You are on page 1of 5

DINAS KESEHATAN KABUPATEN SUMBAWA BARAT

PUSKESMAS TALIWANG
Jln. Undru No. 06 Kel. Kuang, Kec. Taliwang, Kab. Sumbawa Barat, Kode pos.84355
Telp. (03728281824) Email : Smillearea.pkmtaliwang@gmail.com

KERANGKA ACUAN
PROGRAM KESELAMATAN ATAU KEAMANAN LABORATORIUM

I. PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Kesehatan dan keselamatan kerja ( K3 ) laboratorium merupakan bagian dari
pengelolaan lab secara keseluruhan.Laboratorium melakukan berbagai tindakan dan
kegiatan terutama berhubungan dengan specimen yang berasal dari manusia.Bagi
petugas laboratorium yang selalu kontak dengan specimen, maka berpotensi terinfeksi
kuman pathogen.
Potensi infeksi juga dapat terjadi dari petugas satu ke petugas lainnya, atau
keluarganya dan masyarakat.Untuk mengurangi bahaya yang terjadi perlu adanya
kebijakan yang ketat.Petugas harus memahami keamanan laboratorium dan tingkatanya,
mempunyai sikap dan kemapuan untuk melakukan pengamanan sehubungan dengan
pekerjaannya sesuai SOP, serta mengontrol bahan atau specimen secara baik menurut
praktek laboratorium yang benar.
B. TUJUAN
a. Tujuan Umum :
Kesehatan dan keselamatan kerja di laboratorium dapat dilaksanakan sesuai dengan
prosedur yang telah di tetapkan
b. Tujuan Khusus :
a) Petugas dapat menerapkan manajemen K3 Laboratorium
b) Petugas laboratorium dapat melakukan pengelolaan limbah laboratorium
C. VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN, STRATEGI DAN KEBIJAKAN
a. Kebijakan Umum
Sebagai pemberi pelayanan kesehatan dasar tingkat pertama melalui pelayanan Promotif,
Preventif, Kuratif dan Rehabilitatif.
b. Falsafah Dasar
Melayani Masyarakat
c. Visi
Mewujudkan Taliwang Sehat Mandiri melalui Pelayanan yang Bermutu
d. Misi
1. Mendorong kemandirian masyarakat untuk mencegah menjadi sakit melalui
peningkatan upaya pencegahan (Preventif) dan peningkatan kesehatan (Promotif).
2. Pemberdayaan masyarakat untuk mampu menyelesaikan masalah kesehatan secara
mandiri melalui pelaksanaan desa/ kelurahan siaga 100%.

4. JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN No. Pelayanana ber SAHABAT. D. Petugas K3 Lab / Koordinator / petugas a) Bertanggung jawab langsung dengan proses pengambilan specimen. bahan. KEGIATAN POKOK DAN RINCIAN KEGIATAN a. Menjadikan puskesmas sebagai pusat informasi dan rujukan pengetahuan tentang kesehatan. menginformasikan. reagen pemeriksaan. memelihara. SASARAN Petugas Laboratorium G. Sabar. Tata Nilai 1. 1. Mengajak masyarakat untuk ber SAHABAT. Kegiatan Kegiatan K3 Tahun 2016 Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nop Des 1x . meningkatkan dan memulihkan kesehatan. memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan kemananan lab terutama untuk lab yang melaksanakan berbagai pelayanan dan kegiatan. Motto SAHABAT f.3. Santun Handal Bakti dan Cekatan merupakan dimensi mutu yang harus diwujudkan staf dalam memberikan pelayanan kepada masyrakat. Bentuk kegiatan K3 a) Melakukan pemeriksaan dan pengarahan secara berkala terhadap metode atau prosedur dan pelaksanaanya. Bekerja sama dan Taat dalam menjaga. Memberikan pelayanan kesehatan tingkat pertama yang bermutu dan berorientasi kepada kepuasan pelanggan e. ber harap. 2. b) Memastikan semua petugas lab memahami dan dapat menghindari bahaya infeksi c) Melakukan penyelidikan semua kecelakaan di dalm lab yang memungkinkan terjadinya pelepasan / kebocoran/ penyebaran bahan infektif d) Melakukan pengawasan dan memastikan semua tindakan dekontaminasi yang telah dilakukan jika ada tumpahan dan percikan bahan infektif e) Memastikan bahwa tindakan disinfeksi telah dilakukan terhadap peralatan lab yang akan diservis / diperbaiki f) Menyusun jadwal kesehatan bagi petugas lab g) Memantau petugas lab yang sakit atau absen yang mungkin berhubungan dengan pekerjaan di lab dan dilaporkan ke kepala puskesmas h) Membuat rencana dan melaksanakan pelatihan K3 bagi petugas lab i) Mencatat secara rinci setiap kecelakaan kerja yang terjadi di lab. E. b) Mengkoordinasikan. c) Sebagai koordiantor dalam pembentukan tim K3 b. bahan habis pakai dan perlatan kerja. CARA MELAKSANAKAN KEGIATAN Kegiatan Kesehatan dan keselamatan kerja ( K3 ) berupa pelatihan bagi petugas laboratorium untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan akan K3 F.

Tujuan Khusus : a) Petugas dapat menerapkan manajemen K3 Laboratorium b) Petugas laboratorium dapat melakukan pengelolaan limbah laboratorium C. . PENUTUP Demikian kerangka acuan Kesehatan dan keselamatan kerja ( K3 ) ini di buat. reagen pemeriksaan. untuk kegiatan program kesehatan dan keselamatan kerja ( K3 ) bersumbar pada dana oprasional puskemas tahun anggaran 2016. Petugas K3 Lab / Koordinator / petugas a) Bertanggung jawab langsung dengan proses pengambilan specimen. Tujuan Umum : Kesehatan dan keselamatan kerja di laboratorium dapat dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang telah di tetapkan b. BOK dan oprasional puskesmas. EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN DAN PELAPORAN Evaluasi dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditetapkan dengan kesepakatan jadwal monev internal antar program.Laboratorium melakukan berbagai tindakan dan kegiatan terutama berhubungan dengan specimen yang berasal dari manusia. Tugas dan fungsi a. B. bahan. Taliwang. K.H. SUMBER ANGGARAN Sumber anggaran di Puskesmas Taliwang yang bersumbsr dari anggaran dana APBD. . . Evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan dilaksanakan setiap 1 tahun sekali I. Tujuan TUJUAN a. agar dipergunakan sebagaimana mestinya. PENCATATAN PELAPORAN DAN EVALUASI KEGIATAN Pelaporan dan evaluasi dilakukan dengan membuat suatu dokumen laporan dilaporkan oleh penanggung jawab program dilaporkan ke Kepala Puskesmas J. 2016 WILDATUN UYUN 196712101989032014 MATERI PELATIHAN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA A. Pengertian Kesehatan dan keselamatan kerja ( K3 ) laboratorium merupakan bagian dari pengelolaan lab secara keseluruhan.

c. e. bahan habis pakai dan perlatan kerja. Membuat rencana dan melaksanakan pelatihan K3 bagi petugas lab i. b. f. menginformasikan. Memeperhatikan tindakan pencegahan terhadap hal-hal sebagai berikut : a. Memantau petugas lab yang sakit atau absen yang mungkin berhubungan dengan pekerjaan di lab dan dilaporkan ke kepala puskesmas h. untuk itu setiap petugas harus mempunyai kartu kesehatan yang selalu di bawa setiap saat dan diperlihatkan kepada dokter bila petugas itu sakit. Melakukan pengawasan dan memastikan semua tindakan dekontaminasi yang telah dilakukan jika ada tumpahan dan percikan bahan infektif e.minimal setiap tahun dilaksankan pemeriksaan keshatan secara rutin termasuk pemeriksaan lab. d. g. Mencatat secara rinci setiap kecelakaan kerja yang terjadi di lab.b) Mengkoordinasikan. Mencegah penyebaran bahan infeksi Mencegah bahan infeksi tertelan atau terkena kulit serta mata Mencegah infeksi melalui tusukan Mengunakan pipet dan alat bantu pipet Mengunakan sentrifuse atau alat pemusing Mengunakan alat homogenisasi/ alat penguncang Mengunakan lemari pendingin F. Memastikan semua petugas lab memahami dan dapat menghindari bahaya infeksi c. Bentuk kegiatan K3 a. c) Sebagai koordiantor dalam pembentukan tim K3 D. Menyusun jadwal kesehatan bagi petugas lab g. e. d. Penggunaan APD Sarana dan prasarana K3 lab umum yang perlu dipersiapkan di lab a. b. c. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kesehatan petugas Lab Kesehatan setiap petugas laboratorium harus selalu dipantau. b. Jas lab sesuai standar Sarung tangan Masker Alas kaki Wastafel yang dilengkapi dengan ssabun ( skin desinfektan ) dan air mengalir . Melakukan pemeriksaan dan pengarahan secara berkala terhadap metode atau prosedur dan pelaksanaanya. Memastikan bahwa tindakan disinfeksi telah dilakukan terhadap peralatan lab yang akan diservis / diperbaiki f. Melakukan penyelidikan semua kecelakaan di dalm lab yang memungkinkan terjadinya pelepasan / kebocoran/ penyebaran bahan infektif d. E. memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan kemananan lab terutama untuk lab yang melaksanakan berbagai pelayanan dan kegiatan.