You are on page 1of 4

PEMERINTAH KABUPATEN CIREBON

DINAS KESEHATAN
UPTD PUSKESMAS DTP PALIMANAN
Jl. Otista No 07 Palimanan Kab. Cirebon. Telp (0231)341279.
Kode pos 45161
KERANGKA ACUAN KELAS IBU HAMIL
UPT PUSKESMAS DTP PALIMANAN
TAHUN 2016
Nomor :445/B/VI/KA-KIA/III/2016/001

A. Pendahuluan
Kelas ibu hamil merupakan sarana untuk belajar bersama tentang kesehatan
bagi ibu hamil, dalam bentuk tatap muka dalam kelompok yang bertujuan untuk
meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu mengenai kehamilan, perawatan
kehamilan, persalinan, perawatan nifas, perawatan bayi baru lahir, mitos, penyakit
menular dan akte kelahiran (Depkes, 2009:1). Dan pada setiap materi kelas ibu hamil
yang akan disampaikan disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi ibu hamil tetapi
tetap mengutamakan materi pokok (Depkes, 2009:7)
B. Latar Belakang
Program pembangunan kesehatan di Indonesia dewasa ini masih diprioritaskan
pada upaya peningkatan derajat Kesehatan Ibu dan Anak, terutama pada kelompok
yang paling rentan kesehatan yaitu ibu hamil, bersalin dan bayi pada masa perinatal.
Hal ini ditandai dengan tingginya Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi
(AKB).
Salah satu upaya yang dilakukan oleh Departemen Kesehatan adalah
pemberdayaan keluarga dan masyarakat melalui penggunaan buku KIA. Dalam
mengembangkan upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan KIA menggunakan
buku KIA salah satunya adalah dengan melaksanakan Kelas Ibu.
Di Puskesmas Palimanan pelaksanaan Kelas Ibu dilaksanakan di 7 desa
wilayah kerja Puskesmas Palimanan sebanyak 50 kelas ibu yang terdiri dari 10 ibu
hamil pada masing-masing kelas ibu. Penyelenggaraan Kelas ibu dilaksanakan oleh
Bidan Desa dengan frekwensi kegiatan 3 kali pertemuan untuk tiap kelasnya.
C. Tujuan Umum dan Tujuan Khusus
1. Tujuan Umum :
Meningkatkan kualitas pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak serta Gizi sehingga
salah satu tujuan pembangunan kesehatan Nasional yaitu penurunan AKI dan AKB
dapat tercapai.

Persiapan Fasilitator. Pelaksanaan Kegiatan 1. lembar balik kelas ibu hamil. Pengkajian kebutuhan dasar dan analisis situasi b. F. Organisasi pelaksanaan kelas ibu hamil c. Nara sumber adalah tenaga kesehatan yang mempunyai keahlian di bidang tertentu untuk mendukung kelas ibu hamil. 2. D. Promosi kelas ibu hamil d. Pelaksanaan pertemuan kelas ibu hamil 3. Suami dan keluarga 3. E. Memperoleh manfaat khusus dari pengalaman belajar mandiri dalam setiap kesempatan dan menginformasikan kepada ibu hamil tentang kemajuan mereka baik dari segi pemahaman maupun ketrampilan. b. Melibatkan kader dan dukun di wilayah kerja 4. Jadwal Pelaksanaan Kegiatan Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan 3 kali pertemuan dalam sebulan untuk 1 kelas ibu hamil dengan sasaran 10 ibu hamil dgn usia kehamilan 20-32 minggu. Sasaran 1. Dalam pelaksanaan kelas ibu hamil. Tahap Pelaksanaan : a. bisa melalui pelatihan atau On The Job Traininig (OJT) bersama dengan fasilitator kelas ibu hamil yang sudah dilatih b. Jumlah peserta dalam 1 kelas ibu hamil maksimal sebanyak 10 orang G. Ibu hamil yang ada di wilayah kerja 2. Kegiatan Pokok dan Rincian Kegiatan 1. Tahap Persiapan : a. Menciptakan suasana yang menyenangkan serta menumbuhkan interaksi dalam proses-proses memperoleh berbagai hal yang baru dari aspek pengetahuan. Tujuan Khusus : a. Pemantauan dan Evaluasi Evaluasi penerapan kelas ibu hamil dilaksanakan dengan mengadakan pertemuan sehari setahun sekali pada triwulan IV dengan peserta seluruh petugas Puskesmas. fasilitator dapat meminta bantuan nara sumber untuk menyampaikan materi bidang tertentu. c. Cara Melaksanakan Kegiatan Proses belajar bersama dengan menggunakan metode belajar orang dewasa didampingi oleh Fasilitator kelas ibu hamil dengan menggunakan buku KIA. Perencanaan 2. Sebagai sarana belajar untuk meningkatkan pemahaman dan perilaku ibu hamil. ketrampilan dan perilaku ibu hamil. Pustu dan Bidan Desa. Pelaksana kegiatan . Sosialisasi kader/tenaga sukarela lainnya c.2.

Lembar balik c. Hal yang perlu dicatat dalam pertemuan kelas ibu hamil adalah : . Biaya a.000 = Rp 384.000 = Rp 30.Dilaksanakan oleh bidan desa dan tenaga konselor ASI 3.000 Jumlah H. 4. Transport Petugas : 7 Ds x 1 Org x 3 Kl x Rp 30. Pertemuan III : - Perawatan Bayi - Mitos - Penyakit menular - Akte Kelahiran. Transport Konselor ASI : 7 Ds x 1 Org x 1 Kl x Rp 30. Alat Bantu : a. Praktek 5. Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan dan Pelaporan Dalam pelaksanaanya jika tidak sesuai dengan jadwal harus segera di evaluasi dan ditetapkan jadwal pengganti I. Buku KIA b. Pertemuan II : - Persalinan - Sukses menyusui c.000 = Rp 264. Ceramah. piramida makanan 6.000 = Rp 90.000 c. Metode a. Curah pendapat b. Snack : 7 Ds x 11 Org x 3 Kl x Rp 8. Materi a. Pencatatan pelaksanaan kegiatan kelas ibu hamil dilakukan setiap selesai pertemuan. Pertemuan I : - Kehamilan Perubahan tubuh dan keluhan - Perawatan Kehamilan b. Poster d.000 b. Food Model. tanya jawab. Pencatatan Pelaporan dan Evaluasi Kegiatan Pelaporan disusun secara sistematis sehingga hasilnya dapat digunakan sebagai bahan evaluasi. diskusi c.

.Ditetapkan Di : Palimanan Pada Tanggal : 1 Maret 2016 Kepala UPTD PuskesmasDTP Palimanan drg.196610252001122001 Tembusan : Disampaikan kepada yth. 2. Hj. 1. Arsip . RETNO WIDOWATI Pembina (IV/a) NIP. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon.