You are on page 1of 8

No

Jenis
Konservasi

Pengertian dan Sumber

Sumber

1

Preservasi

 Preservasi
adalah Burra
Charter,
pemeliharaan
suatu
tempat article 1.6
persis
menjadi
seperti aslinya dan
mencegah
proses
kerusakannya.
Marquisdan
 Preservasi
adalah Kyle
Walker,
mempertahankan
(melestarikan) yang 1996;
Al
telah
dibangun vares,
disuatu tempat dalam
keadaan
aslinya 2006
tanpa
ada
perubahan
dan
mencegah
penghancuran

Kata-kata kunci Penalaran
merubah
suatu tempat
pemeliharaan
tempat,
seperti aslinya

Contohnya

Pemeliharaan serta Preservasi
seperti
mempertahankan
Penn
Station
suatu tempat sesuai
kondisi aslinya tanpa
adanya perubahan

pa

mempertahan
kan,
tanpa
ada perubahan
Pennysylvania,
Serikat.

Amer

terdapat penguatan stuk
pada bangunan ini, struk
yang
digunak
sebelumnya hanya beru
barisan kolom yang terb
dari pink granite, kemud
diberikan
penambah
struktur berupa struk
baja
yang
dipaduk
dengan
kaca
seba
penutup.

memasang kembali elemenelemen orisinil Marquispengembalian. n tambahan Al  Restorasi adalah 1996.7 upaya mengembalika n. Burra Charter article 1. n. mirip atau membangun Upaya pengembalian suatu tempat dengan menghilangkan elemen-elemen tambahan dan menggunakan kembali elemenelemen orisinil Benteng Vredeburg Benteng ini dibangun pa masa penjajahan Beland tahun 1765 dan saat berfungsi sebagai bente untuk bertahan melindu Gubernur Hindia Belan yang tinggal di Gedu Gubernuran (saat disebut Gedung Agung).8 kembali. dengan menghilangkan tambahan atau membangun kembali komponen-komponen semula tanpa menggunakan bahan baru Burra mengembalika  Upaya Charter. Sesudah direstorasii Sebelum direstorasii Mengembalikan Masjid As-Shalafiah serta membangun kembali suatu .membangun mengembalikan article 1. vares.2 3 Restorasi Rekonstruksi  Restorasi adalah upaya mengembalikan kondisi fisik bangunan seperti sediakala dengan membuang elemen-elemen tambahan serta memasang kembali elemen-elemen orisinil yang telah hilang tanpa menambah bagian baru. Kyle dan menghilangka Walker. pengembalian yang telah dibangun 2006 disuatu tempat ke kondisi semula yang diketahui.

tempat sesuai 2006 mungkin dengan kondisi semula yang diketahui dan diperbedakan dengan menggunakan bahan baru atau lama tempat semirip mungkin dengan elemen yang baru Masjid As-Shalafi dibangun sekitar tah 1620 sebagai dampak d penghancuran k Jayakarta. Marquismembangun Kyle dan kembali. Masjid ini pa dahulunya dijadikan mark tentara Banten ya berlindung dari serang Belanda. kondisi semula  Rekontruksi adalah Walker.kembali semirip mungkin dengan penampilan orisinil yang diketahui. 1996. . Sejak aw keberdiriannya tid mengalami perubah fungsi. sehi ga layout ruangan tid mengalami perubahan ya terlalu signifik Perubahan yang terj bersifat untuk memperba bagian yang rusak . Al membangun kembali suatu vares.

Al tempat sesuai 1996. Penghancuran. article 1. dengan penggunaan vares.HARIYONO di Surabay pada bagian kamar .9 untuk fungsi yang sesuai. fungsi sesuai fungsinya adalah Kantor NV. Marquisdan  Adaptasi adalah Kyle merubah suatu Walker.  Bagian dari konservasi yang berupa menghancurkan dan menghilangkanyang (Burra Charter. yang dapat 2006 digabungkan 5 Demolisi  Penghancuran atau perombakan suatu bangunan yang sudah rusak atau membahayakan. yang sesuai Bouwploeg pada zam kolonial Perubahan terj pada lantai masjid ya merubah penggantian ubin la tempat dengan lantai marm karena perlu adan penyesuaian ruang akibat adanya pergant fungsi dari kantor menj masjid.10) UU no 11 tahun 2010 mengubah Mengubah tempat Masjid cut meutia dulun tempat.4 Adaptasi/Rev italisasi  Segala upaya untuk Burra mengubah tempat Charter. Merombak perombakan tempat sudah rusak suatu apabila Rumah tua di jalan MT. agar dapat digunakan article 1.

berupa penghancuran atau perombakan suatu bangunan atau tempat karena tingkat kerusakannya dianggap membahayakan atau karena tingkat perubahannya dianggap sudah tidak sesuai lagi. menghilangkan bangunan disekitar bangunan cagar budaya TUGAS 2 KATEGORI KONSERVASI ARSITEKTUR KONSERVASI ARSITEKTUR pembantunya akan seger dihancurkan karena kond fisiknya yang sudah tidak bagus .

IR.NAMA : DHIYA MIFTAAH ULHAQ NIM : 052001400039 DOSEN : DR. POPI PUSPITASARI. MT JURUSAN ARSITEKTUR FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN UNIVERSITAS TRISAKTI 2016 TUGAS 2 KATEGORI KONSERVASI ARSITEKTUR KONSERVASI ARSITEKTUR .

NAMA : DIAN HANDAYANI NIM : 052001400040 DOSEN : DR. IR. POPI PUSPITASARI. MT JURUSAN ARSITEKTUR FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN UNIVERSITAS TRISAKTI 2016 TUGAS 2 KATEGORI KONSERVASI ARSITEKTUR KONSERVASI ARSITEKTUR .

NAMA : FILSEN PUTASIX LASE NIM : 052001400050 DOSEN : DR. MT JURUSAN ARSITEKTUR FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN UNIVERSITAS TRISAKTI 2016 . POPI PUSPITASARI. IR.