You are on page 1of 5

(RKM) Rencana Kerja Masyarakat(RKM

)
BAB V
STRUKTUR ORGANISASI DAN KELEMBAGAAN KELOMPOK SWADAYA
MASYARAKAT (KSM)

5.1 Pengertian Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM)
Kelompok Swadaya masyarakat (KSM) adalah kumpulan orang atau
masyarakat yang menyatukan diri secara sukarela dan kelompok dikarenakan
adanya kepentingan dan kebutuhan yang sama, sehingga dalam kelompok
tersebut memiliki kesamaan tujuan yang dicapai. KSM merupakan wakil
masyarakat calon penerima pemanfaaat program SANIMAS DAK. KSM
dibentuk melalui musyawarah masyarakat dengan bentuk dan susunan pengurus
ditetapkan melalui surat keputusan (SK) dari wali nagari. Untuk lokasi
pemberdayaan yang merupakan program pemberdayaan

yang belum

membentuk KSM maka perlu dibentuk KSM baru, namun apabila lokasi
pemberdayaan yang sudah mempunyai KSM maka pemberdayaan dapat
dilakukan oleh KSM yang sudah ada.
Secara umum tugas KSM adalah mensosialisasikan, merencanakan,
melaksanakan, mengawasi, pengolahan kegiatan dan pemeliharaan, serta
mengelolah sarana SANIMAS DAK yang telah dibangun nantinya, pada tahap
awal kegiatan KSM membentuk tim swakeloh yang terdiri dari tim perencanaan,
tim pelaksanaan, tim pengawasan, tim pengelola. KSM yang sudah dibentuk
hendaknya harus bekerja secara jujur, tranparan, akutable dan bertanggung
jawab atas tugas yang telah di serahkan.
Pada proses pembentukan KSM ini dilakukan secara musyawarah yang di
rembukkan oleh masyarakat pengguna khusus di Nagari Koto Berapak dan di
ikuti oleh Wali Nagari dan di sahkan oleh Wali Nagari Koto Berapak,
pengeasahan ini dikeluarkan dalam bentuk Surat Keputusan (SK) yang dapat
dilihat pada lampiran.

KSM CANIAGO TAPI AIA | SANIMAS DAK TA 2016

19

1 Contoh Bagan Organisasi Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Tabel 5.1 Kepengurusan KSM Caniago Tapi Aia KSM CANIAGO TAPI AIA | SANIMAS DAK TA 2016 20 .2 Struktur Organisasi KSM RAPAT ORGANISASI KETUA BADAN PENASEHAT SEKRETARIS BENDAHARA SEKSI PERENCANAAN SEKSI SEKSI OPERASI DAN PELAKSANAAN SEKSI PANITIA SWAKELOLA PENGAWASANSEKSI PENGADAAN PEMELIHARAAN ANGGOTA Garis Pengawasan Garis Wewenang Gambar 5.(RKM) Rencana Kerja Masyarakat(RKM) 5.

tim pelaksanaan terdiri dari seksi perncanaan.Menyusun rencana kebutuhan dan melaksanakan kegiatan tata usaha - dan dokumentasi Melaksanakan surat menyurat Melaksanakan pelaporan kegiatan pembangunan secara bertahap Mendokumentasikan selurh laporan kegiatan Membantu dalam penyuluhan kesehatan masyarakat  Bendahara . seksi kontribusi dan seksi tenaga kerja.Memimpin pelaksanaan tugas tim yang telah dibentuk dan kegiatan rapat-rapat  Sekretaris .Menerima dan menyimpan uang . Dengan difasilitasi TFL menyusun analisa teknis.Mengeluarkan/membayar tagihan sesuai dengan progres fisik . membuat gambar rencana kerja dan/ atau spesifikasi teknis. membuat DED lengkap dengan potongan. KSM CANIAGO TAPI AIA | SANIMAS DAK TA 2016 21 . RAB dan menyusun analisa structural.(RKM) Rencana Kerja Masyarakat(RKM) 5.  Seksi perencanaan Seksi perencanaan mempunyai tugas dan tanggungjawab dalam menyusun DED. Secara rincian tugas Tim Perencanaan adalah : - Mensosialisasikan pilihan teknologi senitasi kepada masyarakat.Melakukan penarikan kontruksi dari masyarakat berupa uang .Mengkoordinasikan perencanaan kegiatan pembangunan . Mengevaluasi dan menentukan pilihan tekn ologi sanitasi yang akan dibangun.3 Tugas dan Tanggung Jawab Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM)  Ketua . kemampuan masyarakat serta kondisi - lingkungan.Menyusun realisasi pembukuan serta laporan pertanggung jawaban keuangan yang dikelola mingguan dan bulanan. sesuai dengan pilihan.Melakukan pengelolaan administrasi keuangan .

baik fisik maupun administrasi pekerjaan swakelola. Menyusun jadwal rencana kegiatan kontruksi Melakukan invetarisasi tenaga kerja Mengorganisir kegiatan kampanye kesehatan dimasyarakat.(RKM) Rencana Kerja Masyarakat(RKM) elektrikal. arsitekturral sesuai dengan teknologi sanitasi yang dipilih - masyarakat. Secara rinci tugas tim pelaksana adalah : - Melakukan rekrutmen tenaga kerja Mengatur tenaga kerja dilapangan Mengatur dan mengkoordinir material yang diperlukan Menerima dan menyetujui material/barang masuk Bertanggungjawab terhadap tahapan keamanan material selama - pembangunan Membuat laporan tentang keadaan material Mengalokasikan material sesuai dengan kebutuhan pekerjaan kontruksi Melakukan monitoring terhadap upaya penyehatan lingkungan Membuat as built drawing setelah pekerjaan kontruksi selesai  Seksi pengawasan Tim Pengawasan mempunyai tugas dan bertanggungjawab dalam melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan dan pelaporan. Secara rinci tugas tim pengawasan adalah : - Pengawasan kepada pekerja denagn di fasilitasi oleh TFL Bertanggungjawab terhadap pengawasan administrasi. membuat gambar pelaksanaan serta membuat laporan pelaksanaan pekerjaan. teknis dan - keuangan Di fasilitasi oleh TFL bertanggungjawab / menilai atas kualitas dan - progress pekerjaan fisik Menyusun laporan pekerjaan untuk diteruskan / ditindaklanjuti ke PPK  Seksi pengadaan KSM CANIAGO TAPI AIA | SANIMAS DAK TA 2016 22 .  Seksi pelaksanaan Sesksi pelaksanaan mempunyai tugas dan tanggungjawab dalam melaksanakan pekerjaan sesuai dengan yang direncanakan.

Melestarikan sarana sanitasi yang telah dibngun .Mengumpilkan iuran warga . - Bertanggung jawab terhadap survey harga pasar material setempat Mengundang supplier untuk mndapatkan harga rendah Melaksanakan kegiatan proses pengadaan barang atau pekerjaan kontruksi  Seksi operasi dan pemeliharaan .(RKM) Rencana Kerja Masyarakat(RKM) Berdasarkan Perpes No 54 tshun 2010 ( dan perubahan sesuai Perpes No 70 Tahn 2012 tentang mekanisme pengdaan barang dan jasa).Bekerjasama dengan tim perencanaan bila ada pengembangan sarana sanitasi KSM CANIAGO TAPI AIA | SANIMAS DAK TA 2016 23 .Panitia Pengadaan diangkat oleh penanggug jawab kelompork masyarakat (KSM) untuk melakukan pengadaan barang dan jasa yang dibutuhkan dalam pelaksanaan swakelola dan Panitia Pengadaan diperbolehkan bukan PNS.Mengoperasikan dan memelihara sarana sanitasi yang telah dibangun .