You are on page 1of 26

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

A.

Satuan Pendidikan

: SDN Bibis

Tema

: Diri Sendiri

Kelas/Semester

: II/1

Alokasi waktu

: 2 x 35 menit

Standar Kompetensi
1. PKn
Membiasakan hidup bergotong royong.
2. IPA
Mengenal bagian–bagian utama tubuh

hewan

dan

tumbuhan,

pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk
hidup.
3. Bahasa Indonesia
 Mendengarkan
 Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
 Menulis
 Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi dasar
PKn
Mengenal (C1) pentingnya hidup
rukun, saling berbagi dan tolong
menolong.

Indikator
Kognitif (C1)
 Menjelaskan arti hidup rukun dan
tolong menolong.
 Menyebutkan manfaat dari hidup
rukun dan tolong menolong.
Afektif (A1)
 Mengajukan pendapat contoh
perilaku hidup rukun dan tolong
menolong.
Psikomotor (P1)
 Menuliskan
disampaikan

materi

yang

mengenai

hidup

rukun dan tolong menolong di
masyarakat.
IPA
Kognitif (C1)
Mengenal (C1) bagian utama tubuh  Mengidentifikasi bagian utama
1

hewan dan tumbuhan, di sekitar
rumah

dan

sekolah

melalui

pengamatan.

tumbuhan dn hewan di sekitar
sekolah dan rumah.
Afektif (A1)
 Mengembangkan sikap

kerja

sama antar teman,
Psikomotor (P1)
 Mengikuti pengamatan tentang
bagian-bagian dari tumbuhan dan
Bahasa Indonesia
 Mendengarkan
Menyebutkan (C1)

hewan.
 Mendengarkan
Kognitif (C1)
kembali  Menyebutkan kembali isi teks

dengan kata-kata atau kalimat

pendek dengan kata-kata atau

sendiri isi teks pendek
 Menulis
Menulis (C1) kalimat sederhana

yang

telah

dibacakan guru.
Afektif (A1)
yang didiktekan guru dengan  Menjawab
pertanyaan

yang

menggunakan

huruf

kalimat

sendiri

sambung

disampaikan oleh guru.
dan memperhatikan penggunaan Psikomotor (P1)
 Membuat teks pendek yang
huruf kapital, tanda titik.
berkaitan dengan hidup rukun
dan

tolong

menolong

dalam

kehidupan sehari-hari.
 Menulis
Kognitif (C1)
 Menjelaskan penggunaan huruf
kapital

dan

titik

dengan

menggunakan

huruf

sambung

dalam sebuah kalimat.
Menyalin kalimat sederhana yang
didiktekan

guru

dengan

menggunakan

huruf sambung,

penggunaan huruf kapital, dan
titik.
Afektif (A1)
 Mengembangkan sikap keaktifan
2

 IPA 1. 2. 2. Kognitif  Siswa dapat mengidentifikasi bagian utama tumbuhan dan hewan dengan mengamati tumbuhan dan hewan di sekitar sekolah dan sekitar rumah. 3. Afektif  Dengan mengikuti pengamatan siswa dapat melakukan kerja sama dengan teman mengenai materi bagian dari tumbuhan dan hewan. Kognitif  Siswa dapat menyebutkan kembali isi teks pendek dengan katakata atau kalimat sendiri yang telah dibacakan guru. Tujuan Pembelajaran  PKn 1. Psikomotor  Siswa dapat menuliskan materi yang telah disampaikan guru mengenai hidup rukun dan tolong menolong di masyarakat. Psikomotor  Siswa dapat mengikuti pengamatan mengenai materi tentang bagianbagian dari tumbuhan dan hewan setelah mendapatkan arahan dari guru. 3.siswa Psikomotor (P1)  Menuliskan kembali kalimat sederhana yang sudah benar. Psikomotor 3 . Afektif  Siswa dapat mengajukan pendapat contoh perilaku hidup rukun dan tolong menolong dalam kehidupan di masyarakat. C. 2.  Bahasa Indonesia  Mendengarkan 1. Kognitif  Siswa dapat menjelaskan arti hidup rukun dan tolong menolong dengan dibantu oleh guru.  Siswa dapat menyebutkan manfaat dari hidup rukun dan tolong menolong setelah memahami artinya. 3. Afektif  Siswa dapat menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh guru melalui teks pendek yang dibacakan guru.

Bahasa Indonesia : mendengarkan teks pendek dan menulis kalimat sederhana. D. E. Metode Pembelajaran 1. Siswa dapat membuat teks pendek yang berkaitan dengan hidup rukun dan tolong menolong dalam kehidupan sehari-hari. menabung. ceramah. Pendekatan : Sainstifik 3. Guru dan siswa menyanyikan lagu “menabung” Waktu 5’ bersama-sama 2. Psikomotor  Siswa dapat menuliskan kembali kalimat sederhana yang sudah benar setelah mendapat koreksi dari guru. 2. Afektif  Siswa dapat mengembangkan keaktifannya melalui tugas yang diberikan oleh guru. misalnya “apa kegunaan dari 4 . Metode : Demonstrasi. penggunaan huruf kapital. Guru dan siswa bertanya jawab tentang isi lagu.  Siswa dapat menyalin kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung. diskusi. penugasan 2. dan titik. Bahasa Indonesia) Kegiatan A.  Menulis 1. F. 3. tanya jawab. Kognitif  Siswa dapat menjelaskan penggunaan huruf kapital dan titik dengan menggunakan huruf sambung dalam sebuah kalimat. Pendahuluan 1. Materi Pembelajaran PKn : hidup rukun dan tolong menolong. IPA : bagian-bagian utama dari tumbuhan. Model : Langsung (Direct Instruction) Kegiatan Pembelajaran  Pertemuan pertama: 1 x 35 menit (PKn.

Tiap-tiap siswa mengumpulkan teks pendek pada pertemuan mendatang 9. Siswa bertanya kepada guru mengenai materi atau tugas yang belum jelas (menanya) 10. Guru menyuruh siswa untuk membuat teks pendek yang berkaitan dengan hidup rukun dan tolong menolong dalam kehidupan sehari-hari (mencoba) 8. Guru membuat kelompok dan memberi tugas untuk melaksanakan kegiatan seperti dalam Lembar Kerja 2 (mencoba) 12. Siswa mendengarkan teks pendek yang dibacakan oleh guru (mengamati) 4.menabung?” 3. Guru memberikan pertanyaan kepada siswa mengenai isi dari teks pendek sesuai dengan Lembar Kerja Siswa 1 5. Guru mengarahkan siswa untuk mendengarkan dan 25’ memperhatikan pembacaan teks pendek yang dibacakan oleh guru 2. B. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Inti 1. Guru meminta siswa untuk memberi dan mencari contoh perilaku hidup rukun dan tolong menolong dalam teks pendek yang telah dibacakan guru (mengamati) 11. Siswa diminta guru untuk mendaftar contoh perilaku hidup rukun dan tolong menolong dalam kehidupan di masyarakat pada lembar kerja 2 5 . Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan guru dari isi teks pendek mengenai gotong royong dengan kata-kata atau kalimatnya sendiri 6. Guru membacakan teks pendek tentang gotong royong 3. Guru bersama dengan siswa mengulang kembali pertanyaan dan jawaban yang benar mengenai pembacaan teks pendek yang disampaikan oleh guru (mengomunikasikan) 7.

Guru dan siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang dipelajari C. Siswa bertanya tentang materi hidup rukun dan tolong menolong yang belum dimengerti siswa (menanya) 17. Penutup 1. Guru dan siswa menyanyikan lagu “lihat kebunku” Waktu 5’ bersama-sama 6 . Guru bersama dengan siswa menjelaskan pengertian dari hidup rukun dan tolong menolong dari beberapa contoh yang telah disebutkan oleh siswa 15.(menalar) 13. Guru meminta siswa untuk mengulangi materi pengertian dari hidup rukun dan tolong menolong disertai dengan contohnya 18. Guru menyampaikan pesan moral kepada 5’ siswa agar siswa mentaati peraturan yang ada dalam masyarakat dan melaksanakan hidup rukun serta tolong menolong dalam sekolah maupun di masyarakat 2. Tiap-tiap kelompok mempresentasikan hasil kegaiatannya dan kelompok lain menangggapi (mengomunikasikan) 14. Guru menjelaskan materi tentang hidup rukun dan tolong menolong 16. Pendahuluan 1. Siswa diminta berlatih untuk menyalin teks pendek mengenai gotong royong dan tolong menolong  Pertemuan kedua: 1x35 menit (IPA dan Bahasa Indonesia) Kegiatan A.

Siswa mencoba untuk mengerjakan lembar kerja yang telah disiapkan oleh guru (mencoba) 4. Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok 25’ untuk keluar sekolah untuk melakukan pengamatan bagian tumbuhan dan hewan di sekitar sekolah dan rumah sesuai dengan Lembar Kerja 3 (mengamati) 2. Tiap kelompok mempresentasikan hasil pengamatan di depan kelas secara bergantian (mengomunikasikan) 5. Guru mendampingi siswa dalam melakukan kegiatan pengamatan kelompok 3.2. Siswa menanyakan kalimat sederhana yang belum jelas yang telah disampaikan guru (menanya) 13. lihat kebunku. Siswa menanyakan materi yang belum jelas dari penjelasan guru (menanya) 9. Guru memberikan kalimat sederhana mengenai materi yang telah dibahas sebelumnya 12. Guru menyuruh siswa untuk merangkum materi yang telah dibahas 10. Guru memberikan komentar atau perbaikan jika ada yang kurang penjelasan dari siswa 7. Kelompok lain menanggapi hasil kerja dari kelompok yang maju (menalar) 6. misalnya “Bagaimana agar tanaman bisa tumbuh?” 3. Guru dan siswa bertanya jawab tentang isi lagu. Guru menjelaskan materi keseluruhan dari hasil pengamatan siswa mengenai bagian-bagian tumbuhan secara umum 8. Guru menjelaskan kepada siswa mengenai penggunaan huruf kapital dan titik dengan menggunakan huruf bersambung 11. Siswa menulis kalimat sederhana yang telah didiktekan guru dengan menggunakan huruf 7 . A. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Inti 1.

penggunaan huruf kapital. Alat dan Sumber Belajar Teks Pendek gotong royong Bagian-bagian tumbuhan Buku tematik kelas II Lembar Kerja Siswa Lembar Penilaian Penilaian Indikator Penilaian Pencapaian Teknik Kompetensi PKn: Tes (unjuk  Siswa dapat kerja dan menjelaskan arti tertulis) hidup rukun dan tolong menolong  Siswa dapat Bentuk Instrumen Instrument unjuk kerja. Pertanyaan tertulis Contoh Instrumen Pkn:  Apa arti dari hidup rukun  rukun dan tolong menolong  Siswa menolong? Apa manfaat tolong dari hidup rukun dan tolong menyebutkan manfaat dari hidup dan  menolong? Bagaimana contoh perilaku hidup rukun dan tolong menolong? dapat memberikan 8 .bersambung. Guru siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang dipelajari (mengomunikasikan) C. Penutup 1. Siswa mengumpulkan lembar kerja 4 yang telah dikerjakan dan 15. Guru menyampaikan pesan moral kepada siswa 5’ agar siswa menjaga lingkungan dan memelihara tanaman yang ada di sekolah atau di rumah agar tetap tumbuh 2. Siswa diminta berlatih untuk menyalin kalimat sederhana yang sudah dikoreksi oleh guru G.      H. dan titik dalam lembar kerja 4 (mencoba) 14.

contoh perilaku hidup rukun dan tolong menolong dalam kehidupan di masyarakat. IPA:  Apa saja yang termasuk   bagian- bagian dari tumbuhan? Apa fungsi bagianbagian dengan mengamati tumbuhan Instrument unjuk kerja. IPA: Tes (unjuk  Siswa dapat kerja dan tertulis) mengidentifikasi bagian tumbuhan hewan utama dan di sekitar sekolah dan rumah. Pertanyaan tertulis tumbuhan tersebut? Bagian tubuh burung apa yang berguna untuk makan? 9 .

dan titik. penggunaan huruf dan dengan rapi! kapital. Tulislah dengan rapi. S. M. 21 Juni 2016 Mengetahui. titik. kapital.Pd Lampiran: Lembar Kerja siswa LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS 1) A. Madiun. melalui teks pendek yang dibacakan guru. Salinlah jawaban teks pendek yang dibacakan oleh guru dengan huruf tegak bersambung.Pd Guru Kelas Dodik Setiawan. Pertanyaan tertulis Bahasa Indonesia:  Perhatikan teks pendek mengenai royong gotong dan jawaban salinlah pertanyaan yang telah disediakan!  Salinlah kalimat sederhana dengan sederhana yang menggunakan didiktekan guru tegak huruf bersambung dengan dengan memperhatikan menggunakan huruf penggunaan huruf sambung.Bahasa Indonesia: Tes (unjuk  Siswa dapat kerja dan tertulis) menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh guru  Siswa dapat menulis kalimat Instrument unjuk kerja. Kepala SDN Iskandar P. 10 ..

Apa yang dilakukan Anto apabila Tini mendapat pekerjaan rumah? 5. Mengapa Budi kelihatan gelisah saat di sekolah? 7. 11 . Bagaimana sifat murid-murid saat istirahat? LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS 2) A. 2.1. Apa yang dilakukan Anto terhadap Budi? 8. No Contoh Perilaku Hidup Rukun Di rumah Di sekolah 1. Siapa nama adik dari Anto? 3. Carilah contoh perilaku hidup rukun dalam teks pendek yang telah dibacakan guru dan tambahkan contoh menurut pendapat masing-masing. Siapa nama anak dari Pak Toni? 2. Apa yang dilakukan Anto bila adiknya ingin mainan? 4. Bagaimana keadaan keluarga Pak Toni? 6.

5. 3. ……………………. ……………………. ……. Amatilah bagian-bagian dari tumbuhan. Carilah contoh perilaku tolong menolong dalam teks pendek yang telah dibacakan guru dan tambahkan contoh menurut pendapat masing-masing. ……………………. …….3. Biji Alat berkembang biak tumbuhan 2. ……. Isilah kolom berikut No. 2. 4. ……………………. …. ……... 12 . 4. 6. 4... 5. LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS 3) A. B. Contoh Perilaku Tolong Menolong No Di rumah Di sekolah 1. 5. ……………………. 3. Bagian Tumbuhan Fungsi 1.

dan titik 1.. 3. 2. Ikan ……… ……… LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS 4) A.. 13 . Setiap pagi hari Budi menyiram bunga. Anggota tubuh ……. ……… 3. No 1. Kebunku penuh dengan bunga yang indah. Kepala - Mata - Telinga - Hidung - Mulut Fungsi Mata: untuk melihat ……. ……… b.B. Toni dan Budi menanam pohon dirumah. Tulislah kalimat sederhana berikut dengan menggunakan huruf bersambung. Nama Hewan Kucing Bagian Hewan a. 2. Amatilah bagian-bagian dari hewan di sekitar sekolah atau rumah kalian dan isilah kolom berikut. Burung ……. ……. penggunaan huruf kapital.

saatnya istirahat. Begitulah keseharian keluarga Pak Toni. sedangkan Tina adiknya. Misalnya ada perbedaan pendapat. Rumah Anto banyak berbagai macam tumbuh-tumbuhan. Anto adalah anak pertama. 5. Mereka sangat akur dan tidak pernah berkelahi.00. Pak guru melihat teman Anto yang bernama Budi sedang gelisah karena kehilangan pensil. Murid-murid istirahat dan bermain 14 . Biji berguna untuk alat berkembang biak tumbuhan. Tanpa diperintah Anto segera mengeluarkan pensil dari tasnya kemudian ia pinjamkan kepada Budi. damai dan tidak pernah bertengkar. Ketika Tini mendapatkan pekerjaan rumah Anto pun membantu dan membimbing Tini dengan sabar. Lampiran: Kunci Jawaban LKS KUNCI JAWABAN LKS 1 Mendengarkan: Pak Toni mempunyai dua anak yaitu Anto dan Tini. mereka selalu bermusyawarah. Pukul 9.4. Saat di sekolah. Pak Toni mempunyai istri namanya Amina. Jika adiknya ingin mainan maka Anto suka mengalah dan memberikan kepada adiknya. Budi pun mengucapkan terima kasih kepada Anto.

Di rumah Di sekolah Suka mengalah dan memberikan mainannya kepada adiknya Saat bermain mereka tidak Akur dengan sesama anggota Saling menghargai dan bersenang- keluarga dan tidak pernah senang bersama membedakan status anak orang kaya ataupun miskin berkelahi 3. Bagaimana sifat murid-murid saat istirahat? Jawab: Bermain dengan rukun mereka tidak membedakan status anak orang kaya ataupun miskin. Apa yang dilakukan Anto bila adiknya ingin mainan? Jawab: Anto suka mengalah dan memberikan mainannya kepada adiknya. 8. Apa yang dilakukan Anto terhadap Budi? Jawab: Anto meminjamkan pensilnya kepada Budi. Bagaimana keadaan keluarga Pak Toni? Jawab: Damai dan tidak pernah bertengkar. Saling menghormati Berekreasi bersama 15 . A. Selalu bermusyawarah Belajar Kelompok 4. 7. 5. 1. 6. Contoh Perilaku Hidup Rukun No 1. 2.dengan rukun mereka tidak membedakan status anak orang kaya ataupun miskin. KUNCI JAWABAN LKS 2 A. Apa yang dilakukan Anto apabila Tini mendapat pekerjaan rumah? Jawab: Anto membantu dan membimbing Tini dengan sabar. Tulislah dengan rapi. Mengapa Budi kelihatan gelisah saat di sekolah? Jawab: Karena kehilangan pensil. Carilah contoh perilaku hidup rukun dalam teks pendek yang telah dibacakan guru dan tambahkan contoh menurut pendapat masing-masing. 4. Salinlah jawaban teks pendek yang dibacakan oleh guru dengan huruf tegak bersambung. Siapa nama anak dari Pak Toni? Jawab: Anto dan Tini 2. Siapa nama adik dari Anto? Jawab: Tini 3. Mereka pun saling menghargai dan bersenang-senang bersama.

Membersihkan rumah Melaksanakan tugas piket 4. Membantu ibu memasak Membersihkan sekolah 3. 1. Saling menyayangi Tidak berkelahi antar teman B. Bagian Tumbuhan Biji Fungsi Alat berkembang biak tumbuhan 16 . Contoh Perilaku Tolong Menolong No 1.5. Isilah kolom berikut No. Amatilah bagian-bagian dari tumbuhan. Mencuci baju keluarga Menjenguk teman sakit KUNCI JAWABAN LKS 3 A. Kerja bakti Menolong teman yang susah 5. Carilah contoh perilaku tolong menolong dalam teks pendek yang telah dibacakan guru dan tambahkan contoh menurut pendapat masing-masing. Di rumah Membantu dan membimbing Di sekolah Meminjamkan pensil kepada Budi Tini mengerjakan PR dengan sabar 2.

Bunga Alat perkembangbiakan 6. hidung. mulut. sirip. Ikan Sayap:untuk terbang Paruh:untuk makan Mata. Kepala - Mata - Telinga - Hidung - Mulut b. Nama Hewan Kucing Bagian Hewan a.2. sayap. Daun Membuat makanan sendiri (fotosintesis). No 1. hidung. Burung Mata. Batang Mengalirkan air dari akar ke daun. Amatilah bagian-bagian dari hewan di sekitar sekolah atau rumah kalian dan isilah kolom berikut. Akar Menyerap air dan mineral. bernafas 5. Anggota tubuh - Perut - Kaki - Ekor Fungsi Mata: untuk melihat Telinga: untuk mendengar Hidung: untuk mencium bau Mulut:untuk mengunyah Perut:untuk mencerna makanan Kaki:untuk bergerak dan mencekram Ekor:untuk keseimbangan 2. menahan tumbuhan agar kuat 3. menopang tumbuhan 4. paruh. Ekor:untuk mengubah ekor. ekor. Buah Menyimpan cadangan makanan B. arah gerak perut 17 . kaki 3.

Tulislah kalimat sederhana berikut dengan menggunakan huruf bersambung. Biji berguna untuk alat berkembang biak tumbuhan. Setiap pagi hari Budi menyiram bunga. 4. 18 . Rumah Anto banyak berbagai macam tumbuh-tumbuhan. Jawab: Biji berguna untuk alat berkembang biak tumbuhan.Sirip:untuk bergerak KUNCI JAWABAN LKS 4 B. Kebunku penuh dengan bunga yang indah. Jawab: Kebunku penuh dengan bunga yang indah. Toni dan Budi menanam pohon dirumah. Jawab: Setiap pagi hari Budi menyiram bunga. 2. penggunaan huruf kapital. dan titik 1. 3. Jawab: Toni dan Budi menanam pohon dirumah. Jawab: Rumah Anto banyak berbagai macam tumbuhtumbuhan. 5.

........ 4. Bagaimana ucapan permohonan maaf Udin yang santun!  PKn A........... Jika ada teman yang terjatuh sebaiknya kita. 3..... Ayah sedang mencuci motor sebaiknya kita........... Apa manfaat jika kita hidup rukun dan saling tolong menolong …...... Jika adikmu mengalami kesulitan belajar di rumah yang kamu lakukan adalah.. Untunglah kakak memaafkan aku........ Aku minta maaf kepada kakak......... Mengapa Udin minta maaf kepada kakaknya? 3........ Apakah kakaknya memaafkah Udin? 4................. Salah satu contoh rukun di rumah adalah.. Apa yang terjadi seandainya Mutiara tidak memaafkan Udin? 5.. Apa arti dari hidup rukun dan tolong menolong ………… 10.................... Apa yang diceritakan di dalam buku harian itu? 2......... Salah satu contoh rukun dengan teman bermain adalah... 7..Lampiran: Lembar Penilaian Kognitif LEMBAR PENILAIAN KOGNITIF (LP2) Penilaian produk  Bahasa Indonesia Simaklah teks buku harian Udin berikut! 1 Juli 2013 Hari ini aku sedih karena tindakanku menyebabkan buku kakak sobek................................. Menolong orang lain harus dilakukan dengan.. Jika ada teman di kelas ada yang sakit sebaiknya di bawa ke .... 5.. 2.................................. Jawablah isian di bawah ini 1........ 9............ Aku tidak sengaja membuat buku itu sobek....... 6............................ 8... 1....... Salah satu contoh rukun disekolah adalah................ 19 .....

ekor 3. Bagian tubuh kucing untuk mencium ialah …. Menopang tumbuhan c. membuat makanan b. mulut b. Karena Udin telah menyobekkan buku kakaknya. KUNCI JAWABAN  Bahasa Indonesia 1. Bagian tubuh burung yang berguna untuk makan ialah …. Bunga merupakan bagian tumbuhan berguna untuk …. Menolong atau membantunya 20 . IPA 1. Perkembangbiakan B. Iya. Akar berguna untuk ………… a. Anak kucing dapat tumbuh karena … dan …. Kak. Apa saja yang termasuk dalam bagian tumbuhan ……… 2. Perkembangbiakan 2. Isilah jawaban berikut! 1. Menahan tumbuhan c. Batang berfungsi untuk ……… a. 3. a. membuat makanan b. 4. 4. hidung c.  PKn 1. Udin minta maaf ya! Karena telah menyobekkan buku kakak. 5. sirip b. sayap c. Letak akar pada tubuhan berada di ………. a. Ikan dapat mengarahkan arah gerakannya karena memiliki …. membuat makanan b. Perkembangbiakan 4. kakaknya memaafkan Udin. mata 5. Akan terjadi perkelahian dan mereka tidak rukun 5. a. pertumbuhan c. Apa fungsi dari tiap bagian tumbuhan tersebut ………. 3. Udin menyobekkan buku kakaknya. 2.

Memiliki banyak teman. Di dalam tanah 5. C 2. A 3. Bunga: Alat perkembangbiakan. daun. 10. B 5. 1. akar. Sedangkan tolong menolong adalah sikap saling membantu dan ada yang memberi dan menerima. bunga dan buah 2. Buah: menyimpan cadangan makanan 3. 3. batang. Hidup rukun adalah sikap menjaga hubungan baik dengan sesama. B B.2. Akar: menahan tumbuhan agar kuat. Biji sebagai alat perkembangbiakan. Daun: membuat makanan sendiri (fotosintesis). Paruh 4. Petunjuk Penskoran Skor 1. Kurang benar 2 21 . B 4. Tepat 3 2. 6. Menciptakan rasa aman dan damai. Biji. 5. 8. Manfaat hidup rukun adalah agar tidak akan terjadi pertengkaran dan perselisihan. 7. Sedangkan manfaat tolong menolong adalah untuk mengurangi beban orang lain. Makan dan minum Keterangan: Penilaian Proses Mendengarkan teks pendek dari guru No. Ikhlas atau tanpa meminta imbalan Membantu ayah mencucinya Belajar kelompok Saling membantu Tidak membeda-bedakan teman bermain UKS Membantu dan membimbingnya 9. Hidup menjadi aman dan damai. mempererat persaudaraan. Batang: menopang tumbuhan. 4.  IPA 1. kesulitan dapat teratasi.

singkat dan padat 22 .3. arah tidak ada yang jelas pembicaraan disampaikan Aktif kurang jelas Kurang aktif Tidak mengajukan bertanya. teman Penguasaan materi Menguasai Keaktifan dengan melakukan teman Kurang kerjasama Tidak Materi. 4. Aspek yang 3 Berani dan diamati Mengajukan Pendapat dan aktif Skor 2 Kurang berani 1 Sedikit atau dan kurang aktif tidak ada usaha menjawab mengemukakan mengemukakan untuk pertanyaan pendapat jelas pendapat dan mengemukakan singkat dan kerangka pendapat padat berfikir kurang jelas 2. IPA dan Bahasa Indonesia No 1. mengajukan pertanyaaan mengajukan pertanyaan dan pertanyaaan mengemukakan inti pertanyaan secara jelas. Tidak tepat 1 Keterangan: Tepat: siswa dapat menjawab pertanyaan dengan benar Kurang tepat: siswa menjawab pertanyaan tetapi kurang lengkap Tidak tepat: siswa salah menjawab pertanyaan Lampiran: Lembar Penilaian Afektif PKn. Menjadi kerja teman yang Mampu bekerja Kurang bekerja Tidak sama dengan sama menyenangkan 3. arah menguasai menguasai dan pembicaraan Materi.

2. Aspek yang 3 Skor 2 Siswa 1 Siswa kurang diamati Sikap ketelitian Dapat dan kecermatan menunjukan sikap menunjukan menunjukan ketelitian dan sikap ketelitian sikap ketelitian kecermatan yang dan kecermatan dan kcermatan sangat baik dalam yang baik dalam dalam melakukan melakukan melakukan pengamatan pengamatan praktikum Dapat Masih perlu di Tidak bekerjasama ingatkan dalam melakukan melakukan bekerjasama kerjasama Kerja sama 23 . Isi materi tentang arti Dapat Skor 2 Dapat hidup rukun dan tolong menuliskan menuliskan menuliskan menolong arti hidup materi arti kembali rukun dan hidup rukun materi yang tolong saja atau dibahas menolong tolong Memberi contoh hidup dengan jelas Dapat menolong saja dapat Tidak dapat rukun dan tolong memberikan memberikan memberikan menolong contoh hidup contoh hidup contoh rukun dan rukun saja materi yang tolong atau tolong dibahas menolong menolong saja Aspek yang diamati 3 1 Tidak dapat dengan jelas IPA No 1.Lampiran: Lembar Penilaian Psikomotorik PKn No 1. 2.

Aspek yang dinilai Isi teks pendek Dapat Skor 2 Hanya dapat mengenai hidup menyebutkan menyebutkan menyebutkan rukun dan tolong contoh hidup contoh hidup hidup rukun menolong rukun dan tolong rukun saja atau dan tolong menolong dalam tolong menolong menolong Penulisan huruf teks secara jelas Dapat menuliskan saja dalam teks Dapat dalam teks Tidak dapat sambung huruf sambung menuliskan menulis hruf sesuai dengan huruf sambung sambung yang EYD kurang sesuai sesuai dengan dengan EYD EYD Penggunaan huruf Dapat Kurang dalam Tidak dapat kapital menggunakan ketepatan membedakan huruf kapital menggunakan huruf kapital dengan sangat huruf kapital 3 baik 24 .3. Ketepatan waktu pengamatan melakukan dalam sangat baik pengamatan melakukan Dapat Dapat pengamatan Tidak menyelesaikan menyelesaikan menyelesaikan pengamatan pengamatan pengamatan sebelum waktunya selesai tepat tepat pada waktu waktunya 1 Tidak dapat Bahasa Indonesia No 1. 2. 3.

Penggunaan titik Selalu Kurang tepat Tidak menggunakan titik dalam menggunakan dalam penulisan menggunakan titik sama titik sekali RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 2 SEMESTER 1 TEMA DIRI SENDIRI Disusun oleh: DODIK SETIAWAN 14.4.410 4-J/PGSD 25 .141.

FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN IKIP PGRI MADIUN TAHUN AKADEMIK 2015/2016 26 .