorak feodal. Insinyur berkebangsaan inggris ini berhasil menggunakan batu bara untuk melelehkan besi dengan hail yang lebih baik. Kondisi kehidupan sosial ekonomi Eropa sebelumnya terjadinya Revolusi Industri sangat mempengaruhi munculnya momentum ini di Inggris. Penemuan besar yang menjadi titik balik revolui industri adalah mesin uap yang ditemukan oleh James Watt pada tahun 1769. terutama industri wol. industri rumah tangga semakin berkembang dengan terbentuknya gilda. Dengan pekembangan ini. Selain mesin uap. Hal tersebut juga mendorong munculnya kota-kota dagang Eropa seperti Florence. 2. di Eropa mulai terbentuk perserikatan kota-kota dagang yang disebut hansa. dan lain-lain. Hingga tahun 1200. Pemerintah Inggris mulai menetapka langkah-langkah untuk mengembangkan sektor industri. Para ilmuwan menciptakan penemuan baru. penemuan lain yang mendorong munculnya revolusi industri dilakukan oleh Abraham Darby. Hansa dimaksudkan untuk melindungi usaha perdagangan secara mandiri. Inggris di bawah perlindungan Raja Edward III mulai membangun industri-industri laken (sejenis kain wol). Mengundang penemu-penemu untuk membimbing para pekerja di inggris. Dengan kedua penemuan ini. Venesia. Melarang usaha ekspor bahan baku wol ke luar negeri. Sejak abad ke-14. momentum revolusi industri di Inggri mulai menemukan bentuk. 1. . Kebutuhan yang sama akan barang-barang keperluan hidup antara kedua wilayah ini mendorong terbentuknya hubungan perdagangan. Eropa mulai memasuki tahap masyarakat industri yang digerakkan oleh sektor perdagangan. 3. ilmu pengetahuan telah berkembang pesat. Membangun pusat-pusat industri wol sebagai industri berbasis rumah tangga. Revolusi di Inggris Semenjak era Renaissance.

Kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut didukung pula dengan situasi politik dan keamanan di Inggris yang relatif stabil dibanding negara-negara lain di Eropa.erdapa nama beberapa penemu lain yang mendorong lahirnya revolusi industri di negara-negara lain seperti yang terlihat pada tabel berikut : Tahun Penemuan Nama Penemu Hasil Temuanya 1733 John Key Mesin Tenun (flying shuttle) 1763 James Hargraves Alat Pemintal (spinning jenny) 1769 Richard Arkwright Alat tenun otomatis 1769 Nichoas Josep Cugnot Mobil bermesin uap Benjamin Franklin Percobaan listrik Luigi Galvani Kekuatan listrik (volt digunakan Alessandro Volta Sebagai satuan ukuran unit ) Andre Ampere Alat ukur arus listrik ( ampere 1770-1790 digunakan sebagai satuan arus 1804 Richard Trevithick listrik ) Kereta api bertenaga uap 1807 Robert Fulton Kapal uap 1837 Samuel Morse Pesawat telegra 1876 Alexander Graham Bell Pesawat telephone 1895 Guglielmo Marconi Pesawat telegraf tanpa kawat 1879 Thomas Alva Edison Lampu pijar 1839 Charles Goodyear Ban manvulkanisir 1851 Isaac Merrit Singer Hak paten mesin jahit . Para Penemu dan Hasil Temuanya Selain James Watt dan Abraham Darby. E.

Akibat di bidang ekonomi  Barang melimpah dan harga murah Revolusi Industri telah menimbulkan usaha industri dan pabrik secara besar-besaran dengan proses mekanisasi.  Upah buruh rendah Akibat makin meningkatnya arus urbanisasi ke kota-kota industri maka jumlah tenaga makin melimpah. Akibat di bidang sosial  Berkembangnya urbanisasi Berkembangnya industrialisasi telah menimbulkan kota-kota dan pusat-pusat keramaian yang baru. menimbulkan kesenjangan antara majikan dan buruh. dalam waktu singkat dapat menghasilkan barangbarang yang melimpah. yakni golongan pengusaha (kaum kapitalis) yang hidup penuh kemewahan dan golongan buruh yang hidup dalam kemiskinan. dalam masyarakat timbul golongan baru. produksi lokal berubah menjadi produksi internasional. Akibat Revolui Industri a. sering menimbulkan ketegangan-ketegangan yang diikuti dengan pemogokan kerja untuk menuntut perbaikan nasib. serta dalam jumlah yang banyak sehingga harga menjadi lebih murah. Dengan demikian. Produk barang menjadi berlipat ganda sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang lebih luas. Oleh karena kota dengan kegiatan industrinya tampaknya menjanjikan kehidupan yang lebih layak maka banyak petani desa pergi ke kota untuk mendapatkan pekerjaan.  Perusahaan Kecil Gulung Tikar Dengan penggunaan mesin-mesin maka biaya produksi menjadi relatif kecil sehingga harga barang-barang pun relatif lebih murah. Dengan demikian. dinamika kehidupan masyarakat makin meningkat. Akibat pembuatan barang menjadi cepat. pabrik-pabrik banyak yang menggunakan tenaga mesin. para pengusaha banyak memilih tenaga buruh wanita dan anak-anak yang upahnya lebih murah. upah tenaga kerja menjadi murah. Dengan demikian.  Adanya kesenjangan antara majikan dan buruh Dengan munculnya golongan pengusaha yang hidup mewah dan satu pihak. b. Hal ini menimbulkan . Hal ini membawa akibat perusahaan tradisional terancam dan gulung tikar karena tidak mampu bersaing.  Perdagangan makin Berkembang Berkat peralatan perhubungan yang modern. cepat dan murah. Pelayaran dan perdagangan internasional makin berkembang pesat.F. Bahkan. Kondisi seperti ini. Selain itu. Hal ini mengakibatkan terabaikannya usaha kegiatan pertanian.  Transportasi makin Lancar Adanya penemuan di berbagai sarana dan prasarana transportasi makin sempurna dan lancar. jaminan sosial pun kurang sehingga kehidupan mereka menjadi susah. sedangkan di pihak lain adanya golongan buruh yang hidup menderita. mudah.  Munculnya golongan pengusaha dan golongan buruh Di dalam kegiatan industrialisasi dikenal adanya kelompok pekerja (buruh) dan kelompok pengusaha (majikan) yang memiliki industri atau pabrik. Dengan demikian. Sementara itu.

Menurut undang-undang ini. antara lain sebagai berikut:   Tahun 1832 dikeluarkan Reform Bill atau Undang-Undang Pembaharuan Pemilihan. Dengan adanya Revolusi Industri sifat individualitas makin kuat karena terpengaruh oleh sistem ekonomi industri yang serba uang. Gerakan sosialis dimotivasi oleh pemikiran Thomas Marus yang menulis buku Otopia.  Tahun 1834 dikeluarkan Poor Law Act atau Undang-Undang Fakir Miskin. kaum buruh mendapatkan hak-hak perwakilan dalam parlemen. sehingga kaum buruh condong kepada paham sosialis. . kaum buruh mendapatkan jaminan sosial. Dengan demikian. Di pihak pengusaha mengabungkan diri ke dalam Partai Liberal. Undang-undang tersebut. yaitu perluasan daerah-daerah sebagai tempat pemasaran hasil industri. Tokoh yang paling populer di dalam pemikiran dan penggerak paham sosialis adalah Karl Marxdengan bukunya Das Kapital. Dalam hal ini Inggris-lah yang menjadi pelopornya. Mereka kemudian membentuk organisasi yang lazim disebut gerakan sosialis. Sebaliknya. undang-undang juga berisi larangan pengunaan tenaga kerja kanak-kanak dan wanita di daerah tambang di bawah tanah. Gerakan sosial ini menuntut adanya perbaikan nasib rakyat dan buruh. Menurut undang-undang ini. Partai ini berhaluan sosialis. dan tempat mendapatkan tenaga buruh yang murah.  Munculnya revolusi sosial Pada tahun 1820-an terjadi huru hara yang ditimbulkan oleh penduduk kota yang miskin dengan didukung oleh kaum buruh. lahirlah imperialisme modern.  Tahun 1833 dikeluarkan Factory Act atau Undang-Undang Pabrik. mencari bahan mentah.kebencian terhadap sistem ekonomi kapitalis. makin menipisnya rasa solidaritas dan kekeluargaan. Oleh karena itu. c. yakni Labour Party (Partai Buruh).  Munculnya imperialisme modern Kaum pengusaha/kapitalis umumnya mempunyai pengaruh yang kuat dalam pemerintahan untuk melakukan imperialisme demi kelangsungan industrialisasinya. Akibatnya. penanaman modal yang surplus. didirikan pusat-pusat penampungan dan perawatan para fakir miskin sehingga tidak berkeliaran.  Makin kuatnya sifat individualisme dan menipisnya rasa solidaritas. Di samping itu. Apalagi dengan makin kuatnya kedudukan kaum buruh di parlemen mendorong dibentuknya suatu wadah perjuangan politik. Akibat di bidang politik  Munculnya gerakan sosialis Kaum buruh yang diperlakukan tidak adil oleh kaum pengusaha mulai bergerak menyusun kekuatan untuk memperbaiki nasib mereka.  Munculnya partai politik Dalam upaya memperjuangkan nasibnya maka kaum buruh terus menggalang persatuan. pemerintah mengeluarkan undang-undang yang menjamin perbaikan nasib kaum buruh dan orang miskin.

PENUTUP A. Saran Berdasarkan kesimpulan dan realitas perkembangan IPTEKS sekarang ini. kemacetan. kebisingan. dan perkampungan kumuh. Revolusi industri menghasilkan cara-cara menggunakan metode-metode produksi dan pola-pola baru dalam kehiduoan ekonomi dan memberikan beberapa peruabahan dalam industri barang dan dalam perdagangan. maka mayarakat Indonesia harus dapat mencintai produk atau produksi dalam negeri sebagai suatu wujud apresiasi terhadap perkembangan teknologi Indonesia. Berbagai perusahaan yang dihasilkan oleh proses industrialisasi berpengaruh bagi perkembangan transportasi. B. Irama mesin telah mengubah corak kehidupan dunia kita sampai saat ini. Meskipun kekayaan yang besar telah dihasilkan namun distribusi kekayaan tidak dapat dicapai secara merata dan terjadi kesenjangan sosial. Hal ini merupakan suatu langkah maju dari suatu revolusi yang panjang sehingga akan menciptakan revolusi-revolusi baru pada masa yang akan datang . Dengan revolusi industri maka zaman mesin telah dimulai. Kesimpulan Revolusi industri telah memberikan pengaruh yang besar bagi perkembangan kehidupan masyarakat Inggris maupun masyarakat di dunia. komunikasi dan perdagangan. Hal ini memberikan dampak positif dan negatif bagi masyarakat. Masyarakat yang hidup di kawasan industri menghadapi berbagai problem seperti polusi.