You are on page 1of 5

Contoh RPP model pembelajaran ini

:
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran

: Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas / Semester

:V/I

Alokasi Waktu

: 2 x 35 ( 2 Jam Pelajaran )

Hari Tanggal

:

A. Standar Kompetensi
Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.
B. Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk
mempertahankan hidup.
C. Indikator
l Mendiskripsikan ciri khusus pada beberapa tumbuhan untuk melindungi dirinya.
Misalnya : memiliki racun, duri atau daun yang tajam.
l Mengaitkan antara ciri khusus tumbuhan dengan tempat hidupnya
D. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menyimpulkan bahwa makhluk hidup dapat menyesuaikan diri dengan
lingkungan dalam usaha mempertahankan diri.
E. Materi Ajar
Penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungan
l Mawar dan bugenvil mempunyai duri sebagai pelindung. Hewan yang mendekati
tumbuhan tersebut akan tertusuk duri. Rasa sakit akibat tusukan duri akan membuat
hewan tidak mau lagi mendekati tumbuhan itu, begitu juga manusia yang ingin
memetik bunga mawar dan bugenvil juga dapat tertusuk duri. Itulah sebabnya kita
harus berhati-hati jika ingin memetik kedua jenis bunga tersebut.
F. Model dan Metode
l Model pembelajaran : Numbered Hands Together (NHT)
lMetode
: Ø Ceramah
Ø Diskusi
Ø Tanya Jawab
G. Langkah-Langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
Ø Guru Mengucapkan salam dan mengabsen siswa
Ø Guru Memberikan penjelasan yang relevan bahan pelajaran yang lalu dengan
pelajaran yang akan diajarkan.
II. Kegiatan Inti
Ø Guru Membagi siswa dalam beberapa kelompok (setiap siswa dalam setiap kelompok
mendapat nomor)
Ø Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya

Ø Guru menutup pelajaran. April 2010 Guru IPA ………………………… NIP . Sebutkan 5 jenis tumbuhan yang memiliki duri sebagai alat perlindungan diri terhadap pemangsa ! 2. Bagaimana cara tumbuhan kaktus bertahan hidup digurun pasir yang panas dan kering ? 3. Mengapa pohon jati merontokkan daunnya pada musim kemarau ? 5. keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan. Bagaimana cara tumbuhan kantong semar menangkap serangga makanannya ?s Mengetahui. Kepala Sekolah ………………………… NIP Banjarmasin. Sebutkan 5 jenis tumbuhan yang mengeluarkan getah untuk melindungi dirinya ! 4. kemudian guru menunjuk nomor yang lain. III.Ø Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakan / mengetahui jawabanya Ø Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerja mereka Ø Tanggapan dari teman yang lain. Penilaian l Tes secara lisan Kebenaran menjawab atau ketepatan menjawab soal yang ditanyakan. Kegiatan Akhir Ø Guru bersama-sama anak murid menyimpulkan hasil diskusi. Sumber Pembelajaran l Sains Modern untuk SD dan MI Kelas 5 I. H. Soal-soal : 1.

Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together) 2. Apa sajakah sifat-sifat cahaya itu? 1. C. Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya atau model. Cahaya Merambat Lurus 2. Standar Kompetensi 6. Cahaya Dapat Dibiaska 4. Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya. Sifat-sifat cahaya banyak manfaatnya bagi kehidupan. gambut Kelas : V ( Lima ) Semester : 2 (Dua) Alokasi Waktu : 2 x 35 menit A. Skenario Pembelajaran .RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah : SDN Tambak Sirang Baru Kec. Materi Ajar Cahaya dan sifat-sifatnya Cahaya membuat kita dapat melihat benda-benda di sekitar kita. Sifat-Sifat Cahaya Cahaya mempunyai sifat-sifat tertentu. Kompetensi Dasar 6. Cahaya Dapat Dipantulkan 3. siswa dapat : 1. Indikator 1. 3. Cahaya Dapat Diuraikan F. Mendemonstrasikan sifat cahaya yang mengenai berbagai benda (bening.1. Bagaimana cahaya dapat membantu kita dalam melihat suatu benda? Marilah kita mencari jawabannya dalam bab ini! A. Tanya Jawab. D. penugasan G. Tujuan Pembelajaran Melalui pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran NHT. Model dan Metode Pembelajaran 1. Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya yang mengenai cermin datar dan cermin lengkung (cembung atau cekung). Metode : Ceramah. Mencari informasi tentang sifat-sifat cahaya yang mengenai cermin datar dan cermin lengkung. mengetahui sifat-sifat cahaya yang mengenai berbagai benda. B. dan gelap) 2. 2. berwarna. Melakukan percobaan untuk mengenal sifat bayangan pada cermin E.

Dengan bimbingan guru setiap kelompok mendiskusikan LKS bersama anggota kelompoknya. e. Gambar-Gambar 5.1. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok. dan setiap anggota kelompok dibagikan Lembar Kerja Siswa (LKS) d. Teknik Penilaian : tes tertulis dan lisan 2. Siswa mengerjakan soal evaluasi yang diberikan guru. Guru mengajak semua siswa berdo’a bersama-sama b. Guru melakukan kegiatan refleksi b. Guru memberikan saran dan nasihat H. Menuliskan tujuan pelajaran tentang materi cahaya dan alat optik e. Kegiatan Inti a. Instrumen penilaian : Soal evaluasi 3. ALAT DAN SUMBER BELAJAR 1. Buku Sekolah Elektronik “ SAINS” untuk kelas V SD/MI Penerbit Departemen Pendidikan Nasional 2. Mengkondisikan kelas c. Guru dan siswa mengadakan tanya jawab g. Guru dan siswa menyimpulkan pelajaran bersama-sama c. Guru menuliskan judul pembahasan di papan tulis yaitu cahaya dan alat optik b. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 3. Guru menyebut satu nomor dan para siswa dari tiap kelompok dengan nomor yang sama mengangkat tangan dan menyiapkan jawaban kepada siswa di kelas. Melakukan appersepsi yaitu dengan mengajak siswa bernyanyi 2. Rumusan tes dan Kunci jawaban . 3. Nomor siswa 6. Kegiatan Akhir a. soal evaluasi tersebut dikerjakan secara individu d. Soal Evaluasi I. Mengecek kehadiran siswa d. Kegiatan Awal a. Silabus Mata Pelajaran IPA Kelas V SD 4. Guru menjelaskan materi tentang materi cahaya dan alat optik dengan menggunakan media yang telah disiapkan guru. PENILAIAN 1. setiap kelompok dibagi secara heterogen dan setiap siswa dalam kelompok diberikan nomor yang berbeda. f. kemudian melakukan tanya jawab dengan siswa tentang materi pelajaran yang disampaikan c. Guru memberikan penghargaan kepada kelompok mendapatkan nila tertinggi dan siswa yang berhasil menjawab soal yang diberikan.

. a. Cermin cekung d. . Bayangan bersifat nyata c. a. c. Terbentuknya pelangi pada saat hujan 2. Benda memancarkan cahaya 3. Cermin datar b. a. Bayangan lebih kecil daripada benda aslinya Kunci Jawaban 1. . c. Cahaya dapat melewati kaca d. Jarak benda ke cermin sama dengan jarak bayangan ke cermin b. Cahaya dapat melewati kaca 3. .Soal Evaluasi 1. . Kertas c. Di bawah ini yang termasuk benda tembus cahaya yaitu . Cahaya menembus benda bening 2. Bayangan yang dibentuk oleh cermin datar mempunyai sifat . Bayangan terbalik . . c. karena . Cermin cembung c. c. Kita dapat melihat benda di balik kaca jendela. . Tripleks d. a. . Di antara jenis benda berikut yang biasa digunakan untuk bercermin yaitu . . Air jernih b. . Air jernih 4. Kaca jendela mengilap c. Cahaya menembus benda bening d. Peristiwa yang merupakan bukti cahaya merambat lurus yaitu . Cermin datar 5. . . Lensa cembung 5. . . Memantulnya cahaya pada cermin b. a. Bayangan terbalik d. Kayu 4. Rambatan cahaya matahari yang lurus ketika melewati genting kaca c. a. Kaca jendela tipis b. .