You are on page 1of 10

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN / SATUAN LAYANAN

BIMBINGAN DAN KONSELING

SATUAN LAYANAN (SATLAN)
BIMBINGAN DAN KONSELING
Satuan pendidikan

SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA

Kelas / Semester

9 / Semester 2

Program Layanan

Kelas reguler/ Akselerasi/Bilingual class

Pengembangan diri

Bimbingan dan Konseling

Jumlah Pertemuan

2 X Pertemuan

Tugas Perkembangan
5:
Rumusan Kompetensi
5.2 :

1
2
3
4
5

6
7
8
9

Mengenal kemampuan, bakat, minat, serta arah
kecenderungan karir dan apresiasi seni
Memahami pengaruh kemampuan, bakat terhadap
minat kelanjutan studinya

Materi/Topik Bahasan
:Kelanjutan studi dan peminatan di SMA / SMK
Bidang Bimbingan
: Bidang Pengembangan Karir
Jenis Layanan
: Layanan Informasi
Fungsi Layanan
:Pemahaman dan Pengembangan
Tujuan Layanan
:
a. Sikap (comfort)
1) Sikap Spiritual
 Peserta didik dapat mempraktikan sikap spiritual (berdoa,
bersyukur)
2) Sikap Sosial
 Peserta didik dapat mempraktikan sikap tanggung jawab, disiplin
dan kerja keras
b. Pengetahuan ( Understanding)
1) Peserta didik dapat membedakan tujuan pembelajaran di SMA dengan
tujuan pembelajaran di SMK
2) Peserta didik dapat menyebutkan kelompok mata pelajaran di SMA
3) Peserta didik dapat menyebutkan kelompok mata pelajaran di SMK
4) Peserta didik dapat menyebutkan mata pelajaran peminatan di SMA
5) Peserta didik dapat menyebutkan mata pelajaran peminatan di SMK
c. Ketrampilan ( Action)
1) Peserta didik didik dapat melakukan observasi dan wawancara ke
sekolah yang diminati
2) Peserta didik dapat membuat rencana kegiatan memilih minat
kelanjutan studi di SMA/SMK
Sasaran Layanan/Semester
:
Kelas 9/ Dua
Tempat Penyelenggaraan
:
Ruang kelas
Waktu Penyelenggaraan
:
4 X 40 menit, Minggu 1-4 februari 2014
Penyelenggara Layanan
:
Guru BK

3) mengecek kehadiran . Kegiatan pendahuluan : 1) Mengucapkan salam. Kegiatan Inti . 2) Menanyakan pelajaran sebelumnya. b.observasi. Kegiatan pendahuluan : 1) Mengucapkan salam dan berdoa ( To believe in God) 2) Menanyakan pelajaran sebelumnya. 3) mengecek kehadiran .Pihak-pihak yang Dilibatkan 11 Metode 10 12 : : Tanya jawab. pemberian tugas. Uraian Kegiatan/Skenario : PERTEMUAN 1 a. b. Kegiatan Penutup : 1) Guru menyimpulkan kegiatan bersama peserta didik 2) Guru menyampaikan pengumuman tentang tugas dan kegiatan minggu depan 3) Guru menutup pelajaran dengan mengajak peserta didik bersyukur dan mengucapkan salam ( To Believe in God) PERTEMUAN 2 a. Brainstorming. Kegiatan Inti : 1) Mengamati ( learning To know) a) Guru membagi Buku saku tentang kelanjutan studi ke SMA/MA/SMK/MAK b) Peserta didik membaca isi Buku saku 2) Menanya ( learning To know) Guru mengajak peserta didik membuat pertanyaan seputar isi buku saku a) Ada berapa jenis kelanjutan studi setelah SMP b) Ada berapa kelompok peminatan di SMA / MA c) Ada berapa kelompok peminatan di SMK/MAK d) Berapa maksimal pelajaran yang dapat ditempuh antar lintas minat di SMA/MA e) Berapa maksimal pelajaran yang dapat ditempuh antar lintas minat di SMK/MAK 3) Mengasosiasi ( Learning to do) a) Peserta didik melakukan diskusi kelompok untuk mencari jenis kelanjutan studi Setelah SMP b) Peserta didik melakukan diskusi kelompok untuk menentukan jenis peminatan di SMA/SMK c) Peserta didik melakukan diskusi kelompok untuk menentukan banyaknya mata pelajaran lintas minat yang dapat di tempuh di SMA/SMK c.

b. mengecek kehadiran . c. refleksi 2. Kegiatan Penutup : 1) Guru menyimpulkan kegiatan bersama peserta didik 2) Guru menutup pelajaran PERTEMUAN KE 4 a. 3) mengecek kehadiran .Mencoba ( Learning To Be) Guru memberi tugas pada peserta didik untuk membuat rencana kelanjutan studi untuk dirinya sendiri. 3. Kegiatan Inti 5) Membentuk Jejaring (learning To Live Together) a) Peserta didik mengkomunikasikan hasil diskusinya b) Peserta didik saling member dan menerima masukan. Menanyakan pelajaran sebelumnya. Kegiatan Penutup : 1) Guru menyimpulkan kegiatan bersama peserta didik 2) Guru menutup pelajaran 4) PERTEMUAN KE 3 a. Dengan langkah-langkah sebagai berikut: a) Persiapan  Guru membagi lembar kerja “rencana kelanjutan studi”  Guru melakukan brainstorming tentang isi lembar kerja b) Pelaksanaan  Peserta didik observasi langsung ke sekolah yang di minati atau mencari informasi sekolah yang di minati melalui internet  Peserta didik mengisi lembar kerja rencana kelanjutan studi c) Tindak lanjut  Peserta didik mengkonsultasikan hasil lembar kerjanya kepada guru BK  Peserta didik mengkomunikasikan hasil lembar kerjanya kepada orang tua c. Membahas kegiatan evaluasi c. kritik dan saran. Kegiatan Inti 1. menutup kegiatan . Kegiatan pendahuluan : 1) Mengucapkan salam. Mengevaluasi 2. 2. Kegiatan pendahuluan : 1. Mengucapkan salam. Kegiatan penutup 1. 2) Menanyakan pelajaran sebelumnya.

Laiseg :Pengetahuan/pemahaman .MTs . Yogyakarta: Paramitra Publishing 2) Alat : Lembar Tugas Siswa 14 Rencana Penilaian : penilaian hasil dan proses . 14 januari 2014 Mengetahui Kepala sekolah SMP 15 Yogyakarta Guru Bimbingan Konseling Subandiyo. . ketrampilan/rencana kegiatan .Sumber/Bahan dan Alat : 1) Sumber : Suharno. 195612061982031010 Nurbowo budi Utomo.Mata pelajaran peminatan akademik dan vocasi untuk SMK. SPd NIP. Sikap/perasaan positif . SPd NIP. Instrumen penilaian Materi pelayanan 1. Panduan setelah Lulus SMP .Laipen :Memonitor kemantapan minat pilihan studi .Laijapan : memonitor kelanjutan studi 15 Catatan Khusus : Mengadakan konseling jika diperlukan 13 Yogyakarta. 2005. Uraian materi 2.Mata pelajaran peminatan akademik untuk SMA 2. 197007191996011001 Lampiran 1.

1. Madrasah Aliah Kejuruan c. 3. Sekolah Umum Pendidikan menengah yang lebih menitik beratkan tujuan pendidikan untuk menyiapkan peserta didik melanjutkan studi keperguruan tinggi adalah a. MA/MAK Yang bukan Kelompok peminatan akademik di SMA/MA terdiri dari a. Madrasah Aliah c. Akademi d. Data Pemahaman (Understanding) Jenjang pendidikan menengah yang dapat dipilih setelah lulus SMP antara lain a. Akademi d. Pariwisata Berikut yang bukan kelompok peminatan akademik dan vokasi bidang keahlian di SMK/MAK adalah: . 2. SMK d. SMA b. Bahasa dan budaya d. SMA/SMK Pendidikan menengah yang bertujuan menyiapkan tenaga kerja tingkat menengah a. SMK c. Ilmu-ilmu sosial c. SMA b. a. 6. Institut c.INSTRUMENT EVALUASI HASIL A. SMA b. Matetika dan IPA b. SMK d. Sekolah Umum Kejuruan Pendidikan menengah yang dalam stuktur kurikulumnya dibolehkan menambah ajam pelajaran agama adalah. Universitas b. 5. 4.

Sekolah Umum Yang bukan termasuk kelompok mata pelajaran peminatan ilmu-ilmu sosial di SMA adalah : a. Seni rupa dan kriya c. Kelompok pelajaran Peminatan c. 8. 7. 6 jam pelajaran c. Kelompok mata pelajaran wajib serta peminatan akademik d. Teknologi dan rekayasa a. Sturktur kurikum di SMK/MAK terdiri dari a. 42 jam pelajaran Pilihan pendalaman minat atau lintas minat untuk kelas X di SMA ada berapa jam pelajaran a. 42 jam pelajaran Jumlah jam pelajaran yang harus di tempuh di SMK perminggu rata rata adalah a. namun ada pendidikan menengah yang menentukan masa studi 4 tahun yaitu: a. Fisika d. 13. 6 jam pelajaran c. b. 48 jam pelajaran d. Matematika b. 24 Jam pelajaran b. Kelompok mata pelajaran wajib b. 42 jam pelajaran Pendidikan menengah pada umumnya ditempuh 3 tahun. 14. Kelompok pelajaran Peminatan c. Madrasah Aliah c. Ekonomi Yang bukan termasuk kelompok mata pelajaran peminatan matematika dan ilmu-ilmu alam di SMA adalah: a. Bisnis dan manajemen b. 24 Jam pelajaran b. 9. 12. a. 6 jam pelajaran c. 42 jam pelajaran Kelompok pelajaran peminatan akademik dan vokasi di SMK/MAK berjumlah berapa jam pelajaran. 15. Kelompok mata pelajaran wajib b. Sejarah d. SMK b.Matematika dan Ilmu alam Kesehatan Pariwisata Bisnis dan manajemen Struktur kurikulum di SMA/MA terdiri dari a. Geografi b. 48 jam pelajaran d. teknik elektro lebih tepat melanjutakan studi ke SMA/MAK dalam bidang keahlian … a. d. . 6 jam pelajaran c. 24 Jam pelajaran b. 48 jam pelajaran d. c. Kelompok mata pelajaran wajib serta peminatan akademik d. Geografi Peminatan vokasi seperti teknik bangun. 16. 11. Kelompok mata pelajaran wajib serta peminatan akademik dan vokasi. teknik otomotif. SMA d. Biologi c. 48 jam pelajaran d. 10. 24 Jam pelajaran b. Biologi c. Kelompok mata pelajaran wajib serta peminatan akademik dan vokasi Jumlah jam pelajaran yang harus ditempuh di kelas X SMA per minggu adalah a.

Teknologi dan rekayasa d. animasi. Saya senang jika dapat melanjukan studi ke SMA/MA/SMK/MAK YA TIDAK . Teknologi dan rekayasa d. Teknologi dan rekayasa d. Teknologi Informasi dan komunikasi Peminatan vokasi seperti TIK.Teknologi Informasi dan komunikasi Peminatan vokasi seni musik. Saya akan mencari informasi tentang SMA/SMK yang saya minati 5. 19. Bisnis dan manajemen b. Seni rupa dan kriya c. Teknologi Informasi dan komunikasi Peminatan vokasi seperti kriya kayu. II Perhatian kesenangan 1. seni suara. Seni rupa dan kriya c. Multimedia. administrasi perkantoran lebih tepat melanjutakan studi ke SMA/MAK dalam bidang keahlian … a. Seni pertunjukan b. a. kriya batik lebih tepat melanjutakan studi ke SMA/MAK dalam bidang keahlian … a. Teknologi Informasi dan komunikasi d. Memahami seluk beluk kelanjutan studi di SM/MA/SMK/MAK sangat penting 4. Seni rupa dan kriya c. seni pedalangan lebih tepat melanjutakan studi ke SMA/MAK dalam bidang keahlian … a. Saya merasa perlu mengetahui informasi tentang kelanjutan studi setelah SMP 2. Saya memerlukan informasi kelompok mata pelajaran peminatan di SMA/SMK 3. Seni pertunjukan b. Teknologi Informasi dan komunikasi Peminatan vokasi seperti akutansi. 18. seni tari. programmer lebih cocok melanjutkan studi ke SMK/MAK bidang keahlian…. Bisnis dan manajemen b. kriya logam. Teknologi dan rekayasa d. Sikap ( comfortable) Berilah jawaban “ya” atau” tidak” pada kolom yang sudah disediakan dengan memberikan tanda Check (Ѵ) NO INDIKATOR SIKAP POSITIF TERHADAP KELANJUTAN STUDI MINAT I. Seni rupa dan kriya c. 17. B. Mendapatkan informansi yang tepat tentang pilihan kelanjutan studi akan bermanfaat 6. 20.

nilai. Kemauan 7. Saya senang senang jika diberi kesempatan memilih sendiri kelanjutan studi saya tanpa dipaksa orang tua.IV C. Saya akan memilih salah satu sekolah lanjutan setelah lulus SMP 12. 11. Saya akan membuat rencana kelanjutan studi yang matang sesuai pilihan saya 13. Saya akan berusaha keras untuk dapat diterima di sekolah yang saya minati Ketrampilan membuat Rencana kelanjutan studi Buatlah rencana kelanjutan studi setelah lulus SMP dengan mengisi daftar isian berikut ini: NAMA: 1 Cita-cita pekerjaan masa depan yg saya inginkan 2 Mata pelajaran yang saya senangi 3 Mata pelajaran yang nilainya selalu bagus 4 Bakat menonjol yang saya miliki 5 Berdasarkan cita-cita. Saya senang merencanakan kelanjutan studi saya sejak dini 10. Saya senang jika mendapatkan bimbingan dan pengarahan untuk memilih kelanjutan studi 9. Saya senang jika di terima di sekolah yang menjadi favorit saya 8. Saya akan memilih sekolah dengan mempertimbangkan nilai yang saya peroleh 15. dan bakat yang saya miliki maka setelah lulus SMP saya berminat melanjutkan studi ke Kelompok peminatan 6 KELAS/NO ABSEN: . Saya akan memilih kelompok peminatan (jurusan) yang sesuai bakat dan minat saya 14.

akademik dan atau vokasi (jurusan) yang saya inginkan 7 Usaha yang saya lakukan agar cita-cita kelanjutan studi saya tercapai antara lain 8 Jika pilihan pertama tidak tercapai maka pilihan kelanjutan studi yang ke dua adalah Faktor pendukung yang saya miliki dalam memilih kelanjutan studi adalah 9 10 Faktor yang menjadi penghambat kelanjutan studi saya adalah NAMA: KELAS : TANDA TANGAN : NO ABSEN: .

PROSES YANG DINILAI Kesesuaiaan Program 1 Materi layanan sesuai dengan kebutuhan konseli 2 Materi layanan mengacu pada sumber yang jelas 3 Materi layanan sesuai dengan perkembangan konseli Keterlaksanaan program 1 Program terlaksana sesuai dengan satlan/RPP 2 Waktu pelaksanaan sesuai dengan satlan/RPP 3 Metode yang digunakan variatif dan menarik 4 Menggunakan media layanan Bk 5 Langkah-langkah pelaksanaan lengkap meliputti pembukaan sampai evaluasi Konseli / peserta didik Antusias Peserta didik bertanya pada guru Peserta didik menjawab pertanyaan guru Peserta didik mengerjakan tugas yg diberikan guru Kehadiran Peserta didik 1 Peserta didik hadir semua 2 Peserta didik hadir lebih dari 75 % 3 Peserta didik yang Tidak hadir lebih dari 25 % Ketersediaan sarana prasarana 1 Meja kursi tempat peserta didik lengkap dan nyaman 2 Papan Tulis. alat tulis tersedia 3 Ruangan bersih dan nyaman 4 Instrumen dan buku sumber yang diperlukan tersedia 5 Pencahayaan ruangan mencukupi Dukungan terhadap mata pelajaran 1 Materi layanan mendukung semua mata pelajaran 2 Materi layanan hanya mendukung sebagian mata pelajaran HASIL PENGAMATAN KETERANGAN YA TIDAK .INSTRUMENT PENILAIAN PROSES NO A B C D E F.