You are on page 1of 4

%Material Retained vs Size of Opening

90
80
70
60
50
40
30
20
10
0

Terigu
Tapioka
T. Beras

Material Retained (%)

Garam
T. Kc Hijau

Size of Opening (mm)

Modulus kehalusan diartikan sebagai jumlah berat bahan yang tertahan disetiap ayakan dibagi dengan 100. 48 mesh.414 kali besar lubang dari saringan terdahulu. Satuan Mesh adalah banyaknya lubang setiap 1 inchi2.1990). 100 (150 μm) dibagi seratus. Modulus kehalusan butir (FM) didefinisikan sebagai jumlah persen komulatif sisa saringan diatas ayakan No. bila dibuat campuran beton. (Dhimas Kholis 2011) .0 sampai 6. Mesin ini mempunyai gerakan goyang tertentu dan dapat disesuaikan dngan waktu penggunaan.0041 (2) FM Alat yang digunakan adalah saringan Tyler dengan ukuran ayakan mesh. Modulus halus butir agregat dari campuran pasir dan kerikil untuk bahan pembuat beton berkisar antara 5. Sistem klasifikasi ini ditetapkan oleh D.1 Modulus Kehalusan (fineness Modulus) Modulus kehalusan butir (fineness modulus) adalah suatu indeks yang dipakai untuk ukuran kehalusan atau kekasaran butir-butir agregat. Derajat kehalusan adalah jmlah berat fraksi yang tertahan pada setiap saringan dibagi 100. Mesin untuk menggoyangkan ayakan disebut Ro-tap.8 (SNI 03 – 1750 . TINJAUAN PUSTAKA 2. Setelah diketahui nilai modulus kehalusannya makadiameter bahan dapat dicari dengan menggunakan rumus : D = 0. dan 100 mesh. Patokan ukuran lubang adalah saringan 200 mesh dan setiap lubang merupakan √2 atau 1. Selain itu FM (fineness modulus) juga dapat untuk mencari nilai perbandingan berat antara pasir dan kerikil. Abrams untuk beton tetapi dapat pula digunakan untuk penentuan performansi alat penggiling biji-bijian (Henderson. 1961).5 – 3. Derajat kehalusan (Fineness Modulus) dan indeks keseragaman menunjukkan keseragaman hasil giling atau penyebaran fraksi halus dan kasar dalam hasil giling. 8 mesh.II. 28 mesh. Ayakan-ayakan yang digunakan dalam satu set ini adalah berukuran 3/8 inci. 14 mesh. Makin besar nilai modulus halus menunjukkan bahwa makin besar butir–butir agregatnya.5. 4 mesh. A. Modulus halus butir agregat halus berkisar antara 1.

2. dan tenunan sutra. susunan kawat-kawat membentuk lubang-lubang dengan berbagaiukuran kain. pada bagian bawahdari tumbukan susunan ayakan ditempatkan pan sebagai penampung produk akhir. Untuk memisahkan bahan-bahan yang telah dihancurkan berdasarkan keseragaman ukuran partikel-partikel bahan dilakukan dengan pengayakan dengan menggunakan standar ayakan. screw (baling-baling). 2.Berbagai jenis alat pengayak yang dapat digunakan dalam proses sortasi bahan pangan. diklasifikasikan dalam dua bagian besar : 1. Ayakan dengan celah yang berubah-ubah (Screen Apeture) seperti : roller screen(Pemutar).Penyaringan dengan lubang tetap tipe ini merupakan lapisan yang bersifat permanen dengan badan pengayakan yang terdiri dari lubang-lubang dengan bentuk dan ukuran yang tetap. Penyusunan ayakan dimulai dari ayakan yang mempunyai ukuran meshkawat lebih besar sampai keukuran mesh yang lebih kecil. Ayakan dengan celah tetap.2 Mekanisme Pengayakan Untuk menganalisis hasil penghancuran bahan-bahan dilakukan denganayakan standar yang disusun secara seri dalam satu tumbukan. ukuran mesh . Pergerakan bahan pangan diatas pengayak dapatdihasilkan oleh pergerakan berputar atau gerakan dari rangka yang menyangga badan pengayak. Pengayak (screen) dengan berbagai desain telah digunakan secara luas pada proses pemisahan bahan pangan berdasarkan ukuran yang terdapat padamesin-mesin sortasi.Penyusunan ayakan dimulai dari ayakan yang mempunyai ukuran mesh kawatlebih besar sampai ke ukuran mesh yang lebih kecil.belt and roller (ban dan pemutar). seperti : Stationary (bersifat seimbang/tidak berubah).rotary atau gyratory (berputar) dan reciprocutting (timbale balik).vibratory (bergetar). Penyaring jenis ini dalam penggunaanya secara umum yaituuntuk sortasi bahan untuk dua grup tipe : badan datar ( flat ) dan tipe drum. pemisahan kontaminan yang berbeda ukurannya dari bahan baku. Berbagai jenis bahan yang digunkan untuk pengayak seperti ini tergantung pada aplikasinya misalnya lembaran logam berlobang.belt screen (kabel kawat atau ban). tetapi pengayak juga digunakan sebagai alat pembersih.

18 mesh. 120 mesh. Pengayak yang digunakan jenis ini bentuknya sederhana. banyak ditemukan di areal pertanian. 230 mesh. 10 mesh. 325 mesh. . 60 mesh. dan pan.yangdigunakan dalam percobaan ini disusun dari mulai ukuran5 mesh. 35 mesh.