You are on page 1of 4

Hadi Saputra

1. Sejarah :
- Didirikan di washington – Juli 1994

Kekuatan :
-

-

-

kemudahan dalam penggunaannya, hasil pencarian yang akurat, harga,
dan kenyamanan;, lingkungan transaksi yang dapat dipercaya, layanan
pelanggan tepat waktu, dan cepat, yang didukung oleh teknologo
perusahaan yang canggih.
Cepat
melakukan
perbaikan
dan
mengidentifikasi
masalah,
mengembangkan solusi, dalam meningkatkan pengalaman online
pelanggan.
Agresif dalam menganalisis lalu lintas situs Web-nya dan memodifikasi
website yang sesuai dengan kebtuhan konsumen.
Disversifikasi bisnis :
- Kindle sukses sebagai pencetus munculnya e-book reader
- Sebagai pencetus computer tablet murah (Kindle Fire)
- Memiliki kartu kredit tersendiri

Kelemahan :
-

-

-

Strategi amazon dalam melakukan pelayan terhadap konsumen salah,
dikarenakan strategi Amazon Prime mengecilkan pendapatan yang
diterima amazon sendiri.
Dibandingkan dengan e-commerce lain, Amazon kurang dalam hal sumber
daya yang lebih besar (eBay), sejarah yang lebih lama (Barnes & Noble),
lebih banyak pelanggan (Apple), atau pengakuan merek yang lebih besar
(iTunes).
Kurang nya promosi dan penelitian yang dilakukan oleh Amazon membuat
usahanya gagal seperti mesin yang pencari A9, Amazon Lelang, dan
Unbox, video asli Amazon dan permintaan layanan Amazon.

Peluang :
-

-

-

Amazon Glacier sebagai pengarsipan data online dapat tumbuh seiring
dengan promosi dan strategi yang ditawarkan.
Amazon Web Services (AWS) dapat menjadi peluang yang besar jika
dilihat dari segi market place yang dimana Amazon adalah salah satu
pemain utama di pasar e-commerce ritel yang berkembang pesat.
Pengakuisisian Quidsi dan Zappos merupakan peluang terciptanya
disversifikasi bisnis yang menguntungkan untuk meningkatkan pelayanan
e-commerce Amazon.
Ekspansi bisnis dengan mengakuisisi Lovefilm dapat menciptkan peluang
untuk bersaing dengan market leader film online yaitu Netflix.

com.com.th. sebagai contoh : lazada. sejarah yang lebih lama (Barnes & Noble). blibli.co. 2. ekspansi ke negara jepang dengan domain website : lazada.com. Barnes & Noble. Amazon harus dapat mengkalkulasikan biaya jika ingin membuka gudang dekat pusat penduduk. Amazon harus dengan cepat melakuakan tindakan realisasi same-day delivery dikarenakan dizaman modern dan kesibukan calon pelanggan peluang suksesnya same-day delivery akan lebih tinggi dibandingkan dengan calon pelanggan mendatangi toko-toko.jp. Apple.com dan sebagainya.co. MediaBay. Sebagai pemimpin pasar retail pada saat itu. Overstock.com yang terpadat konten khusus yang menjual produk-produk lokal Indonesia. dan RedEnvelope. Same-day delivery dapat meningkatkan popularitas retail online Amazon Ancaman : - - - eBay.com. lebih banyak pelanggan (Apple). Akan adanya regulasi perpajakan akan kewajiban pajak penjualan secara online Hacker yang terus menyerang server Amazon Rekomendasi : 1. atau pengakuan merek yang lebih besar (iTunes).com. contonya di Indonesia : tokopedia. Priceline. ekspansi ke Thailand denga domain : lazada. Banyak dari perusahaan pesaing memiliki sumber daya yang lebih besar (eBay).id. Amazon seharusnya memberikan prioritas utama kepada devisi sistem dan teknologi informasinya dengan melakukan pengembangan dan proteksi . Strategi peningkatan pelayanan pengiriman same-day delivery sebaiknya dilakukan dengan mempertimbangkan biaya.com. bukalapak. Dalam menghadapi “buying local” Amazon harus dapat mensiasatinya dengan menciptkan dan menjalin kerja sama dengan toko-toko lokal yang ada dengan mengajak untuk memasarkan produknya di Amazon sebagai pihak ketiga. seperti yang dilakukan oleh blibli.com merupakan ancaman serius dalam dunia e-commerce ditambah lagi pada saat sekarang banyak sekali market pleaced lokal yang berkembang pesar di masing-masing negara. 3. Keinginan pelanggan untuk mendapatkan produk langsung adalah ancaman dan peluang bagi Amazon.co. Jika terlalu mahal sehingga mengorbankan profitabilitas Amazon sebaiknya Amazon dapat berkerjasama dengan perusaahaan pihak ketiga atau perusahaan jasa pengiriman paket kilat. 4. melakuakan ekspansi ke Indonesia dengan merubah Bahasa dan domain website lazada. PCMall.Hadi Saputra - - Ekspansi bisnis kenegara-negara lain yang berkembang dengan ikut melakukan adaptasi dengan kebiasaan dan Bahasa khususnya pada negara tersebut.

seperti dengan mengajak kerjasama produk yang dijual dalam menanggung biaya pengiriman atau dukungan dari sponsor atau mungkin bisa melakukan markup harga.Berdasarkan sejarahnya : Sebaiknya Amazon melakukan ekspansi bisnis dan melakukan disversifikasi portofolio bisnisnya sesuai dengan sejarah usahnya dibidang e-commerce artinya. dimana jika dilihat dari sejarhnya akan menjadikan web hosting yang sukses dalam hal pengembangan hosting website e-commerce didunia retail elaktronik. Usaha tersebut tentunya akan berhasil jika melihat pesaing-pesaing digital lainya seperti i-tunes dengan device Apple phone nya. Amazon Web Hosting. dan . Apple. Amazon lebih berpeluang berhasil jika disandingkan dengan hardware device Amazon atau yang dikenal dengan Kindle. dll yang diketahui tidak memiliki server tersendiri dan masih menyewa server yang disediakan oleh pihak ketiga. atau mungkin dapat melakukan perluasan kearah pelayanan surat elektronik seperti Amazon Mail.Amazon juga dapat melakukan ekspansi bisnisnya kearah digital elektonik yang berbasis internet dibandingkan dengan berinvestasi di bidang produk smartphone.com. Amazon’s original video-on-demand service. Jadi kegagalan Amazon dalam disversifikasi jenis usahanya merupakan kegagalan yang bersumber dari kurangnya research and development Amazon sebelum meluncurkan produknya itu. seperti menyediakan server yang sangat baik untuk berlanjutnya usaha e-commerce lokal seperti tokopedia. bukalapak. playgame.com. dikarenakan dengan pengalaman dan tenaga ahli yang dimilikinya disertai manajemen e-commerce yang baik maka Amazon dapat melakukan investasi dibidang Server internet untuk menunjang penjualan e-commerce di seluruh dunia. . blibli. akan tetapi sebaiknya Amazon dapat memprediksi kerugian dari beban yang ditimbulkan. playmusic. . Amazon Auctions. playbook dengan device android ataupun Nexus nya. seperti perluasan usaha yang sebelumnya dilakukan. playfilm. 7. Sebaiknya Amazon dapat melakukan strategi pemasaran tersebut dengan melakukan strategi lain agar tidak merugikan perusahaan. 5.com. Google baik playstore. Dibandingkan melakuakan investasi dibidang smart phone yang memiliki banyak sekali pesaing seperti Sony. Dalam strategi pemasaran yang dilakukan Amazon dalam hal biaya pengiriman gratis keseluruh dunia merupakan strategi yang efektif. and Unbox.Hadi Saputra keamanan sistemnya yang dapat dianggarkan dari profitabilitas Amazon. 6. Dalam pesaingan disversifikasi jenis usaha seperti A9 search engine.

Amazon Auctions. Atau jika Amazon sudah terlanjur melakukan investasi di bidang teknologi tinggi (smart phone) seperti merekrut Robert Williams dan menjalin kerjasama dengan Foxconn maka ada baiknya Amazon mempertimbangkan memasukan dan mempromosikan produk andalannya kedalam smart phone nya nanti yang diharapkan dapat menjadi nilai tambah tersendiri bagi smart phone tersebut dan menjadi peluang pendapatan tersendiri bagi Amazon. and Unbox. . selain itu juga dapat menyertakan secara gratis produk A9 search engine. Amazon’s original video-ondemand service sebagai sarana promsi untuk mensukseskan produk amazon lainnya.Hadi Saputra - Samsung dan brand lain yang sudah banyak dan sukses dipasaran.