You are on page 1of 9

LAPORAN PRAKTIKUM

KARTOGRAFI TEMATIK
ACARA VII
PEMBUATAN PETA SKEMATIK MENGGUNAKAN ARCGIS

Disusun oleh:
Nama

: Syifa Dwi Pramudita

Nim

: 14/361824/SV/06088

Kelompok

:3

Hari

: Rabu

Tanggal

: 13 April 2016

Jam

: 07.00 – 09.00 WIB

Asisten

: 1. Erika Putri Aditya Jessika
2. Apriwida Yanti

PROGRAM DIPLOMA
PENGINDERAAN JAUH DAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFI
SEKOLAH VOKASI
UNIVERSITAS GADJAH MADA
YOGYAKARTA
2016

Langkah Kerja 1.shp) 8. Data digital Kecamatan Sleman (. Alat tulis (pensil. Menambahkan data dengan menekan ikon Add Data pada menu bar. maka akan terlihat tampilan seperti berikut 2. Memahami konsep dasar dari proses pembuatan peta (automatic mapping) dengan menggunakan suatu software beerbasis Sistem Informasi Geografi 2. Tujuan 1. Data digital Jalan Surakarta (. Modul praktikum Kartografi Tematik III.Shp . dll) 4. kemudian memilih data Jalan_Surakaarta. Membuka software ArcGIS dengan menekan ganda ikon ArcMap pada desktop. penggaris. Melatih dalam membuat peta skematik II.2 5. penghapus.ACARA VII PEMBUATAN PETA SKEMATIK MENGGUNAKAN ARCGIS I. Data digital Peta Rute Batik Solo Trans 6.jpg) 7. Kertas HVS A4 3. Software ArcGIS 10. pulpen. Alat dan Bahan 1. Laptop ASUS A450 C 2.

kemudian mengaktifkan tools Advanced Editing 4. kemudian melakukan blok pada seluruh jalan dengan memilih Star Editig pada menu Editor kemudian memilih Select 5. Memilih daerah jalan yang akan dilakukan generalisasi. Menekan ikon generalize. kemudian menuliskan angka 500 pada jendela generalize 6.3. Akan terlihat hasil seperti berikut. Meka akan terlihat hasil generalisasi seperti berikut .

Menambahkan data Peta Batik Solo Trans dengan menekan ikon Add Data.7. kemudian memilih data pada jendela berikut. Maka akan terlihat hasil seperti berikut 8. Melakukan hal yang sama seperti langkah diatas dengan menuliskan angka 10000 pada jendela generalize. Maka akan terlihat tampilan peta seperti berikut .

memilih feature type = polyline. Kemudian menuliskan nama transportasi dan feature type point . Menuliskan nama = Trayek. dan mengatur koordinat pada jendela berikut 11. Membuat shapefile baru dengan langkah yang sama seperti langkah diatas. Membuat shapefile baru dengan menekan tombol kanan pada folder penyimpanan  new  shapefile 10.9.

Memilih Edit  start editing  create feature  Trayek  line.12. Menambahkan field baru dengan membuka table attribute  Add Field  menuliskan keterangan seperti berikut 14. Melakukan digitasi jalan. supaya lurus menekan tombol kanan  direction 13. Mengisikan data pada table attribute seperti berikut .

Hasil Praktikum 1. Melakukan simbologi dan labeling pada hasil digitasi 16. Jalan Sebelum di Generalize a. Seluruh Jalan .15. Melakukan layouting peta sesuai dengan kaidah kartografis IV.

Daerah Pilihan 2.b. Jalan Setelah di Generalize dengan nilai 500 .

Jalan Setelah di Generalize dengan nilai 10000 .3.