You are on page 1of 16

1

PENDAHULUAN
Latar Belakang
Tumbuhan merupakan salah satu penopang hidup manusia yang sangat
penting. Di samping itu, tumbuhan juga memiliki peranan yang sangat penting
untuk perkembangan mahluk hidup. Setiap tumbuhan memiliki akar, batang dan
daun. Masing – masing memiliki fungsi utama dalam pertumbuhan sebuah
tumbuhan (Anatomi1, 2012).
Batang(Caulis) merupakan bagian dari tumbuhan yang amat penting, dan
mengingat serta kedudukan batang bagi tubuh tumbuhan, batang dapat disamakan
dengan sumbu tubuh tumbuhan.Umumnya batang merupakan bagian tumbuhan
yang ada diatas tanah dan telah terbentuk sejak tumbuhan itu masih berupa
Embrio yang disebut batang lembaga. Fungsi batang Menahan dan membawa
bagian-bagian (organ) lain ke tempat-tempat yang baik bagi pelaksanaan fungsi.
Bagian tersebut memperluas sistem perdaunan dan bidang asimilasi, serta tempat
menyimpan zat-zat cadangan makanan (Anatomi1, 2012).
Pada umumnya batang memiliki sifat-sifat yaitu : umumnya berbentuk
panjang bulat, terdiri atas ruas-ruas yang masing-masing di batasi oleh buku-buku,
tumbuhan biasanya keatas menuju cahaya matahri, selalu bertambah panjang di
ujungnya, mengadakan percabangan, umumnya tidak berwarna hijau. Batang
terdiri atas : bentuk batang, arah tumbuh batang, percabangan batang. Batang
tumbuhan ada yang berkayu tetapi ada yang tidak, biasanya tumbuhan herba atau
tumbuhan yang mempunyai batang semu (Anatomi2, 2012).

mempunyai ukuran batang kecil. . jaringan kayunya sedikit atau tidak ada sama sekali. 1992). berkulit tebal. dan berumur panjang (perrenial) (John W. dan berumur pendek (annual). berwarna hijau. berwarna cokelat.2 Batang tumbuhan herba biasanya terlihat lunak. Sedangkan batang tumbuhan berkayu umumnya mempunyai ciri-ciri seperti berbatang keras. Tujuan Tujuan dari praktikum ini adalah untuk mengamati dan mengetahui berbagai jenis bentuk batang dari berbagai tanaman serta mengetahui struktur batang tanaman.

2012). Batang merupakan organ tumbuhan yang berfungsi menegakkan tubuh tumbuhan.Korteks batang merupakan suatu daerah berbentuk silinder yang terbentuk di dalam epidermis dan silinder pusat.0L sedangkan ruas adalah jarak diantara dua buku. Pada batang.3 TINJAUAN PUSTAKA Batang merupakan bagian tubuh tumbuhan yang amat penting bagi tumbuhan yang berada di atas permukaan tanah. Bagian batang sebelah luar dibatasi oleh selapis sel rapat yang memiliki bentuk yang khas. 1995). terspat daun yang berjumlah satu. 2012). pada setiap buku. batang dapat disamakan dengan sumbu tubuh tumbuhan (Anatomi3. batang terletak diatas permukaan tanah. Buku merupakan tempat keluarnya daun atau tunas. korteks batang dan silinder pusat (stele). Pada umumnya. dua atau lebih. terdapat tempat munculnya daun yang disebut buku (nodus). pada tahun pertama. Batang berperan dalam menyangga daun dan bunga. Batang umumnya tidak berwarna hijau kecuali batang pada tanaman yang umurnya pendek atau ketika batang amsih muda (Anatomi1. Pada beberapa tumbuhan. Korteks terdiri atas berbagai tipe sel yang merupakan jaringan parenkima berdinding tipis. memiliki sel penjaga. 2012). Salah satu ciri batang adalah terdapatnya buku dan ruas. Jarak antara buku yang satu dengan buku yang lain disebut internodus (Anatomi2. Mengingat tempat dan kedudukannya bagi tubuh tumbuhan. . epidermis batang digantikan oleh lapisan gabus. Batang tersusun atas jaringan epidermis. idioblas dan berbagai tipe trikoma. Batang berfungsi pula menghubungkan bagian akar dan daun. parenkima batangnya berfungsi sebagai alat fotosintesis (Sumastri.

memiliki ruas dan rongga pada batangnya. 2. . Batang lunak Tumbuhan berbatang lunak mempunyai ciri batang yang terasa lunak dan berair. terdapat korteks yang hanya terdiri dari klorenkim (kolenkim yang memiliki kloroplas). Berdasarkan bentuknya.Korteks terdiri atas parenkim dan kolenkim. Perisikel adalah bagian terluar dari silinder pusat.4 Batang bila dipotong melintang. 1995). dan pembuluh angkut. Pada umumnya batang mempunyai sifat-sifat berikut : 1. 2. berwarna hijau. dan tebal. akan tetapi selalu bersifat aktinomorf yaitu dapat dengan sejumlah bidang dibagi menjadi dua bagian yang setangkup. Batang berkayu Tumbuhan dengan batang berkayu memiliki ciri: tinggi. Batang merumput Batang ini umumnya berbentuk ramping. batang tumbuhan dibedakan menjadi tiga. 3. yaitu: 1. Terdiri atas ruas-ruas yang masing-masing dibatasi oleh buku-buku dan pada buku-buku inilah terdapat daun. pada permukaan batang tumbuhan akan terlihat: Jaringan epidrmis yang merupakan jaringan terluar dari batang. agak lunak. empulur. Pada beberapa tumbuhan tertentu. keras.Endodermis merupakan batas antara korteks dan silinder pusat. Sedangkan empulur merupakan bagian terdalam dari silinder pusat (Sumastri. Dan silinder pusat dimana di dalam silinder pusat terdapat jaringan perisikel. Epidermis ini hanya tersusun atas 1 lapis sel yang tersusun dengan sangat rapat sehingga tidak nampak ruang antar sel. Umumnya berbentuk panjang bulat seperti silinder atau dapat pula mempunyai bentuk lain.

Mempunyai pertumbuhan yang tidak terbatas.5 3. Arah tumbuhnya ke atas menuju cahaya atau matahari atau bersifat fototrop. BAHAN DAN METODE Alat dan Bahan . mengadakan percabangan dan umumnya tidak berwarna hijau kecuali tumbuhan yang umumnya pendek misalnya rumput atau waktu batang masih muda.

Menyiapkan alat yang digunakan. dan batang tanaman nangka (Artocarpus integra Merr. bertempat di Laboraturium Mikrobiologi Tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru.6 Alat Alat-alat yang dipergunakan dalam praktikum ini adalahalat tulis dan buku gambar. Mengamati bagian-bagian batang masing-masing tanaman.00 WITA.00-13. .). dan bahan yang diamati 2. Bahan Adapun bahan yang diamati dalam praktikum ini yaitu batang tanaman sawi (Brassica juncea L). batang tanaman mawar (Rosa sp.) Waktu dan Tempat Praktikum ini dilaksanakan pada hari Senin tanggal 12 November 2012 pada pukul 12. batang tanaman mangga (Mangifera indica L). batang tanaman bambu (Bumbusa sp). Prosedur Kerja 1. batang tanaman jambu biji (Psidium guajava). batang tanaman bayam (Amaranthus spinosus L). batang tanaman sebangsa rumput teki (Cyperus rotundus).

7 3. HASIL DAN PEMBAHASAN Hasil . Mengamati perbedaan yang dimiliki antara tanaman satu dengan tanaman lainnya. 4. Menggambarkan hasil pengamatan dengan keterangan yang jelas dan cari klasifikasi masing-masing tanaman dan identifikasi batang pada masingmasing tanaman.

8 Gambar 1. . Batang tanaman mangga (Mangifera indica L). Batang tanaman bayam (Amaranthus spinosus L) Gambar 3. Batang tanaman sawi (Brassica juncea L) Gambar 2.

9 Gambar 4. Batang tanaman mawar (Rosa sp. . Batang tanaman bambu (Bumbusa sp).). Gambar 6. Gambar 5. Batang tanaman sebangsa rumput teki (Cyperus rotundus).

) Pembahasan Batang merupakan bagian tubuh tumbuhan yang amat penting bagi tumbuhan yang berada di atas permukaan tanah.10 Gambar 7. Batang tanaman jambu biji (Psidium guajava). Batang tanaman nangka (Artocarpus integra Merr. Gambar 8. Mengingat tempat dan .

batang dapat disamakan dengan sumbu tubuh tumbuhan. Buku merupakan tempat keluarnya daun atau tunas.. Batang berperan dalam menyangga daun dan bunga. Tanaman bayam termasuk dalam kingdom: Plantae (Tumbuhan). berkayu. Batangnya berwarna hijau muda. berwarna coklat. Batang umumnya tidak berwarna hijau kecuali batang pada tanaman yang umurnya pendek atau ketika batang amsih muda. Class : Magnoliopsida. Divisi : Spermatophyta. Ordo : Sapindales. Batang tanaman bayam duri ini kecil berbentuk bulat. apabila dilukai kulit batang akan mengeluarkan getah yang mula-mula .Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)Super Divisi: Spermatophyta berbunga). Famili :Anacardiacea.Sub Kelas: Hamamelidae.Genus: Amaranthus. sedangkan ruas adalah jarak diantara dua buku. Batang tumbuh tegak bisa mencapai satu meter dan percabangannya monopodial. Batang besar. Genus : Mangifera.Divisi: Magnoliophyta (berkeping dua / (Tumbuhan dikotil).Kelas: (Menghasilkan Magnoliopsida biji). Kelas : Dicotyledonae. Spesies :Mangifera laurina. Pohon besar ini dapat mencapai tinggi 50 m. Ordo: Caryophyllales. Sub divisi : Angiospermae.11 kedudukannya bagi tubuh tumbuhan. Spesies: Amaranthus spinosus L. Salah satu ciri batang adalah terdapatnya buku dan ruas. kasar. berbentuk bulat panjang seperti silindris. Tanaman mangga termasuk dalam kingdom : Plantae. Famili: Amaranthaceae (suku bayambayaman). lunak dan berair. arah tumbuhnya tegak lurus (erectus).

Sub classis : Commelinidae. arah tumbuh cabang tegak (fastigiatus). Ordo : Cyperales. Rumput teki atauCyperus spmerupakan dariKingdom : Plantae. terutama bagi orang yang sensitive. Family : Cyperaceae.3 m sampai 30 m. Tanaman bambu (Bambusa sp.percabangan simpodial. Rumput teki atau Cyperus sp dengan family .12 bening kemudian kemerahan dan menghitam dalam beberapa jam. dapat melukai kulit atau menimbulkan iritasi. Genus : Cyperus. Divisi : Spermatophyta. Pada ujung pelepah batang terdapat perpanjangan tambahan yang berbetuk segi tiga dan disebut subang yang biasanya gugur lebih dulu. Familia : Poaceae.25-25 cm dan ketebalan dindingnya sampai 25 mm. Warna batangnya biasanya hijau dan jika sudah tua akan menguning atau cokelat. Tinggi tanaman bambu sekitar 0. getah ini berbau terpentin dan tajam. Genus : Bambusa. Ordo : Cyperales. Pada bagian tanaman terdapat organ-organ daun yang menyelimuti batang yang disebut dengan pelepah batang. berdinding keras.Batang bambu berbentuk silindris. berongga (ada pula yang masif). Class : Monocotyledoneae. Batang-batang yang sudah tua keras dan umumnya berongga. Biasanya pada batang yang sudah tua pelepah batangnya mudah gugur. membentuk tajuk yang rapat dan rindang. Diameter batangnya 0. beruas-ruas. berbuku-buku. Tumbuhnya ke atas dan tegak lurus (erectus). Species : Bambusa sp. Classis : Magnoliopsida. Divisio : Magnoliophyta. berbetuk silinder memanjang dan terbagi dalam ruas-ruas. pada setiap buku terdapat mata tunas atau cabang. Batang-batang bambu muncul dari akar-akar rimpang yang menjalar dibawah lantai.) termasuk dalam kingdom : Plantae. cabang tinggi.

Batang berwarna hijau yang menarik. Sub Kelas: Dilleniida. Mawaratau Rosa sp termasuk tanaman semak yang termasuk batang berkayu mempunyai batang berduri-duri kecil di setiap bagian batang. arah tumbuh batang tegak lurus (erectus) dan percabangan batang monopodial semu. Tanaman nangka termasuk kedalam kingdom: Plantae (Tumbuhan). Famili: Moraceae (suku nangka-nangkaan). Famili : Myrtaceae. Spesies: Artocarpus heterophyllus Lam.jadi batangnya dapat di pandang sebagai suatu kerucut atau limas yang amat memanjang dan mempunyai percabangan. Ordo: Urticales.13 Cyperaceae merupakan tumbuhan yang memiliki sifat batang rumput (calmus). Genus : Psidium. Arah tumbuh batangnya tegak lurus (erectus). Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil). Ordo : Myrtales. Pohon nangka umumnya . Tumbuhan biji belah pada umumnya mempunyai batang yang di bagian bawahnya lebih besar dan keujung semakin mengecil. Jambu biji memiliki cabang sirung pendek (virgula atau virgula sucre scens) yaitu cabang – cabang kecil dengan ruas – ruas yang pendek yang selain daun juga merupakan pendukng bunga dan buah Arah tumbuh cabangnya. Kelas : Dicotyledonae. Batang (caulis). Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan Spermatophyta (Menghasilkan biji). Species : Psidium guajava Lynn. Divisi: berpembuluh). bentuk batang bersegi (angularis). sifat permukaan batang licin (laevis).Super Magnoliophyta Divisi: (Tumbuhan berbunga). Genus: Artocarpus. Tanaman jambu biji (Psidium Guajava L) termasuk dalam kingdom : Plantae.Bentuk cabang pada jambu biji yaitu berkayu dan permukaannya licin dan terlihat lepasnya kerak (bagian kulit yang mati). Subdivisi : Angiospermae. Divisi : Spermatophyta.

14 sedang. melebar dan membulat apabila ditempat terbuka. arah tumbuh batang tegak lurus keatas. seluruh bagian tubuhnya mengeluarkan getah putih pekat apabila dilukai. sampai sekitar 20 meter tingginya. sampai berdiameter 1 meter. Batang bulat silindris. tajuknya padat dan lebat. permukaan batang memperlihatkan berkas-berkas daun penumpu dan warna permukaan batang putih keputihan. . walaupun ada yang mencapai 30 meter.

Sedangkan batang tumbuhan berkayu. Saran Sebelum melakukan praktikum sebaiknya para praktikan diharapkan dapat mempersiapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang akan diperlukan dalam praktikum. Batang berperan dalam menyangga daun dan bunga. batang dapat disamakan dengan sumbu tubuh tumbuhan. batang tanaman ini berwarna hijau. Mengingat tempat dan kedudukannya bagi tubuh tumbuhan. berkulit tebal. 3. dan sejenis rumput teki. Batang merupakan bagian tubuh tumbuhan yang amat penting bagi tumbuhan yang berada di atas permukaan tanah. . sedangkan ruas adalah jarak diantara dua buku. batang tanaman nangka. Salah satu ciri batang adalah terdapatnya buku dan ruas. bayam. berwarna hijau seperti pada batang tanaman sawi. 2.15 KESIMPULAN DAN SARAN Kesimpulan Dalam praktikum ini dapat disimpulkan bahwa: 1. Batang tanaman bambu. Buku merupakan tempat keluarnya daun atau tunas. berbatang keras. berwarna cokelat seperti batang tanaman mangga. dan batang tanaman jambu biji. dan tanaman batang mawar juga tumbuh berkayu namun tidak seperti tanaman lain yang berwarna coklat. pemanfaatan waktu dengan seefesien mungkin. Batang yang diamati tergolong batang lunak.

Diakses pada hari kamistangga15 november 2012 diMartapura. 2012.Diakses pada hari kamis tanggal 15November diMartapura.Batang. Anatomi Batang. Biologi jilid 3.http://aditiyagentili.com/anatomibatang.html. 1992. 1995.org/wiki/BatangDiakses pada hari rabu tanggal 07November 2012 di Martapura.http://id.wikipedia. Jakarta : Erlangga Sumastri. http://www.html.com/2010/05/morfologibatang.pustakasekolah. Morfologi Batang dan Sifat Batang. 2012. 2012 Anonim2. Anonim3.2012. Bandung : P3G IPA .blogspot.Morfologi Batang.16 DAFTAR PUSTAKA Anonim1. John W.