You are on page 1of 15

FLOWCHART DAN BAHASA PEMROGRAMAN

1. FLOWCHART
Pengertian dan Definisi Flowchart
Flowchart atau Bagan alir adalah bagan (chart) yang menunjukkan alir (flow) di
dalam program atau prosedur sistem secara logika. Bagan alir (flowchart)
digunakan terutama untuk alat bantu komunikasi dan untuk dokumentasi.
Jenis jenis Flowchart
Ada beberapa jenis flowchart diantaranya:
1. Bagan alir sistem (systems flowchart).
2. Bagan alir dokumen (document flowchart).
3. Bagan alir skematik (schematic flowchart).
4. Bagan alir program (program flowchart).
5. Bagan alir proses (process flowchart).
System Flowchart
System flowchart dapat didefinisikan sebagai bagan yang menunjukkan arus
pekerjaan secara keseluruhan dari sistem. Bagan ini menjelaskan urut-urutan
dari prosedur-prosedur yang ada di dalam sistem. Bagan alir sistem
menunjukkan apa yang dikerjakan di sistem.
Document Flowchart
Bagan alir dokumen (document flowchart) atau disebut juga bagan alir
formulir (form flowchart) atau paperwork flowchart merupakan bagan alir
yang menunjukkan arus dari laporan dan formulir termasuk tembusantembusannya.
Schematic Flowchart
Bagan alir skematik (schematic flowchart) merupakan bagan alir yang mirip
dengan bagan alir sistem, yaitu untuk menggambarkan prosedur di dalam
sistem. Perbedaannya adalah, bagan alir skematik selain menggunakan
simbol-simbol bagan alir sistem, juga menggunakan gambar-gambar
komputer dan peralatan lainnya yang digunakan. Maksud penggunaan
gambar-gambar ini adalah untuk memudahkan komunikasi kepada orang
yang kurang paham dengan simbol-simbol bagan alir. Penggunaan gambargambar ini memudahkan untuk dipahami, tetapi sulit dan lama
menggambarnya.
Program Flowchart
Bagan alir program
(program flowchart)
merupakan bagan yang
menjelaskan secara rinci langkah-langkah dari proses program. Bagan alir
program
dibuat
dari
derivikasi
bagan
alir
sistem.
Bagan alir program dapat terdiri dari dua macam, yaitu bagan alir logika
program (program logic flowchart) dan bagan alir program komputer terinci
(detailed computer program flowchart). Bagan alir logika program digunakan
untuk menggambarkan tiap-tiap langkah di dalam program komputer secara
logika. Bagan alat- logika program ini dipersiapkan oleh analis sistem.
Gambar berikut menunjukkan bagan alir logika program. Bagan alir program
komputer terinci (detailed computer program flow-chart) digunakan untuk
menggambarkan instruksi-instruksi program komputer secara terinci. Bagan

Bagan alir ini juga berguna bagi analis sistem untuk menggambarkan proses dalam suatuprosedur. Dan dibagi menjadi tiga proses di kelompok dalam : ♦ Flow Direction Symbols ♦ dipakai untuk menggabungkan antara symbol yang satu dengan symbol lainnya N o 1 Simbol Pengertian Keterang an Symbol Off-line Connector ( Simbol untuk keluar/masuk prosedure atau proses dalam lembar/halaman yang lani) 2 Symbol Connector (Simbol untuk keluar/masuk prosedur atau proses dalam lembar/halaman yang sama) ♦ Processing symbols ♦ Menunjukkan jenis operasi pengolahan dalam suatu prosedur N o 1 2 3 4 5 6 7 Simbol Pengertian Symbol Process (Simbol yang menunjukkan pengolahan yang dilakukan oleh komputer) Symbol Connector (Simbol untuk keluar/masuk prosedur atau proses dalam lembar/halaman yang sama) Symbol Decision (Simbol untuk kondisi yang akan menghasilkan beberapa kemungkinan jawaban/aksi) Symbol Predefined Process (Simbol untuk mempersiapkan penyimpanan yang akan digunakan sebagai tempat pengolahan di dalam storage) Symbol Terminal (Simbol untuk permulaan atau akhir dari suatu program)Symbol Off-line Storage (Simbol yang menunjukkan bahwa data di dalam symbol ini akan disimpan) Symbol Manual Input (Simbol untuk pemasukan data secara manual on-line keyboard) Keterang an .alir ini dipersiapkan oleh pemrogram. Process Flowchart Bagan alir proses (process flowchart) merupakan bagan alir yang banyak digunakan di teknik industri. Simbol dan Notasi Flowchart Dipakai sebagai alat Bantu menggambarkan program.

dan sebagainya) Symbol dokumen (symbol yang menyatakan input berasal dari dokumen dalam bentuk kertas atau output dicetak ke kertas) Contoh Flowchart Program Contoh Flowchart Program – Menentukan Bilangan Ganjil/Genap Keterang an . plotter. printer. N o 1 2 3 4 5 6 Simbol Pengertian Symbol input-output (Symbol yang menyatakan proses input dan output tanpa tergantung dengan jenis peralatannya) Symbol magnetic-tape unit (Symbol yang menyatakan input berasal pita magnetic atau output disimpan ke pita magnetic) Symbol punched card (Symbol yang menyatakan input berasal dari kartu atau output ditulis ke kartu) Symbol disk and on-line storage (Symbol untuk menyatakan input berasal dari disk atau output disimpan ke disk) Symbol display (Symbol yang menyatakan peralatan output yang digunakan yaitu layar.8 Symbol Keying Operation (Simbol operasi dengan menggunakan mesin yang mempunyai keyboard) ♦ Input-output symbols ♦ menyatakan jenis peralatan yang digunakan sebagai media input atau output.

3. Bahasa pemrograman sudah ada sejak tahun 1957 .2. BAHASA PEMROGRAMAN Bahasa pemrograman adalah suatu program khusus yang dibuat oleh suatu perusahaan atau software (perangkat lunak) yang digunakan untuk mengembangkan suatu aplikasi untuk memudahkan pekerjaan manusia.BASIC. MENGENAL C++ & C# Bahasa C tujuan awalnya dikembangkan olehDennis Ritchie untuk sistem operasi Unix. Fourth-Generation Language (4GL) Bahasa pemrograman 3GL ( Third-Generation Language) 3GL adalah bahasa pemrograman tingkat menengah. Second-Generation Language (2GL) c. dan juga membutuhkan compiler untuk mengubah pernyataan yang dibuat oleh bahasa pemrograman ke bahasa mesin . dan PASCAL. c) Procedural language d) Program dapat dijalankan pada software yang berbeda-beda Kekurangan 3GL a) Diperlukan waktu yang lama untuk menyelesaikan masalah b) Koding yang rumit Sistem :  Bahasa pemograman 3GL masih menggunakan compiler dan interpreter yang memerlukan waktu cukup lama. Dalam bahasa pemrograman ini dibutuhkan pengetahuan dan penguasaan untuk menguasainya.Bahasa pemrograman ini merupakan bahasa yang lebih dekat dan dimengerti oleh manusia. c+ +. FORTRAN.diperlukan pemahaman yang cukup bagi pengguna dan menggunakan pendekatan prosedural. Kelebihan 3GL a) Portable b) Program ditulis dengan bahasa yang friendly. Third-Generation Language (3GL) d. contoh bahasa pemrograman yaitu 3GL C. First-Generation Language (1GL) b. Contoh : pada bahsa pemrograman Java diperoleh output yang disebut byteccode. Bahasa pemrograman tersebut terdiri dari : a. Output ini kemudian akan diubah ke bahasa mesin oleh java virtual machine. COBOL. hingga akhirnya C telah menjadi bahasa profesional yang banyak .

Bahasa C# telah membuang beberapa fitur berbahaya dari bahasa C. berbeda dengan Visual C yang hampir mirip dengan Visual Basic. B. seperti void.C merupakan bahasa pemrograman prosedural. pointer belum sepenuhnya "dicabut" dari C#. Class tersebut berisi keadaan object. Meskipun demikian. anggota-anggotanya dan kemampuan dari objectnya. C++ melakukan langkah pertama dengan menjelaskan class-class yang merupakan anak class yang dibuat sebelumnya sebagai abstraksi dari object-object fisik. C++ Bahasa C++ (Cpp / C Plus Plus) di kembangkan oleh Bjarne Stroustrup. tetapi memiliki fitur yang tidak dimiliki oleh C. seperti halnya C dan C++. semuanya menggunakan banyak sintaksis yang mirip. Tanda pagar memang menunjukkan nada yang lebih tinggi dibandingkan dengan nada yang tidak memiliki pagar—sehingga C# lebih tinggi dibandingkan C. kalo C++ digunakan untuk pengembangan berdasarkan script/syntax. dan lain sebagainya. C++ merupakan bahasa pemrograman yang memiliki sifat "pemrograman berorientasi objek". struct. .digunakan untuk berbagai macam pembuatan program. Memang. C# Bahasa C# (di baca C Sharp) yang secara umum didesain oleh Anders Hejlsberg. int. tapi sebagian besar pemrograman dengan menggunakan bahasa C# tidak membutuhkan pointer secara ekstensif. Untuk menyelesaikan masalah. dimana penyelesaian suatu masalah dilakukan dengan membagi-bagi masalah tersebut kedalam su-submasalah yang lebih kecil. Setelah beberapa Class dibuat kemudian masalah dipecahkan dengan Class. C++ mengandung semua hal yang dimiliki oleh C. Kesimpulan dasarnya C# digunakan menggunakan GUI sebagai platform pengembangan syntax model. A.

long. dan string. Ada tiga besaran literal dalam java yaitu angka. short. float. Ada 51 keyword dalam java yaitu : abstract continue for new switch boolean default goto null synchronized break do if package this byte double implements private threadsafe byvalue else import protected throw case extends instanceof public throws catch false int return transient car final interface short true class finally long static try const float native super void while Literal dan Tipe Data Primitif Literal adalah nilai variabel/attribute atau nilai konstanta atau nilai objek data. int. dan boolean (dianggap angka true = 1 atau false = 0) Semua variabel dan konstanta yang akan digunakan harus dipesan terlebih dahulu dalam deklarasi. karakter. .Keyword Kata kunci digunakan untuk suatu tujuan tertentu. double. Angka terdiri dari byte.

sqrt(a*a+b*b). [modifier] static final TipeData NAMAKONSTANTA = nilai. double c = Math. namaVar2. static final PHI=3. ….4e+038 32 double 1. Contoh deklarasi : double a=3. Berikut tabel jangkauan dan ukuran dari semua tipedata sederhana dalam java : Tipe Data Primitif Jangkauan Ukuran (bit) byte -128 s/d 127 8 short -32767 s/d 32767 16 int -2147483648 s/d 2147483647 32 -9223372036854775808 s/d long 9223372036854775807 64 char sebuah Unicode 16 float 3. static final double CM_PER_INC = 2.14.7e-308 s/d 1.54. TipeData namaVar1.Bentuk umum : TipeData namaVar = ungkapan_atau_nilai.4e-038 s/d 3. b=4.7e+308 54 .

short. karena nilainya bisa mencapai triliyunan.  float. Tipe ini merupakan yang terbesar untuk menampung besaran nilai. adalah tipe 16-bit range -32768 s/d 32767. sehingga tipe sederhana ini tidak di turunkan dari tipe lain. sin dan sqrt.4E-038 s/d 3. int dan long. Tipe data di dalam java terbagi atas 2 jenis :  Tipe data sederhana.  Tipe data char (character). Tipe ini merupakan tipe dengan ketelitian yang cukup besar. Ada 8 tipe sederhana yang dipisahkan dalam 4 kelompok :  Empat tipe data bilangan bulat (integer) bertanda : byte. Tipe ini merupakan tipe dengan ketelitian besar. Merupakan tipe yang jarang digunakan karena bersfat bigendian(pengurutan byte). misalkan perhitungan cos.  double.  int. sehingga tidak mungkin diolah mesin-mesin littleendian seperti PC (Personal Computer).  short. mewakili seimbol pada himpunan karakter seperti tulisan dan angka. Tipe data ini harus memiliki ciri berada dalam single quotes (' '). Tipe ini juga sering disebut tipe primitive.boolean false = 0 atau true = 1 8 Tipe Data Tipe data mendefinisikan metode penyimpanan untuk mempresentasikan informasi dan cara informasi diinterpretasikan.  Dua tipe data angka titik mengambang (floating point) atau bilangan pecahan : float dandouble.7E-308 s/d 1.  long . Sebaiknya digunakan jika menangani aliran-aliran byte asing dari network atau file. .4E+038. adalah tipe 64-bit range -9223372036854775808 s/d 9223372036854775807. menggunakan 64-bit range 1. tipe sederhana merupakan tipe inti dari tipe data. diwakili oleh karekter unicode. Tipe ini merupakan tipe yang sering digunakan untuk menyimpan besaran integer sederhana.  Satu tipe data karakter yaitu char. Tpe data berkaitan erat dengan penyimpanan variabel di memori karena tipe data variabel menentukan cara compiler menginterpretasikan isi memori.7E+308. adalah tipe 8-bit range -128 s/d 127.  byte. misalkan perhitungan total suatu besaran dimana membutuhkan ketelitian sepersepuluh. format data bit-atas di depan. adalah tipe 32-bit range -2147483648 s/d 2147483647. menggunakan 32-bit range 3.

predecrement. instance dari kelas … 2 3 (type) (casting) 4 ! Not *. /. >>. Berikut tabel dan hirarki operator : Prioritas Kelompok Operator Keterngan 1 . % perkalian. Operan yang dioperasikan dapat berupa literal. pembagian.  Tipe boolean ini hanya dapat memiliki 2 kemungkinan nilai benar (true) atu salah (false) Tipe data Komposit. atau nilai yang dikirim method. instanceof preincrement. <=. >>> geser untuk bil biner <. >= pembandingan 5 6 7 8 . modulus +. >. variabel. [] () Sekaligus ++var. pengurangn <<. ~.Satu tipe data boolean. – penjumlahan. class dan inteface   Operator Operator melakukan komputasi terhadap satu/dua objek data. array. Tipe ini antara lain : String. unary. merupakan tipe khusus untuk menunjukan besaran logika benar/salah (tru/false). –var. tipe data ini disusun dari tipe data sederhana dan tipe data yang sudah ada.

*=. yaitu "Tuntas" dan "Tidak Tuntas". <<=. Misalkan kita ingin mengelompokkan sebuah data hasil belajar pada kelompok-kelompok tertentu.then…else… =. +=. >>>= operator penugasan var++.. >>=. |=. %=. -=. ketidaksamaan & and ^ exclusive or | unconditional or && conditional and || conditional or ?: shorthand untuk if. postdecrement 10 11 12 13 14 15 16 17 18 FUNGSI LOGIKA: IF TUNGGAL . /=. ^= operator penugasan &=. Fungsi IF (Tunggal) Fungsi IF (Tunggal) bertujuan untuk menguji data-data yang diajukan dengan memenuhi syaratsyarat tertentu (Fungsi IF tunggal hanya boleh mengajukan 2 syarat).9 ==. != kesamaan. maka itu "Tuntas" memiliki syarat dan "Tidak Tuntas" juga memiliki syarat tertentu . var– postincrement.

Contoh Menentukan atau mengelompokkan hasil belajar siswa dalam bentuk Tuntas dan Tidak Tuntas. Bentuk fungsi: =IF(Logika.nilai jika syarat benar. atau …>=… Hasil jika syarat benar: diisi dengan jawaban yang dihasilkan jika logika bernilai benar (TRUE). dengan Tuntas Tidak syarat: >=65 Tuntas <=65.  Dalam pengisian logika ini antara kondisi dan syarat harus menggunaan operator pembanding. . …<=…. Catatan.lainnya.nilai jika syarat salah) penjelasan:  Logika: berisi data yang akan diuji untuk menghasilkan nilai TRUE atau FALSE. untuk hasil yang bertipe teks maka teks  tersebut diapit menggunakan tanda petik ganda (“ “) Hasil jika syarat salah: diisi dengan jawaban yang dihasilkan jika logika bernilai salah (FALSE). misalnya: …=….

”Tidak Tuntas”) Perhatikan gambar berikut ini! 3. kolom B. yaitu Tuntas. dan kolom C dan hasil belajar siswa pertama berada pada baris 2.”Tuntas”. untuk menentukan tuntas dan tidak tuntasnya hasil belajar siswa tersebut dengan menggunakan aplikasi excel fungsi IF (tunggal). Hasil Belajar. dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut: 1. . Ketik fungsi logika IF Tunggal.Misalkan data hasil belajar siswa (lihat gambar). yaitu =IF(B2>=65. Copy vaste jawaban pertama dengan cara mendrag hasil jawaban untuk hasil belajar siswa pertama untuk hasil belajar Sehingga hasilnya seperti gambar di bawah ini. Tekan Enter kemudian muncul jawaban untuk hasil belajar siswa pertama. Aktifkan kursor pada cell jawaban (cell C2). Misalkan kolom Nomor. maka hasil keterangan (tuntas atau tidak tuntas) berada pada cell C2 (kolom C baris ke2) 2. siswa selanjutnya. dan Keterangan masing-masing kolom pada urutan kolom A. 4.

Syntax dasar dari fungsi IF adalah sebagai berikut =IF(logical_test_value. value_if_false) 1. dimana kita menetapkan rule / aturan dalam menentukan nilai yang berbeda.IF(F3>=55."D"))) Dari formula IF bertingkat tersebut. buat formula fungsi IF pada cell G3 tersebut seperti ini : =IF(F3>=85. value_if_true_2. value_if_true_1. Logical_test bisa berupa nilai atau ekspresi yang dapat dievaluasi ke nilai TRUE (benar) atauFALSE (salah) 2. Fungsi ini sering disebut juga sebagai fungsi untuk pengambilan keputusan. ."A". value_if_true.Fungsi IF Bertingkat Fungsi IF sendiri pada Excel merupakan fungsi dasar yang sering digunakan untuk mengolah suatu nilai data tertentu demi mendapatkan kriteria yang sesuai dengan nilai range atau nilai batas pemilihannya. ditentukan bahwa apabila nilai rata-rata yang terdapat pada Cell F3 bernilai lebih dari 85 maka Nilai Angka(Huruf) pada cell G3 akan bernilai "A". value_if_true_n. kemudian copy paste pada baris selanjutnya."C". Value_if_true adalah nilai yang dikembalikan/dihasilkan jika logical_test bernilai benar 3.IF(F3>=70. Value_if_false adalah nilai yang dikembalikan/dihasilkan jika logical_test bernilai salah Sedangkan Syntax dari Fungsi IF bertingkat adalah sebagai berikut : =IF(logical_test_value.IF(logical_test_value. pada cell F3 buatformulanilai rata-rata dengan rumus =SUM(C3:E3)/3.IF(logical_test_value."B". sehingga nilai tersebut akan dikelompokkan sesuai dengan batasan yang telah ditentukan.value_if_false) Untuk lebih jelasnya sekarang buat tabel seperti yang tedapat pada gambar di bawah ini : setelah Anda selesai membuat tabel Nilai seperti gambar diatas. Perhatikan untuk kolom Nilai Angka.

Tidak dianjirkan pada pilihan yang melibatkan jangkauan (range) tetapi dianjurkan pada pilihan berupa konstanta dan banyak misalnya untuk memilih menu .jika nilai>= 70 maka nilai angka "B".. .. . break. yang digunakan untuk pilihan berjumlah banyak... Bentuk umum dari Switch Case adalah sebagai berikut: Switch (pernyataan) { case nilai_konstan1: blok_pernyataan1. Selanjutnya adalah copy paste pada baris berikutnya pada kolom angka tersebut sehingga akan didapatkan hasil seperti yang tedapat pada gambar berikut ini : CASE C++ Switch Case merupakan salah satu bentuk percabangan. case nilai_konstan2: blok_pernyataan2. . sedangkan nilai "C" jika nilai rata-rata >= 55 dan "D" apabila nilai rata-rata kurang dari 55. break.

Default mengekspresikan statement alternatife yaitu jika nilai yang dimasukan tidak sesuai dengan nilai nilai konstan yang telah didefinisikan Break berfungsi sebagai statement peloncatan Contoh Program . } ket : tipe data dari pernyataan harus karakter atau integer.default: blok_pernyataan n.