You are on page 1of 10

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran
Kelas/Semester
Peminatan
Materi Pokok
Alokasi Waktu

: Sosiologi
: X/2
: Ilmu ilmu Sosial
: Ragam gejala sosial dalam masyarakat
: 3 x 3JP

A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1.1.
Memperdalam nilai agama yang dianutnya dan menghormati agama lain

2.1. Mensyukuri keberadaan diri dan keberagaman sosial sebagai anugerah Tuhan Yang
Maha Kuasa
2.2. Merespon secara positif berbagai gejala sosial di lingkungan sekitar
3.3. Menganalisis berbagai gejala sosial dengan menggunakan konsep-konsep dasar
Sosiologi untuk memahami hubungan sosial di masyarakat
4.3. Melakukan kajian, diskusi dan mengaitkan konsep-konsep dasar sosiologi untuk
mengenali berbagai gejala sosial dalam memahami hubungan sosial di masyarakat
C. Indikator Pencapaian Kompetensi

1.1.
2.1.
2.2.
3.3.
4.3.

Melaksanakan ibadah sesuai dengan ibadah yang dianutnya
Mensyukuri keragaman sosial dan budaya kepada Allah SWT
Memiliki rasa kepedualian kepada lingkungan sekitar
Memahami definisi, faktor penyebab dan macam-macam gejala sosial
Memahami berbagai contoh gejala sosial di masyarakat

D. Materi Pembelajaran
1.
Definisi gejala sosial/penyimpangan sosial
2.
Ciri-ciri penyimpangan
3.
Teori-teori penyimpangan
4.
Definisi, ciri-ciri, dan tujuan pengendalian sosial
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1

Membimbing penyelidikan mandiri dan kelompok.   Waktu 10 menit 100 menit Mengamati ragam gejala sosial di masyarakat sekitar sebagai bentuk rasa ingin tahu atas penciptaan dan kebesaran Tuhan yang tercermin dan terwujud dalam kehidupan sosial Peserta didik dimita untuk membayangkan berbagai gejala sosial yang pernah terjadi disekitar lingkungan tempat mereka tinggal Peserta didik diminta untuk membentuk kelompok sebanyak 6 kelompok Seluruh kelompok diminta untuk mengajukan berbagai pertanyaan terkait hasil pengamatan dan mencermati berbagai gejala sosial dalam memahami hubungan sosial di masyarakat Mendiskusikan berbagai pertanyaan dengan mengaitkan kecenderungan gejala sosial di masyarakat sebagai akibat dari hubungan social Guru mengamati aktifitas peserta didik dalam kerja kelompok. Kegiatan Inti   • • Mengorganisasik an kegiatan pembelajaran.       • Mengembangkan dan menyajikan hasil karya. Menganalisis data dari hasil diskusi mengenai ragam gejala sosial di masyarakat dengan mengaitkan konsep dasar Sosiologi untuk memahami hubungan sosial dalam kehidupan kelompok dan masyarakat Menentukan sikap dalam mengkritisi berbagai gejala sosial dan mengajukan pendapat dan atau jalan keluar atas berbagai gejala sosial yang ada sebagai bentuk tanggungjawab sosial dalam kehidupan kelompok dan masyarakat 2 . Guru membantu peserta didik dalam mengumpulkan informasi dari berbagai sumber Setiap kelompok menyimpulkan dan menuliskan hasil diskusinya.  Menanyakan kehadiran peserta didik.  Menanyakan kepada peserta didik kesiapan dan kenyamanan untuk belajar. Rincian Kegiatan Pendahuluan  Memberi salam dan berdoa.  Menyampaikan tujuan pembelajaran.Pertemuan ke 1 Sintak Pembelajaran Model PROBLEM BASED LEARNING • Mengorientasi peserta didik pada masalah.

Sintak Pembelajaran Model Rincian Kegiatan  Guru meminta kepada peserta didik untuk mengembangkan hasil diskusi kelompok menjadi sebuah laporan analisis kasus dengan menambahkannya dengan data survey lokasi dan wawancara narasumber Mengomunikasikan pendapat secara individu dan kelompok berdasarkan hasil diskusi mengenai berbagai gejala sosial terkait hubungan sosial dan pembentukan kelompok di masyarakat  • Analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah. Kegiatan Inti 100 menit Guru menggunakan model pembelajaran problem based learning  Guru memberikan kartu yang berisi gambar permasalahan macam-macam gejala sosial  Peserta didik mengamati sebuah kartu yang berisi permasalahan mengenai kasus gejala sosial yang ada di masyarakat  Peserta didik mengajukan pertanyaan berkaitan dengan kartu kasus yang sudah diberikan guru.  Menyampaikan tujuan pembelajaran.  Menanyakan kehadiran peserta didik. Waktu  Guru mengevaluasi hasil presentasi dan diskusi yang berkembang di peserta didik. Penutup  Guru bersama peserta didik menyimpulkan materi pelajaran  Memberikan tugas dalam bentuk soal-soal untuk di kerjakan di rumah  Melaksanakan penilaian kognitif 10 menit Pertemuan 2 Sintak Model Pembelajaran PROBLEM BASED LEARNING • • Mengorientasi peserta didik pada masalah. Rincian Kegiatan Waktu Pendahuluan  Memberi salam dan berdoa. buku  3 .  Menanyakan kepada peserta didik kesiapan 10 menit dan kenyamanan untuk belajar.  Guru membentuk kelompok sebanyak 5 kelompok Peserta didik membaca buku teks. Mengorganisasikan kegiatan pembelajaran.

   • Analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah. Menanyakan kepada peserta didik kesiapan dan kenyamanan untuk belajar. yaitu tentang macam-macam kasus gejala sosial Guru mengamati aktifitas peserta didik dalam kerja kelompok. 4 . Guru meminta kepada peserta didik untuk mengembangkan hasil diskusi kelompok menjadi sebuah laporan analisis kasus Guru mengevaluasi hasil presentasi dan diskusi yang berkembang di peserta didik. Penutup  Guru bersama peserta didik menyimpulkan materi pelajaran 10 menit  Memberikan tugas dalam bentuk soal-soal untuk di kerjakan di rumah  Melaksanakan penilaian kognitif Pertemuan 3 Sintak Model Pembelajaran PROBLEM BASED LEARNING Rincian Kegiatan PENDAHULUAN   Alokasi Waktu 10 menit Memberi salam dan berdoa.Sintak Model Pembelajaran • Membimbing penyelidikan mandiri dan kelompok. Perwakilan dari kelompok menyampaikan hasil diskusi dan kelompok yang lain menanggapi. akses internet untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan materi yang tertera di dalam kartu tersebut.     • Mengembangkan dan menyajikan hasil karya. Guru menilai kemampuan peserta didik berkomunikasi lisan dan tulisan.  Peserta didik berdiskusi secara berkelompok dengan panduan lembar kerja yang telah diberikan guru kepada setiap kelompok. Rincian Kegiatan Waktu referensi lain. Guru membantu peserta didik dalam mengumpulkan informasi dari berbagai sumber Setiap kelompok menyimpulkan dan menuliskan hasil diskusinya.

Guru membentuk kelompok sebanyak 5 kelompok Peserta didik menganalisis hasil diskusi kelompok mengenai jenis-jenis pengendalian sosial dan menggali informasi melalui sumber bacaan yang mereka miliki. Masing-masing kelompok menyimpulkan hasil analisis dari diskusi yang sudah dilakukan. Guru menilai sikap peserta didik dalam kerja kelompok membimbing/menilai keterampilan dan menilai kemampuan peserta didik menerapkan konsep dan prinsip dalam pemecahan masalah Peserta didik berdiskusi secara berkelompok dengan panduan lembar kerja yang telah diberikan guru kepada setiap kelompok. yaitu tentang pengendalian sosial.  Menyampaikan tujuan pembelajaran. Masing-masing kelompok menemukan keterkaitan antara hasil diskusi dengan literatur mengenai jenis-jenis pengendalian sosial.  Ice breaking. Peserta didik mendiskusikan untuk mengklasifikasikan jenis-jenis pengendalian sosial berdasarkan tayangan gambar. yaitu tentang jenis-jenis pengendalian social Guru mengamati aktifitas peserta didik dalam kerja kelompok. KEGIATAN INTI    Mengorganisasikan kegiatan pembelajaran     Membimbing penyelidikan mandiri dan kelompok      Mengembangkan dan menyajikan hasil karya   100 Menit Peserta didik melihat tayangan gambar tentang pengendalian sosial yang terdapat di masyarakat. Tanya jawab materi sebelumnya.   Mengorientasi peserta didik pada masalah Menanyakan kehadiran peserta didik. Guru membantu peserta didik dalam mengumpulkan informasi dari berbagai sumber Setiap kelompok menyimpulkan dan menuliskan hasil diskusinya. penayangan video motivasi. 5 .

 Analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah  Perwakilan dari masing-masing kelompok menyampaikan hasil analisis tentang jenis-jenis pengendalian sosial. jenis-jenis pengendalian sosial. Sosiologi Jilid 1. Presentasi G.id 6 . Sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui tes tertulis. PENUTUP    10 menit Bersama peserta didik menyimpulkan pengertian. Strategi dan Metode Pembelajaran  Pendekatan : Saintifik  Model Pembelajaran : Problem Based Learning  Metode Pembelajaran : Diskusi. F.  Aspek dan Instrumen penilaian Instrumen observasi menggunakan lembar pengamatan sikap yang meliputi kejujuran.org. objektif dan toleransi. Hand Out  Alat/bahan : Papan tulis. Memberikan tugas mencari contoh gambar yang berkaitan dengan pengendalian sosial. kinerja presentasi. Pendekatan. Penilaian proses dilakukan melalui observasi kerja kelompok. Penilaian  Mekanisme dan prosedur Penilaian dilakukan dari proses dan hasil.dan lembaga pengendalian sosial.net  http://psb-psma. Instrumen tes menggunakan tes tertulis uraian. I.go. Melaksanakan post test.com  http://e-dukasi. Spidol  Sumber Pembelajaran : Buku Sosiologi kelas X dan referensi lain yang relevan H.Buku Sosiologi Penunjang Aktivitas Siswa  http://forumguru. dan tanggung jawab. kritis. Instrumen kinerja presentasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas peran serta dalam diskusi dan isi presentasi. disiplin.  Contoh Instrumen (Terlampir) Sumber/Referensi  Buku Pegangan Kurikulum 2013. Alat dan Sumber Pembelajaran  Media : LCD. Media. dan laporan tertulis.

M. Basyarudin Thayib.Pd Tim Sosiologi 7 .Mengetahui Kepala SMA Plus PGRI Cibinon Guru Mata Pelajaran Sosiologi Dr. H.

.... 2................. 4... 1.......... Rubrik Penilaian : Jika peserta didik dapat menjawab 3 pertanyaan skor : 100 Jika peserta didik dapat menjawab 2 pertanyaan skor : 70 Jika peserta didik dapat menjawab 1 pertanyaan skor : 40 Contoh Kartu Kasus 8 ................... ........................ . .................................... Analisislah.......................................... 3........................................................................................................................ ............ 2............................................. .................... ........... Kelas : X ........................ 3......................................... 2...... Faktor-faktor apa sajakah yang menyebabkan gejala sosial tersebut ? Dampak apa yang akan ditimbulkan apabila gejala tersebut merajalela di dalam kehidupan kita ? Bagaimanakah seharusnya peran masyarakat dan pemerintah dalam mengatasi hal tersebut ? Jawablah : 1.................................................... ............................LAMPIRAN Lembar Kerja Siswa 1 Nama Kelompok : 1.... 3..................

suara dan teks 3 Penyajian Materi  Runut sesuai dengan struktur keilmuan  Mengikuti alur logika yang jelas ( sistimatis ) Bervariasi 9 . Sangat tinggi 2. unik.3 grafis Visual/ Penyajian materi Nama Siswa Kebenaran substansi No Kreatifitas Kinerja Presentasi Jumlah Skor Nilai 1 2 3 4 . Keterangan pengisian skor dengan rentang nilai 1 s.LEMBAR PENGAMATAN KINERJA PRESENTASI Mata Pelajaran Kelas/Program Kompetensi : Sosiologi : X/Ilmu Pengetahuan Sosial : KD 3. tidak asal berbeda  Sesuai dengan konsep dan teori yang benar dari sisi keilmuan  Tidak ada bagian yang salah/keliru  Tidak ada kesalahan penempatan gambar... Cukup 3. Kurang ∑ Skor perolehan Nilai = X 100 Skor Maksimal RUBRIK PENILAIAN NO INDIKATOR 1 Kreativitas 2 Kebenaran substansi materi URAIAN Baru.d 4 4. Tinggi 1.

memberikan pertanyaan 2 Tanggung Jawab Menyelesaikan tugas tepat waktu. 10. 3. 11. 7. 5. menjawab pertanyaan. 6. 8. RUBRIK PENILAIAN NO INDIKATOR URAIAN 1 Aktif Mengemukakan pendapat. 2.1 (1) (2) Kerjasama Nama Peserta didik JawabTanggung No Aktif Observasi Sikap Profil sikap secara umum (3) 1. 10 . 9. tugas dilakukan sesuai dengan kaidah-kaidah masing-masing materi 3 Kerjasama Peserta didik berinteraksi dengan sesama peserta didik dan kelompoknya.NO 4 INDIKATOR Grafis URAIAN  Tampilan layar ( warna. 4. tataletak (layout))  Ilustrasi LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI SIKAP Mata Pelajaran Kelas/Program Kompetensi : Sosiologi : X/Ilmu Pengetahuan Sosial : KD 4.