You are on page 1of 6

BAB 1

PENDAULUAN
1. Latar Belakang
Berlandaskan UUD pasal 33 ayat 1, mengandung cita-cita untuk
menemgangkan perekonomian yang berdasarkan kekeluargaan. Dalam UU
nomor 25 tahun 1992 berisi tentang pedoman bagi pemerintah dan
masyarakat mengenai cara-cara menjalankan kopersai, termasuk
koperasi
sekolah.
Koperasi sekolah sangat membantu bagi para siswa untuk
mengembangkan potensinya dalam bidang ekonomi dan sebagai latihan
bertanggung jawab dan kemandirian siswa
Koperasi didirikan berdasarkan surat keputusan bersama antara
Depertemen Transmigrasi dan Koperasi denganh Depertemen Pendidikan
dan Kebudayaan tanggal 16 Juli 1972 Nomor
275/SKPTS/Mentranskop
dan Nomor 0102/U/1983. Kemudian
diterangkan lebih lanjut dalam
surat Keputusan Mentri Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Koperasi Nomor
633/SKPTS/Men/1974. Menurut surat keputusan tersebut, yang dimaksud
dengan koperasi
sekolah yang didirikan di sekolah-sekolah SD, SMP,
SMA, Madrasah, dan Pesantren

2. Rumusan Masalah
1. Apakah koperasi itu ?
2. Apakah POAC itu ?
3. Bagaimana penimplementasian POAC dalam Koperasi ?

1

pengorganisasian sangat berperan penting. Dalam perencanaannya.BAB 2 PEBAMBAHASAN 1 Pengertian Koperasi Koperasi merupakan sebuah badan usaha yang memiliki anggota dan setiap orangnya memliki tugas dan tanggung jawab masing-masing yang memiliki prinsip koperasi dan berdasar pada ekonomi rakyat sesuai dengan asas kekeluargaan yang tercantum pada Undang Undang Nomor 25 tahun 1992. membuat strategi untuk mencapai tujuan itu dan mengembangkan rencana aktivitas kerja dalam sebuah organisasi. 2 Pengertian POAC Dunia manajemen menggunakan prinsip POAC ( Planning. Organizing adalah proses kegiatan dalam menyusun struktur organisasi sesuai dengan tujuan-tujuan. Planning Planning adalah proses mendefinisikan tujuan organisasi. pengorganisasian biasanya disusun dalam 2 . karena tanpa adanya perencanaan semua fungsi-fungsi lainnya tidak akan dapat berjalan. triwulan. Dalam sebuah perusahaan. terdapat beberapa faktor yang harus dipertimbangkan.  Time yang berarti iyalah ada batas waktu yang jelas. semesteran atau tahunan. bulanan. Dengan demikian. jenis dan tujuan koperasi. Organizing. Yaitu harus SMART yaitu:  Specific yang berarti suatu perencanaan harus jelas maksud tujuannya ataupunruang lingkupnya. dan untuk meraih hal tersebut. Actuating. Selain pengertian. Perencanaan merupakan proses yang penting dari segala bentuk fungsi Manajemen. Tidak terlalu mudah serta tidak terlalu sulit. hasil dari pengorganisasian itu berupa struktur organisasi. Jadi bukan anggan-angan atau khayalan.  Achievable yang berarti sesuatu dapat dicapai.  Realistic yang berarti sesatu yang sesuai dengan kemampuan serta sumber daya yang ada. Setiap tujuan disebuah organisasi pasti ingin dicapai. Sehingga mudah dinilai serta dapat dievaluasi. Tidak terlalu melebar serta tidak terlalu idealis. dibawah ini ada banyak penjelasan mengenai fungsi. Tapi tetap ada tantangan didalamnya. b. dan Controlling) a. Mingguan. sumber-sumber dan lingkungannya.  Measurable yang berarti suatu program kerja atau rencana yang harus dapat diukur tingkat keberhasilannya. Organizing Pengorganisasian ( Organizing ) adalah fungsi kedua dalam Manajemen.

Pengoptimalan seluruh sumber daya manusia yang ada juga sangat penting. maka akan dibutuhkan pengontrolan yang optimal. semua sumber daya manusia yang ada harus bekerja sesuai dengan tugas yang dibebankan. c. Perencanaan dan pengorganisasian akan berjalan kurang baik jika tidak disertai dengan pelaksanaan. baik itu dalam bentuk supervisi. Oleh karena itu. Dalam poin ini. dan jika diperlukan mengambil tindakan korektif. Controlling memiliki beberapa fungsi utama :  Mencegah terjadinya penyimpangan  Memperbaiki kelemahan dan kesalahan. Controlling Pengawasan ( Controlling ) adalah proses pengamatan. sangat dibutuhkan sekali bentuk nyata dari kerja keras. menilai kinerja pelaksanaan. 3 . pengawasan. Agar pekerjaan dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Actuating Actuating ( Pelaksanaan ) adalah suatu tindakan yang mengusahakan agar semua perencanaan dan tujuan perusahaan bisa terwujud dengan baik dan seperti yang diharapkan. serta menindak penyalahgunaan dan penyelewengan  Mendinamisasikan organisasi serta kegiatan dalam manajemen  Memperkuat rasa akan tanggung jawab tiap individu  Mengambil tindakan korektif jika pelaksanaan menyimpang dari Perencanaan atau standar yang telah ditetapkan. Sesuai dengan perannya dalam sebuah organisasi. setelah tiu baru dipecah menjadi beberapa jabatan. Tujuan utama dari kegiatan pengawasan adalah menciptakan kegiatan-kegiatan manajemen yang dinamis dan terwujud secara efektif dan efisien. Disinilah letak salah satu prinsip Manajemen yang membagi setiap tugas dan tanggung jawab dalam sebuah perusahaan yang dibebankan pada semua anggota organisasi menurut skill dan kemampuan masing-masing individu. sehingga pelaksanaan dapat berjalan dengan semaksimal mngkin dalam mencapai tujuan perusahaan. kerjasama dan kerja nyata didalamnya. inspeksi dan audit. Jadi.bentuk badan organisasi atau struktur organisasi. misi dan Planning yang telah diterapkan. pelaksanaan merupakan suatu upaya yang menggerakkan orang-orang untuk mau bekerja dengan sendirinya dan dengan kesadaran yang besar demi mengabulkan seluruh cita-cita perusahaan dengan dan secara efektif. penentuan standar yang akan diwujudkan. fungsi serta peran dan kompetensi dari masing-masing untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan tersebut. terutama ditujukan untuk mencapai visi. d.

Planning Tujuan saya mendirikan koperasi sekola untuk menyediakan perlekapan para siswa serta memberikan pelajaran bagi siswa tentan bagaimana berorganisasi. selain itu saya menganggap koperasi sekolah ini memiliki tingkat keberasilan yang tinggi dan tujuan saya dapat tercapai karna koperasi sekolah tidak terlalu sulit dan memiliki waktu yang jelas. CONTROLONG Disini saya memberikan jabatan kepada salah satu siswa atau anggota saya untuk mengawasi kinerja anggota saya tetapi tetap saya akan mengontrol koperasi yang saya pimpin agar tetap dalam tujuan semula.3 Pengimplementasian POAC Pada Koperasi Sekolah a. Atuating Disini saya akan memberikan pengarahan kepada siswa tentang tugas yang diberikan kepadanya serta saya akan memberikan motivasi kepada pegawai saya agar dapat bekerja secara efektif dan menjelaskan kebijakan apa saja yang saya berikan sebagai kepala koperasi ini d. b. Organizing / Pengorganisasian Dalam hal ini saya saya membuat bagan oranisasi dan jabatan dimana saya sebagai kepala koperasinya sehingga saya dapat mewujudkan tujuan saya c. 4 .

Kesimpulan Dalam menjalankan koperasi.BAB 3 PENUTUP 1. Saran Jika kita ingin menjalankan koperasi terapkanlah POAC agar koperasi dapat berjalan dengan baik seingga tujuan dapat teracapai. 2. 5 . POAC sangat penting untuk diimplementasikan karna dengan penerapan POAC maka koperasi dapat berjalan dengan baik dan tujuan koperasi dapat dicapai.

DAFTAR PUSTAKA http://genggaminternet.co.blogspot.id/2015/06/pengertian-poac-dalamilmu-manajemen-lengkap.gurupendidikan.com/pengertian-poac-dalam-manajementerlengkap/ http://hakikatbisnis.com/pengertian-koperasi-tujuan-fungsi-danjenis-koperasi/ http://www.html 6 .