You are on page 1of 18

KARBONHIDRAT

Definisi Karbonhidrat
Secara umum definisi karbohidrat adalah senyawa organik yang mengandung atom
Karbon, Hidrogen dan Oksigen, dan pada umumnya unsur Hidrogen clan oksigen dalam
komposisi menghasilkan H2O. Di dalam tubuh karbohidrat dapat dibentuk dari beberapa
asam amino dan sebagian dari gliserol lemak. Akan tetapi sebagian besar karbohidrat
diperoleh dari bahan makanan yang dikonsumsi sehari-hari, terutama sumber bahan makan
yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.
Sumber karbohidrat nabati dalam glikogen bentuk glikogen, hanya dijumpai pada otot
dan hati dan karbohidrat dalam bentuk laktosa hanya dijumpai di dalam susu. Pada tumbuhtumbuhan, karbohidrat di bentuk dari basil reaksi CO2 dan H2O melalui proses foto sintese
di dalam sel-sel tumbuh-tumbuhan yang mengandung hijau daun (klorofil). Matahari
merupakan sumber dari seluruh kehidupan, tanpa matahari tanda-tanda dari kehidupan tidak
akan dijumpai.
2.1.b Fungsi Karbonhidrat
1. Fungsi karbonhidrat
 Sumber Energi Tubuh
Fungsi utama karbohidrat adalah sebagai pasokan utama energi bagi tubuh. Setiap
gram karbohidrat menghasilkan 4 kkalori.Keberadaan karbohidrat di dalam tubuh, sebagian
ada pada sirkulasi darah sebagai glukosa untuk keperluan energi, sebagian terdapat pada hati
dan jaringan otot sebagai glikogen, dan sebagian lagi sisanya diubah menjadi lemak untuk
kemudian disimpan sebagai cadangan energi di dalam jaringan lemak.

 Melancarkan Sistem Pencernaan
Makanan tinggi karbohidrat kaya akan serat yang berfungsi melancarkan sistem
pencernaan dan buang air besar. Serat pada makanan dapat membantu mencegah kegemukan,
kanker usus besar, diabetes mellitus, dan jantung koroner yang berkaitan dengan kolesterol
tinggi.

 Mengoptimalkan Fungsi Protein
Ketika kebutuhan karbohidrat harian tidak terpenuhi, maka tumbuh akan mengambil
protein sebagai cadangan energi. Akibatnya fungsi protein sebagai zat pembangun tidak
optimal. Memenuhi kebutuhan karbohidrat akan membuat protein melaksanakan tugas
utamanya sebagai zat pembentuk tubuh.
 Mengatur Metabolisme Lemak
Fungsi karbohidrat lainnya, yaitu sebagai pengatur metabolisme lemak dalam tubuh.
Karbohidrat mencegah terjadinya oksidasi lemak yang tidak sempurna.
 Karbohidrat Sebagai Pemanis Alami

Dihidroksi aseton Tetrosa : threosa. Ribosa. hidrolisis : terdiri dari 2 monosakatida sukrosa : glukosa + fruktosa (C 1-2) maltosa : 2 glukosa (C 1-4) trehalosa . berikut macam-macam monosakarida : dengan ciri utamanya memiliki jumlah atom C berbeda-beda : triosa (C3). glukosa + galaktosa (C1-4) 3. Disakarida dapat dihidrolisis oleh larutan asam dalam air sehingga terurai menjadi 2 molekul monosakarida.molekul monosakarida yang banyak jumlahnya. pentosa (C5). 2 glukosa (C1-1) Laktosa . Glukosa.     Macam – macam Polisarida : 1. Gliseraldehid. Amilum/Tepung Rantai a-glikosidik (glukosa)n : glukosan/glukan Amilosa (15 – 20%) : helix. Disakarida senyawanya terbentuk dari 2 molekul monosakarida yg sejenis atau tidak. Ribulosa Hexosa : Galaktosa. Eritrosa.           Monosakarida Terdiri atas 3-6 atom C dan zat ini tidak dapat lagi dihidrolisis oleh larutan asam dalam air menjadi karbohidrat yang lebih sederhana. tetrosa (C4). Tidak dapat dihidrolisis ke bentuk yang lebih sederhana. heksosa (C6). Polisakarida Senyawa yang terdiri dari gabungan molekul. Mannosa. Pengelompokan Karbonhidrat 1. Gula tidak mempunyai rasa manis yang sama. tidak bercabang Amilopektin (80 – 85%) : bercabang Terdiri dari 24 – 30 residu glukosa. Triosa : Gliserosa. dan Fruktosa adalah jenis gula yang paling manis. dan dihidrolisis : gabungan dari 3 – 6 monosakarida misalnya maltotriosa 4. Arabinosa.Karbohidrat juga berfungsi sebagai pemberi rasa manis pada makanan. Simpanan karbohidrat pada tumbuhan. xylulosa Pentosa : Lyxosa. Xilosa. Tes Iod : biru . Oligosakarida Senyawa yang terdiri dari gabungan molekul2 monosakarida yang banyak gabungan dari 3 – 6 monosakarida . heptosa (C7). Polisakarida merupakan jenis karbohidrat yang terdiri dari lebih 6 monosakarida dengan rantai lurus/cabang. senyawa ini bisa dihidrolisis menjadi banyak molekul monosakarida. fruktosa Heptosa : Sedoheptulosa 2. khususnya monosakarida dan disakarida.

Dekstrin dari hidrolisis pati 6. Sebagaimana tampak dalam tiga contoh tersebut. Contihnya adalah glukosa (C6H12O6). 7. Khitin  polisakarida invertebrata 8. Glikogen Simpanan polisakarida binatang Glukosan (rantai a) . amina) penyusun jaringan misalnya tulang. dapat dinyatakan sebagai C6 (H2O)6 Oleh Karena komposisi demikian.             ikatan C1-4 : lurus ikatan C1-6 : titik percabangan 2.terdiri dari unit b Tidak dapat dicerna mamalia (enzim untuk memecah ikatan beta tidak ada) .Rantai cabang banyak Iod tes : merah 3. hydrogen dan oksigen. kolagen Contoh : asam hialuronat. . Tes Iod negatif 5. Selulosa (serat tumbuhan) Konstituen utama framework tumbuhan tidak larut air .        Glikosaminoglikan karbohidrat kompleks merupakan (+asam uronat. kelompok senyawa ini pernah di sangka sebagai hidrat karbon sehingga diberi nama karbohidrat. Glikoprotein Terdapat di cairan tubuh dan jaringan terdapat di membran sel merupakan Protein + karbohidrat Struktur KH dan Gugus Fungsi rat karbohidrat terdiri dari karbon. herbivora ada mikroorganisme dapat memecah ikatan beta : selulosa dapat sebagai sumber karbohidrat. Inulin pati pada akar/umbi tumbuhan tertentu.Usus ruminantia. elastin. karbohidrat mempunyai rumus umum Cn(H2O)m . Sukrosa (C12H22O11) dan selulosa (C6H10O5). chondroitin sulfat 9. Fruktosan Larut air hangat Dapat menentukan kecepatan filtrasi glomeruli. rumus molekul glukosa misalnya.

Contoh: Gliseraldehid b. Glukosa 2. Aldosa: monosakarida yang mengandung gugus aldehid. C4H8O4 : tetrosa. C3H6O3 : triosa. yaitu triosa. 1. Monosakarida Satuan karbohidrat yang paling sederhana dengan rumus CnH2nOn dimana n = 3 – 8 . Contoh: Dihidroksiaseton Contoh beberapa monosakarida : 1. Jika dengan gugus aldehida dinamakan aldotriosa (HOCH2-CHOH-CHO) dan dan dengan gugus keton disebut dengan ketotriosa (HOCH2-CO-CH2OH).Bagan Rantai lurus dan bentuk siklik dari karbohidrat Karbohidrat sederhana dibangun oleh 5 (lima) atom C disebut dengan pentosa. dan heksosa atau heptosa.Monosakarida sering disebut gula sederhana (simplesugars) adalah karbohidrat yang tidak dapat dihidrolisis menjadi bentuk yang lebih sederhana lagi. Ketosa: monosakarida yang mengandung gugus keton. Galaktosa . Molekulnya hanya terdiri atas beberapa atom karbon saja. pentosa. tetrosa. C5H10O4 : pentose. Monosakarida dapat dikelompokkan berdasarkan kandungan atom karbonnya. Karbohidrat yang paling sederhana ditemukan di alam mengandung tiga atom C disebut triosa. C6H12O4 : heksosa Macam-macam monosakarida : a. Sedangkan yang dibangun oleh 6 (enam) atom C dikenal dengan heksosa.

Dalam kehidupan sehari-hari sukrosa dikenal dengan gula pasir. Konfigurasi ikatan glikosida pada maltosa selalu α karena maltosa terhidrolisis oleh α-glukosidase. Struktur maltosa Dari struktur maltosa.. terlihat bahwa gugus -O. Galaktosa mempunyai rasa kurang manis jika dibandingkan dengan glukosa dan kurang larut dalam air. Sukrosa Jenis disakarida: 1. Maltosa Maltosa adalah suatu disakarida dan merupakan hasil dari hidrolisis parsial tepung (amilum). Beberapa disakarida yang sering dijumpai: Maltosa. 3. Sukrosa Sukrosa terdapat dalam gula tebu dan gula bit. 2. .sebagai penghubung antarunit yaitu menghubungkan C 1 dari α-D-glukosa dengan C 4 dari β-D-glukosa. Monosakarida ini jarang terdapat bebas di alam. Dua monosakarida dihubungkan dengan ikatan glikosidik antara C-anomerik dari satu unit monosakarida dengan gugus –OH dari unit monosakarida yang lainnya. 2. Maltosa tersusun dari molekul α-D-glukosa dan β-D-glukosa. Seperti halnya glukosa. yaitu gula yang terdapat dalam susu. disebut juga levulosa karena memutar bidang polarisasi ke kiri. galaktosa juga merupakan gula pereduksi. Merupakan satu-satunya heksulosa yang terdapat di alam. terdapat dalam madu dan buah-buahan bersama glukosa.2 –α.Galaktosa merupakan suatualdoheksosa. Fruktosa Fruktosa adalah suatuheksulosa. Sukrosa tersusun oleh molekul glukosa dan fruktosa yang dihubungkan oleh ikatan 1. Disakarida Disakarida adalah karbohidrat yang terdiri dari 2 satuan monosakarida. Satu molekul maltosa terhidrolisis menjadi dua molekul glukosa. Fruktosa merupakan gula termanis. Umumnya berikatan dengan glukosa dalam bentuk laktosa. Laktosa.

Glikolisis adalah salah satu proses metabolisme yang paling universal yang kita kenal. 3. Glikolisis Glikogen adalah molekul polisakarida yang tersimpan dalam sel-sel hewan bersama dengan air dan digunakan sebagai sumber energi.4'-β. Selulosa merupakan komponen struktural utama dari tumbuhan dan tidak dapat dicerna oleh manusia. dan terjadi (dengan berbagai variasi) di banyak jenis sel dalam hampir seluruh bentuk organisme.Sukrosa terhidrolisis oleh enzim invertase menghasilkan α-D-glukosa dan β-Dfruktosa. Ketika pecah di dalam tubuh.e Metabolisme KH A.1. Jenis polisakarida adalah: a. Glikogen c. Banyak penelitian telah dilakukan pada glikogen dan perannya dalam tubuh . Proses glikolisis sendiri menghasilkan lebih sedikitenergi per molekul glukosa dibandingkan dengan .sejak itu glikogen diakui sebagai bagian penting dari sistem penyimpanan energi tubuh. Laktosa tersusun dari molekul β-D-galaktosa dan α-D-glukosa yang dihubungkan oleh ikatan 1. Pati atau amilum 2. Laktosa Laktosa adalah komponen utama yang terdapat pada air susu ibu dan susu sapi. Struktur laktosa 3. lebih manis daripada sukrosa. Polisakarida Rumus umum polisakarida yaitu C6(H10O5)n. sumber energi yang penting bagi hewan. dari beta-glukosa. Selulosa Selulosa (C6H10O5)n adalah polimer berantai panjang polisakarida karbohidrat. b. glikogen diubah menjadi glukosa. Campuran gula ini disebut gula inversi. \ Glikolisis adalah serangkaian reaksi biokimia di mana glukosa dioksidasi menjadimolekul asam piruvat.

tetapi larut dalam pelarut nonpolar. Lipid juga meliputi molekul-molekul seperti asam lemak dan turunan-turunannya (termasuk tri-. liposom. dan poliketida (diturunkan dari kondensasi subsatuanketoasil). sakarolipid. Dengan menggunakan pendekatan ini. monosakarida mengalami sintesis menghasilkan glikogen. Glikogenolisis adalah proses penguraian Glikogen menjadi Glukosa Fermentasi adalah Penguraian Glukosa menjadi Senyawa antara ( asam laktat .       Glikogenesis Glikogenesis adalah poses pembentukan glikogen dari glukosa. Lipid bersifat amfifilik. Meskipun istilah lipid kadang-kadang digunakan sebagai sinonim dari lemak. Lipid biologis seluruhnya atau sebagiannya berasal dari dua jenis subsatuan atau "blok bangunan" biokimia: gugus ketoasil dan gugus isoprena.di-. Karena nonpolar. lipid tidak larut dalam pelarut polar seperti air. sebagai komponen struktural membran sel. eter atau kloroform. Fungsi biologis terpenting lipid di antaranya untuk menyimpan energi. dan sebagaipensinyalan molekul. gliserolipid. oksidasi menjadi CO 2 dan H 2O atau dilepaskan untuk dibawa dengan aliran darah kebagian tubuh yang memerlukannya sebagaimana digambarkan sbb LIPIT / LEMAK Devinisi Lipit Lipid mengacu pada golongan senyawa hidrokarbon alifatik nonpolar dan hidrofobik. atau membran lain dalam lingkungan basah. serta lipid sterol dan lipidprenol (diturunkan dari kondensasi subsatuanisoprena).sfingolipid. Di dalam hati. gliserofosfolipid. alkohol) karena penguraian glukosa dalam suasana Anaerob Respirasi adalah sebutan penguraian Glukosa menjadi CO2 dan H2O dalam suasana Aerob Pada metabolisme karbohidrat pada manusia dan hewan secara umum. . artinya lipid mampu membentuk struktur seperti vesikel.oksidasi aerobik yang sempurna. Energi yang dihasilkan disimpan dalam senyawa organik berupa adenosinetriphosphate atau yang lebih umum dikenal dengan istilah ATP dan NADH Terjadi dalam semua sel tubuh manusia Degradasi an-aerob glukosa menjadi laktat Glukose+2 ADP+2 Pi Glikolisis D-Glukosa 2 Asetil-KoA 2 Laktat 2 Laktat + 2 ATP + 2 H2O PDH 2-Piruvat 2 CO2 TCA PDH= PyruvateDehydrogenase ADP= Adonesine Di Phosphate ATP= Adonesine Tri Phosphate B. lipid dapat dibagi ke dalam delapan kategori: asil lemak. Lipid adalah senyawa organik yang diperoleh dari proses dehidrogenasi endotermal rangkaian hidrokarbon. seperti alkohol. setelah melalui dinding usus halus sebagian besar monosakarida dibawa oleh aliran darah ke hati.

2.b Fungsi Lipit 2. Asam kaprilat (asam oktanoat): CH3(CH2)6COOH atau C8:0 ? terdapat dalam mentega (lemak nabati) 4. 3. Fungsi membran diantaranya adalah sebagai barier permeabel. Asam kaprat (asam dekanoat): CH3(CH2)8COOH atau C10:0 ? terdapat dalam mentega (lemak nabati) 5. Komponen struktur membrane. Meskipun manusia dan mamalia memiliki metabolisme untuk memecah dan membentuk lipid.dan monogliserida dan fosfolipid. 6. Untuk aktivitas enzim seperti fosfolipid dalam darah. salam 6. Klasifikasi Lipid Asam Lemak Jenuh 1. tekanan listrik dan fisik. 2005) : 1. hormon steroid. biji kelapa sawit & minyak kelapa 7. Asam butirat (asam butanoat): CH3(CH2)2COOH atau C4:0 ? terdapat dalam mentega (lemak nabati) 2. Asam palmitat (asam heksadekanoat): CH3(CH2)14COOH atau C16:0 ? terdapat dalam semua lemak hewan & tumbuhan 8. Asam kaproat (asam heksanoat): CH3(CH2)4COOH atau C6:0 ? terdapat dalam mentega 3. 4. a. kayu manis. Kulit pelindung. Hormon dan vitamin. Fungsi membran yang sebagian besar mengandung lipidsperti barier permeabel untuk mencegah infeksi dan kehilangan atau penambahan air yang berlebihan. Penyampai kimia Selain itu ada beberapa referensi peran lipid dalam sistem makhluk hidup adalah sebagai berikut (Toha. komponen dinding sel 4. Lapisan pelindung pada beberapa jasad. Untuk menghindari panas. 1981) : 1. 5. Penyimpan energy dan transport 2. dan sebagainya. biji kelapa sawit. 2. Prostaglandin: asam arakidonat adalah prekursor untuk biosintesis prostaglandin. Fungsi Umum Lipid Fungsi lipida termasuk (soendoro. koenzim A. juga metabolit yang mengandung sterol. Asam miristat (asam tetradekanoat): CH3(CH2)12COOH atau C14:0 ? terdapat dalam pala. beberapa lipid tidak dapat dihasilkan melalui cara ini dan harus diperoleh melalui makanan. Bentuk energi cadangan. dan lain-lain. Kofaktor/prekursor enzim. Struktur membrane 3. Sebagai fungsi utama triasilgliserol yang ditemukan dalam jaringan adiposa. Asam laurat (asam dodekanoat): CH3(CH2)10COOH atau C12:0 ? terdapat dalam minyak paus (spermaceti). sepertikolesterol. minyak kelapa. Semua membran sel termasuk mielin mengandung lapisan lipid ganda. Insulasi Barier. Asam stearat (asam oktadekanoat): CH3(CH2)16COOH atau C18:0 ? terdapat dalam semua lemak hewan & tumbuhan .

biji kapas. Bagian polar berada di sisi luar. Metabolisme Asam Lemak Dalam Tubuh Metabolisme lipid Lipid yang kita peroleh sebagai sumber energi utamanya adalah dari lipid netral. Asam-asam lemak rantai pendek juga dapat melalui jalur ini. asam arachidonat 3. Asam oleat: CH3(CH2)7CH=CH(CH2)7COOH atau C18:1 2.Molekul gliserol memiliki tiga gugus Hidroksil(-OH) dan tiap gugus hidroksil berinteraksi dengan gugus karboksil asam lemak.Oksigen(O) dan kadang-kadang Fosforus(P) serta Nitrogen(N). Karena larut dalam air. Di dalam sel ini asam lemak dan monogliserida segera dibentuk menjadi .yaitu satu molekul gliserol dan tiga molekul asam lemak.Asam lemak terdiri dari rantai Hidrokarbon(CH) dan gugus Karboksil(COOH). Asam arachidonat: CH3(CH2)4CH=CHCH2CH=CHCH2CH=CHCH2CH=CH (CH2)3COOH atau C20:4 ? terdapat pada minyak kacang tanah 5. sedangkan bagian nonpolar berada di sisi dalam Sebagian besar asam lemak dan monogliserida karena tidak larut dalam air. Asam behenat (asam dokosanoat): CH3(CH2)20COOH atau C22:0 ? terdapat dalam biji-bijian Asam Lemak Tak Jenuh 1. maka diangkut oleh miselus (dalam bentuk besar disebut emulsi) dan dilepaskan ke dalam sel epitel usus (enterosit). tromboksan) &leukotrien 9. Molekul lemak terdiri dari empat bagian.Asam arachidat (asam eicosanoat): CH3(CH2)18COOH atau C20:0 ? terdapat dalam minyak kacang tanah 10. Asam lemak tak jenuh banyak (polienoat) ? mempunyai ikatan rangkap > 1 Contoh: asam linoleat.Hidrogenn(H). Asam a-linoleat (ALA): CH3CH2CH=CHCH2CH=CHCH2CH=CH(CH2)7COOH atau C18:3 ? pada minyak biji rami & biasa ditemukan bersama-sama dengan asam linoleat 4. Asam eicosapentaenoat (EPA) atau C20:5 ? pada minyak ikan 6. Asam erusat: CH3(CH2)7CH=CH(CH2)11COOH atau C22:1 Struktur Kimia Lemak Unsur penyusun lemak antara lain adalah Karbon(C). Secara ringkas. gliserol masuk sirkulasi portal (vena porta) menuju hati. Asam lemak tak jenuh tunggal (monoenoat) ? mempunyai ikatan rangkap 1 Contoh: asam oleat& asam erusat 2. hasil dari pencernaan lipid adalah asam lemak dan gliserol. Asam docoheksanoat (DHA) atau C22:6 ? pada minyak ikan 7. kacang tanah. Asam linoleat: CH3(CH2)4CH=CHCH2CH=CH (CH2)7COOH atau C18:2 ? terdapat pada minyak jagung. prostasiklin. Eikosanoid ? berasal dari asam lemak polienoat dengan jumlah atom C 20 Contoh: prostanoid (prostaglandin. selain itu ada juga yang masih berupa monogliserid. Struktur miselus. yaitu trigliserid (ester antara gliserol dengan 3 asam lemak). kedelai 3. Contoh Asam Lemak Tak Jenuh 1.

Gliserol ini selanjutnya masuk ke dalam jalur metabolisme karbohidrat yaitu glikolisis. trigliserida dipecah menjadi asam lemak dan gliserol. hasil akhir dari pemecahan lipid dari makanan adalah asam lemak dan gliserol. Selanjutnya asam-asam lemak dan gliserol tersebut. Beberapa lipidnongliseridadisintesis dari asetilKoA. Sewaktu-waktu jika kita membutuhkan energi dari lipid. Pada tahap awal. Proses pemecahan trigliserida ini dinamakan lipolisis. Struktur kilomikron. Jika sumber energi dari karbohidrat telah mencukupi. Di sisi lain. dibentuk kembali menjadi simpanan trigliserida. jika kebutuhan energi sudah mencukupi. Keadaan ini dapat menyebabkan kematian. Proses pembentukan trigliserida ini dinamakan esterifikasi. Proses oksidasi asam lemak dinamakan oksidasi beta dan menghasilkan asetilKoA. untuk ditransportasikan menuju sel-sel untuk dioksidasi menjadi energi. Selanjutnya kilomikron ditransportasikan melalui pembuluh limfe dan bermuara pada vena kava. Sebelum dikatabolisir dalam oksidasi beta. asetilKoA dari jalur inipun akan masuk ke dalam siklus asam sitrat sehingga dihasilkan energi. sehingga bersatu dengan sirkulasi darah. AsetilKoA sebagai hasil oksidasi asam lemak juga berpotensi menghasilkan badan-badan keton (aseto asetat. Badan-badan keton dapat menyebabkan gangguan keseimbangan asam-basa yang dinamakan asidosis metabolik. hidroksibutirat dan aseton). Selanjutnya sebagaimana asetilKoA dari hasil metabolisme karbohidrat dan protein.trigliserida (lipid) dan berkumpul berbentuk gelembung yang disebut kilomikron. Aktivasi asam lemak menjadi asilKoA . gliserol mendapatkan 1 gugus fosfat dari ATP membentuk gliserol 3-fosfat. Asam lemak tersebut ditransportasikan oleh albumin ke jaringan yang memerlukan dan disebut sebagai asam lemak bebas (freefattyacid/FFA). Ikhtisar metabolisme lipid Metabolisme gliserol Gliserol sebagai hasil hidrolisis lipid (trigliserida) dapat menjadi sumber energi. baik asam lemak dari diet maupun jika harus memecah cadangan trigliserida jaringan. AsetilKoA mengalami kolesterogenesis menjadi kolesterol. kilomikron segera dipecah menjadi asamasam lemak dan gliserol. Reaksi-reaksi kimia dalam metabolisme gliserol Oksidasi asam lemak (oksidasi beta) Untuk memperoleh energi. Dengan adanya ATP dan Koenzim A. suatu produk antara dalam jalur glikolisis. Kilomikron ini kemudian ditransportasikan menuju hati dan jaringan adiposa. Proses pemecahan lemak jaringan ini dinamakan lipolisis. asam lemak dapat dioksidasi dalam proses yang dinamakan oksidasi beta. Selanjutnya senyawa ini masuk ke dalam rantai respirasi membentuk dihidroksi aseton fosfat. Perhatikan fungsi kilomikron sebagai pengangkut trigliserida Simpanan trigliserida pada sitoplasma sel jaringan adiposa Di dalam sel-sel hati dan jaringan adiposa. asam lemak diaktifkan dengan dikatalisir oleh enzim asil-KoAsintetase (Tiokinase). asetilKoA dapat mengalami lipogenesis menjadi asam lemak dan selanjutnya dapat disimpan sebagai trigliserida. Secara ringkas. Proses ini dinamakan ketogenesis. Jika sewaktu-waktu tak tersedia sumber energi dari karbohidrat barulah asam lemak dioksidasi. asam lemak harus diaktifkan terlebih dahulu menjadi asil-KoA. maka asam lemak mengalami esterifikasi yaitu membentuk ester dengan gliserol menjadi trigliserida sebagai cadangan energi jangka panjang. Selanjutnya kolesterol mengalami steroidogenesis membentuk steroid.

Dalam oksidasi beta. Setelah menjadi asilkarnitin. Perhatikan bahwa setiap proses pemutusan 2 atom C adalah proses oksidasi β dan setiap 2 atom C yang diputuskan adalah asetilKoA. asil-KoA akan mengalami tahap-tahap perubahan sebagai berikut: 1. Pada membran internamitokondria terdapat enzim karnitinasilkarnitintranslokase yang bertindak sebagai pengangkut asilkarnitin ke dalam dan karnitin keluar. AsilKoA yang sudah berada dalam mitokondria ini selanjutnya masuk dalam proses oksidasi beta.Asam lemak bebas pada umumnya berupa asam-asam lemak rantai panjang. Setelah menjadi bentuk aktif. asam lemak masuk ke dalam rangkaian siklus dengan 5 tahapan proses dan pada setiap proses. barulah senyawa tersebut bisa menembus membran internamitokondria. Selanjutnya asetilKoA masuk ke dalam siklus asam sitrat. Karena pada umumnya asam lemak memiliki banyak atom C. Proses aktivasi ini membutuhkan energi sebesar 2P. karbon β asam lemak dioksidasi menjadi keton. Asam lemak rantai panjang ini akan dapat masuk ke dalam mitokondria dengan bantuan senyawa karnitin. (-2P) Setelah berada di dalam mitokondria. Pada tahap ini terjadi rantai respirasi dengan menghasilkan energi 2P (+2P) 2. Oksidasi karbon β menjadi keton Keterangan: Frekuensi oksidasi β adalah (½ jumlah atom C)-1 Jumlah asetilKoA yang dihasilkan adalah (½ jumlah atom C) Oksidasi asam lemak dengan 16 atom C.      Mekanisme transportasi asam lemak trans membran mitokondria melalui mekanisme pengangkutan karnitin Langkah-langkah masuknya asilKoA ke dalam mitokondria dijelaskan sebagai berikut: Asam lemak bebas (FFA) diaktifkan menjadi asil-KoA dengan dikatalisir oleh enzim tiokinase. dengan rumus (CH3)3N+-CH2-CH(OH)-CH2-COO-. Dalam proses oksidasi ini. delta2-trans-enoil-KoA diubah menjadi L(+)-3-hidroksi-asil-KoA 3. Selanjutnya terbentuklah asetilKoA yang mengandung 2 atom C dan asil-KoA yang telah kehilangan 2 atom C. Aktivasi asam lemak. Pada tahap ini terjadi rantai respirasi dengan menghasilkan energi 3P (+3P) 4. diangkat 2 atom C dengan hasil akhir berupa asetilKoA. asil-KoA dikonversikan oleh enzim karnitinpalmitoiltransferase I yang terdapat pada membran eksternamitokondria menjadi asilkarnitin. Asilkarnitin yang masuk ke dalam mitokondria selanjutnya bereaksi dengan KoA dengan dikatalisir oleh enzim karnitinpalmitoiltransferase II yang ada di membran internamitokondria menjadi AsilKoa dan karnitin dibebaskan. oksidasi beta dan siklus asam sitrat Telah dijelaskan bahwa asam lemak dapat dioksidasi jika diaktifkan terlebih dahulu menjadi asil-KoA. Asil-KoA diubah menjadi delta2-trans-enoil-KoA. maka asil-KoA yang masih ada akan mengalami oksidasi beta kembali dan kehilangan lagi 2 atom . Dalam satu oksidasi beta dihasilkan energi 2P dan 3P sehingga total energi satu kali oksidasi beta adalah 5P. L(+)-3-hidroksi-asil-KoA diubah menjadi 3-Ketoasil-KoA.

Dengan demikian sebuah asam lemak dengan 10 atom C.2. maka kita memerlukan energi 2 ATP untuk aktivasi. blok pembangun untuk lipidlainModulatorintrasel Penyimpanan asam lemak. senyawa metabolik Struktur membran Struktur membran Membran antigen. hidroksibutirat dan aseton dikenal sebagai badan-badan keton. integritas epitel Antioksidan lipid Pejendalan darah .f No 1 2 3 4 5 Identifikasi Lipit Lipid Asam Lemak Prostaglandin EstergliserilAsilgliserol Fosfogliseril SfingolipidSfingomielin Glikosfingolipid Derivat sterolKolesterol Ester Kolesterol Asam empedu Hormon steroid Vitamin D TerpenDolikol Vitamin A Vitamin E Vitamin K Fungsi Bahan bakar metabolik. Karena asam lemak memiliki 10 atom C. maka asetil-KoA yang terbentuk adalah 5 buah. berarti hasilnya adalah 4 x 5 = 20 ATP. selanjutnya asetoasetat berubah menjadi hidroksibutirat dan aseton. Misalnya tersedia sebuah asam lemak dengan 10 atom C. akan dimetabolisir dengan hasil -2 ATP (untuk aktivasi) + 20 ATP (hasil oksidasi beta) + 60 ATP (hasil siklus Kreb’s) = 78 ATP. 2. Setiap asetil-KoA akan masuk ke dalam siklus Kreb’s yang masing-masing akan menghasilkan 12 ATP. Demikian seterusnya hingga hasil yang terakhir adalah 2 asetil-KoA. Penghitungan energi hasil metabolisme lipid Dari uraian di atas kita bisa menghitung energi yang dihasilkan oleh oksidasi beta suatu asam lemak. dan energi yang di hasilkan oleh oksidasi beta adalah 10 dibagi 2 dikurangi 1. yaitu 4 kali oksidasi beta. sehingga totalnya adalah 5 X 12 ATP = 60 ATP. Proses ketogenesis Lintasan ketogenesis di hati Sebagian dari asetilKoA dapat diubah menjadi kolesterol (prosesnya dinamakan kolesterogenesis) yang selanjutnya dapat digunakan sebagai bahan untuk disintesis menjadi steroid (prosesnya dinamakan steroidogenesis). permukaan Membran dan struktur lipoprotein Penyimpanan dan angkutan Pencernaan lipid dan absorbsi Pengaturan metabolik Metabolisme kalsium dan fosfor Sintesis glikoprotein Penglihatan.C karena membentuk asetilKoA. Proses perubahan asetil-KoA menjadi benda-benda keton dinamakan ketogenesis. Sebagian dari asetil-KoA akan berubah menjadi asetoasetat. Asetil-KoA yang dihasilkan oleh oksidasi beta ini selanjutnya akan masuk siklus asam sitrat. Aseto asetat.

Telur dan susu merupakan contoh protein lengkap yang mengandung asam amino esensial dengan jumlah yang mencukupi kebutuhan bagi pertumbuhan . yaitu : 1) Protein lengkap (Complete protein ) Yang berfungsi untuk pertumbuhan . enzim dan secret tubuh lainnnya . Jenis protein ini tidak dapat digunakan untuk pertumbuhan dan penggantian jaringan rusak atau aus . antibody . kerangka karbonnya dapat dioksidasi untuk memberikan empat kcal/gr protein . hidrotorak . serta energy jika dperlukan . Menghasilkan mekanisme transportasi . karena jenis. Protein plasma merupakan zat aktif osmotic dan pendapar.basa . 2. Contoh nya adalah makanan sumber protein hewani lainnya diluar telur dan susu seperti daging . (Hartono Andry. protein dapat dibagi menjadi tiga kelompok .jenis asam amino asam esensialnya tidak lengkap . seperti . penggantian hubungan yang rusak dan aus .3 PROTEIN DAN ASAM AMINO 2. Asam amino dan protein merupakan konstituen hormone. Protein dapat melarutkan zat lemak untuk diangkut dalam darah . Menghasilkan senyawa esensial . Jenis – jenis Protein Berdasarkan fungsinya . 3) Protein tidak lengkap (incomplete protein) Yang umumnya merupakan jenis-jenis makanan sumber protein nabati seperti kacang . dan untuk keperluan lain . Protein dibutuhkan untuk anabolisme karena unsur gizi ini merupakan konstituen semua sel dan jaringan tubuh . 2004 ) A. . Mengatur tekanan osmotic .A. pembentukan enzim . dll).3. ikan . Mengatur keseimbangan cairan elektrolit dan asam . misalnya Lipoprotein yang membawa kolesterol .kacangan dan biji-bijian atau sereal . serta ayam . hormone . Katabolisme yang terus berlangsung pada semua protein tubuh memerlukan resintesis protein yang baru dari asam-asam amino . Menghasilkan energy Setelah nitrogen dikeluarkan . 2) Protein setengah lengkap ( half-complete protein ) Juga memiliki semua fungsi diatasdiatas kecuali fungsi untuk pertumbuhan karena asam-asam amino yang dikandungnya tidak cukup bagi permbentukan jaringan tubuh yang baru .a Fungsi dan Sumber protein Fungsi Protein Ada delapan kategori fungsi protein yang terdiri atas : Membangun jaringan tubuh yang baru . Protein plasma (albumin) menjaga keberadaan air dalam plasma darah dan demikian akan mempertahankan volume darah serta mencegah penimbunan cairan dalam jaringan (edema) atau rongga tubuh (asites. Menghasilkan pertahanan tubuh Anti body seperti immunoglobulin . Memperbaiki jaringan tubuh .

Pada pH dibawah titik isoelektrisnya. 2. HistidinValinLisinIsoleusinTriptophanTreoninLeusinMethionin. asam amino berbentuk. makanan yang proteinnya tergolong tidak lengkap harus saling dikombinasikan untuk memberikan semua asam amino esensial yang diperlukan bagi pertumbuhan dan pengantian rusak atau aus .d Rumus Kimia Asam Amino Dan Gugus Fungsi Fungsionalnya Asam amino merupakan senyawa organik yang merupakan satuan penyusun protein yang mempunyai gugus amino dan karboksilat. 1989) Asam amino tidak selalu bersifat seperti senyawa-senyawa organik. .Pxasuatu asam amino bukanlah Pxa dari gugus -COOH melainkan dari gugus -NH3 dan sebaliknya. sehingga bersifat optis aktif. (Sediaoetama Achmad Djaeni. asam amino berbentuk: Asam amino dalam bentuk ion tersebut dinamakan zwitter ion yang bersifatamfoter (bisa bsersifat asam maupun basa).3. suatu asam amino mempunyai banyak sifat garam. asam amino akan berbentuk. ia akan terionisasi diantara asam dan basa dalam larutan berair yang disebut amfoterik. Suatu asam amino yang mengalami reaksi asam basa internal. Senyawasenyawa amfoterik akan bereaksi dengan asam ataupun basa dan membentuk garam. (yang kurang mengandung asam amino lisin) dapat digabungkan dengan kedelai (yang kurang mengandung metionin) . sedangkan kebanyakan senyawa organik dengan bobot molekul sekitar itu berupa cairan pada temperatur kamar.Asam amino larut dalam air dan pelarut polar lain.3. dan kurang bisa dibandingkan dengan sebagian besar amina. Non Esensial Asam amino non esensial adalah asam amino yang diperlukan tubuh dan dapat di produksi oleh tubuh. (Fessenden. Struktur sederhana dari asam amino adalah: NH2 R-CH-COOH Suatu asam amino mengandung gugus amina yang bersifat basa dan gugus karboksil yang bersifat asam dalam molekul yang sama. Pada titik isoelektris. Contohnya beras. Histidin dan arginin sering disebut asam amino semi essensial karena tubuh dapat mensintesis namun tidak mencukupi kebutuhan. 1990) Asam amino bersifat antara asam lemah dan basa lemah. 2000 ) B.Karena itu. B. Jenis – jenis Asam Amino Sesuai dengan namanya. asam amino terdiri dari gugus asam (-cooh) dan gugus amin (-nh2). sebagai contoh adalah glisin. misalnya titik lelehnya diatas 200*C. tetapi tidak larut dalam pelarut non-polar.c Klasifikasi Asam Amino A. Asam amino mempunyai paling sedikit 1 C asymetris (kecuali glisin). 2. Karena terjadinya muatan ion. seperti dietil eter atau benzena. yang menghasilkan suatu ion dipolar yang disebut sebagai switter ion.Asam amino mempunyai momendipol yang besar dan juga mereka kurang bersifat asam dibandingkan sebagian besar asam karboksilat. Pada pH di atas titik isoelektrisnya. Oleh karena itu asam amino mempunyai sifat asam maupun basa. Esensial Asam amino essensial adalah asam amino yang diperlukan tubuh namun tubuh tidak mampu mensintesis. (Fessenden.

(Winarno.Triptofan merupakan pelopor dan suatu famili zat-zat penting dalam biokimia sistem syaraf.(Fessenden. heksana dan eter.(Routh. (Martin. Asam amino tidak hanya berperan sebagai bahan bangunan dari protein. 1992) Suatu ikatan peptida mempunyai ikatan rangkaian yang disebabkan oleh tumpang tindih orbital p dari gugus karbonil dengan pasangan elektron yang terdiri dari nitrogen.+ -OH <====>H-CH(NH2)-COO. misalnya glisin diperlukan untuk biosintesis gugus dari hemoglobin. glisin dapat digunakan sebagai contoh asam amino atau protein sebagai buffer.Suatu peptida adalah suatuamida yang dibentuk dari dua asam amino atau lebih. untuk buffer sederhana yang menunjukkan konstanta disosiasi atau Pka sebagai pH pada konsentrasi sama dari gambar dan bentuk buffer asam adalah dituliskan sebagai berkut. Dalam titrasi asam amino. 1971). tapi juga merupakan pelopor kimia bagi banyak senyawa. 1969) H-CH(NH3)-COOH <====> H+ + H-CH(NH3)-COO. Kelarutan asam amino adalah larut dalam pelarut polar seperti air dan etanol.+ H2O lart. Titik leburnya yang relatif tinggi (diatas 200*C) menyatakan adanya gugus-gugus yang bermuatan yaitu energi tingi yang diperlukan untuk memecahkan ionik yang mempertahankan kisi-kisi Kristal.Gugus karboksil suatu asam amino berikatan dengan gugus amino dari asam amino lain yang menghasilkan peptida dengan melepas molekul air. misalnya alanin dilarutkan dalam air. 1969) pH = Pka + Log garam/asam = Pk + Log 1/1 = Pk Sifat-sifat khusus asam amino antara lain. 1989).asam (pH=2. (Martin.Ketikaglisindidalam larutan dititrasi dengan asam atau basa terjadi pertukaran molekul dari bentuk zwitter ke bentuk dissosiasi pada gugus asam amino atau karboksil. Persamaan HendersenHasselBakk. (Lehninger. (Routh.Tirosin merupakan materi penghubung bagi biosintesa dari pigmen kulit.4) zwitter ion (pH=6. 1993).0) lart basa. tetapi tidak larut dalam pelarut non-polar.3. asam amino tidak menyerap cahaya tampah/visible.e Metabolisme Protein dalam Tubuh Adalah sintesis dan pemecahan protein berjalan secara bersamaan . Dengan pengecualian asam amino aromatic triptofan. 1969) Dua asam amino berikatan melalui suatu ikatan peptida dengan melepas sebuah molekul air. 1987) Asam amino yang sederhana. jika suatu kristal asam amino. Melanin merupakan biosintesa penghubung yang mengandung nitrogen(Neal.Reaksi kesetimbangan ini cenderung untuk berjalan kehidrolisis daripada sintesis. (Routh. feni l alanin dan histidin. 1987) 2. Asam amino dapat berperan sebagai asam atau basa. Sebagian besar yang mempunyai panjang gelombang diatas 240 nm penyerapan UV oleh protein disebabkan kandungan triptofannya. asam amino bertindak sebagai buffer dalam daerah dan cairan tubuh lain yang mempunyai ion dipolar memberikan dua disosiasi ketika bereaksi dengan asam atau basa. seperti benzena. tidak menyerap sinar UV yang mempunyai panjang gelombang 240nm.Ikatanamida antara gugus alfa amino dari suatu asam amino dan gugus karboksil dari asam amino lain adalah ikatan peptide. tyrosin. molekul ini menjadi dipolar yang dapat berperan sebagai asam atau bersifat basa.

2 gr/kgBB. 5. 3. Strees fisik = Infeksi berat ditambahkan 1/3 dari kebutuhan. hati . Kebutuhan akan protein 1. Pertumbuhan : 1. Kebutuhan khusus (Special requirement). 3. 3.5 gr protein/kgBB.Anabolisme (building) sintesis protein jaringan= adanya asam amino yang spesifik Zat yang mengatur sintesis protein: 1. plasma. BB = 55 kg. mRNA. 2. Menyusui = ditambahi 20gr/hari (44 + 20= 64gr/hari). BB = 70 kg. tRNA.Pertumbuhan = sintesis > pembongkaran . 6 bulan kedua = 1. Wanita dewasa. Laki. pancreas.Keseimbangan Protein turnover dibongkar dibangun kembali Tertinggi = mukosa usus. 2. . maka membutuhkan 56 gr protein/ hari. Tahap – tahap pembentukan protein: 1. A. RDA = 0. 2. B. 6 bulan pertama = 2. 2. 4. Aktivitas dari asam amino. DNA. Pembentukan rantai peptida.Exercise = 1-1.laki dewasa. ginjal. Ribosom. Rendah = otak. maka membutuhkan 44gr protein /hari. otot.8 gr protein per kilogram berat badan untuk orang dewasa.6 gr/kgBB.Terbakar = 2 -4 x Normal. kulit Colagen –>hampir tidak ada . . . Kehamilan = ditambah 30 gr/ hari (44 + 30= 74gr/hari). 3.

com/search?q=hubungan+lipit+dengan+kesehatan&ie=utf8&oe=utf-8&aq=t&rls=org.blogspot.blogspot.com/Nova/Kesehatan/Anak/Waspadai-Kelebihan-danKekurangan-Vitamin-Mineral Tersedia di : http://health. 2009. Di unggah pada Juni 2011.m. tersedia di : http://www.google.DAFTAR PUSTAKA Aritonang.net/info/10-penyakit-yang-disebabkan-oleh-kelebihankarbohidrat. Di unggah Pada 21.com/2008/05/27/fungsi-protein/ Hidayat. 08.com/search?q=definisi+karbonhidrat&ie=utf-8&oe=utf8&aq=t&rls=org. Tersedia di : http://rgilfan.wordpress.12.karbohidrat-proteinlemak. 2011. Pengertian Karbohidrat dan Fungsi karbohidrat.com/akibat-kelebihan-vitamin-b2-riboflavin/ syarifah.12 Tersedia di : http://gusjamell. Tersedia di : http://www. Fungsi Protein. Di unngah pada 27 februari 2008.html Tersedia di : http://duniafitnes.com/2011/06/pengertian-karbohidratklasifikasi.32a.wordpress. Tersedia di: http://hidayat07.diwarta.com/pengertian-karbohidrat-dan-fungsi-karbohidrat/ http://wanenoor.classimap.com/nutrition/kacang-polong-sumber-protein-nabati .Juga.blogspot.mozilla:en-US:official&client=firefox-a Diwarta.htmll Tersedia di : http://blog. Indah.com/2012/06/katabolisme.com/read/2011/06/06/1506207/Kelebihan.blogspot.Diposkan oleh tsanisyarifah di 21. Di unggah pada 08 Juni 2009.html. 10 penyakit yang disebabkan oleh kelebihan karbohidrat. Di unggah pada mei 2013. Definisi jenis struktur dan fungsi.com/2009/06/08/fungsi-karbohidrat/ Tersedia di : http://www. Fungsi Karbohidrat.biologi-sel. 2013.tabloidnova.html#.ub.com/2013/05/ html https://www.com/2012/05/defisiensi-lemak.kompas.net/search?q=definisi %20lemak&loc=&camp=HUF11&rd=18793730051540417370 Tersedia di : http://www.id/andylaw/2012/06/03/makalah-tentang-lipid-3/ Tersedia di : https://www.Vitamin.google. 2008.html Rgilfan.ac. tsani.Bahaya Tersedia di : http://wikivitamin.ibudanbalita. Tersedia : http://indaharitonang-fakultaspertanianunpad.com/2013/06/sumber-karbohidrat-fungsi- karbohidrat.mozilla:en-US:official&client=firefox-a Tersedia di : http://www.Um9aooHNkuw http://manfaatnyasehat.

html .anneahira.com/penyakit-kekurangan-protein.Tersedia di : http://www.