You are on page 1of 20

SMA NEGERI 1 SUKABUMI

1. Nama dan Alamat Sekolah
SMAN 1 Sukabumi
Jl. R.H. Didi Soekardi No. 124
Kota Sukabumi.
(0266) 221371
info@sman1sukabumi.sch.id
2. Sejarah Singkat
SMA Negeri 1 Sukabumi adalah suatu Sekolah Menengah Atas atau juga dikenal dengan
SMU Negeri 1 Sukabumi Sekolah Menengah Umum di Kota Sukabumi. SMA ini
didirikan pada tanggal 8 Agustus 1961 dengan nama SMA Pembina dan merupakan SMA
yang pertama didirikan di Kota Sukabumi. SMAN 1 Kota Sukabumi awal berdiri
berlokasi di Jl. Ir. Juanda dan kemudian pada tahun 1968 pindah ke Jl. RH Didi Sukardi
( dulu Jl. Otista) yang dahulu terkenal dengan sebutan SMA UNCAL. Sejak didirikan
sampai sekarang SMA Negeri 1 Kota Sukabumi telah mengalami beberapa penggantian
kepala sekolah, yaitu:
1. R. Yona Ekaatmaja (1961-1965)
2. R. Muhtar (1965-1970)
3. Drs. H.A. Riswaya (1970-1980)
4. Drs. Wijaya Kusumah (1980-1989)
5. Moch. Sobandi (1986-1989)
6. Drs. I. Lili Suriatmana (1989-1992)
7. Dra. Hj. Entin Sumartini (1992-1996)
8. Drs. H. Vredi Kastam Marta, MBA (1996-2002)
9. Drs. Pipid Hudaya, M.Si (2002-2007)

10.Drs. H. Tatang Asep Mukharam M.Pd (2007-2012)
11. H. Moch Effendi, S.Pd, M.Si (2012)
12. Drs.Pipid Hudaya, (2012-213)
13. Rachmat Mulyana (2013 s.d sekarang)
3. Visi dan Misi SMAN 1 Kota Sukabumi
Visi Sekolah
Untuk memberikan gambaran mengenai impian masa depan SMA Negeri 1 Sukabumi
tertuang dalam Visi “Unggul dan Terpadu Dalam Pengembangan Fikir, Dzikir dan Amal”
Misi Sekolah
Sebagai penjabaran untuk mewujudkan Visi di atas, Misi SMA Negeri 1 Sukabumi adalah
:
1) Mengembangkan pendidikan intelektual akademik untuk penguasaan ilmu
pengetahuan agar mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi dalam
berbagai jurusan keilmuan.
2) Mengembangkan pendidikan humanistic yang menegaskan perkembangan
kepribadian peserta didik, kecerdasan emosional, nilai-nilai moral, spiritual dan
religiositas.
3) Menerapkan serempak pendekatan proses dan hasil pembelajaran yang memberi
keterampilan siswa memproses perolehan belajar sehingga mampu belajar mandiri
dalam menyerap arus informasi iptek yang makin deras.
4) Dengan proses bermakna yang dialami siswa dalam pembelajaran akan
memungkinkan lahirnya hasil pembelajaran yang bermutu.

4. EktraKulikuler
Sebanyak 24 EktraKulikuler SMAN 1 itu antara lain,
1) Taekwondo,

8) Seni Rupa,

2) Karate,

9) Teater,

3) Merpati Putih (Pencak Silat),

10) Paduan Suara,

4) Basket,

11) Seni Tradisional,

5) Futsal,

12) Pencinta Alam,

6) Badminton,

13) Komputer,

7) Bola Volly,

14) Bahasa Inggris,

Setinggi-tingginya berusia 21 (dua puluh satu) tahun pada awal tahun pelajaran 2016/2017 (tanggal 18 Juli 2016) kecuali SMALB ada ketentuan tersendiri. 16) Komunitas Musik. 2. sebanyak 4 lembar o Formulir Pengesahan Piagam penghargaan yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Sukoharjo (bagi yang mempunyai piagam penghargaan). 2) Paskibra. o Surat Keterangan Lulus Asli. 18) Pecinta Perpustakaan.15) Jurnalistik. 19) Dari 18 Ekskul tersebut terdapat enam Ekskul yang wajib para siswa ikuti yakni Ekskul 1) Pramuka. Syarat dan Biaya Pendaftaran 1. o Pas Foto hitam putih 3 x 4. o Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) Sementara Asli + 1 lembar foto copy SKHUN Sementara. 6) Remaja Masjid. 17) Dance. o Foto copy Kartu Keluarga (KK) 2 lembar dengan menunjukkan KK Asli atau menunjukkan Foto Copy KK yang dilegalisir Kantor Desa/Kelurahan (bagi yang tidak bisa menunjukkan KK Asli). 20) 5. Berkas yang harus diserahkan pada saat pendaftaran : o Foto Copy Ijasah SMP/MTs (jika sudah ada) atau Surat Keterangan yang berpenghargaan sama dengan Ijasah Sekolah Menengah Pertama /Ijasah Program Paket B/Ijasah Sekolah luar negeri yang dinilai/dihargai sama/setingkat dengan Ijasah Sekolah Menengah Pertama. . 3) Palang Merah Remaja (PMR). Yang mana jurusan itu akan dipilih ketika naik kelas kelas 11 22) 6. 5) KIR IPS. Jurusan 21) Terdapat 2 jurusan yang terdapat di SMAN 1 Sukabumi yaitu IPS dan IPA. 4) Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) IPA.

Alur pendaftaran calon peserta didik : a. Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN). jika calon peserta didik memilih 2 (dua) program keahlian di SMK yang sama. sehingga dapat digunakan untuk mendaftar di sekolah lain. harus menandatangi Berita Acara pengambilan berkas pendaftaran dan siswa tersebut tidak bisa lagi mendaftar secara online di wilayah Kabupaten Sukoharjo (tidak dimasukkan dalam jurnal PPDB). Alur Pendaftaran calon Peserta didik SMA. Tes Khusus dan Psikotes SMK. SMK  Calon peserta didik datang ke sekolah pilihan pertama dengan membawa berkas sesuai ketentuan. melainkan bisa sesuai keinginan.  Pendaftar bisa memilih SMA dan SMK pada satu form pendaftaran dengan syarat sudah lulus tes khusus SMK.  Mengisi formulir pendaftaran rangkap 3 (tiga). maka peserta didik tersebut dianggap sudah menggunakan 2 (dua) hak pilihnya sesuai status sekolahnya. 2 Calon peserta didik yang sudah mendaftar secara online dan membatalkan pendaftaran (mencabut berkas pendaftaran). 3 Calon peserta didik yang dinyatakan tidak diterima disemua pilihannya.  Calon peserta didik menuju operator pendaftaran menyerahkan berkas pendaftaran untuk diverifikasi dan diinput secara online.o Berkas dimasukkan dalam stop map (warna stop map : MERAH untuk Pendaftar Dalam Kabupaten.  Khusus seleksi calon peserta didik kelas X SMK dilakukan dengan tes khusus dan psikotes untuk mendapatkan kesesuaian kemampuan dan minat peserta didik dengan bidang keahlian/program keahlian yang dipilihnya. 3. segera dikembalikan kepada calon peserta didik yang bersangkutan.  Tes khusus dan psikotes SMK dilakukan sebelum pendaftaran online dengan kriteria tes yang sudah ditetapkan oleh masing-masing SMK.  Untuk SMK. KUNING untuk Pendaftar Luar Kabupaten). b. 4 Penilaian Peringkat (rangking) Penerimaan SMA/SMK berikut: .  Setiap calon peserta didik diberikan 4 (empat) pilihan untuk mendaftar yaitu 2 (dua) di sekolah negeri dan 2 (dua) di sekolah swasta.  Dalam menetapkan pilihan tidak harus ke empat pilihan dipilih.

o Akademis Jumlah Nilai Ujian Nasional = A o Non Akademis Bonus Prestasi = B 23) Nilai Akhir (NA) = A + B 24) Untuk Biaya tiap tahun berubah tergantung keadaan ekonomi negara kita. 25) 26) 27) 2 Prestasi .

Diselenggarakan pada tanggal 24-26 Oktober 2013 yang lalu. pada kelas usia 1415 tahun plus 70 kg putra. Diselenggarakan dari tanggal 1 November hingga 2 Desember 2014. seorang anak SMANSA yang berpostur jangkung. Selamat yah Adit Kami keluarga SMANSA sangat bangga dan pacu terus prestasinya. Sempat tertinggal 0-4 di babak pertama. Dan akhirnya kemengan itu milik kita. Selamat untuk SMANSA THE LEADING SCHOOL. Aditya Pratama Suhendar alias Adit adalah putra dari Bapak Agus Suhendar. Jawa tengah. Para pesertanya adalah siswa SD sampai Perguruan Tinggi juga para veteran di bidang bela diri Karate. Dengan mengucap Alhamdulillah Keluarga SMANSA mendapat hadiah dipenghujung tahun 2014. Pertandingan futsal yang diselenggarakan oleh IPB dalam ranggka "The 8th Sportakuler. 3) Aditya Juara Nasional Karate 32) Nama panggilannya Adit. sudah sejak SD dan SMP selalu langganan mengumpulkan medali emas baik dari tingkat daerah maupun nasional di bidang bela diri karate. tapi para jagoan futsal kita akhirnya bangkit untuk memenangkan pertandingan ini. Piala dan penghargaan diserahkan langsung pada hari Senin 22 Desember 2014 di Auditorium Manggala Wanabakti Kementerian KLH. Jakarta. dengan berbagai macam materi lomba olah raga. 33) Dalam final Adit mengalahkan karateka dari Jawa Tengah. 2) SMANSA Juara 3 Futsal Nasional 29) Berita yang membuat seluruh keluarga besar SMAN 1 Kota Sukabumi bangga yaitu datang dari ekskur futsal. alhamdulillah meraih juara ke-3 dengan skor 6-5. Anak SMANSA memang BEDA ! 34) . The Goblet Of Heaven" adalah merupakan ajang tahunan dari perguruan tinggi negeri ternama ini. Suporter begitu gegap gempita bergemuruh memberikan smangat dengan alunan lagu-lagu heroik .1) SMAN 1 Kota Sukabumi Meraih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional 2014 28) SMAN 1 Kota Sukabumi Meraih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional 2014. Mereka mempersembahkan sebuah prestasi dengan memenangkan Kejuaraan Futsal Nasional Tingkat SMA seluruh Indonesia. 30) SMANSA Futsal Club melaju ke perempat setelah mengalahkan beberapa pesaing futsal SMA seluruh Indonesia . 31) Dengan dukungan para pelatih juga semangat juara dari para pemain juga disaksikan oleh 150 orang suporter "ULTRAS SMANSA". Pertandingan yang diikuti oleh 52 klub futsal tingkat SMA seluruh Indonesia. Setelah mengalahkan SMAN Bungbulang.Siswa kelas sepuluh IPA 3 ini menjuarai dan memperoleh medali emas dalam kejuaraan Nasional Karate yang diselenggarakan di Solo.

4) SMAN 1 Juara LPI Tingkat Kota Sukabumi 35) Alhamdulillah 4 kejuaraan tingkat SMA Kota Sukabumi telah di borong habis oleh SMAN 1 "The Leading School". 36) Pertandingan final sepak bola LPI antara SMANSA dan SMANLI telah dilaksanakan pada hari Minggu 28 April di lapangan Surya Kencana. yaitu tropi bergilir dan piala tetap Liga Sepak Bola Pelajar Indonesia (LPI) tingkat Kota. OSN siswa SMANSA mempersembahkan satu lagi kemenangan yang bergengsi di bidang olah raga . SMANSA memang BEDA ! 38) 39) 40) 41) 42) 43) 44) 45) 46) 47) 48) 49) 50) 51) 52) 53) . Setelah menjuarai : O2SN . Acara dibuka langsung oleh Bapak Wali Kota Sukabumi dan sekaligus pembukaan PORKOT (Pekan Olah Raga Kota) Sukabumi.0 untuk kemenangan SMANSA.FLS2N. Kemenangan ini sekaligus sebagai tiket ke tingkat provinsi mewakili Kota Sukabumi. dengan kemenangan 2 . 37) Kami Keluarga Besar SMANSA mengucapkan terima kasih kepada semua siswa yang telah mengukir prestasi demi kejayaan SMANSA . Dan tak lupa ucapan terima kasih pada seluruh suporter yang telah memberikan semangat kepada seluruh pemain.

Nama dan Alamat Sekolah 57) SMKN 1 Kota Sukabumi. Kabandungan No. teknik elektronika. teknik survey pemetaan. 62) 1984 : Pengembangan STM Negeri Sukabumi oleh Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan melalui Proyek Peningkatan Pendidikan Kejuruan Teknik III dengan bantuan Asian Development Bank ( ADB ) dibangun gedung di lokasi baru Jl. dan teknik otomotif.54) 55) SMK NEGERI 1 SUKABUMI 56) 1. teknik audio video.90 Kota Sukabumi 43114. teknik listrik. mesin dan bangunan yang berafiliasi dengan STM Negeri 1 Bandung.222 305 | Fax : 0266 . teknik pemanfaatan energi listrik. 61) 1966 : Perubahan/alih status dari sekolah swasta STM Dharma Karya menjadi STM Negeri Sukabumi dengan lokasi di Jl. Visi dan Misi Visi Sekolah . Jawa Barat . Kabandungan No. Call : 0266 . pembukaan program keahlian teknik produksi pertelevisian dan mengembangkan program SMK Besar dengan penambahan jumlah siswa. Sejarah Singkat 60) 1965 : Pembentukan sekolah swasta dengan nama STM Dharma Karya Sukabumi. Jl.8 Ha dengan sarana dan prasarana yang lengkap. teknik mesin.233 552 | 58) Email : info@smkn1-sukabumi. 63) 1993 : Perubahan nama dari STM Negeri Sukabumi menjadi SMK Negeri 1 Sukabumi.org 59) 2. Pasundan No. teknik pemesinan. 90 Kelurahan Selabatu Cikole Sukabumi luas areal 4. teknik gambar bagnunan. 1 Sukabumi mempunyai tiga jurusan listrik. dan teknik mekanik otomotif 64) 2003 : Ditetapkan pemerintah menjadi sekolah berstandar Nasional. Dengan membuka tujuh program keahlian yaitu teknik konstuksi bangunan. 65) 3. Dengan membuka lima jurusan yaitu teknik bangunan.Indonesia.

Melaksanakan kegiatan dan pembinaan akhlak mulia dan budi pekerti luhur 4. melalui penyelenggaraan pendidikan yang religius. berwirausaha dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi 7. Teknik. Gambar Bangunan (TGB) . 70) 5. Teknik. Menyelenggarakan sistem pembelajaran dengan pendekatan PAIKEM 3. Elektronika Idustri (Elind) 76) 5. Kontruksi Batu Beton (TKBB) 78) 7. 67) Misi Sekolah 1. Menciptakan tamatan yang mampu berkompetisi di lapangan kerja. Pemesinan (TP) 75) 4. Teknik Survei Pemetaan (TSP) 79) 8. yaitu : 80) 72) 1. terbuka dan berorientasi pelayanan 6. Kendaraan ringan (TKR) 74) 3. berbasis Teknologi Informasi. Teknik. 3) Palang Merah Remaja (PMR).66) Terwujudnya SMK Negeri 1 Kota Sukabumi sebagai sekolah unggul pada tahun 2017. Menyelenggarakan sistem administrasi sekolah yang berbasis Teknologi Informasi. Teknik. Melaksanakan kegiatan kekeluargaan. EktraKulikuler 69) Ekskul yang ada di SMK Negeri 1 Sukabumi yaitu : 1) Pramuka. Jurusan 71) Sekolah bertahap RSBI (Rintisan Sekolah Bertarap Internasional) ini. Teknik. dan berbudaya lingkungan 2. 2) Paskibra. Instalai Tenaga Listrik (TITL) 77) 6. profesional dan berbudaya lingkungan. Menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai. Meyelenggarakan kegiatan pengembangan bakat dan minat berbasis kebutuhan dan orientasi masa depan 5. Teknik. Produksi & Penyiaran Program Pertelevisian (Tp4) 73) 2. 4) Remaja Masjid. Teknik. pembinaan dan peningkatan SDM 68) 4. sudah mempunyai 8 (delapan) jurusan.

Berkas yang harus diserahkan pada saat pendaftaran : o Foto Copy Ijasah SMP/MTs (jika sudah ada) atau Surat Keterangan yang berpenghargaan sama dengan Ijasah Sekolah Menengah Pertama /Ijasah Program Paket B/Ijasah Sekolah luar negeri yang dinilai/dihargai sama/setingkat dengan Ijasah Sekolah Menengah Pertama. o Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) Sementara Asli + 1 lembar foto copy SKHUN Sementara. SMK  Calon peserta didik datang ke sekolah pilihan pertama dengan membawa berkas sesuai ketentuan. 2.  Setiap calon peserta didik diberikan 4 (empat) pilihan untuk mendaftar yaitu 2 (dua) di sekolah negeri dan 2 (dua) di sekolah swasta. sebanyak 4 lembar o Formulir Pengesahan Piagam penghargaan yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Sukoharjo (bagi yang mempunyai piagam penghargaan).  Tes khusus dan psikotes SMK dilakukan sebelum pendaftaran online dengan kriteria tes yang sudah ditetapkan oleh masing-masing SMK. Tes Khusus dan Psikotes SMK.  Khusus seleksi calon peserta didik kelas X SMK dilakukan dengan tes khusus dan psikotes untuk mendapatkan kesesuaian kemampuan dan minat peserta didik dengan bidang keahlian/program keahlian yang dipilihnya. Alur Pendaftaran calon Peserta didik SMA.  Mengisi formulir pendaftaran rangkap 3 (tiga). KUNING untuk Pendaftar Luar Kabupaten).6. o Pas Foto hitam putih 3 x 4. o Foto copy Kartu Keluarga (KK) 2 lembar dengan menunjukkan KK Asli atau menunjukkan Foto Copy KK yang dilegalisir Kantor Desa/Kelurahan (bagi yang tidak bisa menunjukkan KK Asli). Syarat dan Biaya Pendaftaran 1. Alur pendaftaran calon peserta didik : a. o Surat Keterangan Lulus Asli. 3. o Berkas dimasukkan dalam stop map (warna stop map : MERAH untuk Pendaftar Dalam Kabupaten. Setinggi-tingginya berusia 21 (dua puluh satu) tahun pada awal tahun pelajaran 2016/2017 (tanggal 18 Juli 2016) kecuali SMALB ada ketentuan tersendiri. . b.

7 Penilaian Peringkat (rangking) Penerimaan SMA/SMK berikut: o Akademis Jumlah Nilai Ujian Nasional = A o Non Akademis Bonus Prestasi = B 81) Nilai Akhir (NA) = A + B 82) Untuk Biaya tiap tahun berubah tergantung keadaan ekonomi negara kita. harus menandatangi Berita Acara pengambilan berkas pendaftaran dan siswa tersebut tidak bisa lagi mendaftar secara online di wilayah Kabupaten Sukoharjo (tidak dimasukkan dalam jurnal PPDB). 2858n/C5. 85) 2008 : Ditetapkan sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) oleh Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.  Pendaftar bisa memilih SMA dan SMK pada satu form pendaftaran dengan syarat sudah lulus tes khusus SMK. maka peserta didik tersebut dianggap sudah menggunakan 2 (dua) hak pilihnya sesuai status sekolahnya.  Dalam menetapkan pilihan tidak harus ke empat pilihan dipilih. 83) 7. 6 Calon peserta didik yang dinyatakan tidak diterima disemua pilihannya. segera dikembalikan kepada calon peserta didik yang bersangkutan. 5 Calon peserta didik yang sudah mendaftar secara online dan membatalkan pendaftaran (mencabut berkas pendaftaran). Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN). dan pembukaan program keahlian baru yaitu Teknik Produksi dan Penyiaran Program Pertelevisian dan mengembangkan program SMK besar dengan penambahan jumlah rombongan belajar dari 36 menjadi 51 dengan jumlah siswa mencapai 1794 orang. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional. No.  Calon peserta didik menuju operator pendaftaran menyerahkan berkas pendaftaran untuk diverifikasi dan diinput secara online.3/Kep/TU/2008 Tanggal 8 Juli 2008. Prestasi 84) 2003 : Ditetapkan oleh Direktur Sekolah Menengah Kejuruan menjadi sekolah berstandar nasional. melainkan bisa sesuai keinginan. Untuk SMK. sehingga dapat digunakan untuk mendaftar di sekolah lain. . jika calon peserta didik memilih 2 (dua) program keahlian di SMK yang sama.

87) 88) 8. fektivitas kegiatan eksta kurikuler yang memacu motivasi dan prestasi 7) N ilai-nilai religius yang diimplementasikan ke dalam perilaku social 8) S istem administrasi sekolah yang berbasis TI. bersih. Mewujudkan 70% penempatan kerja tamatan sesuai paket keahlian dengan masa tunggu 6 (enam) bulan 89) 90) 9. erjaga komunikasi dalam suasana kekeluargaan 3) E. nyaman dan arsi 2) T. Sasaran Mutu Sekolah 1. terbuka dan berorientasi pelayanan 9) I ndustri dan institusi pesangan yang relevan dan kemitraan yang stategis 91) 92) 93) 94) 95) 96) 97) 98) 99) 100) 101) . Tanggal 17 April 2009 dari SAI Global. fektivitas pembelajaran dengan pendekatan PAIKEM 4) K epemimpinan yang professional 5) M engembangkan bakat dan minat belajar peserta didik 6) E. Memperoleh 2 (dua) Prestasi Akademik dan 1 (satu) Prestasi Non Akademik di tingkat Nasional. 3. Kreatif.86) 2009 : Memperoleh pengakuan penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 dengan Sertifikat No : QEC26437. 2. Mewujudkan Pembelajaran Aktif. Keunggulan STEKMENSI 1) S uasana lingkungan belajar yang sehat. Efektif. dan Menyenangkan dengan pencapaian nilai ketuntasan tidak kurang dari 75. Inovatif.

18 Sukabumi .H. Nama dan Alamat Sekolah 111) SMK TEKNOLOGI PLUS PADJAJARAN SUKABUMI Jl.102) 103) 104) 105) 106) 107) 108) 109) SMK TEKNOLOGI PLUS PADJADJARAN KOTA SUKABUMI 110) 1. 124 2. 0266-217659 112) Jl. 114) 115) VISI Visi dan Misi SMAN 1 Kota Sukabumi . Cemerlang No.Jawa Barat Telp. yang diresmikan oleh Bapak Walikota Sukabumi pada tanggal 17 Agustus 2003. 0266-236507 Fax. Sejarah Singkat 113) SMK Teknologi Plus Padjadjaran Kota Sukabumi adalah Lembaga yang berada di bawah Yayasan Pendidikan Padjadjaran dengan izin pendirian dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi Nomor : 800/1111a/TU/2003. Sampai sekarang SMK Teknologi Plus Padjadjaran Sukabumi Telah meluluskan sebanyak tiga angkatan. R. Didi Soekardi No.

Dunia Usaha san Dunia Industri. EktraKulikuler 117) Ekskul yang ada di SMK Negeri 1 Sukabumi yaitu : 1) Pendalaman Al-Quran 10) UKS 2) Bahasa Arab 11) Paskibra 3) Bahasa Inggris 12) Pramuka 4) Komputer 13) Pencak Silat 5) Otomotif 14) Band 6) Robotik 15) Drum Band 7) Futsal 16) PMR 8) Bulu Tangkis 17) Bola Basket 9) Bola Volley 18) Sepakbola . Menghasilkan tenaga kerja profesional di bidang teknologi untuk memenuhi tuntunan 5. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas. 116) 7.Sebagai pusat pendidikan dan pelatihan yang menghasilkan Tenaga Kerja Terampil dan Handal pada tingkat menengah yang mampu untuk menyelaraskan antara kemajuan IPTEK dan IMTAQ. Membekali peserta didik dengan kemampuan untuk dapat mengembangkan diri. 4. serta sanggup menhadapi era globalisasi. efektif dan efisien. Menanamkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa 2. MISI 1. Menjadikan SMK Teknologi Plus Padjadjaran Kota Sukabumi sebagai pilihan utama masyarakat 3.

19) 8. pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam bidangnya seperti:  * Merakit Komputer  * Menginstalasi Sistem Operasi Berbasis Text & Grafik  * Mengintsalasi Sistem Aplikasi  * Menginstalasi Jaringan Local Are Network (LAN) o * Menginstalasi Jaringan Wide Area Network (WAN) o * Menginstalasi Jaringan Internet o * Maintenance & Repair Komputer . pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam: 23) * Mengelas Listrik atau Asetiline 24) * Mengemudi 25) * Tune-Up Kendaraan 26) * Memperbaiki Motor 27) * Memperbaiki Mobil 28) * Modifikasi Mesin 29) * Over Hool Engine 30) * Memperbaiki Sistem Kelistrikan Kendaraan 31) 32) 33) 34) Teknik Komputer dan Jaringan 35) Program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan membekali peserta didik dengan ketrampilan. Jurusan 20) Terdapat 2 jurusan yaitu : 21) Teknik Mekanik Otomotif 22) Program keahlian Teknik Mekanik Otomotif membekali peserta didik dengan ketrampilan.

KUNING untuk Pendaftar Luar Kabupaten). Alur pendaftaran calon peserta didik : a. sebanyak 4 lembar o Formulir Pengesahan Piagam penghargaan yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Sukoharjo (bagi yang mempunyai piagam penghargaan). o Foto copy Kartu Keluarga (KK) 2 lembar dengan menunjukkan KK Asli atau menunjukkan Foto Copy KK yang dilegalisir Kantor Desa/Kelurahan (bagi yang tidak bisa menunjukkan KK Asli). . 2. o Pas Foto hitam putih 3 x 4.  Tes khusus dan psikotes SMK dilakukan sebelum pendaftaran online dengan kriteria tes yang sudah ditetapkan oleh masing-masing SMK. 36) 3. Setinggi-tingginya berusia 21 (dua puluh satu) tahun pada awal tahun pelajaran 2016/2017 (tanggal 18 Juli 2016) kecuali SMALB ada ketentuan tersendiri. o Berkas dimasukkan dalam stop map (warna stop map : MERAH untuk Pendaftar Dalam Kabupaten.o * Maintenance & Repair Local Are Network (LAN) o * Maintenance & Repair Wide Area Network (WAN) o * Web Designer 9. Syarat dan Biaya Pendaftaran 1. o Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) Sementara Asli + 1 lembar foto copy SKHUN Sementara. o Surat Keterangan Lulus Asli. Berkas yang harus diserahkan pada saat pendaftaran : o Foto Copy Ijasah SMP/MTs (jika sudah ada) atau Surat Keterangan yang berpenghargaan sama dengan Ijasah Sekolah Menengah Pertama /Ijasah Program Paket B/Ijasah Sekolah luar negeri yang dinilai/dihargai sama/setingkat dengan Ijasah Sekolah Menengah Pertama.  Khusus seleksi calon peserta didik kelas X SMK dilakukan dengan tes khusus dan psikotes untuk mendapatkan kesesuaian kemampuan dan minat peserta didik dengan bidang keahlian/program keahlian yang dipilihnya. Tes Khusus dan Psikotes SMK.

 Pendaftar bisa memilih SMA dan SMK pada satu form pendaftaran dengan syarat sudah lulus tes khusus SMK.  Mengisi formulir pendaftaran rangkap 3 (tiga). 10 Penilaian Peringkat (rangking) Penerimaan SMA/SMK berikut: o Akademis Jumlah Nilai Ujian Nasional = A o Non Akademis Bonus Prestasi = B 37) Nilai Akhir (NA) = A + B 38) Untuk Biaya tiap tahun berubah tergantung keadaan ekonomi negara kita.  Untuk SMK. Prestasi . sehingga dapat digunakan untuk mendaftar di sekolah lain. harus menandatangi Berita Acara pengambilan berkas pendaftaran dan siswa tersebut tidak bisa lagi mendaftar secara online di wilayah Kabupaten Sukoharjo (tidak dimasukkan dalam jurnal PPDB). Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN).  Setiap calon peserta didik diberikan 4 (empat) pilihan untuk mendaftar yaitu 2 (dua) di sekolah negeri dan 2 (dua) di sekolah swasta. 9 Calon peserta didik yang dinyatakan tidak diterima disemua pilihannya. jika calon peserta didik memilih 2 (dua) program keahlian di SMK yang sama.  Calon peserta didik menuju operator pendaftaran menyerahkan berkas pendaftaran untuk diverifikasi dan diinput secara online. 39) 10. melainkan bisa sesuai keinginan. Alur Pendaftaran calon Peserta didik SMA.  Dalam menetapkan pilihan tidak harus ke empat pilihan dipilih. SMK  Calon peserta didik datang ke sekolah pilihan pertama dengan membawa berkas sesuai ketentuan. segera dikembalikan kepada calon peserta didik yang bersangkutan. maka peserta didik tersebut dianggap sudah menggunakan 2 (dua) hak pilihnya sesuai status sekolahnya.b. 8 Calon peserta didik yang sudah mendaftar secara online dan membatalkan pendaftaran (mencabut berkas pendaftaran).

40) Ta 46) 20 52) 20 58) 20 64) 20 70) 71) 72) 73) 74) 75) 41) Nama 47) LOMBA PIDATO 53) LOMBA KALIGRAFI 59) AJANG KREASI DAN PRESTASI 65) PESERTA TURNAMEN FUTSAL \ 42) Penghargaan 48) SMP PGRI 3 KOTA SUKABUMI 54) SMP PGRI 3 KOTA SUKABUMI 60) SMAN 5 KOTA SUKABUMI 66) SMAN 5 KOTA SUKABUMI 43) P er in g k at 44) J e n is 45) T i n g k a t 49) 1 50) L ai n la i n 51) S e k o l a h 55) 1 56) S e n i 57) S e k o l a h 61) 3 62) O la h r a g a 63) S e k o l a h 67) 2 68) O la h r a g a 69) S e k o l a h .

76) 77) 78) 79) 80) 81) 82) 83) 84) 85) TUGAS 86) BIMBINGAN KONSELING 87) 88) 89) 90) 91) 92) 93) Disusun Oleh : Kelompok 1 Anggota : Clarisa Putri Maulidia 94) Siti Silvana .

95) Rani Handayani 96) Indah Hindalna 97) Muhammad Al Fajri 98) Silvia Nopitriani 99) Faisal Anggit 100) Kelas : IX.B 101) 102) 103) SMP NEGERI 3 KOTA SUKABUMI 104) 2016 .